Sambel Bajak

Sambel Bajak

Resep sambel bajak ini dapat dari serang teman yang bernama Arikha... Sebelumnya pernah juga buat sambel bajak tetapi resepnya hasil googling, tetapi tidak begitu suka dengan rasanya.
Suatu ketika di bulan Oktober 2013, Arikha upload foto di facebook, fotonya tentang menu Lele goreng, lalapan dan sambel bajak.
Penasaran dengan sambel bajaknya, langsung deh minta resepnya....
Akhirnya baru tanggal 5 Januari 2014 baru bisa mengeksekusi resep ala Arikha...lebih tepatnya ala Ibu di Pacet (ibunya Arikha)
Ini yang di posting Arikha di facebook saya:
Mbak Monica Rampo...ngawur ya resepnya xixi...gk pk takaran sih,menurut selera aja...kira2 gitu...bawang merah 10 biji,bawang putih 3 biji (aku gak suka kebanyakan bawang putih,kl suka tambah aja...tambah banyak bawang merah tmbah sedap menurutku),cabe merah besar 7 buah (biasanya aku campur ama cabe keriting,krn gak nemu disini ya cabe merah semua,kl pengen lebih pedas banyakin cabe keriting,7 buah cabe merah dgn cttn cabe disini gedhe2 dan tebaaal daging buahnya), tomat 6 buah (aku pk tomat cherry krn disini rasa tomat yg besar kurang sesuai buat sambel hehe), cabe rawit 10 biji (bisa lebih sesuai selera dan level pedasnya), terasi 2 sachet (aku pk cap uleg,kl abc 2,5 ato 3 sachet br terasa),gula merah+gula putih dan garam sesuai selera.....dihaluskan semua sesuai sekera (aku blender agak kasar,gak terlalu halus) trus ditumis pk minyak goreng sampai matang. Ada yg resepnya pk sere sama daun salam jg tp aku lbh suka gak pk....selamat mencoba 

Itu resep ala Arikha, nah karena dia sekarang tinggal di Korea Selatan jadi resep di atas sudah disesuaikan dengan ketersediaan bahan di sana.
Dari resep di atas, saya membuat sambel bajak dengan bahan-bahan yang tentunya lebih mendekati dengan bahan-bahan untuk sambel bajak.
Berikut resep sambel bajak yang saya buat :

Sambel Bajak

Bahan :
  • 10 butir bawang merah
  • 2 butir bawang putih (tidak suka juga kalau sambel terlalu banyak bawang putih)
  • 15 buah cabe merah keriting
  • 25 buah cabe rawit
  • 3 buah tomat ukuran sedang
  • 3 sachet terasi (saya pakai merek ABC)
  • garam secukupnya (saya tidak memakai gula)
  • 2 sendok minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
  1. Blender kasar semua bahan jadi satu
  2. Tumis sambel hingga matang
  3. Angkat, kucuri dengan air jeruk sambel akan terasa lebih mantap...he he he...



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.