Coklat Valentine

cara membuat coklat valentine
Coklat Valentine
Coklat dan hari Valentine? Hmmm bukan hal yang asing lagi kan...Valentine Day yang diperingati setiap tanggal 14 Februari untuk sebagian orang hari ini merupakan momen menunjukkan kasih sayang kepada orang tercinta. Nah sebagian lagi tidak mempedulikan hari ini ya karena memang menganggapnya tidak penting secara kan untuk menunjukkan kasih sayang tidak harus di momen Valentine Day. 
Saya termasuk bagian yang kedua dimana tidak pernah merayakan hari kasih sayang ini. Secara hari ulang tahun juga dianggap biasa-biasa saja. Nah apalagi hari valentine donk..
Tetapi tidak ada salahnya kali ini saya posting cara membuat Coklat Valentine dimana coklat menjadi salah satu simbol cinta dan banyak yang memberi bingkisan kepada sang kekasih hati berupa coklat.

Nah kenapa juga ya valentine day itu nuasannya pink? He he he ya karena kan pink itu warna yang melambangkan cinta, kasih sayang, perasaan yang manis dan indah. Jadi ya pas sekali kan...

Nah kali ini saya membuat coklat valentine terdiri dari praline, coklat lolipop (candy stick) dan coklat box. Jadi saya menggunakan cetakan coklat 3 jenis ya. Cetakan coklat sendiri banyak kok yang jual di toko bahan kue. Berbagai jenis bentuk biasanya tersedia. Saya sendiri sebenarnya mengoleksi cetakan coklat ini. Secara dulu sempat punya usaha coklat. Tetapi sebentar saja bertahan, dikarenakan masih bekerja jadi karyawan jadi tidak bisa membagi waktu..he he he malah curhat...


Nah untuk teman-teman yang di daerah Batam, kalau bingung di mana saja keberadaan toko aneka bahan kue maka silakan lihat di posting saya sebelumnya ya di toko aneka bahan kue di Batam. Jadi silakan bagi yang mau berburu cetakan coklat. 

Nah sebenarnya coklat yang saya buat ini harusnya mempunyai 2 warna saja ya..hanya karena warna pink tinggal sedikit jadi saya gunakan dark coklat.
Jadi bagi yang mau membuat coklat ini tidak usah mirip dengan yang saya buat. Kemudian cetakan juga tidak harus sama. Sesuai dengan yang ada saja. Intinya kan di prosesnya ya..jadi warna apa saja dan cetakan apa saja terserah ya...
Kemudian coklat praline kan ada isinya tuh, jadi karena sedang tidak ada isian yang pas maka saya tidak memakai isian ya. Nah untuk isi sendiri biasanya saya suka memakai selai (blueberry, nanas, strawberry), kacang mete, almond, dan kismis. Untuk isian praline sendiri bisa bermacam-macam ya terserah selera kita.

Adapun yang dibutuhkan untuk membuat coklat valentine ini, bahan dan alat adalah sbb:
  • Coklat warna (putih dan pink)
  • Cetakan coklat
  • Stick lolipop
  • Kantong segitiga
  • Panci kecil
  • Mangkok stainless steel ataupun mangkok kaca
  • Gunting

 Langkah-langkah membuatnya :
  1. Siapkan cetakan terlebih dahulu, cetakan harus bersih dan kering supaya hasilnya mulus 
  2. Persiapkan coklat, potong kecil coklat
  3. Siapkan panci yang telah diberi air, tim coklat dengan api yang sangat kecil dan jaga supaya air tidak mendidih, jika sudah akan mendidih matikan kompor. 
    Melelehkan coklat valentine
    Melelehkan coklat
  4. Nah untuk membuat ketiga jenis coklat ini, yang dilakukan adalah tim coklat putih.
  5. Masukkan ke dalam kantong segitiga, lubangi ujungnya kira-kira 3mm.
  6. Isikan ke dalam cetakan.
  7. Untuk coklat praline, isi masing-masing sampai setengah cetakan, biarkan mengeras
  8. Untuk coklat box, isi ke bagian cetakan pita saja di bagian tutup dan biarkan mengeras
  9. Untuk coklat stick, isi di bagian tulisan love dan biarkan mengeras
    Cara mengisi cetakan coklat valentine
    Mengisi cetakan
  10. Setelah mengeras, kita siapkan coklat pink
  11. Potong kecil kemudian tim, lalu masukkan ke kantong segitiga
  12. Untuk coklat praline, isi masing-masing cetakan sampai penuh
  13. Untuk coklat box, isi cetakan tutup sampai penuh dan isi seluruh bagian dasar box
  14. Untuk coklat stick isi sampai penuh cetakan, tetapi terlebih dahulu letakkan stick lolipop pada cetakan
    Proses Mengisi Cetakan Coklat valentine
    Mengisi Cetakan dengan coklat selanjutnya
  15. Tunggu hingga semua coklat mengeras
  16. Untuk membuat coklat cepat keras kita bisa masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 2 - 4 menit, tergantung besar kecil cetakan
  17. Coklat akan mengeras sempurna dan kita bisa dengan mudah mengeluarkannya dari cetakan, bisa dengan cara ditekan sedikit atau cetakan dihentakkan pelan
Resep coklat valentine
Hasil setelah dikeluarkan dari cetakan

Nah untuk membuat coklat ini kita gunakan yang jenis compound ya...menurut pengalaman saya ada 2 merek yang bagus untuk digunakan pada coklat yang menggunakan cetakan. Yaitu merk colatta dan mercolade serta merk tulip.
Baik coklat dark, milk, white ataupun warna semua bagus untuk digunakan. Walaupun khusus untuk yang warna dan putih agak sedikit lebih kental dibanding coklat dark dan milk.
Sebaiknya ketika mengetim coklat putih dan warna  gunakan api yang sangat kecil sekali, dan usahakan air di panci jangan sampai mendidih, matikan api jika air terasa sudah mulai sangat panas. Jika terlalu panas maka coklat bisa menggumpal.

Untuk coklat warna selain langsung menggunakan coklat yang sudah berwarna kita juga bisa menggunakan coklat putih tetapi kita menggunakan pewarna khusus coklat. Biasanya juga tersedia di toko bahan kue. Ini semua tergantung selera ya.

Coklat warna ada yang tanpa rasa dan ada yang dengan rasa, tanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya, atau malah kadang tidak perlu bertanya jika sudah ada keterangannya di kemasan. Biasa untuk coklat pink berasa strawberry, coklat hijau berasa mint, coklat kuning berasa lemon, coklat ungu berasa blueberry...nah silakan lihat di toko bahan kue di tempat masing-masing ya...

Jika masih bingung hal-hal dalam pembuatan coklat, boleh lihat tips dan cara membuat coklat ya...disitu penjelasan tentang coklat dan hal-hal yang bisa membantu kita dalam membuat coklat sendiri di rumah.

Jadi bagi yang ingin merayakan valentine day, silakan dicoba ya membuat sendiri coklat valentine.  Selamat mencoba..semoga berhasil...







NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. bisa beli coklat batangannya gak sis?

    kunjungi blog saya jg ya
    dcoklatvalentine.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Ardian,
      maksudnya beli coklat batangan gimana nih?
      kalau coklat batangan bahan untuk membuat coklatnya bisa beli di toko bahan kue mas..

      oh iya..saya sudah mampir ke dcoklatvalentine blognya mas..wah banyak produk coklat yang cantik-cantik ya mas..

      Delete
  2. Mba monica terimakasih sekali.....blognya sangat membantu. Ini sebaiknya dibuat versi buku mba...hehe...aku baru belajar all about coklat mba...semoga aku bisa segera menyalurkan passionku ini..salam dari semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Na..wah senang deh kalau blog saya ini bisa bermanfaat ya...
      iya mba semoga bisa segera menyalurkan passion mba di dunia coklat ya...wah kalau sudah tahu dan banyak pengalaman tentang coklat pasti menyenangkan...
      semangat ya mba...
      salam juga dari Batam

      Delete
  3. Mbak penjelasannya mantap sy jd gemes pengen nyoba. Oh ya nanya dong, di pic paling atas, coklat box dlmnya kyk kosong gt ya? Kyk bs buat naro coklat2 kecil jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan coba mas Eljeffrey, mudah kok buatnya..iya itu gambar paling atas memang kosong, jadi bisa buat taroh coklat2 kecil, pas sekali buat bingkisan valentine..he he he..
      terima kasih sudah mampir ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.