Homemade Saus Salsa Super Hot

resep homemade saus salsa hot
Saus Salsa Super Hot

Senangnya bisa membuat homemade saus salsa, apalagi bisa dibuat sesuai selera yup..saya buat super hot, tidak tanggung-tanggung banyaknya cabai rawit yang saya gunakan...
Nah saya membuat saus salsa karena kebetulan nih ketika berbelanja ke swalayan ada daun ketumbar/cilantro/wansui..jarang-jarang ada makanya begitu lihat ada daun ketumbar langsung saja dibeli.

Saus salsa ini enak dan pastinya rasanya pedas, asam dan sedikit manis. Tetapi lebih banyak asamnya, karena penggunaan tomat yang banyak serta ada tambahan air jeruk nipis (saya gunakan lemon). Kemudian rasa khas daun ketumbar dan jinten. 

Saus salsa ini saya makan begitu saja dengan tortilla yang sudah saya posting resepnya sebelumnya. Enak juga ya..pas rasanya paduan tortillas dan saus salsa.
Tetapi sempat juga sih punya ide membuat pizza dengan saus salsa. Alhasil rasa pizzanya asam-asam pedas..he he he..tetapi enak..menurut saya lho..

Pizzanya sendiri saya buat yang quick n easy saja, resepnya bisa dilihat di pizza quick n easy hanya sausnya saja diganti dengan saus salsa serta toppingnya menggunakan jamur kancing kalengan, kemudian saya hanya gunakan 1/2 resep saja (tetap juga masih tebal untuk loyang diameter 22 cm..hiks..mungkin saya kurangi lagi menjadi 1/3 resep kali ya biar fit untuk loyang diameter 22 cm)
resep pizza dengan saus salsa
pizza saus salsa
Kemudian karena iseng juga nih, kebetulan ada opak di rumah...nyobain makan opak dengan saus salsa..he he he...hmm rasanya bagaimana ya..entahlah..ya enak juga sih..cuma rada-rada aneh..bukan pasangannya kali ya..

Oh iya resep saus salsa ini saya menggunakan resep mba Endang homemade tomato salsa ya..hanya saja cabai yang saya gunakan hanya cabai rawit serta cabai merah keriting. Di resep asli sih menggunakan cabai hijau dan merah besar serta sedikit cabai rawit.

Karena saya suka pedas makanya saya gunakan cabai rawitnya sampai 50 butir, padahal tomat yang saya gunakan hanya 1 kg.
Bagi yang tidak doyan pedas bisa dikurangi jumlah cabainya ya...

Satu lagi nih, kalau saus salsa yang saya buat teksturnya lebih halus, karena cabai serta bawang begitu sudah selesai dioven, saya blender...soalnya malas nanti kalau tangan ikut pedas karena merajang cabai rawit yang banyak itu..hi hi hi..

Nah sekarang langsung saja ke resepnya ya...

Homemade Saus Salsa Super Hot

Bahan :
  • 1 kg tomat
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 50 buah cabai rawit
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, rajang kasar
  • 4 siung bawang putih, biarkan utuh
  • 3 butir bawang merah, biarkan utuh
  • 1/2 sendok teh jinten bubuk
  • 1 sendok teh oregano kering
  • 1 buah lemon, peras ambil airnya (atau gunakan 2 buah jeruk nipis)
  • 2 sendok minyak goreng
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 ikat daun ketumbar/cilantro/wansui, sekitar 50 gr, rajang kasar
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Jika ingin tomatnya dioven, belah 2 tomat, letakkan di loyang dengan bagian irisan menghadap bawah, panggang sampai kulit tomat kecoklatan
  2. Jika ingin tomatnya direbus, sayat cross menyilang ujung tomat sedikit saja (supaya mudah mengupas kulitnya), rebus sampai kulit tomat kelihatan sudah mengelupas
  3. Letakkan semua cabai dan semua bawang di loyang, masukkan dalam oven dan panggang sampai layu.
  4. Kemudian potong-potong tomat dengan ukuran yang kecil, atau sesuai selera.
  5. Masukkan cabai dan bawang ke dalam blender, tambahkan sedikit air sari tomat, proses hingga halus
  6. Masukkan tomat ke dalam panci serta bahan yang telah diblender
  7. Tambahkan daun ketumbar, jinten bubuk, garam, gula serta air perasan lemon, aduk sebentar
  8. Masak salsa di api sedang hingga mendidih, lalu kecilkan api
  9. Masak hingga kurang lebih 10 menit
  10. Matikan api dan dinginkan
Note : jika tidak mau repot, langsung saja ya campur di panci semua bahan yang telah dirajang atau diblender dan masak hingga matang. Skip proses oven dan rebus tomat serta cabai dan bawang.


Nih enaknya menikmati homemade saus salsa super hot ini dengan opak..he he he  dan tortillas tentu saja...

resep saus salsa homemade
saus salsa super hot
resep saul salsa super hot
saus salsa dan tortillas

Silakan mencoba homemade saus salsa super hot ini ya..semoga suka ya...





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.