Nasi Tutug Oncom Ayam Goreng

Nasi tutug oncom Bandung
Nasi Tutug Oncom
Nih kalau orang Sunda pasti tahu donk dengan yang namanya Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom. Bahkan sering juga pastinya menikmati menu yang satu ini. Ditambah dengan ayam, tempe, dan tahu goreng serta dengan pelengkap sambel terasi dan lalapan. Wuihhh nikmat disantap dikala hangat. Yummy deh..

Saya saja nih belum pernah menyantap yang namanya nasi tutug oncom ini, walaupun dulu sempat tinggal di Bandung. Lah yang heran kok teman-teman asli Bandung kok tidak pernah ya mengajak saya makan nasi tutug?he he he..apa dulu belum ada ya.....mungkin belum ada ya..tidak tahu juga..

Nah hanya lihat gambarnya saja di internet kok kelihatannya enak sekali. Jadi ngiler.com deh... Nah nasi tutug oncom ini sendiri adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar yang sudah dicampur bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih serta kencur. 
Tutug sendiri dalam bahasa Sunda artinya tumbuk, jadi nasi tutug oncom yaitu nasi tumbuk oncom.

Nah mengapa kok ujuk-ujuk saya membuat nasi tutug oncom ini? He he he..ceritanya begini..selama tinggal di Batam kok saya belum pernah yang namanya membeli oncom ya..karena memang oncom bukan bahan makanan yang umum dijual di Batam. Jadi karena tidak pernah melihatnya dan malas untuk mencarinya makanya tidak pernah berniat membuat makanan yang menggunakan oncom. Seperti combro misalnya yang merupakan makanan favorit saya...

Dulu ya waktu di Bandung kan kos di daerah Dago Pojok, nah di depan Dago Pojok kan mangkal tukang gorengan. Jadi kalau pulang kuliah pasti mampir dulu..ha ha ha secara ya anak kos..sukanya makan gorengan..murah meriah. Nah yang jadi favorit ya combro ini. Pertama makan langsung suka secara di Palembang belum pernah makan combro. Ada juga yang mirip combro tetapi dalamnya isi gula merah. Kalau ini saya tidak begitu suka. 

Nah ketika ke swalayan di BCS (Batam City Square) lantai dasar eh lihat ada oncom. Langsung deh masuk keranjang belanja.
Oncom untuk bahan nasi tutug
Oncom
Tetapi di pikiran sih mau dibuat combro. Nah sampai hari ini belum juga sempat membeli singkong. Jadi mulai searching internet pengolahan oncom itu apa saja. Eh tertarik dengan yang namanya Nasi Tutug Oncom.

Kan banyak tuh resep-resepnya, tetapi inti bumbunya hanya bawang merah, bawang putih, kencur dan cabai yang dihaluskan. Jadi dirangkum saja deh sendiri. Kemudian ada yang oncomnya dibakar, ketika bumbu halus sudah matang dicampur dengan oncom bakar yang sudah ditumbuk lalu dicampur dengan nasi hangat. Ada juga yang oncomnya ditumis bersama bumbu halus tetapi terlebih dahulu ditumbuk.
Nah saya memilih yang dimasak bersama bumbu halus saja. Kemudian supaya lebih enak dan harum saya tambahkan daun kemangi di tumisan tersebut. jadi makin yummy deh..

Nah lebih lengkap lagi kan menikmati nasi tutug oncom ini dengan ayam goreng dan sambal terasi serta lalapan, nah tadi sekalian buat juga ayam gorengnya. Saya sertakan juga resepnya di sini ya..Kemudian sambal terasi yang saya buat yaitu sambal bajak saja.

Bagi yang belum pernah mencoba makan nasi tutug oncom ini cobain deh..enak lho...orang saya saja yang baru pertama kali makan bilang enak..hi hi hi...

Berikut resepnya ya :

Nasi Tutug Oncom

Bahan :
  • 2 piring nasi hangat
  • 2 sendok makan bawang goreng
  • 100 gr oncom (kurang lebih), bisa ditambahkan lagi jika suka, ditumbuk
  • 2 genggam daun kemangi
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 6 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 4 cm kencur
  • 5 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
Cara membuat :
  1. Goreng sebentar bawang merah, bawang putih, kencur dan cabai. Kemudian haluskan dengan blender
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan oncom, aduk sebentar hingga rata
  3. Tambahkan kemangi dan daun bawang, aduk rata. 
  4. Tambahkan garam dan masak sampai matang
  5. Angkat
    Tutug oncom matang
    Tumisan Tutug Oncom
  6. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur nasi hangat, tumisan oncom dan bawang goreng. Aduk rata
  7. Sajikan dengan pelengkap

Ayam Goreng ala Monic

Bahan : 
  • 700 gr daging ayam, saya gunakan yang tanpa kulit
  • 500 ml santan 
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk
  • 3 cm lengkuas, diparut
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja, memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak untuk menggoreng

 Cara membuat :
  1. Campur ayam dengan bawang putih dan bawang merah halus, ketumbar bubuk, kunyit bubuk serta lengkuas parut. Aduk rata dan diamkan kurang lebih 30 menit.
  2. Masak dengan santan dan bahan lainnya sampai santan berkurang
  3. Angkat, tiriskan dan goreng dengan minyak panas 
Nah santan berbumbu yang tersisa jangan dibuang ya..masak tempe dan tahu dengan santan sampai meresap kira-kira 20-30 menit. Angkat, tiriskan dan goreng dengan minyak panas.

Untuk sambal terasi saya gunakan sambal bajak, nah untuk resepnya lihat di sambal bajak


Kemudian sajikan nasi tutug oncom beserta ayam goreng, tempe dan tahu goreng, sambal bajak serta lalapan. Hmmmm..yummyyyy..... 

Nasi Tutug Oncom khas Tasikmalaya
Nasi Tutug Oncom Ayam Goreng

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hai Mba Monic.. salam kenal, awal yang tidak disengaja bertemu dgn blog mba ini saya langsung jatuh hati pd pendangan pertama :}dan yg tambah sy jatuh hati dengan foto oncom tutugnya itu loh...sangat menggoda. seblumnya terima kasih untuk resep tutug oncomnya mba monic, walaupun entah kapan membuatnya :)
    salam Erlina

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Erlina, salam kenal juga mba...wah senang deh mba mampir di blog saya ini.. terima kasih juga karena sudah meluangkan waktu menulis komentar di sini..
      kapan2 cobain mba...walaupun entah kapan he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.