Es Teler Praktis

cara membuat es teler
Es Teler
Nah kalau cuaca panas begini ya enaknya menikmati yang segar-segar seperti halnya es teler yang praktis ini. Apalagi nih kok sudah lama sekali di Batam cuacanya panas terus ya. Makanya ide membuat es teler muncul. Nah buah-buahan sudah dibeli tadi malam. Kebetulan sekali ada nangkanya dan nangkanya manis sekali, jadi pas sekali deh. Kemudian karena tadi malam juga membeli melon ya tidak ada salahnya ya menambahkan sedikit potongan melon ke dalam es teler ini..he he he...

Nah kalau es teler yang terkenal kan ada yang namanya es teler 77. Di Batam sendiri seingat saya bisa menemui es teler 77 di Mega Mall Batam Center. Soalnya dulu pernah mencicipi es teler 77 tersebut. Tetapi saya sebenarnya bukan peminat jenis-jenis es seperti ini, ya es teler, es buah, es campur dan es-es lain yang sarat isi. Jadi sangat jarang sekali saya membeli es jenis ini. 

Nih di daerah Batu Aji Batam, tepatnya di daerah Genta 1 ada es teler yang terkenal. Selain menjual es teler juga ada sop buah. Kemudian ada bakso dan miso.Wuih...pelanggannya banyak sekali. Hampir tidak pernah sepi. Tetapi menurut saya es telernya amat teramat sangat manis sekali...ha ha ha..sudah terbayang kan betapa manisnya. Tetapi ya namanya juga es teler ya..kalau tidak manis kan kurang enak.

Nah es teler yang kali ini saya buat ada 2 versi, yang satu saya tambahkan sirup cocopandan dan yang satunya lagi tanpa tambahan sirup, ataupun gula dan pemanis lainnya. Jadi murni manisnya dari buah-buahan dan air kelapa saja. Menurut saya keduanya sama enaknya. Secara sirup yang saya tambahkan tidak begitu banyak jadi manisnya sedang saja. Kalau Sophie lebih suka yang ada tambahan sirupnya..he he he secara ya anak kecil suka dengan yang manis-manis.
Kemudian nih saya tidak menambahkan es batu ataupun es serut pada es teler ini....Tetapi air kelapa muda serta kelapa mudanya dan buah-buahan lain sudah saya dinginkan sebelumnya, makanya menurut saya tidak perlu penambahan es lagi.
cara membuat es teler praktis
Es teler tanpa pemanis

Ok deh tanpa berlama-lama lagi, berikut resepnya ya....

Es Teler Praktis

Bahan :
  • 2 buah kelapa muda, ambil air dan daging buahnya
  • 250 gr nangka, potong dadu
  • 2 buah alpukat, potong dadu
  • 1/4 buah melon, potong dadu
  • sirup cocopandan secukupnya
  • es batu/es serut jika suka (saya tidak pakai)
  • susu kental manis jika suka (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Beberapa jam sebelumnya simpan air dan daging buah kelapa muda, nagka dan melon di dalam kulkas
  2. Siapkan mangkuk ukuran besar, campur air dan daging buah kelapa muda, nangka, melon serta alpukat, aduk rata

Untuk menyajikannya :
  1. Siapkan mangkuk atau gelas, sendokkan campuran buah
  2. Beri es batu atau es serut
  3. Beri susu kental manis dan sirup cocopandan secukupnya
  4. Siap dinikmati

Silakan mencoba ya resep es teler praktis ala saya ini, semoga suka ya....
 

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.