Resep Masakan Sehat Kari Ayam

resep masakan sehat kari ayam
Kari Ayam Kuah Susu
Pada awalnya mengeksekusi resep masakan sehat kari ayam ini karena penasaran belum pernah mencoba memasak kari ayam sendiri. Kebetulan sekali ketika iseng-iseng membaca kembali tabloid Saji tahun 2012..ealah ketemu resep kari ayam yang mudah dilengkapi dengan step by step.
Tetapi bumbu kari belum ada..dulu pernah beli bumbu kari kemasan 250 gr..banyak sekali kan..tetapi belum pernah sekalipun dipakai..akhirnya sampai expired dan pastinya dibuang..ah sayang sekali.

Untunglah ketika singgah ke salah satu swalayan, saya menemukan bumbu kari kemasan kecil saja. Wah kebetulan sekali. Akhirnya saya membelinya untuk mengeksekusi resep yang sudah saya tandai. Nih bumbu kari yang saya beli.
bumbu kari


Di resep asli memakai santan sebagai kuah kari ayamnya. Tetapi karena saya sedang tidak mau menggunakan santan maka saya ganti saja dengan susu cair. Sekali-sekali memodifikasi resep masakan menjadi lebih sehat. Nah saya rasa kari ayam versi santan mungkin lebih enak ya. Mungkin lain kali saya akan membuat versi santannya. Kemudian nih, di resep asli menambahkan cabai hijau ini saya skip soalnya saya akan memberikan kari ayam ini buat Sophie juga. Nah supaya lebih bergizi maka saya tambahkan kentang dan wortel.

Tetapi karena saya suka sekali dengan pedas maka tidak lengkap rasanya kalau tidak pedas, makanya tidak ketinggalan taburan cabai rawit utuh pada kari ayam ini. Dan menurut saya lebih enak. Tetapi saya rasa kalau memasukkan cabai rawitnya pada saat memasaknya mungkin lebih enak, lebih berasa dan meresap pedasnya..ha ha ha...

Ok deh, berikut ini langsung saja ke resepnya ya...

Resep Masakan Sehat Kari Ayam
(inspirasi tabloid Saji)

Bahan :
  • 200 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit (resep asli 300 gr ayam paha fillet) potong-potong kotak sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya (resep asli memakai 1 sendok teh air jeruk lemon)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong melintang agak tebal (resep asli tidak pakai)
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong ukuran agak besar sesuai selera (resep asli tidak pakai)
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok teh bubuk kari
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 100 ml air
  • 200 ml susu cair (resep asli menggunakan 50ml santan kental instant)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir (saya skip)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis (saya gunakan minyak canola)
  • 15 buah cabai rawit untuk taburan (resep asli memakai cabai hijau, ditumis berbarengan dengan bawang bombay dan bawang putih)

Cara membuat :
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama kurang lebih 30 menit
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  3. Masukkan ayam, wortel dan kentang, aduk rata
  4. Tambahkan air, lalu masukkan kari bubuk, aduk rata
  5. Masak sampai wortel dan kentang agak lunak
  6. Tambahkan susu cair
  7. Tambahkan merica bubuk dan garam, masak sampai meresap
  8. Cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan
  9. Taburi dengan cabai rawit

Nah selamat mencoba resep masakan sehat kari ayam yang saya posting kali ini ya, semoga suka...

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. salam sukses kakak, saya lagi cari cari resep makanan, eh taunya mampir ke blog kakak ini, kemaren saya liburan ambil paket wisata lombok, saya ada beli oleh oleh pada toko yang jual madu asli di pulau lombok island tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak.. keep writes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba,
      kalau resep dengan madu sih baru 2 saja nih, resep ayam bakar madu dan resep dorayaki, kalau mau lihat resepnya tinggal ketik saja ya di kolom search di side bar, terima kasih ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.