Sambel Rawit Sosis Tahu dan Pete

menu masakan pedas
Sambel rawit sosis tahu dan pete
Satu lagi menu masakan pedas yang sering saya buat..yup kali ini saya posting resep masakan tahu dan campurannya berupa sosis dan pete dengan sambel cabai rawit pastinya.. Sebenarnya saya sih tidak suka sekali dan tidak juga pantang makan pete. Adakalanya saya suka juga membuat pete sebagai campuran menu masakan saya.

Nah untuk menu masakan pedas kali ini mudah saja..semua bahan digoreng saja, kemudian baru dicampur sambel tumis. Beri daun jeruk supaya wangi. Dan gunakan tomat agak banyak supaya pedas cabai rawit agak sedikit bisa dinetralisir oleh tomat.
Nih yang pasti sambel jenis ini super pedas ya..apalagi saya tidak menambahkan gula. Tetapi jika suka silakan tambahkan sendiri sesuai dengan selera.

Oh iya saya juga sebelumnya pernah posting sambel goreng tahu tempe dan teri..dan yang pastinya pedas juga..jika tertarik silakan lihat  sambel goreng tahu tempe dan teri

Bagi pecinta pedas, menu masakan pedas sambel tahu kali ini recommended deh...he he he..Tetapi tetap ingat ya kemampuan tubuh merespon pedas..jangan sampai sakit perut karena suka yang pedas-pedas.
He he he ingat dulu waktu di Surabaya, mamatua saya pernah bilang kalau saya itu baiknya makan cabai sampai dimulut saja untuk mendapatkan sensai pedasnya. Jangan sampai ditelan karena bakalan sakit perut. Dia heran kali ya melihat saya doyan sekali makan cabai rawit. Nah apalagi tuh kalau kakak sepupu saya suka masak masakan khas Toraja..yang pastinya ditambahkan cabai rawit..itu saya suka pilihin cabai rawitnya he he he..
Mamatua saya bilang begitu karena waktu di Surabaya saya pernah kena maag akut.. ya karena macam-macam sebab sih..karena sering terlambat makan dan karena suka pedas pastinya..

Nah mengenai masakan khas Toraja, ibu saya sering sekali masak masakan Toraja dimana cabai rawit suka dimasukkan utuh begitu saja di masakan. Nah kami anak-anaknya suka berebut milihin cabai rawitnya berebut juga sama bapak pastinya..ha ha ha.. jadi dari kecil sudah biasa makan cabai rawit.

Herannya walaupun ibu saya orang Bali tetapi sepertinya dia tidak pernah deh masak masakan khas Bali..hanya saja yang saya ingat beberapa kali suka membuat sambel khas bali, sambel apa ya namanya...dimana bawang merah dan cabai rawit diiris kemudian digoreng. Nah setelah matang diletakkan dipiring kemudian baru diberi garam. Saya suka juga dengan sambal seperti ini..enak..Ibu saya mungkin terlalu mencintai bapak saya sehingga masakan toraja saja yang sering dimasaknya..ha ha ha...
Lain kali sepertinya saya juga mau belajar untuk membuat masakan toraja dan masakan bali pastinya..hmm suatu saat deh..harus berguru dulu ke ahlinya.

Nah kembali lagi ke sambel cabai rawit sosis tahu dan pete ini ya... Sebenarnya sih saya hanya memanfaatkan bahan yang ada saja sih. Jadi bebas saja ya kalau masalah bahannya. Intinya itu di sambel cabai rawitnya.

Tanpa berlama-lama lagi, ini resep masakan tahu ala saya ya..

Sambel Rawit Sosis Tahu dan Pete

Bahan :
  • tahu, kurang lebih 10 buah, potong ukuran kotak lalu goreng
  • sosis, kurang lebih 5 buah, potong serong atau sesuai selera, goreng
  • pete, kurang lebih 2 papan, goreng
  • 150 gr cabai rawit
  • 4 buah tomat ukuran sedang, potong kecil
  • 5 lembar daun jeruk
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • garam secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya

Cara membuat :
  1.  Blender cabai rawit dan bawang merah serta bawang putih dengan sedikit air
  2. Tumis tomat sampai tomat hancur
  3. Masukkan hasil blenderan
  4. Tambahkan daun jeruk, masak hingga sambal matang dan mengering
  5. Masukkan tahu goreng, pete dan sosis goreng, aduk rata
  6. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata, masak sebentar
  7. Angkat dan sambel rawit sosis tahu dan pete siap dihidangkan

 Nah resep masakan tahu kali ini semoga disukai ya...silakan mencoba ya...


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.