Sate Padang ala Uni Nila

resep masakan sate padang
Sate Padang ala Uni Nila
Lagi-lagi membuat masakan ala Uni Nila nih...yang sebelumnya saya posting adalah ayam bakar dan gulai ala Uni Nila kali ini mengeksekusi resep sate padang..tralala..trilili...
Sate padang sendiri banyak sekali jenisnya..nah dari sumber terpercaya orang asli sana..setiap kabupaten itu punya khas tersendiri untuk bumbu satenya. Bagi yang suka makan dan pernah makan pasti pernah mencoba beberapa jenis sate padang kan...
Di Batam sendiri dari setiap penjual sate padang yang ada baik itu di rumah makan terkenal sampai penjual  warung tenda atau bahkan penjual gerobak keliling...rasanya tidak ada yang sama..percaya deh...
Nah apalagi di Sumatera Barat kan..coba bayangkan berapa jenis sate padang yang ada...halah..pembaca diminta membayangkan ha ha ha...

Penjual sate padang biasanya menyediakan 2 jenis kuah nih..yang satu dibilang kuah padang dan yang satu lagi kuah kacang.. Biasa penjual suka tanya kalau kita pesan sate..kuahnya kuah apa?
Nah favorit saya sih kuah padang..tetapi kuah campuran padang dan kacang juga enak..tetapi belum pernah nih makan sate padang memakai kuah kacang saja.
Kemudian satenya sendiri biasa terdiri dari 3 jenis, yaitu sate daging sapi, daging ayam dan jeroan sapi. Nah favorit saya adalah daging ayam...

Nah satu lagi nih kalau membahas kuah satenya..itu kan ada yang berwarna merah, kemudian ada juga yang berwarna kuning dan ada yang berwarna di antaranya...kalau kuah yang merah itu terkenalnya dari padang pariaman, sedangkan kuah kuning dari padang panjang.
Nah kalau berdasarkan pengalaman makan sate padang yang dari payakumbuh juga berwarna kuning. Dan satu lagi nih ada yang khas dari payakumbuh, jadi kalau kita makan kuahnya itu seperti berpasir, ternyata itu dari remah-remah tulang rawan sapi.

Masih membahas sate padang nih, siapa yang belum pernah dengar sate padang terkenal disana? Hmmm ayo siapa yang belum tahu tentang sate padang Mak Syukur...
Sepertinya sate padang Mak Syukur mulai terkenal sejak masuk acara wisata kuliner Pak Bondan Maknyuss Top Markotop...

Dengar-dengar nih...sejak ditanyangkan di acara tersebut, maka semakin banyak pengunjungnya... ealah..sekarang malah dengar-dengar sudah buka cabang di Jakarta. Nah sate Mak Syukur merupakan sate dengan kuah berwarna kuning, secara ya memang aslinya sate Mak Syukur ada di Padang Panjang.
Hmmm wajar saja sih satenya terkenal..karena memang enak sih menurut saya..tetapi enaknya sih ada juga yang menyamainya di Batam saya rasa.
Nah waktu itu lupa pesan kalau saya mau yang daging saja..eh dicampur sama jeroan..jadinya jeroannya tidak saya makan.

Nah kalau masalah harga..ini yang penting..harga memang menentukan kualitas..jadi kalau harganya agak mahal maka rasanya enak dan kita akan mendapati satenya tanpa campuran lemak. Sate ayamnya tanpa kulit dan empuk dagingnya, kemudian sate daging sapinya  dengan potongan cukup besar dan empuk. 
Ini ada contoh sate padang favorit saya dan hubby..sate padang Salero Basamo Batam.

resep masakan sate padang
Sate padang Salero Basamo

Wah panjang sekali ya ceritanya, he he he seperti orang yang tahu betul tentang sate padang ya... padahal saya tahu ini karena sering makan dan sering bertanya...mudah-mudahan tidak sok tahu ya..

Ok..lanjut ke cerita sate padang ala Uni Nila.. Nah seperti biasa saya konsultasi dulu dengan Uni Nila sebelum eksekusi resep...
Awalnya sih tadinya mau mencoba sate padang Dapur Minang..yang sebelumnya saya eksekusi resep asinan bogornya...nah di resep sate padang dapur minang ada yang namanya adas..saya bingung adas itu yang mana ya..ternyata saya belum tahu semua bumbu..hadeuh..tepok jidat..lihat di internet tetapi bingung..bentuknya mirip jinten..apa sama ya dengan jinten. Akhirnya waktu ke pasar menyempatkan diri mampir ke kios Uni Nila...tanya apa si Uni jual adas...dia bilang ini adasnya..lha apa bedanya sama jinten Uni..begitu saya tanya.. Kalau jinten itu agak gelap warnanya dan rasanya agak pedas..kalau adas itu warnanya agak kehijauan dan rasanya agak manis...begitu kata si Uni..oalah iya benar..walaupun mirip ternyata beda ya...

bumbu masakan jinten dan adas
jinten dan adas

Si Uni tanya buat masak apa adas? saya bilang mau buat masak sate padang..lihat resep di internet..eh si Uni bilang..iya di internet memang banyak resep masakan enak ya..he he he si Uni tahu saja..
Kemudian saya tanya Uni kalau buat sate padang bagaimana? Nah ternyata si Uni bilang untuk ungkep daging dia memakai bumbu rendang dan untuk kuah baru dia memakai bumbu kuning khas kuah sate..
Nah lho..saya bilang di internet ada resepnya yang sekalian ungkep daging kemudian kuah hasil ungkep itu dikasih air kemudian dikentalkan dengan tepung..
Oh itu juga bisa..hanya saya biasa bumbunya dibedakan..begitu kata si Uni...nah supaya enak nanti di kuahnya tambahkan daun jeruk dan daun bawang ya..kemudian mengentalkannya dengan tepung beras (sama dengan resep si uda dapur minang)..oalah..penasaran..patut dicoba juga.. Pulang dari pasar bingung mau pakai resep yang mana..

Tetapi akhirnya karena tingkat kepercayaan saya sama si Uni maka saya menggunakan bumbu rendang ala si Uni...tetapi karena kelupaan membeli tepung beras maka saya gunakan tepung terigu he he he...
Kemudian nih selalu yang saya lakukan kalau memakai resep ala si Uni, bumbu ungkepnya enak..jadi sayang kalau tidak digunakan..dan saya pikir saya gunakan saja bumbu tersebut untuk kuahnya..he he he.. dan ternyata enak lho...saya suka sate padang yang seperti ini..

resep masakan sate padang kuah merah
sate padang ala Uni Nila

Ok deh terlalu panjang sudah cerita saya ya..berikut resepnya saja ya..

Sate Padang ala Uni Nila

Bahan :
  • 250 gr daging sapi (gunakan yang tanpa lemak)
  • 250 gr daging ayam (saya gunakan bagian dada tanpa kulit 2 potong)
  • 1 lembar daun kunyit (kurangi jika tidak begitu suka dengan aroma daun kunyit)
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan 
  • 3 buah asam kandis
  • 200 ml air
  • garam secukupnya

 Bumbu halus :
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm lengkuas
  • 1/4 sendok teh jinten sangrai
  • 1/4 sendok teh ketumbar sangrai
  • 10 buah cabai merah keriting

Bahan kuah :
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan tepung beras (saya gunakan tepung terigu)
  • 1 batang daun bawang, iris
  • garam secukupnya

Bahan pelengkap :
  • lontong
  • bawang goreng

Cara membuat :
  1. Bagi 2 bagian daging sapi, ayam biarkan utuh
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan serai, daun kunyit, daun jeruk serta asam kandis, dan garam, aduk rata
  3. Masukkan potongan daging sapi, aduk hingga bumbu rata dan daging berubah warna
  4. Tambahkan air, masak hingga daging sapi empuk
  5. Begitu sudah empuk, baru masukkan potongan daging ayam, masak kembali hingga daging ayam matang
    resep masakan sate padang diungkep
    mengungkep daging
  6. Angkat potongan daging sapi dan daging ayam
    daging sapi untuk resep sate padang
    potongan daging sapi dan ayam
  7. Potong-potong bentuk dadu
  8. Tusukkan ke tusukan sate
  9. Siapkan pan datar untuk membakar sate, beri sedikit minyak (atau bisa juga bakar dengan arang )
  10. Olesi potongan daging dengan bumbu ungkep
    resep masakan sate padang
    sate sebelum dibakar
  11. Bakar sebentar saja hingga bumbu agak mengering
  12. Angkat dan sisihkan
    resep masakan sate padang daging sapi
    sate padang daging sapi
    resep masakan sate padang uni nila
    sate padang daging ayam
  13. Sementara itu siapkan kuahnya, larutkan tepung dengan air
  14. Masukkan ke dalam sisa bumbu ungkep
  15. Masak kembali bumbu ungkep dengan api kecil hingga meletup-letup
  16. Tambahkan daun bawang dan garam, cicipi rasanya, masak sebentar kemudian matikan api
Cara menyajikan :
Potong-potong lontong, letakkan beberapa tusuk sate di atasnya, beri kuah sate kemudian taburi dengan bawang goreng..siap disantap dalam keadaan hangat..yummy...
resep sate padang kuah rendang
Sajian sate padang

Nah semoga resep masakan sate padang ala Uni Nila ini bermanfaat ya..siapa yang tertarik silakan mencoba ya...semoga suka..

Catatan : untuk resep ala uni Nila tidak ada takaran pastinya berapa ya..jadi ini reka-reka saya saja..jadi jika ada yang kurang pas silakan sesuaikan sendiri ya...
NewerStories OlderStories Home

5 comments:

  1. Hmmm patut dicoba nehh. Scr umumnya kl daerah pulau jawa umumnya cuman sate padang yg padang panjang yg gak merah alias kuning. Kalo yg pariaman merah. sdg sate padang yg padang kombinasi keduanya plus tambahan kacang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih..saya rasa juga resep sate ini agak berbeda, kalau di Batam mungkin itu kali ya yang disebut sate padang yang padang karena suka ada tambahan saus kacangnya he he he.. jadi kalau pesan suka ditanya dulu mau kuah apa..

      thanks ya sudah berkunjung ke sini ..

      Delete
  2. Saya paling suka warna kecokelatan gini un,apalagi kalo bawang gorengnya banyak hmmm nikmat

    ReplyDelete
  3. Saya paling suka warna kecokelatan gini un,apalagi kalo bawang gorengnya banyak hmmm nikmat

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh uni..ini sate padangnya enak.. dan semua sate padang saya suka...
      masih mau coba buat sate padang kuah kuning, tapi belum juga dibuat.. bisa2 tambo ciek jadinyo..he he he
      makasih sudah mampir ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.