Sup Bakso Ayam Homemade

Sup Bakso Ayam Homemade

Wuihhh senangnya lho bisa membuat bakso ayam homemade dan pastinya enak dan kenyal tanpa bahan pengenyal bakso. Nah kali ini bakso ayam yang saya buat saya jadikan sup bakso ayam. Hanya dengan tambahan wortel dan oyong/gambas sudah cukup enak supnya.
Kuahnya sendiri berasal dari air hasil rebusan membuat bakso yang ditambahkan potongan daging ayam sehingga lebih terasa kaldu ayamnya. Wah terima kasih deh buat mba Endang JTT buat resep bakso ayam nya. Dulu mana pernah kepikiran mau membuat bakso sendiri. Ternyata tidak sulit membuat bakso homemade itu.

Ternyata sup bakso ayam ini disukai oleh Sophie..wah senengnya...dan pastinya tenang karena yakin bakso ini aman buat anak-anak. Jadi ayo mari ibu-ibu yang punya anak kecil..cobain deh membuat bakso ayam sendiri...mudah kok...

Nih hanya saja kan saya tidak punya food processor untuk mengolah potongan daging ayamnya, maka jadinya saya pakai daging giling saja. Kalau pakai blender untuk mengolah potongan daging ayam menjadi halus agak susah, saya sudah pernah coba...tetapi bagi yang mau mencoba silakan ya..siapa tahu beda blender beda hasil. Tetapi bisa kok menggunakan daging ayam yang dicincang saja tetapi sepertinya harus benar-benar halus deh..

Nah ini ada tips dari mba Endang, kalau mau membuat baksonya kenyal jadi bakso jangan direbus di api besar, cukup api kecil saja. Kemudian nih waktu proses mematangkan bakso pertama-tama siapkan panci berisi air terlebih dahulu, kemudian didihkan. Setelah mendidih matikan kompor. Baru deh bakso yang sudah kita bentuk dimasukkan ke dalam air tersebut. Nah nanti baksonya akan mengapung sendiri. Setelah baksonya agak banyakn mengisi panci maka baru kita rebus kembali dengan api kecil. Jangan sampai air bergolak mendidih, cukup meletup kecil saja.

Dan satu lagi nih yang penting, untuk membuat bakso yang kenyal, kita harus membanting adonan hingga beberapa kali. Tidak perlu membantingnya di meja atau tempat yang lebar, cukup di mangkok saja. Dengan catatan mangkoknya harus cukup besar. Ketika sudah dibanting kira-kira 10 -12 kali bantingan (saya melakukannya sampai 20x bantingan he he he..) akan kelihatan kok adonan kelihatan lebih halus dan lembut.

Ternyata karena puasnya dengan hasil bakso ayam yang saya buat, tak lama selang beberapa hari saya membuatnya kembali..he he he...ini terbukti kan mudah dan hasilnya memuaskan..jadi jangan ragu ya..silakan dicoba sendiri membuatnya di rumah..
Untuk pembuatan kedua, bahan tambahannya hanya soun saja serta diberi taburan bawang goreng dan saun seledri.

resep masakan sup bakso ayam homemade
Sup Bakso Ayam buatan kedua

Nah supaya tidak penasaran, ini dia ya resepnya ya dengan sedikit modifikasi dari resep asli...(saya cantumkan ini hanya 1/2 resep saja..silakan kalikan saja ya takarannya mau berapa banyak membuatnya)


Sup Bakso Ayam Homemade

Bahan bakso:
  • 250 gr daging ayam giling
  • 60 ml air es
  • 1/2 sendok makan kecap ikan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan kuah :
  • 1 liter air dari rebusan bakso + 100 gr potongan daging ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
  • 3 siung bawang putih goreng dihaluskan
  • 3 butir bawang merah goreng, dihaluskan
  • 1 sendok makan kecap ikan (tambahkan jika suka)
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan pemakaian garam dengan kecap ikan, karena kecap ikan cenderung asin)
  • 1 buah oyong/gambas ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat bakso:
  1. Siapkan mangkok ukuran agak besar, masukkan daging ayam giling. 
  2. Tambahkan separuh air secara bertahap sesendok demi sesendok, aduk dengan sendok
  3. Siapkan mangkok kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, baking powder, baking soda, merica bubuk, minyak goreng dan tepung maizena, aduk rata
  4. Tuangkan larutan tersebut ke dalam mangkok berisi daging ayam giling. Aduk perlahan biarkan meresap, kemudian aduk hingga benar-benar rata dengan sendok
  5. Basahi tangan dengan air es, ambil adonan dan bantingkan ke mangkok, lakukan sebanyak 10 -12 kali hingga adonan kelihatan lembut, halus, dan elastis dan jika disentuh dengan tangan terasa kenyal
  6. Tutup mangkok dengan plastik wrap, masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  7. Siapkan panci, isi dengan air dan rebus hingga mendidih, matikan kompor.
  8. Ambil adonan, bentuk bulatan dengan menggunakan 2 buah sendok.
  9. Masukkan ke dalam air panas, lakukan hingga adonan habis. Bakso akan mengapung dengan sendirinya.
  10. Masak kembali dengan api kecil hingga bakso matang
  11. Angkat bakso yang matang dan masukkan ke dalam mangkok yang berisi air es. Rendam hingga dingin

Cara membuat kuah :
  1. Rebus air sisa rebusan bakso bersama dengan potongan daging ayam hingga mendidih dan ayam matang
  2. Masukkan bawang putih dan bawang merah halus
  3. Tambahkan kecap ikan, garam dan merica bubuk
  4. Masukkan potongan wortel, masak hingga agak lunak
  5. Masukkan potongan oyong/gambas
  6. Terakhir masukkan bakso ayam dan daun bawang, masak hingga matang
  7. Cicipi rasanya, tambahkan apa yang kurang
  8. Angkat dan hidangkan
  9. Taburi dengan bawang merah goreng atau irisan daun seledri

Nah semoga dengan resep di atas bisa berguna ya buat pembaca sekalian sehingga nantinya bisa membuat sup bakso ayam homemade juga...semangat ya...


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.