Makanan Yang Mengandung Asam Folat

makanan kaya asam folat
Makanan yang mengandung asam folat

Apa saja makanan yang mengandung asam folat itu? Nah mengapa ya kok saya tiba-tiba menulis tentang asam folat ini? Ya sekedar sharing pengetahuan saja ya...
Sebenarnya apa sih asam folat itu? Asam folat adalah vitamin B9 yang termasuk vitamin larut dalam air. Fungsi asam folat yaitu untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu penting juga untuk produksi, perbaikan serta fungsi DNA.

Nah yang tidak kalah penting juga terutama bagi wanita hamil yaitu untuk membantu mencegah NTDs (Neural Tube Defects) cacat tabung saraf  yaitu cacat lahir pada sumsum tulang belakang (spina bifida) dan otak (anencephaly) yaitu dimana sebagian besar atau seluruh otak tidak berkembang dan mengakibatkan bayi bisa meninggal. NTDs dapat terjadi pada tahap awal kehamilan bahkan sebelum banyak wanita tahu kalau diri mereka hamil.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam folat dapat membantu menurunkan resiko cacat bayi yang lain seperti bibir sumbing, sumbing langit-langit dan beberapa jenis cacat jantung.

Nah berikut ini makanan yang mengandung asam folat yang mudah untuk kita temui sehari-hari :
  1. Bayam,  sayuran yang sangat mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari kan. Jadi jangan ragu ya untuk mengkonsumsi bayam. Bisa banyak pilihan mengolah bayam. Dari mulai dibening, ditumis, urap atau juga diolah menjadi cake dan snack lain. Nah seperti bayam pizza puff, bayam lasagna cup, bayam savory bread pudding atau cake oatmeal bayam bisa jadi contoh modifikasi makanan menggunakan bayam.
  2. Asparagus, walaupun saya belum pernah nih mengolah asparagus, tetapi banyak resep yang beredar yang menjadikan asparagus sebagai bahannya. Nah asal tahu saja ya selain mengandung asam folat, asparagus juga mengandung vitamin K, C dan A serta mengandung zat mangan.
  3. Brokoli, nah kalau ini tentu mudah juga didapat kan, dan banyak jenis masakan yang bisa kita modifikasi dengan menggunakan brokoli. Tetapi yang paling bagus ya makan brokoli organic atau dengan mengukusnya sebentar saja.
  4. Buncis, kacang merah, kacang hitam serta kacang kapri juga jenis kacang-kacangan yang mengandung asam folat.
  5. Kembang kol, bit, seledri, wortel serta jagung juga jenis-jenis makanan yang mengandung asam folat
  6. Jeruk, buah yang sangat mudah kita temui. Selain kandungan vitamin C nya ternyata jeruk juga kaya akan asam folat. Jadi jangan ragu untuk menyantap buah yang satu ini ya.
  7. Pepaya, nah kalau buah yang satu ini selain juga dikenal sebagai buah pelancar pencernaan, ternyata pepaya juga menngandung asam folat lho. 
  8. Pisang, wah untuk buah yang satu ini juga termasuk buah yang mudah sekali kita dapatkan. Jadi mulailah untuk juga mulai rajin menyantap pisang, selain mengandung asam folat juga pastinya pisang mengandung vitamin A, B dan C serta mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium.
  9. Alpukat, selain mengandung asam folat, alpukat juga buah sumber asam lemak dan mengandung vitamin K juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain dijadikan jus, alpukat bisa juga dijadikan salad.
  10. Kacang dan biji-bijian, seperti kacang tanah, kacang almond, biji bunga matahari, biji labu, wijen juga jenis makanan yang mengandung asam folat.
  11. Sereal dan roti yang diperkaya dengan asam folat
  12. Hati ayam dan sapi juga ternyata mengandung asam folat

Nah ternyata banyak ya makanan yang mengandung asam folat, jadi kita tinggal menyesuaikan saja mana makanan yang kita pilih sebagai sumber asam folat kita. Nah terutama untuk wanita hamil ya...saran saya konsumsilah makanan sumber asam folat ini untuk menghindari cacat pada bayi.

Sumber gambar : thewellfednewlyweds, sunpride, fairtrasa, wallpaperstock, trebuchet-magazine, blog.junbelen
     

NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. info yang sangat menarik, selain makanan dia atas ada beberapa makanan yang mengandung asam folat diantaranya dalah biji bunga matahari dan tomat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih tambahannya ya mas....
      terima kasih juga sudah mampir ke blog ya dan meninggalkan komentar.

      Delete
  2. Terima kasih banyak atas informasi yang telah diberikan, semoga kedepannya lebih baik lagi dan sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya makanan-makanan punya manfaat yang bagus untuk kesehatan, misalnya saja seperti di atas.

    ReplyDelete
  4. Asam folat bisa saja menambah asam lambung,, sebaiknya jangan berlebihan

    ReplyDelete
  5. Mulai sekarang harus makan makanan yang mengandung asam folat nih, terimakasi atas infirmasinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas.. terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
  6. Terima Kasih atas informasinya kakak :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.. terima kasih sudah mampir ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.