Pizza Oatmeal Jamur

resep pizza jamur oatmeal
Pizza Oatmeal Jamur

Masih dalam edisi olahan oatmeal, kali ini saya posting resep pizza oatmeal jamur....wah rasanya bagi penggemar pizza seperti saya maka tidak bosan jika terus menyantap pizza. Nah apalagi nih sudah sering sekali membuat pizza, jadi sudah terasa mudah sekali untuk membuat pizza sendiri. 

resep pizza oatmeal
pizza oatmeal jamur sliced
Kalau membuat pizza sendiri, kita bisa memodifikasi pizza sesuai dengan yang kita mau. Dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah maka dengan mudah kita bisa membuatnya. Seperti halnya pizza kali ini, saya hanya gunakan topping jamur serta saya beri taburan parsley flakes (daun peterseli kering). Dengan topping sederhana begini sudah bisa menghasilkan pizza lezat..nyam..nyam...

Nah kalau membuat pizza memang enaknya kita selalu gunakan keju mozarella, atau bisa juga keju quick melt dari Kraft. Untuk bahan-bahan yang wajib kalau membuat pizza yang pasti adalah bumbu khas italia, yaitu campuran beberapa dedaunan kering (yang biasa disebut juga mix herbs). Daun-daunan ini adalah daun oregano, basil, rosemary dan thyme. Nah daun-daun ini yang memberikan rasa khas tersebut.
bumbu mix herbs
italian seasoning/mix herbs

Favorit saya nih kalau membuat pizza, roti juga saya beri bumbu ya...supaya tidak hambar saja rasanya..nah kalau tidak suka dengan bumbu-bumbu ini bisa diskip saja. Karena semua kembali ke selera masing-masing. Bumbu-bumbunya ya hanya bawang putih bubuk dan mix herbs tadi itu. 

Untuk resep kali ini, saya gunakan resep pizza oatmeal jamur brokoli yang sudah saya posting sebelumnya ya..Jadi pada intinya resepnya sama saja..he he he..hanya toppingnya sedikit berbeda.
Oh iya seperti-yang sudah-sudah, pizza ini juga menggunakan pizza dengan metode slow rise, dimana adonan roti pizza menggunakan ragi instant yang tidak banyak kemudian proses fermentasi lumayan membutuhkan waktu lama yaitu 24 - 72 jam.
Nah sebaiknya adonan roti pizza memang disiapkan sehari sebelumnya minimal, atau maksimal 3 hari sebelumnya. Tujuannya yaitu membangun rasa, agar rotinya lebih enak.

Tetapi jika terlalu lama dan rasanya tidak sabar maka bisa juga kita lakukan dengan menyiapkan adonan malam hari, keesokan paginya kita memanggang pizzanya. Tetapi yang jelas rasanya berbeda kalau kita menunggunya 24 - 72 jam.
Nah saya pernah mencoba nih membuat adonan pizza agak banyak, kemudian saya coba memanggang pizza mulai dari waktu 12 jam fermentasi, kemudian saya lanjutkan ke 24 jam, kemudian 48 jam sampai 72 jam. Dan hasilnya adalah yang paling enak rotinya adalah yang waktu fermentasinya 72 jam. Hanya saja roti pizza menjadi lebih banyak rongga-rongga udara. Bisa dilihat di pizza ayam lada hitam ya untuk contoh pizza dengan waktu fermentasi 72 jam.

Nah sekarang daripada berlama-lama lagi, langsung ke resepnya ya...silakan...

Pizza Oatmeal Jamur
untuk pizza diameter loyang 22cm
( lihat konversi cup ke gram dan ml )

Bahan :
  • 1/2 cup tepung oatmeal
  • 1/2 cup tepung terigu protein tinggi
  • 1/4 sendok teh ragi instant
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/2 sendok teh mix herbs
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 ml air es (7 sendok makan air es)
  • 15 ml minyak goreng (1 sendok makan )
Bahan saus :
  • 2 sendok makan saus tomat botolan
  • 1 sendok makan saus sambal botolan
  • 1/4 sendok teh mix herbs
  • 1/4 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan air
 Bahan topping : (banyaknya takaran bahan topping tergantung selera, silakan sesuaikan sendiri ya..)
  • jamur kalengan, iris tipis
  • daun peterseli kering
  • keju mozarella parut

Cara membuat :
  1. Satu sampai tiga hari sebelumnya siapkan adonan roti....
  2. Dalam mangkuk ukuran sedang, campur tepung terigu, tepung oatmeal, ragi instant, aduk rata
  3. Tambahkan mix herbs,  bawang putih bubuk dan garam, aduk rata
  4. Dalam gelas ukur tuang air es dan tuang juga minyak
  5. Tuangkan campuran air dan minyak ke dalam campuran tepung, biarkan sejenak
  6. Mulai uleni adonan kurang lebih selama 5 menit, bentuk bulat seadanya, bisa tetap di dalam mangkuk tanpa harus mengangkat adonan, tutup dengan plastik wrap.
  7. Simpan dalam kulkas selama 1 sampai 3 hari.
  8. Ketika akan digunakan, keluarkan adonan, tata di loyang, biarkan kurang lebih 1 jam di suhu ruang.
  9. Panaskan oven kurang lebih 10 menit, tergantung oven masing-masing ya
  10. Untuk membuat saus cukup campurkan semua bahan, aduk rata
  11. Oleskan saus di atas adonan roti, bisa menggunakan sendok, ratakan
  12. Tata jamur di atasnya, taburkan keju mozarella parut, taburi dengan daun peterseli kering
  13. Panggang kurang lebih selama 8 - 10 menit
  14. Keluarkan dari oven, santap ketika hangat sehingga keju mozarella masih meleleh..yummy........

Nah begitu ya cara membuat pizza oatmeal jamur kali ini...semoga tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah ya...semoga suka..










NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. sorry dipanggangnya brp celcius ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Indria,
      wah maaf ya kelewat nyantumin suhu oven, itu saya panggang suhu maksimum di oven saya sekitar 200 - 210 derajat celcius mba..manggangnya sampai permukaan bawah roti kecoklatan ya mba..kalau lamanya yang saya cantumkan di atas hanya sebagai referensi ya mba..tergantung oven masing-masing..nanti saya update resepnya..
      terima kasih sudah bertanya ya mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.