Puding Ubi Ungu Lembut Vla Vanila

resep puding ubi ungu
Puding Ubi Ungu Lembut Vla Vanila
Resep kali ini adalah puding ubi ungu vla vanila yang lembut..hmmm yummy.... Nah ini akibat terlalu lapar mata nih waktu ke pasar kaget, lihat ada yang jual ubi ungu dimana ubi ungunya masih dalam kondisi bagus. Akhirnya tidak tanggung-tanggung beli sampai 2.5kg..he he he... 
Hari ini makanya punya ide buat puding saja deh...secara mudah kalau buat puding dan pastinya tidak pakai lama.

Resep puding ubi ungu kali ini saya adaptasikan dari resep puding labu kuning serta puding milo vla vanila. Jadi tadi takarannya sih seingat-ingat saja ya...hmmm akhirnya jadi juga. Menghasilkan puding yang lembut, enak deh. Manisnya juga sesuai dengan selera saya. Tidak kemanisan baik puding serta vla vanilanya...tetapi nih bagi yang suka manis, takaran gulanya bisa disesuaikan sendiri ya.

Nah kita pasti tahu kan kalau sudah banyak sekali olahan yang berasal dari ubi ungu, sebut saja keripik ubi ungu, stik ubi ungu, bolu kukus ubi ungu, donat ubi ungu, muffin dan cake ubi ungu...hmmm banyak sekali kan...pasti masih banyak yang belum saya sebutkan yang lainnya.
Ubi ungu sendiri mengandung zat selenium dan iodin yang lebih tinggi daripada ubi jalar jenis lainnya. Zat-zat ini berfungsi sebagai zat anti kanker. Selain itu ubi ungu juga mengandung antosianin yaitu pigmen yang larut dalam air yang merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah penyakit penyumbatam pembuluh darah (aterosklerosis).Selain itu antosianin bisa menjaga kesehatan mata, melindungi lambung dari kerusakan, bisa menghambat sel tumor serta mencegah obesitas dan diabetes. 
Pigmen antosianin ini juga dijadikan alternatif pewarna makanan yang alami

Selain manfaat tersebut di atas, ubi ungu mengandung zat-zat dan vitamin yang berguna bagi tubuh yaitu adalah vitamin A, B1 dan C, zat besi, fosfor, kalsium, protein, lemak dan serat serta juga riboflavin atau vitamin B2 yang berfungsi sebagai koenzim yang berperan dalm proses metabolisme energi dalam tubuh.
(sumber : wikipedia dan jendela alam )
Hmmm ternyata banyak ya manfaatnya ubi ungu ini....
Kalau begitu sekarang langsung saja ke resepnya ya....ini dia silakan...

Puding Ubi Ungu Lembut Vla Vanila

Bahan puding :
  • 200 gr ubi ungu kukus
  • 1 cup air matang
  • 2 cup susu cair
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk (7gr)

Cara membuat :
  1. Blender halus ubi ungu kukus dengan 1 cup air matang
  2. Di dalam panci larutkan agar-agar dengan susu cair, tambahkan gula pasir
  3. Masak dengan api kecil sampai panas
  4. Masukkan ubi ungu yang sudah diblender, aduk rata
  5. Masak hingga matang
  6. Tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air
  7. Dinginkan

Bahan vla vanila :
  • 1 cup susu cair
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh pasta vanila 

Cara membuat :
  1. Larutkan  tepung maizena dengan susu, tambahkan pasta vanila dan gula pasir
  2. Panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mengental dan meletup
  3. Matikan api dan dinginkan

resep puding ubi ungu saus vanila
Puding Ubi Ungu

Nah mudah sekali kan membuat puding ubi ungu lembut vla vanila ini...semoga tertarik ya..selamat mencoba dan pastinya semoga suka....
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.