Resep Brownies Panggang dan Sejarahnya

resep brownies
Brownies Panggang
Hmmmm..kali ini saya mau menampilkan resep brrownies panggang dan sejarahnya. Nah hari gini pastinya orang sudah sering sekali ya menikmati brownies. Malah sudah banyak sekali beredar resep dan cara membuat brownies. Dan banyak sekali variasi brownies yang ada baik itu brownies panggang dan brownies kukus. Mulai dari rasa coklat asli, kemudian ada brownies pandan, brownies keju bahkan ada brownies pisang dan dan masih banyak kreasi brownies yang lain.

Nah sebenarnya darimana sih asalnya kue yang namanya brownies ini? Menurut wikipedia, sejarahnya brownies ini asalnya dari Amerika Serikat bermula pada akhir abad ke-19 dan menjadi populer di Amerika dan Canada pada pertengahan abad ke-20. Sejarahnya adalah ketika seorang pemilik hotel di Chicago bernama  Bertha Palmer meminta koki Palmer House Hotel untuk membuatkan hidangan penutup untuk para wanita yang menghadiri Chicago 1893 World Fair. Bertha hanya berpesan dia menginginkan dessert yang berukuran lebih kecil dari cake dan mudah dimakan. Maka jadilah brownies tersebut.

Tetapi ada nih beberapa cerita yang dianggap mitos asal muasal brownies ini, berikut mitos tersebut :
  • Ada seorang koki yang secara tidak sengaja menambahkan coklat leleh ke dalam adonan biskuit
  • Ada juga yang lupa menambahkan tepung ke dalam adonan
  • Dan yang paling populer adalah cerita tentang adanya seorang ibu rumah tangga yang pada saat membuat cake tidak memiliki baking powder sehingga dia berimprovisasi dengan kue ini. Dimana akhirnya dia menghidangkan cake datar ini kepada tamu-tamunya.

Resep brownies pada awalnya hanya terdiri dari tepung, gula, mentega, telur serta coklat leleh dan almond. Seiring dengan perkembangan jaman muncul deh berbagai macam variasi brownies yang lain.
Resep brownies  pertama kali dipublikasikan pada tahun 1904 dimana muncul pada buku Service Club Book. Kemudian pada tahun 1905 pada buku Boston Globe lalu berikutnya pada tahun 1906 pada buku The Boston Cooking School Cook Book yang ditulis oleh Fannie Merritt Farmer.
Resep kedua ditulis oleh Maria Willet Howard pada bukunya yang berjudul Lowney's Cook Book pada tahun 1907. Pada resep ini ditambahkan lagi telur dan coklat sehingga lebih kaya rasa. Resep ini dinamakan Bangor Brownies karena diciptakan oleh seorang wanita di Bangor, Maine. Beberapa tahun kemudian Bangor Brownies menjadi snack top no. 3 dari 10 snack yang ada.

Tantangan dalam membuat brownies adalah pada waktu memanggangnya. Selisih satu atau dua menit saja maka bisa menghasilkan brownies yang kering dan hambar. Jadi gunakan waktu yang tertera di resep sebagai patokan saja. Lakukan test tusuk dengan menggunakan tusukan sate atau tusuk gigi beberapa menit sebelum waktu yang tercantum di resep. Yang diinginkan dari brownies adalah tusukan sate/ tusuk gigi yang masih ada bagian yang menempel pada tusuk gigi tersebut. Jika tusuk gigi tersebut bersih maka itu tandanya sudah terlalu lama memanggang/over baked.

Nah untuk resep brownies sendiri saya mencoba brownies klasik mba Endang JTT, ada memakai kopi bubuk instant juga, jadi rasanya hmmm enak deh...tetapi brownies yang saya buat almondnya hanya sebagai taburan, tidak saya campur bersama dengan adonan. Hasilnya tetap enak...yang penasaran silakan dicoba sendiri ya..karena mudah sekali lho membuatnya...saya saja nih karena suka dengan rasa brownies ini sampai membuatnya 2x dalam selang waktu 4 hari..ha ha ha...
Nih jika tertarik membuat brownies kukus silakan lihat di brownies kukus pisang dan  brownies cup kukus pisang wortel serta jika juga tertarik ada kreasi brownies pop

Ok deh sekarang langsung ke resepnya ya....

Brownies Panggang Klasik

Bahan :
  • 200 gr dark cooking coklat, potong kecil
  • 150 gr mentega (saya gunakan margarin, jadi saya skip garam pada resep)
  • 3 butir telur
  • 200 gr gula pasir berbutir halus atau gula pasir yang diblender
  • 3 sendok makan kopi instant (saya gunakan nescafe) larutkan dengan 2 sendok makan air panas
  • 150 gr tepung terigu protein sedang (1 1/3 cup)
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • almond untuk taburan

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ukuran 22 cm x 22 cm x 7 cm, olesi dengan margarin/mentega/minyak goreng permukaannya, lapisi dengan kertas roti
  2. Panaskan oven, set di suhu 175 derajat celcius
  3. Ayak tepung terigu dan baking powder, campur dengan vanili bubuk
  4. Siapkan mangkok stainless, tim coklat blok dan mentega/margarin hingga meleleh. Gunakan api kecil saja.
  5. Setelah meleleh, aduk rata, sisihkan dan diamkan kurang lebih 5 menit supaya dingin
  6. Dalam mangkuk ukuran sedang campur gula, telur dan larutan kopi, aduk hingga tercampur rata
  7. Tambahkan campuran coklat dan margarin yang sudah dingin, aduk rata
  8. Masukkan tepung, aduk cepat asal rata, jangan terlalu berlebihan mengaduk
  9. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan kacang almond
  10. Panggang selama kurang lebih 30 - 35 menit
  11. Test kematangan dengan tusuk gigi atau tusuk sate
  12. Pastikan masih ada adonan yang lengket di tusuk sate
  13. Jangan terlalu lama memanggang
  14. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  15. Potong brownies ketika sudah dingin

Nah semoga resep brownies panggang dan sejarahnya sedikit berguna ya...dan semoga tertarik untuk mencobanya..semoga suka....

Sumber artikel : wikipedia dan joy of baking


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.