Sambel Tauco Super Pedas

resep sambel tauco mudah
Sambel tauco super pedas

Membuat berbagai jenis sambel pedas memang kesukaan saya, nah kali ini saya membuat sampel tauco super pedas. Kalau menurut saya sambel itu enaknya pedas...jadi makannya lebih nikmat he he he..

Nah siapa ya yang tidak tahu dengan namanya tauco...sedari dulu sepertinya jaman emak-emak kita dulu sudah sering masak menggunakan tauco. Nih menu tauco andalan ibu saya yaitu tahu masak tauco dengan cabai hijau. Wah kalau ibu saya masak tahu tauco cabai hijau ini, maka saya bakalan nambah porsi nasinya he he he..

Seingat saya sejak saya di Batam, saya baru dua kali memasak menggunakan tauco. Kesan saya pertama kali dengan tauco Batam yaitu asin sekali. Sampai waktu itu saya bingung menghilangkan asinnya. Padahal memang kalau memasak tauco ya tidak pernah menambah garam lagi. Nah apa waktu itu saya kebanyakan menambahkan tauconya ya...

Entah mengapa kali ini saya ingin memasak menggunakan tauco lagi. Hanya saja saya maunya dicampur sambel saja. Jadi beberapa hari sebelumnya saya sudah membeli tauco. Tauco yang saya beli merk Mili, yaitu tauco kemasan botol. Ya ternyata sama saja lumayan asin..he he he..namanya juga tauco ya...
Kalau di rumah makan Padang ada tuh gulai ikan tauco..rasanya enak..tauconya terasa pas dan gulainya gurih. Biasanya gulai ikannya juga ditambahkan dengan tempe dan tahu yang dipotong dadu kemudian juga ditambahkan potongan buncis yang dipotong serong.
Suatu saat ingin mencoba juga memasak gulai ikan tauco ini..hmmm kapan ya..

Nah tauco sendiri terbuat dari kacang kedelai..nah kelihatan kan masih kacangnya...bau khas tauco itu berasal dari proses fermentasi kacang kedelai yang direndam dengan air garam. Beberapa produsen tauco tradisional mengatakan bahwa hasil dari rendaman kacang kedelai tersebut yang berupa air untuk dijadikan kecap sedangkan kacangnya yang dijadikan tauco (sumber : wikipedia)


Untuk resep sambel tauco kali ini mudah sekali ya...jadi yang tertarik membuatnya silakan ya...
Berikut resepnya ... (jika tertarik dengan resep sambel pedas saya yang lain silakan lihat di sambal ya..)

Sambel Tauco Super Pedas

Bahan :
  • 8 butir bawang merah
  • 30 butir cabai rawit
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 3 buah tomat ukuran sedang
  • 3 sendok makan tauco (sesuaikan dengan tingkat keasinanan tauco)
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • gula jika suka (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Haluskan bawang merah, cabai merah dan cabai rawit dengan menggunakan blender dengan memberi sedikit air
  2. Potong-potong tomat 
  3. Tumis tomat sampai tomat layu, masukkan hasil blenderan
  4. Masak sampai sambal matang
  5. Tambahkan tauco, aduk rata
  6. Masak kembali sebentar
  7. Angkat dan hidangkan

Nah mudah sekali kan membuat sambel tauco super pedas ini...selamat mencoba..semoga suka...




NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. JUAL TAUCO PEKALONGAN..
    KHAS KOTA BATIK PEKALONGAN
    ASLI MANTAPPP!!
    1 BESEK KEMASAN 1/2 KG HRG 20RB..
    MINAT HUB 085641037796
    http://taucoaslipekalongan.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.