Soft Pretzel Oatmeal Praktis

resep soft pretzel oatmeal praktis
Soft Pretzel Oatmeal Praktis
Kali ini membuat soft pretzel oatmeal yang cukup praktis. Halah..walaupun bentuknya aneh ya..tetapi rasa soft pretzel ini lumayan enak lho. Ya..baru kali ini saya mencoba membuat soft pretzel sendiri. 
Soft pretzel yang saya buat kali ini berdasarkan resep 30 minutes homemade soft pretzel sally baking addiction. Yup..saya tertarik membuat pretzel dengan resep ini karena sangat mudah sekali membuatnya serta yang pasti bahannya sederhana saja. Nah resep ini menjadi resep popular di website sally..makanya saya semakin tertarik untuk mencobanya.

Hmmm soft pretzel kali ini tanpa proses boiled baking soda bath ya...yaitu proses mencelupkan adonan pretzel ke dalam larutan baking soda dan air mendidih. Di mana proses ini memang menjadikan proses yang khas untuk membuat pretzel. Proses ini bertujuan untuk memberikan warna yang bagus pada pretzel yaitu warna kecoklatan tetapi bagian dalamnya tetap berwarna putih. 

Mungkin lain kali saya mau mencoba membuat soft pretzel dengan menggunakan metode ini...yup next time...
Nah kembali ke soft pretzel yang kali ini saya buat..saya menggunakan tepung oatmeal juga..secara suka sekali membuat sesuatu dengan menggunakan oatmeal. Hasilnya tentu saja sedikit padat..tetapi tetap lembut. 

Pretzel yang saya buat kali ini ukurannya lumayan mini..sampai hubby protes..pretzel kok kecil gini..he he he..saya bilang saja ya itu pretzel versi mini. Supaya mudah membuatnya..begitu saya bilang..he he he..ya namanya mencoba untuk pertama kali..intinya mengerti dulu cara membuatnya...nah masalah ukuran besar kecil kan bisa diatur..betul kan...

Ternyata Sophie juga suka dengan pretzel ini, begitu matang dan sudah dingin, saya beri dia 1 buah..dan dengan perlahan tapi pasti habis juga satu buah. Ya karena rasanya minimalis kali ya makanya dia doyan...
Membuat pretzel ini mudah sekali, kita tidak perlu menguleni dalam waktu yang lama, cukup 3 menit saja. Kemudian kita tidak perlu menunggu adonan untuk mengembang. Jadi begitu selesai diuleni kita bisa langsung membentuk adonan menjadi bentuk pretzel. Kemudian setelah semua dibentuk, kita bisa memanaskan oven sementara kita mencelupkan adonan ke telur kocok dan letakkan di loyang yang sudah beralas kertas roti. Taburi dengan wijen kemudian panggang deh..  
Selain wijen sebagai taburan bisa juga biji poppy atau juga garam kasar atau kayu manis dan gula bubuk. Semua kembali ke selera masing-masing ya. Nah jika tidak mau menggunakan oatmeal, gunakan tepung terigu protein sedang saja.

Hanya saja nih memang warnanya tidak begitu menarik, mungkin supaya menarik diberi olesan kuning telur tambah madu kali ya..(itu kalau tanpa proses baking soda bath). Hmm penasaran juga neh jadinya kalau dengan proses baking soda bath itu..apakah benar cantik ya permukaannya...

Ok deh sekarang langsung ke resepnya ya...

Soft Pretzel Oatmeal Praktis

Bahan :
  • 1 cup tepung oatmeal
  • 1 cup tepung terigu protein sedang
  • 3/4 cup air hangat
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • wijen untuk taburan

Cara membuat :
  1. Dalam mangkuk ukuran sedang, campur tepung terigu, tepung oatmeal dan garam, aduk rata dan sisihkan
  2. Dalam mangkuk ukuran kecil, tuangkan air dan gula pasir, aduk sebentar kemudian tambahkan ragi instan, aduk rata
  3. Diamkan selama kurang lebih 1 menit hingga muncul busa di permukaan
  4. Tuangkan campuran air ragi tersebut ke dalam mangkuk berisi tepung, aduk rata dengan sendok sampai bergumpal
  5. Mulai uleni dengan tangan selama kurnag lebih 3 menit (lakukan kegiatan menguleni dengan adonan tetap di dalam mangkuk atau bisa juga menguleni di meja yang bertabur tepung, saya menguleni tetap di dalam mangkuk)
  6. Bentuk adonan menjadi bola, bagi menjadi 8 bagian
  7. Ambil 1 bagian, gelindingkan di permukaan bertabur tepung sampai kira-kira panjangnya 30 cm.
  8. Pastikan adonan mempunyai ukuran diameter yang kurang lebih sama
  9. Bentuk bundar adonan dengan cara mempertemukan kedua ujungnya di bagian atas
  10. Puntir adonan hingga membentuk simpul
  11. Kemudian bawa simpul tersebut sampai ke bagian bawah, tekan sedikit dengan bagian bawah yang bersentuhan
    resep soft pretzel
    cara membentuk adonan soft pretzel
  12. Lakukan hingga semua adonan habis
  13. Panaskan oven di suhu 200 derajat celcius dan siapkan loyang beralas kertas roti
  14. Celupkan adonan soft pretzel ke dalam kocokan telur
  15. Taburi dengan wijen
    resep soft pretzel
    soft pretzel
  16. Panggang selama kurang lebih 15 - 20 menit hingga berwarna kecoklatan
  17. Keluarkan dari oven dan dinginkan

Nikmati soft pretzel dengan madu, atau olesan margarin atau juga dengan mayonnaise atau juga mustard, bahkan enak dimakan begitu saja dengan ditemani segelas teh atau kopi..hmm yummy...
Nah semoga resep soft pretzel oatmeal praktis ini bermanfaat ya..semoga tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah..semoga suka ya...




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.