Bubur Ayam Sayuran Praktis

bubur ayam praktis sayuran
Bubur ayam sayuran praktis

Bubur ayam sayuran ini memang sangat praktis. Dari segi bahan, cara membuat dan waktu memasaknya. Jadi bagi yang suka bubur atau terpaksa makan bubur, resep bubur ayam sayuran ini bisa dicoba lho.... 

Bubur ini saya buat karena Sophie sedang sakit. Nah dia jadi malas makan, makanya kepikiran untuk membuatkan bubur ayam sayuran ini. Biasanya nih kalau dia sehat dia doyan bubur ayam begini, hanya saja biasa saya taburi dengan bawang goreng di atas buburnya, sehingga menambah rasa. Tetapi berhubung dia batuk dan kalau makan berminyak batuknya makin menjadi, maka alternatif bubur ini solusinya.

Nah supaya cepat, maka saya tidak menggunakan beras untuk membuatnya buburnya tetapi saya gunakan saja nasi. Jadi saya gunakan satu sendok nasi dari rice cooker. Hmmm memnghemat waktu ya... Ayam yang saya gunakan bagian dada tanpa kulit. Kemudian bumbunya hanya garam dan daun salam serta sedikit merica bubuk. 

Sayuran yang saya gunakan adalah sayuran beku yang terdiri dari wortel, buncis, kacang polong serta jagung. Bisa menggunakan sayuran segar tetapi berhubung adanya hanya sayuran beku maka saya gunakan saja sayuran beku ini. Malah semakin praktis.

Untuk takaran airnya disesuaikan sendiri ya..karena tingkat kelembutan bubur tergantung selera juga. Kemudian dipengaruhi juga oleh lembut tidaknya nasi yang digunakan. Kalau saya nih biasa beri air secukupnya saja dulu, kemudian jika dirasa kurang maka baru saya tambahkan lagi kemudian.

Setelah bubur matang, maka ayam saya pisahkan kemudian saya suwir-suwir. Nah bagi yang tidak bermasalah dengan minyak, maka bisa digoreng sebentar ayamnya supaya lebih garing. Baru kemudian disuwir. Nah lebih enak kalau ditaburi juga dengan bawang goreng ataupun kacang kedelai goreng. Hmmm dengan abon juga enak....

Ok deh...tanpa berlama-lama lagi berikut resepnya ya....

Bubur Ayam Sayuran Praktis

Bahan :
  • 1 sendok nasi berasal dari rice cooker
  • 1 buah dada ayam tanpa kulit
  • 1 genggam sayuran beku campur
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • air secukupnya
  • irisan daun seledri untuk taburan

 Cara membuat :
  1. Siapkan panci, masukkan nasi, daging ayam dan air serta daun salam, masak dengan api kecil hingga nasi menjadi bubur
  2. Tambahkan air jika perlu
  3. Begitu sudah mulai menjadi bubur, tetapi air masih cukup banyak, masukkan sayuran beku campur
  4. Aduk rata, tambahkan merica dan garam, masak sampai sayuran beku matang
  5. Cicipi rasanya
  6. Angkat, pisahkan daging ayamnya, kemudian suwir-suwir daging ayamnya
  7. Sajikan hangat dengan taburan ayam suwir dan daun seledri
  8. Jika suka taburi dengan kacang kedelai goreng dan bawang goreng
  9. Atau jika suka taburi juga dengan abon

Nah mudah dan praktis kan membuat bubur ayam sayuran ini...semoga suka dengan resepnya ya...silakan mencoba dan semoga suka.....


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.