Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran

diet menu spaghetti rendah garam
Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran

Masih dalam rangka menu diet, kali ini adalah Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran. Rasanya walaupun diet tetap tidak menghalangi untuk tetap makan pasta kan..he he he...
Bosan dengan menu yang ekstrim seperti posting saya diet rendah garam #1 garlic lemon chicken. Maka kali ini buat sedikit berbeda. Tetapi tetap ya rendah garam, rendah lemak dan rendah kalori.

Masih tentang hipertensi/tekanan darah tinggi. Nah sebenarnya masih banyak orang yang tidak sadar kalau dirinya menderita hipertensi. Jadi sangat penting untuk memeriksa tekanan darah secara teratur. Penting apalagi jika kita mempunyai kerabat dekat yang mempunyai riwayat hipertensi.

Nah jika kita merasakan salah satu gejala seperti di bawah ini yaitu :
  • Sakit kepala/pusing yang sangat hebat
  • Rasa lelah dan kebingungan
  • Masalah penglihatan
  • Nyeri dada
  • Kesulitan bernapas
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Darah dalam urin
  • Berdebar di dada, leher ataupun telinga
Maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, kemungkinan menderita hipertensi yang bisa berakibat fatal yaitu stroke dan serangan jantung (sumber : webmd)

Nah kalau kita peduli dengan kesehatan kita sebaiknya ya dengan langkah sederhana yaitu mengatur asupan makanan kita. Usahakan untuk selalu membaca tabel nutrisi di setiap makanan kemasan yang akan kita beli. Perhatikan jumlah sodium yang terkandung di dalamnya dan pastinya sekalian donk jumlah gula di dalamnya juga...Kemudian nih yang penting usahakan untuk memasak makanan kita sendiri. Tentunya kita tahu apa saja yang  kita masukkan dalam makanan yang kita masak.

Usahakan untuk menghindari makanan-makanan junk food yang memiliki kadar garam dan kadar kalori sangat tinggi seperti french fries, burger, ayam goreng krispi dll. Wah susah juga ya..makanan enak kok ya...Tetapi jika kita mau sehat ya tidak ada salahnya kan membatasi diri.
Nah dalam menu diet rendah garam kali ini, saya coba untuk memposting resep-resep dengan kadar garam rendah, kadar lemak rendah, kadar kalori rendah yang mudah dibuat sendiri dan tidak memakan waktu lama untuk menyiapkannya. Tetap maunya makan enak tetapi diatur bahan dan komposisinya.

Oh iya kali ini saya menggunakan spaghetti wholemeal yang dicampur dengan spaghetti biasa, karena tentunya agak sedikit terganggu dengan struktur spaghetti wholemeal yang cenderung kasar. Tetapi jika suka gunakan spaghetti wholemeal semua ataupun spaghetti biasa semua, tergantung selera ya...

Ok deh tanpa lama-lama lagi berikut ini resepnya ya....

Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran

Bahan :
  • 2 porsi spaghetti instant, ikuti cara memasaknya di kemasan
  • 1 buah dada ayam tanpa kulit tanpa tulang, potong ukuran kecil
  • 1 buah wortel ukuran sedang, iris tipis menyerong
  • 5 batang sawi hijau
  • 3 buah jamur king oyster, potong sesuai selera (atau gunakan jamur apa saja tetapi jamur segar bukan jamur kalengan)
  • 5 buah bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan maizena yang dilarutkan dengan 100 ml air
  • 1 sendok makan minyak canola untuk menumis

Cara membuat :
  1. Masak spaghetti, sisihkan
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  3. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna
  4. Tambahkan wortel, masak hingga wortel agak lunak
  5. Masukkan jamur, masak hingga matang
  6. Tambahkan sawi hijau, masak hingga sawi setengah matang
  7. Tambahkan larutan maizena, aduk rata
  8. Beri saus tiram dan garam, aduk rata dan masak hingga matang
  9. Cicipi rasanya, kalau perlu jangan menambahkan lagi garam
  10. Angkat dan siap dituangkan di atas spaghetti

rendah garam spaghetti jamur sayuran
Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran dengan sambal
Nah karena saya suka sekali dengan pedas, maka saya tetap menyantap spaghetti ini dengan sambal mentah cabai rawit. Hanya menggunakan bawang putih, cabai merah, tomat serta air jeruk nipis dan sedikit garam hanya dengan cara dihaluskan menggunakan blender, saya sudah cantumkan resepnya juga di diet rendah garam #1 garlic lemon chicken

Hmmmm semoga posting saya Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran ini bermanfaat ya...silakan mencoba dan semoga suka....








NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Hi Monica,
    wah menu diet ya....
    bagus juga Monica sharekan menu2 diet..
    mana tahu kalau siapa2 yang ingin diet boleh aje mencuba recipe Monica ni..
    akak tak boleh diet lah..sebab hari2 kena masak untuk 7 orang..kalau diet
    ya akak no energy..hehe...itu sebab akak gemuk..asik masak makan masak makan...huhu...alasan aje tu kan..haha..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha..memang enak kak Ayu kalau kita bisa makan sepuasnya..hanya karena badan sudah mulai beri sinyal untuk diet, mulai banyak keluhan, ya sakit kepala, sakit pinggang..cepat lelah..makanya perlu diet sejenak..ha ha ha...
      wah kalau masak buat banyak orang memang butuh energi..tak boleh dietlah..he he he...

      terima kasih karena sudi mampir lagi ya kak...

      Delete
  2. Mbaaa.. thx menu rendah garamnya.. ditunggu menu rendah garam berikutnya.. kepake banget buat aku yg lagi diet rendah garam krn tensiku tinggi.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senang deh bisa bermanfaat ya...he he he iya baru 14 neh menu diet rendah garamnya..
      ok nanti saya perbanyak ya resep-resepnya..ditunggu ya..
      secara saya juga neh suka tinggi tekanan darahnya...

      Delete
  3. Mba monica, senang menemukan postingan ini. Saya baru mo mulai diet rendah garam karna tensi tinggi. Tadinya mikir kalo dietnya pasti akan membosankan dan membingungkan. Tapi nampaknya engga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Hesty, senang rasanya kalau mba Hesty senang dengan postingan saya ini, semoga bermanfaat ya mba.. sebenarnya diet rendah garam tidaklah membosankan kok mba, selama menggunakan bumbu alami pasti enak rasanya.. oh iya mba supaya lebih bagus lagi dietnya perbanyak makan sayuran, terutama sayuran mentah, hmm kalau saya sih sekarang lebih sering ngelalap timun, lalapan paling mudah dan bisa dicemil kapan saja, semoga sukses dietnya mba Hesty

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.