Diet Rendah Garam #5 Lumpia Basah Bandung

resep lumpia basah bandung
Lumpia Basah Bandung

Masih mengurangi asupan garam dalam makanan tetapi mau makan snack juga, tidak ada salahnya mencoba Diet Rendah Garam #5 Lumpia Basah Bandung. Nah lumpia kali ini saya menggunakan resep teh Ayudiah Momylicious lumpia basah jajanan dari Bandung. Nuhun pisan resepna teh.... 

Teh Ayu membuat lumpia ini dengan isi yang sarat ditambah bakso dan sosis. Nah karena sedang mengurangi makanan olahan maka tentu saja bakso dan sosis saya skip ya. Jadinya ini benar-benar lumpia basah ala mamang yang suka jualan. Kalau si mamang isi lumpia basahnya hanya tauge, telur dan manisan bengkuang. Walaupun begitu ya kok seingat saya rasanya enak sekali. Pertama beli sih tidak begitu tahu kalau sebenarnya ada tambahan manisan bengkuang. Lama-lama sering makan jadi tahu.

Dulu jaman masih kuliah di Bandung, si mamang suka mangkal di daerah dekat kos saya yaitu di daerah Dago Pojok. Jadi seringnya pulang kuliah ya beli lumpia ini, ya kalau kebetulan mamangnya ada. Wah enaknya ini nih..kalau kita pesan baru dibuatkan. Jadi kita hanya menunggu si mamang menyiapkan tumisan. Kemudian dia siapkan kulit lumpia, dioles tepung kanji yang sudah dimasak dengan gula merah, kemudian ditambahkan tumisan. Kemudian dibungkus daun pisang, dimasukkan dalam plastik, lalu kita diberi sumpit. Wah enak sekali deh makan lumpia basah ini.

Waktu itu sih memang sudah mengira-ngira bahannya, hanya saja tidak terpikir mau buat sendiri. Ketika ketemu resep ini di website teh Ayudiah jadi semakin diperjelas dan tidak perlu mikir lagi untuk membuatnya, tinggal ikuti resep teh Ayudiah saja.

Karena menggunakan kulit lumpia yang beli jadi di pasar, lalu sempat 2 hari saya inapkan di kulkas maka rasa kulitnya agak tidak enak menurut saya, kurang segar dan sedikit rapuh. Tetapi dari segi rasa maka lumpia ini benar mirip dengan lumpia basah si mamang. Hmmm kulit lumpia yang sudah diinapkan memang pantasnya kalau dibuat lumpia versi semarang yang digoreng, jadi tidak begitu terasa aneh kulitnya. Seperti yang pernah saya buat yaitu lumpia sayuran. Itu juga kulit lumpianya saya inapkan terlebih dahulu di kulkas dengan alasan belum sempat membuatnya.

Nah lumpia basah ini penambahan garamnya sedikit sekali, hanya pada tumisan tauge dan telurnya. Saya tambahkan juga wortel, biar sedikit sarat isinya. Jadinya pas untuk makanan diet rendah garam. Kemudian menggunakan minyak sedikit sekali itupun minyak canola yang saya gunakan. Hmm tetap rendah garam, rendah lemak...tetapi ini nih...manisan bengkuangnya menggunakan gula..jadi tidak bisa saya katakan rendah kalori ya...secara manis..tetapi manisnya tidak berlebihan kok.

Ok deh berikut resepnya ya...

Diet Rendah Garam #5 Lumpia Basah Bandung

Bahan :
  • 200 gr tauge
  • 70 gr kol, iris halus (saya ganti dengan 1 buah wortel ukuran kecil diparut kasar)
  • 10 buah bakso sapi ukuran kecil, diiris tipis (saya tidak pakai)
  • 3 buah sosis, diiris tipis (saya tidak pakai)
  • 3 butir telur
  • 6 lembar kulit lumpia siap pakai (saya gunakan double jadinya 12 lembar)
  • 6 siung bawang putih, diulek halus
  • 6 buah cabai rawit merah, dihaluskan
  • garam (saya gunakan 1/4 sendok teh garam)
  • 1/4 sendok teh merica bubuk (saya tambahkan sendiri )
  • minyak untuk menumis (saya gunakan 1 sendok makan minyak canola)

Bahan olesan (lem kanji gula merah), rebus hingga kental dan warnanya menjadi bening kecoklatan :
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 70 ml air
  • 2 sendok makan gula merah

Manisan bengkuang, rebus semua bahan hingga airnya mengering :
  • 200 gr bengkuang, potong korek api
  • 40 gr gula merah
  • 150 ml air, tambahkan jika perlu

Cara membuat :
  1. Tumis bawang putih dan cabai halus hingga harum
  2. Tambahkan telur, orak arik sebentar
  3. Tambahkan wortel, aduk hingga wortel agak layu
  4. Masukkan tauge dan manisan bengkuang, masak hingga sayuran sayuran matang
  5. Beri garam dan merica bubuk, aduk rata 
  6. Angkat dan siap disajikan dengan kulit lumpia

Cara menyajikan :
Ambil kulit lumpia (saya gunakan 2 lemabar untuk setiap sajian), beri olesan lem kanji, ratakan hingga ke seluruh bagian kulit lumpia, beri tumisan tauge telur, kemudian lipat....siap disantap...


Nah semoga dengan posting Diet Rendah Garam #5 Lumpia Basah Bandung ini bisa bermanfaat ya...silakan mencoba..semoga suka...





NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. deket rumah di depok jg ada yg jual teh.enak cuma sebiji 6 ribu..lumayan bgt..hehe..thx resepnya ya teh..dn salam kenal..dina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Dina
      Wah enak donk, di depok juga ada...ga harus ke bandung..murah lagi..ga perlu repot buat he he he...
      terima kasih sudah mampir ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.