Diet Rendah Garam #6 Cocciolini Sayuran Pedas

diet garam pasta sayuran
Diet Rendah Garam #6 Cocciolini Sayuran Pedas

Diet Rendah Garam #6 Cocciolini Sayuran Pedas yang saya posting kali ini. Menu ini menjadi menu makan siang hari ini. Menyiapkannya mudah dan memasaknya cepat. Jadi menu ini merupakan menu yang praktis. Hmmmm kalau dipikir-pikir menu diet rendah garam ayam terus ya..he he he..ya secara saya pikir ayam adalah daging yang mudah didapat dan rendah lemak...tentu saja dengan catatan tanpa kulit dan gunakan bagian dada yang paling rendah lemak. Nah itu juga karena hubby alergi ikan laut, kemudian saya paling tidak bisa mengolah ikan air tawar. Supaya tidak repot ya ayam saja he he he...

Kali ini saya masak ayam yang sudah terlebih dahulu dimarinate dengan cuka apel, bawang putih halus, merica bubuk serta sedikit garam. Kemudian baru deh dimasak dengan sedikit minyak canola. Nah sayuran yang saya gunakan brokoli serta sayuran beku yang terdiri dari jagung, kacang polong, wortel serta buncis. Nah untuk menambah rasa, maka saya gunakan cabai rawit merah yang agak banyak. Maunya tadi cuma gunakan 5 - 8 buah saja..ehh tanggung sisa cabai rawit merah adal 11 buah..ya sudah pakai semua...akhirnya memang betul-betul super pedas....tetapi mantap he he he...

Karena selama ini terbiasa dengan rasa yang cenderung asin, maka tentu saja makanan seperti ini berasa sedikit hambar. Tetapi itu memang tujuan saya yaitu mengurangi garam pada makanan, dengan harapan lama-lama terbiasa. Ya namanya juga usaha....Nah jika mau menyantap menu ini tetapi tidak dalam program diet rendah garam tentu saja bisa kok..hanya takaran garamnya saja yang ditambah.

Nah seperti posting saya sebelumnya yang membahas tentang hipertensi memang sangat penting untuk mengurangi asupan garam dalam tubuh, karena hipertensi bisa menyebabkan penyakit serius seperti serangan jantung, stroke, gangguan ginjal serta gangguan penglihatan. Jika ingin sehat, coba kurangi asupan garam. Ya tentu saja jika ingin terhindar dari hipertensi selain kurangi asupan garam jangan lupa untuk selalu aktif bergerak, hindari rokok dan minum minuman keras, hindari stress dan jaga berat badan jangan sampai overweight.

Ada diet yang berhubungan dengan diet untuk mengatasi hipertensi dikenal dengan nama DASH diet yaitu singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini pada dasarnya menyarankan kita untuk:
  • Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Mengkonsumsi produk olahan susu yang rendah lemak
  • Mengurangi makanan yang tinggi saturated fat (lemak jenuh), kolesterol serta trans fat
  • Mengkonsumsi produk gandum, ikan, unggas serta kacang-kacangan
  • Kurangi konsumsi daging merah (terutama daging olahan)
  • Kurangi konsumsi gula (makanan manis)
  • Perbanyak makan makanan yang mengandung magnesium, potasium dan kalsium
Berdasarkan beberapa penelitian disebutkan bahwa pasien yang menjalankan DASH diet akan mengalami penurunan tekanan darah dalam jangka waktu 2 minggu.  Dan untuk DASH diet-sodium yang mengurangi asupan garam perhari hingga 1500mg (sekitar 2/3 sendok teh) juga mengalami penurunan tekanan darah. (sumber : WebMD)

Ok deh sekarang lanjut ke resepnya ya...

Diet Rendah Garam #6 Cocciolini Sayuran Pedas
(hasil adaptasi dari resep ayam bakar brokoli wortel dengan cuka apel)

Bahan :
  • 2 porsi pasta cocciolini, ikuti petunjuk memasak di kemasan
  • 2 buah dada ayam tanpa tulang tanpa kulit, potong kotak
  • 200 gr brokoli, potong-potong kuntumnya sesuai selera
  • 2 genggam sayuran beku campur
  • 11 buah cabai rawit merah (kurangi menjadi 3 -5 jika suka), iris serong
  • 1  buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran besar
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan cuka apel
  • 1 sendok makan minyak canola
  • 2 sendok makan maizena yang dilarutkan dengan 100 ml air

Cara membuat :
  1. Marinate daging ayam dengan cuka apel, bawang putih, merica bubuk dan garam, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2. Tumis bawang bombay sampai transparan, masukkan irisan cabai rawit
  3. Tambahkan ayam berserta bumbu marinatenya
  4. Masak hingga ayam berubah warna
  5. Masukkan sayuran beku, aduk sebentar kemudian tambahkan brokoli
  6. Masak hingga sayuran matang
  7. Tambahkan larutan maizena, aduk rata
  8. Masak hingga kuah mengental
  9. Angkat dan siap disajikan
  10. Tuangkan ke atas pasta cocciolini

Nah mudah kan membuat pasta cocciolini ini, semoga posting  Diet Rendah Garam #6 Cocciolini Sayuran Pedas bermanfaat ya...silakan mencoba dan semoga suka...



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.