Puding Roti Kukus Kismis

puding roti kukus praktis
Puding roti kukus kismis
Membuat snack yang praktis dari bahan roti tawar yang sudah beberapa hari di kulkas, yup praktis saja puding roti kukus kismis. Biasa kalau membuat puding roti dipanggang, tetapi kali ini ingin mencoba yang dikukus. Nah masih karena ingin membuat yang sedikit rendah kalori, maka kali ini saya buat pudingnya tanpa butter atau margarin atau juga minyak. Kemudian saya tidak menambahkan garam lagi karena roti tawar ini cenderung asin.

Membuatnya mudah sekali, roti cukup direndam dengan susu cair, kemudian baru dituangkan campuran telur dan gula ke atasnya, taburi kismis dan kukus. Mengenai rasa tentu saja puding ini tidak segurih puding roti yang menggunakan butter/margarin ya. Jadi rasanya cenderung plain. Ada rasa manis yang tidak terlalu berlebihan. Oh iya untuk menambah rasa saya beri juga kayu manis bubuk.

resep puding roti kukus
puding roti kukus

Nah bagi siapa saja yang sedang dalam program diet, maka bisa kok puding roti ini dijadikan alternatif snack...gunakan susu cair rendah lemak supaya lebih rendah kalori. Dan jika mau kurangi takaran gulanya. Karena takaran gula yang saya pakai yaitu 1/2 cup sekitar 115 gr. Jika suka kurangi menjadi 1/3 cup saja atau malah kurangi menjadi 1/4 cup.

Yang suka dengan rasa coklat, bisa juga gunakan coklat bubuk yang dilarutkan dengan sedikit air panas kemudian dicampurkan dengan campuran telur dan gula. Hmmm kita bisa memodifikasi sesuai dengan yang kita mau dengan mudah kok. Atau jika mau rasa strawberry bisa juga gunakan susu cair rasa strawberry. Dengan diberi tambahan strawberry segar sebagai pengganti kismis maka jadilah puding roti strawberry..hmmm tetap yummy kan...

Ok deh sekarang langsung saja ke resepnya ya....jika tertarik dengan puding roti yang pernah saya buat silakan lihat puding roti coklat ya...


Puding Roti Kukus Kismis

Bahan :
  • 10 keping roti tawar wholemeal, masing-masing dipotong menjadi 4 bagian
  • 2 cup susu cair
  • 2 butir telur
  • 1/2 cup gula pasir
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1/2 cup kismis

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang (saya gunakan loyang bundar diameter 18cm)
  2. Susun potongan roti tawar di loyang
  3. Tuangkan susu cair, tekan-tekan roti dengan sendok, diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga susu meresap ke dalam roti
  4. Sementara itu panaskan kukusan
  5. Di mangkuk ukuran sedang, campur telur dan gula pasir, aduk hingga gula pasir agak larut
  6. Tambahkan kayu manis bubuk, aduk kembali
  7. Masukkan kismis ke dalam campuran telur, aduk
  8. Tuangkan ke dalam loyang hingga rata
  9. Tekan perlahan roti
  10. Kukus selama kurang lebih 20-25 menit dengan api sedang
  11. Angkat dan dinginkan

Puding roti ini enak sekali jika dinikmati saat dingin, untuk itu setelah cukup dingin, masukkan puding ini ke dalam kulkas.
Nah praktis sekali kan membuat puding roti kukus kismis ini..selain itu tidak membutuhkan waktu yang lama dibanding jika dilakukan dengan proses memanggang.

Nah semoga resep ini bermanfaat ya...semoga suka...




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. sooo simple mba...kapan2 mau buat. oh ya saya sudah bikin puding pisang modifikasi dr resep mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Kania..resep ini simple..
      hmmmm kayaknya kalo tambah kopi enak juga nih mba...sama kayak puding pisang buatan mba Kania...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.