Resep Balado Teri Kacang Tanah

cara membuat balado teri kacang
Balado teri kacang tanah

Resep yang saya posting kali ini adalah resep balado teri kacang tanah. Nah sepertinya resep ini merupakan resep yang sudah umum ya..semua orang pasti bisa membuat sendiri. Hanya saja mungkin ya ada sedikit perbedaan dari masing-masing orang.

Nah enaknya balado teri kacang ini kalau teri dan kacangnya masih kriuk jika dimakan..betul kan..jadi tidak melempem. Hmmm kuncinya itu ya pada sambalnya ya....jadi sambalnya tidak basah...kemudian pastikan ketika mencampurkan teri kacang dengan sambal ketika sambal sudah dingin.

Untuk balado teri kacang kali ini saya seperti biasa tidak menambahkan gula ya..secara kalau menggunakan gula hubby suka protes. Jadi kalau biasa menggunakan gula, silakan tambahkan gula sesuai selera ya... Sebagai pengganti gula, supaya rasa agak manis sedikit maka saya gunakan saja tomat. Nah kendala menggunakan tomat yaitu sambal cenderung basah. Jadi jika menggunakan tomat pastikan sambal dimasak sampai benar-benar kering.

Bagusnya lagi nih supaya teri dan kacang tetap kriuk maka ketika menghaluskan bumbu  ya jangan gunakan blender yang membutuhkan tambahan air. Bisa gunakan saja ulekan kalau tidak ya gunakan food processor dan kalau tidak gunakan blender untuk biji-bijian (blender yang kecil). Nah kalau terpaksa sekali menggunakan blender yang harus menambahkan air, maka tetap perhatikan juga agar ketika memasak sambalnya sampai benar-benar kering.

Selama ini saya kalau membuat teri kacang balado ini selalu menggunakan blender bumbu basah sehingga seringnya karena tidak sabar menunggu sambal benar-benar kering maka teri dan kacang suka tidak kriuk lagi setelah beberapa lama. Sementara kalau ibu saya yang membuatnya maka kacang dan teri bertahan cukup lama kriuknya, selain karena memang ibu saya menghaluskan bumbu menggunakan ulekan dan juga karena tidak menggunakan tomat.

Supaya pedas maka saya gunakan juga cabai rawit merah yang lumayan banyak. Untuk cabainya sendiri saya gunakan cabai merah kering ya. Persediaan cabai merah segar sedang tidak ada nih..makanya saya gunakan saja cabai kering.

Nah biasanya kan ada juga yang menggunakan air asam jawa, tetapi kali ini saya gunakan saja asam kandis. Maksud hati sih supaya jangan ada penambahan cairan lagi. Tetapi bagi yang suka dengan asam jawa silakan saja gunakan asam jawa.

Ok deh, sekarang langsung saja lihat resepnya ya...

Resep Balado Teri Kacang Tanah

Bahan :
  • 100 gr teri, cuci dan goreng garing
  • 250 gr kacang tanah, goreng garing
  • 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 3 butir asam kandis (atau gunakan 1 sendok makan air asam jawa)
  • 7 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 20 buah cabai merah kering, rendam dengan air panas
  • 15 butir cabai rawit merah
  • 1 buah tomat ukuran sedang (skip jika menggunakan gula)
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya (jika suka, saya tidak pakai)
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1.  Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai kering dan cabai rawit serta tomat
  2. Tumis bumbu halus, masukkan asam kandis dan daun jeruk
  3. Tambahkan garam dan gula, masak sampai kering
  4. Matikan api, dinginkan sejenak
  5. Ketika sudah dingin, masukkan teri dan kacang goreng, aduk rata
  6. Angkat dan sajikan
  7. Jika akan disimpan, simpan dalam wadah kedap udara

Nah enaknya menyantap balado teri kacang ini dengan sepiring nasi putih hangat..hmmm yummy....nih tadi kebetulan saya juga memasak tumis pare telur....hmmm semakin yummy...

balado teri kacang
Balada teri kacang dan tumis pare

Nah semoga resep balado teri kacang ini bermanfaat ya..semoga suka...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hi Monic :). I tried your balado teri kacang tanah recipe and it turned out very delicious! Will definitely make another batch. Thanks so much and keep the recipes coming. All the best.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ruby, thanks for trying the recipe, I am happy that you liked it.
      Thanks for stopping by...

      Delete
  2. Gara-gara Losa'-losa', saya akhirnya penasaran sama Teri. Kalau saya liat foto Terinya mba Monic, itu memang ikan teri tapi yang putih, beda dikit sama si Losa'-losa'. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di sini mba, di daerah sumatera, semua ikan kecil-kecil disebut teri, ada teri belah, ada teri nasi ada teri yang tak bernama, pokoknya teri he he he...
      di penjual teri, ikan asin, udang kering dan cumi asin, banyak jenis ikan terinya, jadi tinggal pilih-pilih mana yang disuka

      saya baru tahu malah istilah losa'-losa' dan penja itu waktu blogwalking di dapur Ima he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.