Resep Capcay

cara membuat capcay goreng
Resep capcay
Posting kali ini yang simple saja, yup resep capcay. Salah satu masakan yang saya suka nih. Secara banyak sayurannya. Nah apalagi kalau buat sendiri, bisa sepuasnya menambahkan jumlah sayurannya. Ah entah sudah berapa kali saya membuat capcay ini. Dan resep capcay yang saya posting ini merupakan resep favorit saya.

Nah banyak sekali kan versi resep capcay yang beredar, dan saya rasa setiap orang punya ciri khas masing-masing dalam membuat capcaynya. Wah dulu nih ingat sekali waktu masih di Surabaya...tuh suka ada bapak yang jual nasi goreng, mie goreng dan tentu saja capcay. Bapak ini jualan di daerah Gebang Kidul daerah Gebang tentu saja. Yang belum tahu daerah Gebang itu adalah daerah di dekat kampus ITS di bagian depan kampus tepatnya. Kalau di daerah belakang kampus itu sudah masuk daerah Keputih namanya. Nah ada yang namanya Gebang Lor, kemudian Gebang Wetan dan tentu saja Gebang Kidul. 

Saya sendiri terakhir kos di daerah Gebang Kidul, sebelumnya sempat kos di Gebang Lor. Nah karena banyak kos-kosan di daerah situ tentu saja banyak sekali yang jual makanan. Ya tentu saja harganya murah sebanding dengan kantong mahasiswa. Nih ya dulu itu waktu pertama ke Surabaya tahun 2001 singgah beli sarapan dan waktu itu saya dan sahabat saya Eulis Nineu memilih menu nasi pecel dengan lauk telur dadar serta minum teh manis hangat. Harganya sungguh membuat kaget...Rp. 1700 saja perorang. Hmmm cukup kaget secara sebelumnya saya tinggal di Bekasi dan untuk menu nasi yang paling murah kala itu hanya ada di warung tegal. Harga nasi dengan lauk telur saja sudah mencapai harga Rp. 2500, tanpa es teh tentu saja.

Nah setelah lama tinggal di daerah Gebang ya akhirnya terbiasa dengan menu serba murah. Sebut saja warung makan murah yang ada di sana mulai dari warung Bambu, warung Kita dan warung Pojok. Nah yang agak mahal adalah warung Asri (wajar karena warung sistem prasmanan dimana sangat langka kala itu sistem prasmanan untuk anak kuliahan) kemudian warung Bali (disebut warung Bali karena yang punya warung orang Bali, begitu kalau saya tidak salah kenapa warung ini dinamakan warung Bali). Halah masih ingat saja ya...he he he..
Sudah lama tidak ke Surabaya apalagi ke daerah Gebang...wah entahlah apakah warung-warung makan tersebut masih ada atau tidak.

Kembali lagi ke capcay yang dijual di Gebang Kidul, ciri khas capcay  ini adalah menggunakan saus sambal yang lumayan banyak sehingga warnanya kemerahan. Nah tentu saja saus sambal yang tidak pedas ya yang warnanya mencolok. Nah walaupun saus sambalnya mengerikan tetapi tetap saja beli terus..he he he...
Nah apalagi kalau beli capcay suka ada tambahan cabai rawit hijau khas Surabaya. Kalau di Palembang kita sebut cabai burung.
Ok deh semakin ngelantur ya...kembali lagi ke resep capcay kali ini. Untuk sayurannya saya menggunakan sayur-sayuran standar, yaitu sawi hijau, kol, sawi putih, serta wortel. Saya gunakan juga jamur dan daging ayam. Hmmm rasanya jadi tidak berlebihan ya.
Nah yang tertarik dengan resepnya silakan lihat di bawah ini ya...
Resep Capcay
Bahan :
  • 1 buah dada ayam tanpa kulit, kira-kira berat 100 gr, potong kotak
  • 12 buah jamur kancing kalengan, belah 4
  • 5 lembar sawi putih, potong-potong agak tebal
  • 5 lembar kol, potong ukuran agak besar
  • 5 batang sawi hijau, potong-potong
  • 1 buah wortel ukuran sedang, iris tipis menyerong
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air
  • 100 ml air
  • garam secukupnya (sesuaikan dengan rasa kecap ikan yang cenderung asin)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Haluskan merica butiran dan bawang putih
  2. Tumis bumbu halus hingga harum
  3. Tambahkan daging ayam, aduk rata sampai daging ayam berubah warna
  4. Masukkan wortel terlebih dahulu, masak sampai wortel agak lunak
  5. Masukkan kol dan sawi hijau serta sawi putih dan jamur, aduk rata, masak sampai sayuran matang
  6. Tambahkan air, masukkan saus tiram dan kecap ikan, aduk rata
  7. Masak hingga air mendidih
  8. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental
  9. Cicipi rasanya..tambahkan garam jika perlu
  10. Angkat dan siap dihidangkan

Nah enaknya menyantap capcay dengan nasi hangat yang ditaburi bawang goreng. Dan tak lupa nih bagi yang suka pedas seperti saya enaknya juga tambahkan irisan cabai rawit...hmmm mantap...

Semoga resep capcay yang mudah dan praktis ini bermanfaat ya..silakan mencoba..semoga suka...



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.