Resep Soto Padang Ayam ala Uni Nila

cara membuat soto padang
Soto Padang Ayam ala Uni Nila

Resep kali ini yang saya posting adalah resep soto padang ala uni Nila. Hmmm lagi-lagi uni Nila ya..he he he..ya secara kalau masakan padang nih menurut saya memang resep uni Nila tidak diragukan deh...saya suka dengan resep-resepnya. Jika tertarik dengan resep ala uni Nila silakan lihat sate padang, ayam gulai dan bakar, opor ayam kuning, dan asam pedas ikan tongkol.

Nah soto padang itu biasanya ada 2 jenis juga, soto ayam dan soto daging sapi. Khas soto padang adalah rasanya yang rempah sekali menurut saya ya...jadi merupakan soto yang sarat bumbu. Di Batam nih..khususnya di daerah pasar sentosa perdana (SP) ada yang jual soto padang ayam dan daging sapi. Hadeuh...pembeli tidak pernah sepi. Dari pagi hari sampai malam warung soto ini melayani pembelinya. 

Mengapa warung soto ini laris sekali? Hmmm ya jawabannya karena soto yang dijual rasanya enak sekali. Kuah sotonya gurih berempah. Walaupun kalau soto padang biasanya dilengkapi dengan perkedel kentang, maka soto yang ini tidak ada perkedel kentangnya. Bahan pelengkap sotonya hanya soun, daun seledri, bawang goreng dan yang pasti adalah kerupuk merah, dan telur rebus (optional) tapi tentu saja tidak mengurangi rasanya donk.


Nah pelengkap yang lain adalah saus sambal yang tidak pedas, kemudian ada sambel merah khas padang yang dibuat dari cabai merah kering giling dan sambel cabai rawit (seperti sambel bakso) dan tak lupa tentu saja kecap. Kalau selera saya hanya diberi sambel cabai rawit saja...karena kalau dicampur kecap dan saus sambal maka rasanya bakal campur aduk dan cenderung aneh. Hmmm tetapi selera saya memang sedikit berbeda dengan pembeli lainnya. Jadi pernah dan sering malah saya lihat ada pembeli yang menuangkan banyak sekali saus sambal ke dalam mangkuk sotonya. Ya selera memang tidak pernah sama ya..

Ok deh kembali ke soto padang ala uni Nila ini, nah menurut uni Nila..bumbu dasar soto padang tidak berbeda dengan bumbu soto jawa..begitu katanya... hanya saja bumbu soto padang lebih banyak pemakaian bumbu serta ada tambahan rempah. Dan ada satu lagi nih yang uni Nila bilang, kalau mau benar-benar tajam bumbunya seperti soto padang yang di pasar ini, maka ini ada bumbu khas soto yang merupakan campuran bumbu-bumbu. Nah seperti ini bumbunya.
bumbu bubuk soto padang
bumbu bubuk soto padang

Jadi bumbu ini berbentuk bubuk dan memang bumbu khas soto padang. Satu kemasan ini harganya saya beli 3 ribu rupiah. Berdasarkan apa yang tertera di kemasannya maka bumbu ini terdiri dari campuran merica, kunyit, ketumbar, jinten, cabai serta rempah lainnya (apa saja tuh?mikir..he he he)
Nah saya lalu tanya uni Nila, jadi pakainya berapa banyak dan kapan ditambahkannya? jawaban uni Nila adalah coba 1/2 sendok teh dulu, kemudian dicicipi dulu rasanya. Kalau dirasa kurang tambahkan lagi...hmm tadi saya gunkan 1 sendok teh..karena menurut saya 1/2 sendok teh masih berasa kurang. Ditambahkannya saat terakhir saja.

Oke...tentu tidak semua daerah tersedia bumbu ini kan...makanya tidak apa-apa kok, soalnya tadi ketika belum ditambah bumbu bubuk khas padang ini rasanya sudah cukup ok...hanya saja tentu dengan pemakaian bumbu bubuk ini rasa soto lebih tajam. Jadi tidak ada halangan untuk membuat soto padang sendiri kan...

Satu lagi nih pesan uni Nila supaya sotonya lebih enak..daun bawang dimasak bersama kuah soto..sehingga ada rasa manis-manis daun bawang..nah untuk seledri masukkan ke mangkuk ketika soto akan dihidangkan (nah yang ini standar ya..he he he)....hmmm pesan uni Nila yang berikutnya adalah tambahkan kaldu bubuk (uni Nila sebut merek...Masako..he he he), tetapi saya tidak menambahkan kaldu bubuk tersebut, saya gantikan saja dengan saus tiram...he he he...rasanya tetap enak kok. 
Sebenarnya sih sudah cukup enak rasanya tanpa saus tiram dan kaldu bubuk...karena kan kuah sotonya menggunakan kaldu ayam. Jadi saus tiram dan kaldu bubuk sebenarnya optional saja..supaya lebih menambah rasa saja.

Ok deh kelamaan ya cuap-cuapnya...sekarang lanjut ke resepnya ya...mari silakan...

Resep Soto Padang Ayam ala Uni Nila

Bahan :
  • 750 gr daging ayam, potong sesuai selera (saya gunakan ayam negeri tanpa kulit)
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 liter air
  • 3 lembar daun salam
  • 10 lembar daun jeruk (saya gunakan banyak karena saya suka aroma daun jeruk, kurangi menjadi 3 - 5 lembar jika tidak suka)
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 3 butir kapulaga
  • 2 buah kembang lawang/pekak/star anise
  • 2 batang kayu manis (@ panjang 3cm)
  • 3 butir cengkeh
  • 2 batang daun bawang, potong kira-kira panjang 2-3 cm
  • 1 sendok teh bumbu bubuk soto (optional)
  • 1 sendok makan saus tiram atau 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

 Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri

Bahan sambel cabai rawit :
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 4 sendok sayur kuah soto

Bahan pelengkap :
  • soun yang diseduh air panas
  • daun seledri, iris
  • bawang goreng
  • telur rebus
  • jeruk nipis
  • kerupuk merah (saya tidak pakai)
  • perkedel kentang (saya tidak pakai)

 Cara membuat :
  1. Lumuri potongan daging ayam dengan air keruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas sebentar dengan air
  2. Masukkan air dan potongan daging ayam, rebus ayam
  3. Sementara itu tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan serai, daun jeruk dan daun salam, aduk rata
  4. Masukkan kembang lawang, kapulaga, kayu manis dan cengkeh, aduk sebentar
  5. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci rebusan ayam
  6. Masak sampai mendidih
  7. Tambahkan daun bawang, serta bubuk bumbu soto dan saus tiram atau kaldu bubuk
  8. Masak lagi dengan api kecil sampai daun bawang layu
  9. Sementara itu angkat potongan daging ayam, tiriskan
  10. Goreng hingga kecoklatan
  11. Angkat dan sisihkan
  12. Untuk membuat sambelnya cukup rebus cabai rawit dengan kuah soto, lalu blender 

Untuk menyajikan soto : sediakan mangkuk, beri soun, suwiran daging ayam, daun seledri, bawang goreng serta telur rebus.
bahan soto padang
bahan pelengkap soto padang
Tuangkan kuah soto yang masih panas, siap disantap kala hangat. Enaknya disantap dengan nasi putih hangat,  atau jika tidak mau dengan nasi, cukup tambahkan saja sounnya..jadi dengan semangkuk soto sudah cukup kenyang..nyam..nyam...
resep soto padang
soto padang ayam
Beri sambel sabai rawit dan perasan jeruk nipis jika suka....

Nah semoga resep soto padang ayam ala uni Nila ini bermanfaat ya..semoga tertarik untuk mencoba membuat soto sendiri di rumah..silakan mencoba dan semoga suka....











NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. blognya endes banget mbak monic. mbak monic mau tanya? yg jual bumbu soto seperti yang mbak monic share, dimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sebelumnya...
      bumbu soto padang tersebut saya beli di penjual bumbu yang ada di pasar di batam..
      saya tidak tahu kalau ada di tempat lain...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.