Sate Lilit Ayam Khas Bali & Sambel Matah

sate lilit bali sambal matah

Hmm akhirnya jadi juga membuat sate lilit khas Bali dan sambel matah. Dan ini percobaan pertama saya membuat sate lilit ini. Nah setelah bingung dengan berbagai resep yang beredar di internet...maka saya memutuskan untuk percobaan pertama ini sebaiknya saya menggunakan resep ibu saya saja.

Secara keluarga besar mereka memang punya resep sendiri..dan saya masih cukup ingat dengan rasa sate lilit ini. Dulu waktu ke Bali, nanang (sebutan bapak untuk orang Bali) yang merupakan suami dari kakaknya ibu saya (kakak ipar ibu saya) pernah membuat sate lilit ini. Nah seingat saya nanang menggunakan daging bebek..he he he..seingat saya lho ya...

sate lilit bali sambel matah
Sate lilit khas Bali dan sambel matah
Nah ketika saya punya niatan untuk membuat sate lilit sendiri maka saya bertanya kepada ibu saya saja...tanya-tanya bahan....pertama saya tanyakan..apakah pakai santan? atau pakai kelapa parut..jawabannya adalah kelapa parut dengan catatan..gunakan yang muda...(saya punya hanya kelapa parut tua yang saya beli di pasar untuk membuat santan) he he he..saya gunakan saja yang ini..

Kemudian bagaimana dengan bumbunya..nah jawaban ibu saya adalah gunakan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, kemiri, jahe, ketumbar dan merica serta serai. Dengan catatan gunakan semua sedikit saja..jangan sampai ada yang begitu menonjol..jadi bumbunya tidak ada yang dominan...

Kemudian lanjut ke bahan lainnya, saya tanya apakah menggunakan terasi? kalau orang Bali tidak pakai..tetapi kalau kamu mau coba pakai ya pakai saja. Terus daun jeruk?asam jawa?gula merah? tepung kanji? dan jawabannya adalah orang bali tidak pakai..hmmmm baiklah kalau begitu..saya coba gunakan resep ala ibu saya saja. 

Ya memang sih saya rasa untuk sate lilit ini memang banyak versi ya...ada yang menggunakan salah satu bahan..ada yang tidak..sama saja ya untuk resep-resep yang lain...banyak versi..sebut saja rendang padang..resep ayam pop dimana saya juga sempat bingung mau menggunakan resep yang mana, kemudian pempek palembang..dan seabrek makanan lain yang masing-masing punya perbedaan.

Jadi bisa saya katakan sate lilit yang saya buat kali ini memang ala ibu saya dan keluarga besarnya yang ada di Bali khususnya di daerah Padang Tawang, kabupaten Badung. Nah mengenai rasa kembali ke selera masing-masing ya...Sate lilit sendiri bisa menggunakan daging ikan, daging ayam, campuran daging ayam dan udang atau juga daging bebek. Kali ini saya gunakan daging ayam.

Nah sate lilit kan biasa temannya ya sambel matah, maka saya buat juga nih sambel matahnya..secara mudah kok membuatnya. Tidak perlu waktu yang lama...hmmm dan rasanya segar pedas dan yummy...

Ok deh sekarang lanjut ke resepnya ya...

Sate Lilit Khas Bali & Sambel Matah

Sate Lilit 
(untuk 12 buah sate)

Bahan :
  • 300 gr daging ayam giling
  • 6 sendok makan kelapa parut muda (saya gunakan yang tua he he he..)
  • 1 sendok teh garam
  • 12 batang serai untuk tangkai sate, potong sedikit pangkal serai dan potong ujungnya ukuran kira-kira 17 cm, cuci bersih dan tiriskan supaya agak kering

Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah (saya tidak pakai)
  • 1 ruas kencur
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • 1/2 sendok teh ketumbar sangrai
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya

Cara membuat :
  1. Haluskan bumbu, saya gunakan blender dengan sedikit air (usahakan sesedikit mungkin menggunakan air)
  2. Di mangkuk ukuran sedang, campur daging ayam giling, kelapa parut dan bumbu halus serta garam, aduk rata, gunakan saja tangan
  3. Sementara itu siapkan pan datar, beri sedikit minyak, panaskan
  4. Untuk mengetes rasa, ambil sedikit adonan, masak sebentar hingga matang, cicipi rasanya, tambahkan garam jika perlu
  5. Ambil sekepal adonan, kepalkan pada serai sambil sedikit dipadatkan. 
  6. Langsung letakkan di pan datar dan lakukan untuk sisa adonan
    proses membuat sate lilit bali
    cara membuat sate lilit bali
  7. Masak dan balik hingga semua sisi matang
  8. Angkat dan siap disajikan
    cara membuat sate lilit bali
    sate lilit ayam khas bali

Sambel Matah 

Bahan :
  • 15 butir cabai rawit hijau
  • 5 butir cabai rawit merah/rawit setan
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sachet terasi (saya gunakan merk ABC)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat :
  1. Iris bawang merah dan cabai, campur di dalam mangkuk dan remas-remas dengan tangan (gunakan sarung tangan plastik atau plastik supaya tangan tidak pedas)
  2. Goreng terasi sambil dihancurkan
  3. Begitu hancur, langsung tuangkan terasi berikut minyaknya ke dalam mangkuk berisi irisan bawang dan cabai
  4. Tambahkan garam dan air jeruk nipis, aduk rata
  5. Siap dihidangkan
    resep sambel matah bali
    sambel matah
Nah semoga tertarik ya dengan resep sate lilit khas Bali dan Sambel Matah  ala ibu saya ini....silakan dicoba sendiri di rumah dan semoga suka...

update : resep sate lilit bali dengan sambal dabu-dabu , buat sate lilit kali kedua..dan rasanya lebih maknyuss secara pakai kelapa parut muda..he he he...

update : resep sate lilit bali ikan tongkol, sate lilit dengan bahan dasar ikan tongkol ternyata maknyuss juga, santap dengan sambal matah dan nasi hangat...nambah....

NewerStories OlderStories Home

22 comments:

  1. thanks, spt nya uenak, ingin coba buat, hasil rasa nya akan saya tulis disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba/mas....
      silakan dicoba membuatnya ya....semoga saja sesuai selera ya..oh iya kalau mau membuat sate lilit ini pastikan kelapanya gunakan yang muda ya...
      terima kasih ya sudah mau mencoba resep ini...semoga suka...

      Delete
  2. klo batang sereh nya diganti sama tusuk kayu mengurangi rasa ga?selain pakai batang sereh ada alternatif lain ga..:-)

    ReplyDelete
  3. Hai mba Diah,
    penggunaan batang serai sih hanya membuat satenya lebih wangi saja, tidak berpengaruh ke rasa, kalau tidak ada batang serai bisa gunakan tusuk sate bambu yg agak lebar, banyak juga kok yg buat sate lilit pk ini, nah kl ga ada jg, ga masalah kok pk tusuk sate biasa, walaupun sy belum pernah coba buat sate lilit pk tusuk sate biasa
    nah semoga bisa membantu ya jawaban saya, makasih sudah mampir ya...

    ReplyDelete
  4. Oh ini ya resep sambel matah, memeknya Bli Made dari Kintamani selalu bikin sambel ini kalau aku berkunjung. enaaaak sekali, sepertinya dia juga bikin ikan goreng dari danau pakai sambel ini dimasukkan ke penggorengan sekalian dengan ikannya. Benarkah?

    Terimakasih resepnya ya, sebentar lagi akan masak dan segera muncul di blog saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Haris,
      ini salah satu jenis sambal matah yg cukup simple, ada lg yg pakai daun jeruk, ada yg pakai serai jg malah, kalau saya suka yg versi seperti resep di atas.
      Semua sih tergantung selera..nah kalau yg sekalian masukin ke penggorengan sekalian ikan saya kurang jelas sih mas..
      kalau ibu saya malah sering buat sambal bali katanya, jadi cabai rawit, bawang merah diiris terus digoreng bareng terasi, nah kalau sudah matang baru diberi garam...nah sambal ini walaupun sederhana tetapi enak, apalagi kalau disantap dgn ikan goreng dan nasi hangat..maknyuss..
      btw terima kasih sudah mampir ke blog saya ya..saya sudah mampir ke blog mas Haris tapi bingung..he he he bahasa jerman ya? Tp masakannya kelihatan enak2 semua..salut mas..

      Delete
    2. Iya mbak Monica, aku sedang tinggal di Jerman jadi ngeblognya ya pakai bahasa Jerman sekalian, eh jadinya malah banyak yang email minta resep masakan dari bali sampai cooking course in Bali segala, soalnya kebanyakan pengunjung blogku pernah liburan di Bali, makan enak disana dan setelah pulang ke Jerman ingin bikin sendiri, sayang mbak Monica tidak punya kategori kuliner Bali ya...

      Itu aku kemarin bikin sate lilit pakai ikan satin, wah rasanya otentik banget, persis seperti sate lilit yang dijual memek-memek itu (aku 8 tahun tinggal di Denpasar, kalau pergi ke tajen bukannya ikut main tapi malah sibuk kesana-kemari ngemil sate lilit, haha..). Terimakasih resepnya ya...

      Oh iya mbak Monica, ada pertanyaan; masakan apa saja sih yang diajarkan di Bali cooking course? kok pengunjung blogku semangat banget tanya ini ya?

      Delete
    3. Ibu saya sih orang Bali mas, hanya bapak saya Toraja, dan sejak kecil kok ya malah kebanyakan masakan Toraja dan masakan timur yang dimasak di rumah. Belum lagi keluarga kami tinggal di Palembang, jadi kuliner kami campur-campur. Nah saya kuliah di Jawa, tambah lagi kuliner, sekarang tinggal di Batam yang kulinernya banyak pengaruh dari sumatera barat, sumatera utara, melayu, chinese..hmmm jadi campur aduk kulinernya..he he he..
      Dulu saja waktu sepupu saya dari Bali kuliah di Palembang, beberapa kali ibu saya dan sepupu saya masak masakan Bali, hanya saya tidak pernah coba masak masakan Bali. Hmmm boleh juga nih idenya mas Haris, saya nanti mau coba buat khusus kuliner Bali, bisa tanya2 ibu saya.
      Wah baru tahu saya ada bali cooking course itu, eh baca2 ternyata memang ada kelas cooking masakan bali ya..nah yang saya baca-baca sih biasa menunya sate lilit, lawar, nasi kuning, ayam betutu, ayam bumbu bali, ayam pelalah, pisang rai, gado-gado, sambal, pepes ikan dll..banyak...
      ok deh mas..nanti saya perbanyak posting resep masakan bali ya....dan nanti saya buat kategori tersendiri khusus kuliner bali...

      Delete
  5. Selamat Pagi Mbak Monica,

    Saya Suka Nih Dengan resepnya. Kemarin Saya Sudah Mencoba Mengabadikan Resep Sate Lilit Juga, tapi Yang ikan Kakap. Nah Bisa Di Chek Disini

    http://resepsatemadura.blogspot.com/2015/02/resep-sate-lilit-ikan-kakap-laut-khas.html

    Ijin Coba Resepnya Ya Mbak Monica

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Tina,
      iya mba pakai ikan kakap juga enak, saya belum pernah coba buat yang pakai ikan mba...lain kali mungkin saya coba sate lilit versi ikan
      saya sudah mampir ke blog mba...hmmm lebih enak kalau ada gambarnya mba jadi bisa membayangkan satenya..he he he..
      terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komen ya...

      Delete
  6. Mbok Monica, boleh request resep pesan tain lengis ga? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh mba Emma..baru dengar saya..tanya dulu ya nanti sama memi saya...
      he he he..sabar ya...

      Delete
  7. Pesaapesan tain lengis it adl pepes yg terbuat dari ampas pembuatan minyak kelapa. Klo sy buat bumbunya simple aja mb monica, cabe, bawang merah, bawang putih, kencur, kunyit, dan jahe, dicampur ikan teri ato pindang tongkol dan terung bulat. Biasanya teman makanny pk sayur dr air saripati pembuatan minyak kelapa juga, klo di daerah sy (jembrana-bali) namanya jukut roroban. Salam kenal. Sory ya ngikutan ng-share resep juga.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Anni, salam kenal juga..wah makasih ya sudah share resep pesaapesan tain lengisnya. Saya belum pernah coba buat yang beginian, iya sempat tanya ibu saya juga, ibu saya bilang tlengis nama ampas minyak kelapa itu. Hmmm kalau buat oesan tain lengis ini berarti harus buat minyak kelapa dulu ya. Dulu pernah ibu saya buat minyak kelapa, nah saya coba makan ampasnya, enak sih, ada manis-manisnya, tapi seingat saya tidak dibuat pesan tain lengis ini.
      Makasih lagi ya mba Anni sudah mau berbagi resep pesaapesan tain lengis ini...duh senangnya saya...

      Delete
  8. Makasih resepnya ������ sudah dicoba rasanya enak :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, senang kalau cocok rasanya, terima kasih sudah mampir ya...

      Delete
  9. Sama dong kita mba saya org Toraja,, kenal dengan pakpiong jugala ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu kita sesama orang Toraja, salam kenal ya mas Dio
      wah enak tuh pakpiong, yang saya suka tuh pakpiong bura, di blog ini ada resepnya, pakpiong bura ala orang Bali, he he he... trus ada ayam kluwak (ayam pamarasan), duh yg ini enak banget deh...apalagi campur daun mayana ya, makin mantap rasanya...

      Delete
  10. Aku juga pernah buat yang seperti ini sist.. Tapi emang butuh sedikit ketelatenan biar hasilnya sempurna. Btw, nice deh i Love it.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalau di awal memang agak susah tuh melekatkan dagingnya ke serai, tapi kalau sudah sering, jadi biasa, he he he...
      sate lilit bali ini favorit saya mba, jadi sudah entah berapa kali buat..
      terima kasih sudah mampir ya...

      Delete
  11. Dear Mbk Monic. resepnya bagus2 semua. aku suka bacanya. bakalan jd salah satu blog fav yg rutin aku baca. Terima kasih ya Mbak sdh mau berbagi resep. Salam kenal dari aku (Ria-Bekasi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Ria, salam kenal mba, wah terima kasih kalau suka dengan resep-resep di sini ya mba, semoga cocok dengan resep di sini ya mba..

      wah senangnya kalau mba Ria mau berkenan sering mampir di sini.. uhuyyyy deh...

      sukses selalu buat mba Ria ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.