Bakwan Brokoli Wortel

cara membuat bakwan sehat tanpa msg
bakwan brokoli wortel

Membuat bakwan brokoli wortel ini memang mudah sekali, tetapi rasanya enak. Cocok buat cemilan anak juga. Nah jadi patut dicoba kan...saya saja nih cukup sering membuatnya..tidak pernah bosan...he he he...

Wortel dan brokoli memang menjadi sayuran yang sering sekali saya stok nih...karena memang Sophie masih belum bosan menyantap sayuran ini. Jadi kalau saya malas mengolah sayuran ini cukup saya rebus atau kukus saja. Untungnya Sophie masih mau menyantap sayuran ini walaupun hanya dikukus atau direbus.

Selain brokoli dan wortel, saya gunakan juga kentang yang diparut dengan parutan keju, hmmm lebih banyak jadinya muatannya. Untuk bumbu sendiri saya hanya gunakan bawang merah dan bawang putih yang diiris, sedikit merica bubuk dan tentunya sedikit garam. Nah walaupun tanpa kaldu bubuk penyedap atau tanpa MSG, bakwan ini lumayan enak. Jadi aman untuk dikonsumsi anak-anak.

Karena untuk sebagian orang tua, tentu saja was-was jika buah hati menyantap makanan yang mengandung MSG kan? secara memang di masyarakat kita sudah terbentuk opini kalau MSG itu berbahaya. Walaupun sebenarnya kalau kita banyak membaca tentang MSG ini, masih pro kontra lho tentang bahaya atau tidaknya MSG ini. 

Sebuah studi mengatakan kalau MSG ini aman untuk dikonsumsi. Hanya saja kenapa dikatakan berbahaya memang karena pada orang tertentu Chinese Restaurant Syndrome ini muncul. Tetapi memang ada juga yang tidak merasakan efeknya sama sekali jika mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Jadi daripada ribut-ribut apakah aman atau tidak itu kembali kepada kita masing-masing. Kita yang memutuskan aman atau tidaknya untuk diri kita sendiri.

Kalau saya sih cari aman saja...kalau bisa jangan masak menggunakan MSG. Nah bagaimana kalau beli makanan di luar...ya so pasti donk kebanyakan makanan diluar menggunakan MSG sebagai penyedapnya, sebagai penambah rasa. Jadi ya nikmati saja MSG tersebut...ha ha ha.....

Kalau my hubby bilang sih MSG itu shortcut...hmmm tahu kan maksudnya...karena makanan jika diberi tambahan MSG pasti enak...yang bilang tidak enak ayo ngacung he he he... coba kita masak saja sayur dibumbu bawang dengan garam saja. Kalau saya bilang asli tidak enak....tetapi kalau diberi sedikit tambahan MSG baik itu bentuknya yang kristal sebut saja merek Ajinomoto, Sasa, Miwon....atau diberi kaldu bubuk yang mengandung MSG sebagai penguat rasa sebut saja mereknya Masako atau Royko, pasti rasanya beda..jadi enak.

Tetapi sekarang ini saya sebisa mungkin tidak membeli makanan di luar, berhubung saya lagi sensitif sekali dengan makanan yang tinggi garam. Masak beberapa hari yang lalu makan keripik tempe yang saya beli di penjual khusus snack, kepala ya kok langsung terasa berat. Gawat....tidak bisa lagi tolerir dengan perpaduan MSG dan tinggi garam.

Kalau masak sendiri saya bisa kurangi garam, bisa atur sendiri bahan-bahan yang digunakan. Jadi lebih aman... ya walaupun agak sedikit repot. Dan yang lebih repot nih kalau sedang tidak mood memasak...dulu kalau sedang tidak mood memasak ya alternatif beli makanan di luar atau kalau tidak ya masak mie instant saja secara kan cepat. Atau masak sarden.... halah sekarang mau makan sarden atau mie instant...hmmm sudah terbayang beratnya kepala nanti...he he he....

Wah kepanjangan ya..malah kemana-mana..mana resep...resep....

Ok deh..ini resepnya ya....

Bakwan Brokoli Wortel

Bahan :
  • 50 gr daging dada ayam tanpa kulit, dicincang
  • 100 gr brokoli, kukus lalu cincang
  • 1 buah wortel ukuran kecil, parut kasar
  • 1 buah kentang ukuran sedang, parut halus dengan parutan keju
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 batang daun seledri, iris tipis
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung kanji/tapioka
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh garam atau secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan, aduk rata
  2. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sehingga bakwan bisa matang sampai ke dalam
  3. Pastikan menggoreng dengan minyak yang cukup banyak sehingga semua adonan bakwan terendam minyak supaya bakwannya garing
  4. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan minyaknya
  5. Siap dihidangkan hangat-hangat

resep bakwan sayuran
bakwan sayuran

Nah mudah kan membuat bakwan brokoli wortel sendiri....silakan mencoba ya..semoga suka...

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.