Balado Tahu Ikan Tongkol

sambal ikan tongkol dan tahu
Balado Tahu Ikan Tongkol

Nih sepertinya kalau pecinta pedas apa saja bisa dibuat balado ya..seperti kali ini balado tahu dan ikan tongkol. Balado tahu ikan tongkol ini sedari kecil sudah sering sekali makan, secara ini resep favorit di keluarga kami. 

Nah kalau ibu saya membuat balado ini selalu diberi gula merah, jadi ada sensasi manis dan pedas yang menurut saya enak. Pernah dulu kalau pulang ke rumah kala liburan kuliah, maka sebagai bekal suka sekali minta dibuatkan balado tahu ikan tongkol ini.

Kali ini saya memasak balado ini tanpa gula, secara hubby tidak suka sambal yang manis. Tetapi pastinya tetap enak karena penggunaan tomat yang cukup banyak. Manis dan asam alami berasal dari tomat. Tetapi jika terbiasa dengan sambal yang diberi gula, silakan tambahkan sendiri ya..baik itu gula pasir ataupun gula merah.


Nah menurut saya masakan balado yang saya buat kali ini agak sedikit hambar, secara sekarang ini memang berusaha mengurangi asupan garam dalam makanan yang saya masak. Ya membiasakan diri dengan menu masakan yang rendah garam, hal ini mengingat gejala pusing yang biasa saya alami jika menyantap makanan tinggi garam.

Yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi tentunya harus lebih berhati-hati kan dengan makanan yang disantap. Nah jika tertarik dengan beberapa menu rendah garam yang pernah saya posting sebelumnya silakan lihat di kategori diet ya..

Ok deh sekarang langsung ke resepnya ya...

Balado Tahu Ikan Tomgkol

Bahan :
  • 500 gr ikan tongkol, potong sesuai selera
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 10 buah tahu
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 30 butir cabai rawit
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • garam secukupnya
  • gula jika suka (saya tidak pakai)
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Cara membuat :
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2. Bilas lalu goreng hingga matang atau jika suka goreng hingga garing
  3. Goreng tahu hingga garing
  4. Haluskan cabai, bawang dengan menggunakan blender
  5. Potong-potong tomat ukuran sedang lalu tumis hingga hancur
  6. Masukkan cabai dan bawang yang telah diblender
  7. Masak hingga matang dan berkurang airnya
  8. Tambahkan air jeruk nipis, aduk sebentar
  9. Tambahkan garam secukupnya, aduk rata, cicipi rasanya
  10. Masukkan ikan tongkol dan tahu, aduk dan masak sebentar
  11. Angkat dan siap disajikan

Nah mudah kan membuat balado tahu ikan tongkol ini...semoga resep ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga suka ya....
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.