Nasi Goreng Bayam Pedas

cara membuat nasi goreng bayam
Nasi Goreng Bayam

Menu yang paling cepat untuk disiapkan..yup salah satunya adalah nasi goreng bayam ini. Nah jika bingung mau masak apa kala perut lapar dan butuh masakan cepat, nasi goreng ini bisa menjadi alternatif.

Membuat nasi goreng bayam ini sebenarnya hanya memanfaatkan stok bahan-bahan di dapur. Nah karena bayam tidak boleh terlalu lama disimpan maka akhirnya saya gunakan saja bayam ini sebagai campuran nasi goreng.  Hmmm seperti biasa nasi goreng yang saya buat ini pedas ya...jadi kalau mau mencoba membuatnya sendiri silakan disesuaikan takaran cabainya sesusai selera.

Nah sebagai taburan karena ada stok teri dan kacang, maka tidak ada salahnya menggunakan kedua bahan ini untuk taburan nasi goreng ini...jadi semakin enak.. dan tentu saja karena saya tidak mau terinya terlalu asin maka saya cuci dan rendam beberapa kali untuk sedikit mengurangi rasa asin teri. Bagi yang tidak bermasalah dengan teri yang asin skip saja ya proses ini.

Untuk menambah rasa maka saya gunakan daging ayam cincang bagian dada tanpa kulit ya..secara bagian ini merupakan bagian yang paling rendah lemak. Gunakan bagian lain jika suka ya..
Nah supaya nasi goreng ini tidak basah maka setelah bayam dicuci maka sebaiknya benar-benar ditiriskan supaya airnya cukup kering. Lalu pastikan ketika memasukkan nasinya ketika tumisan bayam, daging ayam cincang serta bumbu sudah benar-benar kering.

Gunakan ulekan/batu giling bumbu atau food processor atau juga blender bumbu kering supaya bumbu tidak basah. Tetapi jika terpaksa menggunakan blender bumbu basah ya pastikan saja untuk menumisnya sampai cukup kering ya...

Hmmm terlalu panjang ya cuap-cuapnya...he he he..lanjut ke resep ya....

Tertarik dengan nasi goreng pedas lainnya, silakan lihat di nasi goreng kunyit super pedas atau nasi goreng pedas ayam lada hitam, nasi goreng pedas ayam jamur brokoli ya...


Nasi Goreng Bayam Pedas

Bahan :
  • 2 piring nasi (gunakan nasi dingin lebih baik)
  • 100 gr daging ayam cincang
  • 2 genggam daun bayam, iris sesuai selera
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 30 butir cabai rawit
  • 1/2 sendok teh garam atau secukupnya
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • teri dan kacang goreng untuk taburan (optional)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih serta cabai rawit
  2. Tumis bumbu halus sampai harum
  3. Masukkan daging ayam cincang, aduk hingga berubah warna
  4. Tambahkan irisan daun bayam, aduk rata sebentar
  5. Masukkan nasi, aduk hingga benar-benar tercampur rata
  6. Tambahkan garam dan merica, aduk kembali
  7. Masak hingga daun bayam matang
  8. Cicipi rasa, tambahkan garam dan merica jika perlu
  9. Angkat dan siap disajikan dengan taburan teri dan kacang goreng

Nah mudah sekali kan untuk membuat nasi goreng bayam pedas ini...semoga tertarik untuk mencobanya...semoga suka ya...



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.