Kering Kentang Ebi Cabai Rawit

cara membuat kering kentang
kering kentang cabai rawit

Masih dalam rangka mencoba resep dari tabloid Saji nih..kali ini saya coba kering kentang ebi cabai rawit... Aslinya sih kering kentang ebi hijau. Hanya berhubung saya hanya ada stok cabai rawit makanya jadinya kering kentang ebi cabai rawit.

Membuat kering kentang memang lumayan deh prosesnya..yang paling lama ya menggoreng irisan kentang yang tipis-tipis itu. Kalau untuk mengiris kentangnya bisa dengan alat khusus ya..hanya saja saya tadi mengerjakannya manual saja dengan pisau. Ya alhasil ketebalan kentangnya tidak rata. Jadi ketika digoreng ada yang sudah mulai kecoklatan dan ada yang masih kekuningan dan belum garing pastinya.

Tapi tidak masalah kok..he he he..yang masih kekuningan saya angkat saja sekalian..nah begitu sudah diangkat tinggal disortir..yang kekuningan tinggal saya berikan saja buat Sophie untuk dia makan..he he he..dan untungnya dia doyan. Nah bagi yang suka..yang masih kekuningan bisa dikumpulkan lalu digoreng kembali sampai garing.

Untuk bumbu kering kentang ini cukup sederhana saja ya..bumbu halus hanya bawang putih dan cabai rawit, lalu ada tambahan lengkuas yang digeprek serta daun salam. Gunakan ebi yang diseduh dengan air panas terlebih dahulu lalu disangrai kemudian dihaluskan. Nah tadi saya menyeduhnya selama kurang lebih 10 menit. Kemudian saya sangrai sampai ebinya kering dan berbau khas ebi. Baru saya haluskan dengan chopper. Yang tidak punya chopper bisa haluskan ebinya menggunakan blender khusus biji-bijian ya..yang untuk bahan kering.

Nah supaya menggoreng kentang ini cepat dan bisa garing adalah gunakan api yang cukup besar dan minyak yang cukup banyak. Lalu masukkan kentangnya sedikit saja sekali goreng. Maka kentang akan cepat matang dan garing. Oh iya nih supaya garing kentangnya maka setelah diiris tipis masukkan kentangnya ke dalam mangkuk yang berisi air es. Setelah selesai semua kentangnya diiris, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Nah yang ini sih tidak tercantum di resep ya..hanya dikatakan direndam air es saja.

Ok deh..sekarang lanjut ke resepnya saja ya...oh iya jika tertarik dengan resep kering tempe silakan lihat di kering tempe teri kacang ya...yang ini juga enak..he he he...

Kering Kentang Ebi Cabai Rawit
(Adaptasi dari resep Kering Kentang Ebi Hijau dari tabloid Saji)

Bahan :
  • 750 gr kentang, iris tipis, direndam air es lalu goreng garing
  • 30 gr ebi, diseduh, disangrai dan dihaluskan
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam (tadi saya gunakan hanya 1/4 sendok teh saja)
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih (resep asli 4 siung )
  • 50 butir cabai rawit (resep asli 7 buah cabai hijau keriting + 3 buah cabai hijau + 2 buah cabai rawit hijau)

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas sampai harum
  2. Masukkan gula pasir dan garam, aduk sampai larut
  3. Tambahkan kentang, ebi, dan bawang merah goreng
  4. Aduk hingga rata
  5. Angkat dan dinginkan
  6. Simpan di tempat kering dan tertutup
resep kering kentang
kering kentang ebi cabai rawit

Nah mudah kan membuat kering kentang ebi cabai rawit ini...yang pasti kering kentang ini pedas ya...yang tidak suka pedas sesuaikan sendiri jumlah cabainya atau gunakan cabai sesuai resep asli ya...
Semoga tertarik dan silakan mencoba..semoga suka...
NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Pagi mbak monic
    Mbak kenapa kentang nya direndam air es? supaya apa ya mba?kalau direndam kapur sirih boleh mbak?
    kalau direndam air es berapa lama ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Sri...
      direndam air es supaya renyah mba..ada jg sih yg rendam air kapur sirih..nah resep di tabloid saji hanya direndam air es..kl aku sih begitu ngiris kentang hsl irisan langsung rendam air es smbl ngiris kentang yg lain..nah setelah selesai diamkan 15 menit..gitu mba..

      Delete
  2. Oke, ntr di coba dech, kentang yang dipakai kentang medan apa bukan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Sri...
      aku pakai kentang medan mba...soalnya kentang medan lebih enak kan drpd kentang bangladesh/india..

      Delete
    2. yup mbak, kl kentang banglades air nya banyak, kalau buat perkedel juga ga enak, sabtu ini saya coba dech

      Delete
    3. selamat mencoba ya..semoga sesuai selera ya mba...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.