Donat Isi Selai (Paczki)

donat isi selai
donat isi selai (paczki)

Wah begitu lihat file-file lama, ketemu deh donat isi selai ini (paczki). Ternyata donat ini sudah saya buat 2 tahun yang lalu. Cukup lama ya...wah enak juga nih kalau buat lagi ya...hmm kalau mood dalam waktu dekat mungkin saya akan membuat donat ini lagi.

Nah donat ini saya buat berdasarkan resep donat jelly ala Polandia dari jtt. Dengan isian berupa selai blueberry dan strawberry. Nah mengenai rasa yang pasti enak ya..he he he... Saya mencoba resep ini karena teringat dengan donat isi yang ada di dunkin donuts. Secara kalau di Batam kan mana ada dunkin donuts. Sampai sekarang tahun 2014 begini, masih belum ada juga dunkin donuts di Batam. Sedangkan J'Co donuts sudah semakin banyak saja gerainya.

Kalau selera saya sih, saya lebih suka dunkin donuts, secara donutnya lebih padat, tidak langsung kempes ketika digigit. Beda dengan donat J'Co, yang langsung kempes ketika digigit. Walaupun secara penampilan donat J'Co pastinya lebih menarik, lebih banyak variasi toppingnya. Hmmmm satu lagi nih yang saya kurang suka dengan donat J'Co, terlalu manis.

Tetapi semua kembali kepada selera ya...buktinya banyak juga yang suka dengan donat J'Co.  Malah ada nih gerai yang di mega mall Batam Center, laris manis. Apalagi nih sering saya lihat orang-orang Singapore sering sekali beli sampai berdus-dus. Ya secara memang ada jalan khusus dari pelabuhan feri singapore - batam yang langsung menuju ke mall ini. Jadi sangat mempermudah lalu lintas pengunjung singapore-batam.

Unik memang di Batam ini, kalau hari libur atau weekend, mega mall akan padat pengunjung. Banyak orang Singapore belanja di mega mall ini. Nah lho..kenapa orang Indonesia banyak yang belanja di Singapore, sedangkan orang Singapore saja malah memilih belanja di Batam?
He he he itulah Indonesia ya...mungkin lebih menaikkan prestise ya kalau bisa belanja di luar negeri. Padahal kalau di luar negeri juga barang-barangnya malah banyak juga made in Indonesia. Atau ada yang made in China, made in India, made in Vietnam.

Kalau masalah harga pastinya tetap donk harga di Batam ini lebih murah daripada harga di Singapore untuk kualitas barang yang sama. Apalagi dengan kurs mata uang sekarang ini, dimana rupiah semakin melemah saja. Dulu 1 SDG ya berkisar antara 6 ribu sampai 7 ribu rupiah. Nah sekarang sudah mencapai angka di atas 9 ribu rupiah. Nah lho...

He he he jadi ngelantur ya....kembali ke donat isi selai ini ya...ternyata cukup mudah untuk membuatnya, dan pastinya puas deh bisa membuat sendiri. 

Ok deh sekarang lanjut ke resepnya ya...

Donat Isi Selai (Paczki)

Bahan :
  • 220 gr / 2 cup tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
  • 1 sendok teh ragi instant
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan mentega (saya gunakan margarin)
  • 100 ml susu cair hangat
  • seujung kuku garam (saya tidak pakai)
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 2 butir telur
  • selai blueberry dan strawberry secukupnya

Cara membuat :
  1. Di mangkuk ukuran sedang, campur susu cair hangat, gula pasir dan margarin hingga margarin larut dan semua tercampur. Tambahkan vanili bubuk dan garam, aduk rata, dinginkan sebentar
  2. Ketika sudah  cukup dingin, masukkan telur ayam, aduk dengan balloon whisk hingga tercampur rata
  3. Tambahkan ragi instant, aduk rata kembali
  4. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diuleni selama kurang lebih 5 menit
  5. Bulatkan adonan, tutup mangkuk dengan serbet atau dengan plastik wrap
  6. Istirahatkan adonan kurang lebih selama 1 jam, kempiskan adonan
  7. Letakkan di atas meja yang ditaburi tepung, gilas adonan dengan ketebalan kurang lebih 1 - 1.5 cm
  8. Cetak dengan cookie cutter ataupun cetakan bundar atau oval lain sesuai selera dengan ukuran kurang lebih 5 cm.
  9. Letakkan adonan yang sudah dicetak di atas loyang ataupun tempat lain yang bertabur tepung, lakukan sampai selesai
  10. Diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit
  11. Goreng donat dengan minyak yang cukup banyak dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan
  12. Balik donat hingga semua sisi matang, angkat dan tiriskan lalu dinginkan
  13. Ketika sudah dingin, siapkan kantong segitiga yang sudah diberi spuit runcing
  14. Siapkan kantong segitiga satu lagi. Masukkan selai ke dalam kantong segitiga, lubangi ujungnya
  15. Masukkan ke dalam kantong segitiga dengan spuit, tusukkan ujung spuit ke dalam donat, isi dengan selai sampai penuh
  16. Letakkan di atas piring, taburi dengan gula bubuk
resep donat polandia
donat isi selai

Nah semoga resep donat isi selai ini bermanfaat ya..semoga tertarik dengan resep donat ini, silakan mencoba ya..semoga suka...
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.