Resep Seblak Fusilli

seblak pasta fusilli
seblak fusilli

Hmmmm penasaran dengan seblak nih..akhirnya saya buat saja seblak fusilli ini. Nah resepnya sih hasil modifikasi dari femina. Hanya walaupun cabai rawit merahnya sudah saya tambahkan tetap rasanya kurang pedas menurut saya. Hmmm lain kali mau buat lebih pedas lagi deh...

Nah..sudah beberapa hari ini sih saya lihat posting di grup facebook aneka resep kue dan masakan enak sedang heboh seblak. Pertama sih apa itu seblak ya..banyak yang beri informasi kalau seblak itu sebenarnya asalnya dari kerupuk yang direndam air panas lalu kemudian ditumis dengan bumbu berupa cabai rawit merah serta kencur dan tentunya bawang. Seblak sendiri sih dari bahasa Sunda yang artinya nyeblak dan kaitannya dengan makanan adalah rasa/sensasi yang pedas dan nampol.

Tetapi sekarang-sekarang ini malah sudah banyak variasi seblak, ada yang seblak jamur, seblak ceker, seblak bakso. Nah malah pernah ada yang posting seblak, tetapi penampakannya mirip bakso. Langsung deh pada heboh, tidak salah postingkah? itu seblak atau bakso? he he he... saya sih silent reader saja ya..baca saja komen buntik-buntik disana. 

Nah kesimpulannya seblak itu bisa divariasikan dan dimodifikasi sesuka kita, intinya seblak itu masakan yang super pedas dan pastinya menggunakan kencur. Hmmm bagaimana rasanya? wah ternyata memang walaupun bumbunya sangat sederhana sekali tetapi memang mantap lho..enak..serius...

Nah yang mau mencoba resep aslinya menggunakan kerupuk, caranya kerupuk mentah direndam dengan air panas kurang lebih 10 menit hingga kenyal. Tiriskan lalu sisihkan. Kemudian tumis bumbu halusnya dan masukkan bahan-bahan lain yang digunakan. Nah intinya sama saja ya seperti membuat mie goreng, kuetiaw goreng hanya mie dan kuetiaw diganti dengan kerupuk yang sudah direndam air panas.

Untuk membuat seblak versi saya ini, saya gunakan pasta fusilli yang sudah direbus hingga matang, tidak sampai aldente (istilah matang yang pas untuk pasta). Petunjuk kemasan harus memasaknya sampai 13 menit, saya rebus hanya 10 menit saja. Secara kan mau dimasak lagi dengan bahan-bahan lain, maksudnya supaya tidak kelembutan saja sih.

Seblak fusilli ini menggunakan telur ayam serta irisan daging ayam, dan tak lupa saya tambahkan juga brokoli, supaya ada sayurannya. Saya tambahkan juga tomat supaya lebih berwarna..he he he. Nah sayuran bisa sesuaikan dengan stok yang ada ya..

Ok deh sekarang lanjut ke resepnya ya...

Resep Seblak Fusilli

Bahan :
  • 2 porsi pasta fusilli
  • 100 gr brokoli, potong-potong
  • 100 gr daging ayam bagian dada tanpa kulit, iris
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • garam secukupnya
  • 50 ml air

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 15 butir cabai rawit merah (sesuaikan dengan selera)
  • 3 cm kencur 

Bahan taburan :
  • bawang merah goreng
  • irisan daun bawang

Cara membuat :
  1. Rebus pasta fusilli kurang lebih selama 10 menit, tiriskan dan sisihkan
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan daging ayam, masak hingga berubah warna
  3. Tambahkan telur kocok, aduk hingga berserabut
  4. Masukkan brokoli, daun bawang dan tomat, masak hingga matang
  5. Masukkan fusilli, aduk hingga rata
  6. Tambahkan garam
  7. Tambahkan air, masak hingga matang
  8. Cicipi rasanya, angkat
  9. Taburi dengan bawang goreng

membuat seblak pasta fusilli
seblak pasta fusilli

Nah mudah sekali kan resep seblak fusilli ini, tidak membutuhkan banyak bahan dan bisa dimodifikasi sesuai selera dan bahan yang tersedia. Nah semoga tertarik dengan resep seblak fusilli ini ya...silakan mencoba dan semoga suka ya...
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. makasih sudah berbagi resep (y) mau coba nih hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wid...
      silakan dicoba mba..mantap ini mba rasanya...he he he
      thanks sudah mampir ya...

      Delete
  2. wahhh,,kayanya enak nihh...mau coba ahhhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Dania,

      iya ini enak mba, pedas dan berasa kencur, segar tapi lembut fusillinya.. sedap deh.. silakan dicoba mba, semoga suka ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.