Ayam Bakar Kalasan ala Mama Aisyah

cara membuat ayam bakar kalasan teflon
ayam bakar kalasan
Hmmmm ayam lagi..ayam lagi..tidak bosan deh memasak ayam...kali ini saya membuat ayam bakar kalasan ala mama Aisyah. Nih ceritanya karena mama Aisyah tinggal di Brussels jadinya susah menemukan air kelapa jadinya air kelapa ganti dengan santan. Setelah dicoba..hmmm enak..enak... dan kapan-kapan mau buat lagi ah..thanks ya mama Aisyah.

Kalau dengar nama ayam kalasan, pasti semua orang sekarang rata-rata sudah tahu ya...sudah sering dengar. Saya saja waktu masih SMA dan tinggalnya di Palembang saja sudah tahu ada namanya ayam kalasan. Nah dulu waktu pertama kali makan ayam kalasan ketika ada teman satu kelas yang merayakan ultah sweet seventeen dengan mentraktir ayam kalasan. Hmmm kesan saya waktu itu kok enak ya rasanya. 

Tetapi ya kok belum pernah sekalipun membuat ayam kalasan ini sendiri. Jadinya ketika blogwalking ke dapur maya mama Aisyah ketemu resep ayam bakar kalasan. Jadinya ingin buat sendiri deh...setelah beberapa lama dibookmark resep ini, baru hari ini kesampaian juga membuat ayam bakar kalasan ini.

Nah karena malas membuat sambal terasi, akhirnya saya buat sambal dabu dabu sebagai pendampingnya..ha....dabu dabu lagi..he he he...selama belum bosan saya masih membuat sambal dabu dabu ini. Nanti kalau sudah bosan biasanya baru lama lagi saya akan buat sambal ini lagi.

Karena tidak ada lalapan juga di kulkas, akhirnya saya masak saja oseng buncis dan baby corn sebagai sayurannya, ya walaupun tidak nyambung..tetapi enak-enak saja..he he he..

Ok deh, kepanjangan ya cuap-cuapnya, berikut resep ayam bakar kalasan yang saya buat..silakan..

Ayam Bakar Kalasan ala Mama Aisyah

Bahan :
  • 800 gr daging ayam, potong sesuai selera 
  • 2 cm lengkuas, digeprek
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 200 ml santan kekentalan sedang
  • 3 sendok makan kecap manis (atau tambahkan sesuai selera)
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula (saya skip)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai 

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai dan lengkuas, aduk sebentar hingga harum
  2. Masukkan daging ayam, aduk hingga daging ayam berubah warna
  3. Tuangkan santan lalu beri kecap manis, garam dan merica bubuk, aduk rata lalu masak hingga kuah menyusut dan mengental
  4. Angkat dan bakar dengan teflon datar yang sudah diberi sedikit minyak sampai bumbu mengering dan sedikit gosong
  5. Siap dihidangkan

Mudah sekali kan ternyata membuat ayam bakar kalasan dengan teflon ini..semoga tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah ya...semoga suka ya...
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Ayam bakar kalasan + sambal dabu-sabu...hmmm nyaamm
    Ok nih idenya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Oki..iya enak juga ayam bakar kalasan n sambal dabu2..
      thanks ya resepnya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.