Bolu Kukus Mekar Sawi Hijau (Tanpa Mixer)

bolu kukus sawi hijau tanpa mixer
bolu kukus mekar sawi hijau
Ingin coba buat bolu kukus mekar, akhirnya jadi deh bolu kukus mekar sawi hijau yang dibuat tanpa mixer ini. Jenis-jenis bolu atau cake atau muffin tanpa mixer memang menjadi favorit saya, secara tinggal aduk-aduk, panggang ataupun kukus, hmmm jadi deh.

Nah pada dasarnya bolu kukus ini resepnya sih resep muffin yang biasa saya buat selama ini. Hanya saja waktu membuat muffin saya tidak terlalu mempedulikan mau mekar atau mingkem. Yang penting sih enak..he he he... Tetapi kali ini ingin mencoba saja membuatnya menjadi mekar.

Kunci membuat bolu kukus mekar itu ya pada waktu mengukus api usahakan besar, mengukusnya agak sedikit lama, lalu mengisi adonan harus penuh. Dan yang cukup mendukung juga nih usahakan jangan mengisi kukusan terlalu banyak, supaya panasnya merata. Oh iya yang tidak ketinggalan adalah usahakan jangan sampai mengisi air terlalu banyak sehingga percikan air akan mengenai dasar cetakan yang akan menyebabkan bolu kukus akan bantat di bagian bawah.

Nah sisanya standar ya..pastikan untuk melapisi tutup kukusan dengan kain bersih, supaya uap air tidak menetes ke adonan. Selanjutnya tinggal lihat apakah kita terkena kutukan bolu kukus mingkem atau tidak setelah mencoba sendiri..ha ha ha....semoga tidak ya....

Untuk bolu kukus kali ini, saya sedikit bereksperimen dengan mencampurnya dengan sawi hijau. Tujuannya sih supaya dapat warna hijau yang alami saja. Selain itu ada sisa stok sawi hijau ketika membuat nasi goreng buto ijo kemarin. Sisanya tidak banyak, jadi tanggung kalau dimasak untuk sayuran. Hmmm akhirnya gunakan saja deh sebagai campuran bolu kukus ini.

Nah saya juga pernah bereksperimen kecil juga dengan sawi hijau ini, yaitu pada waktu membuat sus kering sawi hijau. Mudah saja sih, air yang saya gunakan sudah merupakan air hasil blenderan daun sawi hijau. Pada waktu itu tidak begitu banyak sawi hijau yang saya gunakan sehingga sus keringnya tidak begitu hijau warnanya. Tetapi tidak masalah..namanya juga mencoba ya..

Nah mengenai rasa, bolu kukus ini walaupun dibuat tanpa mixer tetapi tetap lembut menul-menul. Sawi hijau juga menyumbang rasa yang menurut saya enak. Dan tentu saja nih menurut saya bolu kukus ini pas manisnya (menurut saya ya...) jika biasa suka dengan yang manis, bisa tambahkan sendiri ya gulanya sesuai selera.

Ok deh, lanjut ke resep saja ya...silakan....
 
Bolu Kukus Mekar Sawi Hijau (Tanpa Mixer)
 
Bahan :
  • 2 1/4 cup (250gr) tepung terigu protein sedang/segitiga biru
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 cup ( 240 ml ) susu cair
  • 2 butir telur
  • 3/4 cup (170 gr) gula pasir
  • 1/2 cup (120 ml) minyak goreng
  • 15 lembar daun sawi hijau
  • 1 1/2 sendok makan coklat bubuk
 
Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan paper cup
  2. Siapkan kukusan, isi air secukupnya lalu panaskan hingga air mendidih
  3. Di mangkuk ukuran sedang campur tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam. Jika perlu bisa diayak (saya tidak ayak, hanya campur dengan whisk), sisihkan
  4. Blender bersama susu cair, telur, gula pasir, minyak goreng serta daun sawi
  5. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi tepung, aduk cepat asal rata
  6. Di mangkuk kecil, ambil kira-kira 6 sendok makan adonan, campur dengan coklat bubuk, aduk rata
  7. Tuangkan adonan hijau sampai 3/4 penuh, lalu tuangkan adonan coklat ke atasnya, pastikan adonan terisi penuh sampa batas paper cup
    bolu kukus sawi hijau
    adonan bolu kukus
  8. Lakukan hingga selesai
  9. Kukus selama kurang lebih 20- 25 menit dengan api besar (pastikan untuk tidak membuka tutup kukusan ketika sedang mengukus, pastikan air cukup tetapi tidak berlebihan)
bolu kukus tanpa mixer
bolu kukus mekar sawi hijau tanpa mixer

Nah mudah kan ternyata membuat bolu kukus mekar sawi hijau ini, walaupun tanpa mixer tetap lembut dan bisa juga mekar kan...semoga tertarik dengan resep ini ya..silakan mencoba..semoga suka...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. BIsa mekar yaa....cakep jadinyaa

    Elsye
    IDFB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Elsye...
      iya mba ternyata bs mekar juga..
      thanks sudah mampir lagi ya mba...

      Delete
  2. Salam kenal mbak monic. 😊
    mesti coba nih resep nya, solusi makan sayur yang enak buat anak2👍

    thanks ya mbak resepnya, dan izin buat di catet n praktekin

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba Puspa
      silakan dicoba mba resep ini, semoga cocok ya dengan selera

      sama-sama mba Puspa, terima kasih sudah mampir ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.