Homemade Egg Tofu (Mudah)

cara membuat egg tofu sendiri
egg tofu homemade
Nah ini salah satu yang saya buat juga ketika membuat susu kedelai, yup..egg tofu homemade. Ternyata mudah membuat egg tofu sendiri. Bahan-bahannya juga sederhana.

Biasa kalau egg tofu selama ini selalu beli..nah kalau beli biasanya anak saya Sophie tidak begitu doyan dengan egg tofu. Nah kalau yang homemade begini setelah digoreng dia malah doyan tuh...mungkin karena yang homemade begini tidak begitu berasa amis telur kali ya.

Nah bahan utama egg tofu tentu saja telur  dan susu kedelai ya, bahan tambahan hanya sedikit tepung maizena serta pastinya garam, nah supaya lebih menambah rasa saya tambahkan juga merica bubuk. Hasilnya enak..he he he... Resep saya adaptasikan dari egg tofu JTT. Hanya saya membuatnya hanya 1/2 resep, namanya juga coba-coba jadi tidak usah banyak-banyak dulu buatnya. Ternyata berhasil, nah lain kali bisa buat lebih banyak lagi.

Nah kalau kita punya egg tofu sendiri, bisa dimasak macam-macam kan...nih yang paling enak yang saya suka..sapo tahu, lalu bisa coba dengan berbagai tumisan sayuran yang ditambahkan egg tofu, wah makin mantap tumisannya tuh. Atau kalau digoreng begitu saja terus digado saja enak juga kok...kalau Sophie makannya digado saja.

Untuk membuat egg tofu ini, sebaiknya gunakan loyang atau pinggan kaca tahan panas yang dialas plastik, hanya saja nih, kukusan saya cukup kecil, jadinya saya gunakan saja plastik tahan panas untuk mengukusnya, jadi adonan saya masukkan ke dalam plastik tersebut, lalu kukus deh sampai matang. Jadi kalau mau digunakan, tinggal sobek saja plastiknya.

Ok deh, sekarang lanjut ke resepnya ya..silakan...

Homemade Egg Tofu

Bahan :
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 250 ml susu kedelai homemade (lihat cara membuat susu kedelai)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan 2 sendok makan susu kedelai

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas, basahi dengan air lalu lapisi dengan plastik wrap, usahakan plastik wrap tidak mengkerut (atau yang saya lakukan, siapkan beberapa kantong plastik tahan panas, gunakan masing-masing 2 lapis)
  2. Ukuran loyang disesuaikan dengan selera, mau tebal tidaknya egg tofu nanti
  3. Di mangkuk ukuran sedang, campur semua bahan, aduk rata
  4. Saring dengan saringan kawat (saya saring dengan saringan santan)
  5. Tuang ke dalam loyang atau ke dalam plastik tahan panas
  6. Kukus selama kurang lebih 15- 20 menit dengan api kecil (supaya permukaan tidak keriput)
  7. Keluarkan egg tofu dari kukusan, biarkan dingin
  8. Bisa dipotong-potong sesuai selera
cara membuat egg tofu mudah
egg tofu homemade

Cukup mudah kan membuat egg tofu homemade ini....semoga bermanfaat ya..semoga suka ya...
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.