Pizza Teflon Manis Topping Buah (Tanpa Ulen)

pizza teflon buah
pizza teflon manis topping buah

Hari ini ada ide membuat pizza manis dengan topping buah menggunakan teflon saja. Dan masih tanpa diuleni. Hasilnya ternyata enak..enak..menurut saya ya..he he he...Ini memang pizza yang tidak biasa ya...

Sebenarnya pizza manis dengan topping buah bukan makanan yang baru lagi kan..secara pernah beberapa waktu lalu (cukup lama sih) pernah melihat tayangan info kuliner di salah satu televisi swasta tentang pizza manis topping buah. Ketika melihatnya hanya berkata dalam hati..apa enak ya pizza manis begitu..hmmm belum tahu saya ya...

Nah entah ada angin apa kok siang ini ingin membuat pizza manis. Tadinya mau membuat donat, tetapi urung karena malas menggoreng. Akhirnya berpikir membuat pizza manis saja. Untungnya ada stok stroberi, apel hijau serta kismis. Dan untuk sausnya ada selai kacang coklat dan selai stoberi. Wah mantap nih..langsung eksekusi.

Untuk resepnya saya gunakan resep pizza teflon tanpa ulen, hanya saja saya skip penggunaan bawang putih bubuk, oregano dan mix herbs. Prosesnya plek sama persis. Wah tadi sempat dag dig dug der takut hasilnya aneh..dan ternyata enak...mantap...tetapi apa karena lapar ya..jadi terasa enak..ha ha ha

Karena kali ini saya ingin pizza saya tebal, maka saya gunakan saja teflon diameter 16 cm untuk 2 buah pizza. Jadi untuk satu resep di bawah jadi 2 pizza ya...yang suka tipis silakan bagi menjadi 3, atau gunakan teflon diameter lebih besar.

pizza manis topping buah
pizza topping buah selai kacang coklat
pizza manis teflon selai stroberi
pizza topping buah selai strawberry

Nah yang penasaran...ayo..ayo merapat ke sini ya..berikut resepnya ya...

Pizza Teflon Manis Topping Buah (Tanpa Ulen)

Bahan :
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 cup (120ml) air hangat
  • 1 1/4 cup (140 gr) tepung terigu protein tinggi/cakra kembar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan topping :
  • selai kacang coklat, selai strawberry
  • 1 buah apel hijau, buang biji lalu iris tipis
  • 8 buah strawberry ukuran kecil, belah 2
  • kismis secukupnya
  • keju mozarella/quick melt parut kasar secukupnya

Cara membuat :
  1. Di mangkuk ukuran kecil, tuang air hangat, beri gula pasir dan ragi instan, aduk rata hingga gula larut, lalu diamkan selama kurang lebih 5 - 10 menit sampai berbusa yang menandakan ragi masih aktif
  2. Di mangkuk ukuran sedang, campur tepung terigu, garam,  aduk rata
  3. Tambahkan minyak goreng, lalu tuangkan air campuran ragi dan gula, aduk rata dengan sendok
  4. Lalu aduk dengan tangan hingga tercampur rata, aduk kurang lebih selama 2 menit
  5. Bulatkan adonan, tutup dan diamkan selama kurang lebih 20 menit (tutup bisa dengan plastik wrap, dengan kain serbet atau dengan piring juga bisa)
  6. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bagi menjadi 2 bagian
  7. Pipihkan adonan di atas teflon yang sudah dioles minyak sedikit.
  8. Tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu, masak dengan api kecil hingga bagian bawah kering, lalu balik
  9. Beri selai, ratakan, tata buah-buahan lalu beri taburan keju mozarella/quick melt
    pizza teflon manis
    pizza teflon manis topping buah
  10. Tutup teflon, masak hingga bagian bawah roti kecoklatan dan keju meleleh
  11.  Angkat dan siap dihidangkan

pizza manis
pizza manis dengan teflon

Mudah kan membuat pizza manis topping buah dengan teflon ini, semoga bisa menginspirasi ya..silakan mencoba..semoga suka ya..
NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Mba Monic, pizza tanpa ulen gini teksturnya gimana ya? sama kah lembutnya sama yang versi original yang pake ulen? penasaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Oki,
      Yg ini sih menurut aku teksturnya lembut2 aja, kalau tebal jadinya empuk, kl aku buat tipis jadinya tepi n bagian bawah agak garing, tetapi tetap lembut, selama ini sih aku belum pernah ngulen roti pizza seperti halnya ngulen roti biasa, plg lama 5 menit biasanya itu jg ga ngulen di meja tabur tepung, ngulen di mangkok aja dan ga pk acara banting membanting
      adonan ini ga bandel kok, ini td malah kyknya ga nyampe 2 menit aku aduk2 asal rata n bisa nyatu adonannya sampe bisa dibulatkan
      nah kl penasaran cb aja deh...soalnya bingung juga lembut aku sm lembut mba Oki mungkin beda ya...he he he kepanjangan jawabnya...

      Delete
  2. Monica,
    wah ini a good dessert ni..
    good idea juga guna fruits for the toppings tu kan..
    selalunya pizza ya yang pedas2 kan..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Ayu,
      iya selama ini buat pizza pedas2, ini baru muncul ide buat yg manis...
      rasanya enak juga, ada manis, asam dan gurih keju..he he he

      Delete
  3. Kalau tepung terigu protein tinggi diganti dengan tepung terigu protein sedang, apa kah perlu ditambah bahan lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo...
      kalau tepungnya diganti dengan tepung terigu protein sedang tidak perlu ditambah bahan lain kok, tetap bisa...

      terima kasih kunjungannya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.