Sate Ayam Serundeng Praktis

sate ayam serundeng
sate ayam serundeng
Masih dalam edisi menghabiskan kerisik/serundeng waktu membuat pajeri nanas, maka jadilah sate ayam serundeng yang sungguh praktis ini. Kenapa praktis? karena tidak banyak proses dalam mengolahnya, secara hanya pakai bumbu bubuk saja. Lalu didiamkan tidak pakai lama, hanya 10 menit saja, tetapi rasanya meresap.

Nah jika tidak ada persediaan kerisik atau serundeng, cara membuatnya sangat mudah ya...kelapa parut yang biasa digunakan untuk santan cukup disangrai sampai berwarna kecoklatan dengan ditambah secukupnya ketumbar bubuk. Lalu begitu sudah matang, haluskan dengan batu gilingan atau gunakan dry mill saja.

Membuat sate ayam serundeng ini saya gunakan daging ayam bagian dada tanpa kulit ya, secara kalau bagian ini paling rendah lemak. Bagian ini enak sekali dijadikan sate, dagingnya akan berasa sangat juicy jika kita tidak memasak sampai berlebihan. Jika berlebihan biasanya daging ayam suka berasa keras. Terlalu berserat. Jadi kalau membuat sate, jangan sampai kematangan ya...cukup matang saja.

Nah resep ini bisa menjadi alternatif masakan yang cepat ya...jadi yang tertarik dengan resepnya, ini dia resepnya ya...

Sate Ayam Serundeng Praktis

Bahan :
  • 200 gr daging ayam bagian dada tanpa kulit, potong kotak sesuai selera
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan serundeng/kerisik
  • tusuk sate secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan bumbu dengan daging ayam, aduk rata lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit
  2. Tusuk daging dengan tusuk sate, tiap sate bisa berisi 3 atau 4 atau lima potong, sesuai selera
  3. Gunakan pan datar, beri sedikit minyak
  4. Bakar hingga matang (perhatikan supaya jangan kematangan ya...supaya masih tetap juicy)
  5. Angkat dan siap dihidangkan
  6. Nikmati dengan sambal kecap (bawang, cabai rawit, tomat yang diiris lalu dicampur dengan kecap)

Nah mudah sekali kan membuat sate ayam serundeng ini, semoga tertarik dengan resep ini ya, silakan mencobanya sendiri, semoga suka ya....
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.