Baso Tahu Isi Ayam Sayuran

resep bakso tahu ayam sayuran
bakso tahu sayuran
Ikut-ikutan latah membuat baso tahu nih, dengan isi ayam dan sayuran, secara selama ini belum pernah membuat baso tahu sendiri. Tidak ada salahnya dicoba, toh ternyata cukup mudah untuk membuatnya. Nah resep kali ini lihat di baso tahu kuah mama Aisyah. Terima kasih mama Aisyah resepnya...

Hanya kali ini bakso yang saya buat belum tanpa kuah, rencana tadi mau digoreng saja, soalnya masih bingung mau buat kuah apa tidak ya. Tetapi baso tahu ini dimakan begitu saja sudah enak. Hmm sepertinya tidak usah pakai kuah dan tidak usah digoreng saja.

Sayuran yang saya pakai adalah wortel dan buncis, nah karena lupa membeli daun bawang, alhasil daun bawang saya ganti saja dengan bawang merah dan bawang putih yang diiris lalu digoreng, supaya berasa bumbu.

Tadi saya gunakan 2 buah tahu ukuran 8cm x 8cm, masing-masing saya bagi 4, jadi hanya 8 potong dengan ukuran yang lumayan besar tentunya. Untuk bahan isian saya buat sedikit saja (awalnya menurut saya sedikit, ternyata masih ada sisa cukup banyak)...akhirnya sisanya buat baso goreng saja deh dengan menambahkan sedikit baking soda dan baking powder. Jadi deh baso goreng.

Ok, berikut resepnya...

Baso Tahu Isi Ayam Sayuran

Bahan :
  • 2 buah tahu ukuran 8cmx8cm, masing-masing bagi 4
  • 1/2 sendok teh garam
  • air secukupnya untuk merendam tahu

Bahan isi :
  • 200 gr daging dada ayam tanpa kulit, haluskan dengan chopper (atau gunakan daging ayam giling atau daging ayam cincang)
  • 1/2 buah wortel ukuran sedang, parut halus
  • 4 batang buncis, iris tipis
  • 1 butir telur ukuran sedang
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, iris lalu goreng dan haluskan
  • 3 butir bawang merah, iris lalu goreng dan haluskan

Cara membuat :
  1. Rendam tahu selama kurang lebih 15 menit
  2. Lubangi tahu bagian tengah tidak sampai tembus, ambil isinya lalu sisihkan
    melubangi tahu baso
    tahu
  3. Campur semua bahan termasuk isi lubang, aduk rata
  4. Masukkan ke dalam tahu sambil sedikit dipadatkan
    cara mengisi baso tahu
    tahu dengan adonan isi
  5. Kukus dengan kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya
  6. Masak selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang sampai matang
  7. Angkat dan siap disajikan

Baso tahu ini bisa langsung disantap dengan cocolan saus sambal dan saus tomat ataupun kecap. Bisa juga dengan membuat kuahnya dari kaldu ayam/sapi yang dimasak dengan bumbu bawang putih dan merica bubuk serta tambahan daun bawang.  Atau kalau mau cepat bisa digoreng begitu saja, atau bisa dicelupkan telur kocok dulu baru digoreng.

Ok deh semoga resep baso tahu isi ayam sayuran ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi masakan mudah ya...silakan mencoba, semoga sesuai selera ya...






NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. aku komen disini tp ternyata ga nyangkut mba, apa masuk spam ya..hiks
    gmn baso tahunya, Sophie suka kan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya..ga nyangkut ya...
      sophie suka isinya aja, tahunya ga suka, he he he secara dia ga begitu suka tahu, emaknya yg doyan..tapi sdh digoreng celup telur dia mau makan jg sama tahu2nya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.