Resep Sambal Bawang Bu Rudy

sambal bawang bu rudy
sambal bawang bu rudy
Jiah....ketinggalan neh membuat sambal bawang bu Rudy ini. Sudah lama padahal ya ngetren dan banyak juga yang sudah coba. Hmmm sebenarnya menikmati sambal asli buatan bu Rudy sendiri saya belum pernah. Tahunya ada sambal bu Rudy yang terkenal ini karena lihat di salah satu acara televisi.

Nah untung ya ada mba Rina Rinso yang sudah mencoba membuat resep sambal bawang ala bu Rudy ini. Terima kasih resepnya ya mba Rina. Dan jadilah sambal ini yang beredar di dunia maya. Nih walaupun belum pernah mencobanya dan hanya membaca resepnya saja..sudah bisa membayangkan betapa pedasnya sambal ini.

Setelah dicoba nih..alamak pedasnya..tetapi enak sekali, benaran deh...wuih apalagi bagi pecinta pedas seperti saya, benar-benar mantap menyantap sambal ini. Nah sejak pertama buat, suka dan akhirnya buat lagi..he he he..

Tetapi bagi yang tidak suka dan tidak tahan pedas, jangan coba-coba deh menyantap sambal ini, asli bisa sakit perut. Tetapi bagi yang penasaran, mungkin bisa mengganti cabai rawit merah dengan cabai merah saja, ya pastinya pedasnya tidak akan nampol lagi.

Sambal bawang bu Rudy yang saya buat ini sengaja tidak banyak minyak yang saya gunakan, secara memang tidak suka jika menyantap sambal yang terlalu banyak minyak. Selain itu saya tidak menggunakan gula, antisipasi sebelum diprotes hubby yang tidak suka sambal bergula. Hmmm makin mantap pedasnya.

Nah yang mau mencoba sambal super pedas ini silakan, ini resepnya ya...

Resep Sambal Bawang Bu Rudy
ala mba Rina Rinso

Bahan :
  • 250 gr bawang merah
  • 250 gr cabai rawit (campur warna hijau, oranye dan merah, banyakin yang hijau dan oranye) (saya gunakan cabai rawit merah/rawit setan semua)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula (saya tidak pakai)
  • 15 gr/ 1 sendok makan kaldu bubuk (saya tidak pakai)
  • 200 cc minyak goreng (saya kurangi minyak ketika menumis sambal yang sudah diuleg hanya 1 sendok makan saja)

Cara membuat :
  1. Goreng bawang merah dan cabai rawit sampai harum
  2. Uleg bawang dan cabai rawit, jangan terlalu halus, asal uleg saja
  3. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, goreng sekali lagi dengan minyak bekas menggoreng sampai minyak berwarna kemerahan
  4. Angkat

Ternyata mudah kan membuat sambal bawang Bu Rudy ini kan...bahan-bahannya sederhana tetapi enak sekali..nah yang penasaran silakan mencoba ya...semoga sesuai selera.
 



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. mantap sambalnya, biasanya aku bikinnya sambal korek, eh ini nemu resep sambal baru lagi, tadi siang udah di eksekusi, sekarang sudah habis hahahha...trims sharing resepnya ya mba monic, pokoknya tiap hari jalan-jalan di blognya mba monic...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Esti,
      mantap memang mba sambal bawang bu rudy ini, aku aja suka sekali..wah sambal korek ya..aku blm pernah buat mba..ntar kpn2 coba buat deh..ditunggu resep sambal korek mba Esti ya..aku coba resep mba Esti aja ya..
      he he he makasih ya sudah sering mampir, tiap hari malah..salut sama mba Esti

      Delete
  2. sambal korek
    10 cabe rawit merah
    4 bawang putih
    garam sedikit
    ulek semua ga usah halus-halus, lalu siram dengan minyak yang panas sekali, aduk-aduk siap di sajikan, biasanya aku makan mendoan pake sambel korek yang aku kasih kecap, enaaakk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mudah...asyik..ntar coba ya resep sambal koreknya..
      makasih ya mba...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.