Muffin Pandan Keju Kismis

muffin keju pandan
muffin pandan keju kismis
Ingin makan kue manis nih, jadilah membuat muffin pandan keju kismis ini. Nah membuatnya sangat mudah sekali ya dan pastinya cepat. Dan resep kali ini saya modifikasi sedikit dari resep muffin yang biasa saya buat.

Tadinya ingin mencoba membuat cupcake dengan menggunakan mixer, tetapi kok rasanya malas sekali membayangkan mengeluarkan peralatan, akhirnya memutuskan buat muffin saja, tinggal siapkan bahan-bahan, campur-campur, aduk dan panggang deh.

Karena kali ini ingin rasa pandan, tetapi tidak ada pandan, makanya saya gunakan saja pasta pandan. Dan karena ada stok keju edam dan kismis, makanya cemplungkan saja kedua bahan ini ke dalam campuran muffin. Karena menurut saya pas nya rasa pandan itu jika berpadu dengan santan..maka susu cair yang biasa saya gunakan jika membuat muffin saya ganti dengan santan. Karena saya gunakan santan instan kemasan 65 ml yang saya cairkan dengan menambahkan air, alhasil tidak begitu terasa sekali santannya. Jika suka gunakan santan kekentalan sedang atau jika gunakan santan instan, gunakan saja 2 sachet ya supaya lebih berasa santannya.

Kali ini tetap saya gunakan minyak goreng ya, jadi yang mau mengganti dengan margarin atau butter silakan saja, tentu rasanya menjadi lebih gurih. Kembali ke selera
masing-masing ya. 

Berikut resepnya...silakan...

Muffin Pandan Keju Kismis
untuk 10 buah muffin

Bahan :
  • 2 1/4 cup / 250 gr tepung terigu protein sedang/segitiga biru
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 butir telur ukuran sedang
  • 1 cup / 240 ml santan (1 sachet santan instan 65 ml ditambah air hingga menjadi 1 cup)
  • 1/2 cup / 115 gr gula pasir (jika merasa kurang bisa ditambahkan, karena menurut saya muffin ini manisnya sedang, tidak terlalu manis)
  • 1/2 cup / 120 ml minyak goreng
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 45 gr keju edam parut, sisakan sedikit untuk taburan (atau gunakan keju cheddar)
  • 50 gr kismis

Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan muffin, alasi dengan paper cup
  2. Panaskan oven set di suhu 175 derajat celcius
  3. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur tepung terigu, baking powder dan garam, aduk saja dengan balloon whisk, sisihkan
  4. Di mangkuk lain campur telur dan gula, aduk dengan garpu atau balloon whisk hingga gula sedikit larut, tambahkan santan, aduk kembali, lalu tambahkan minyak goreng, aduk lagi hingga rata
  5. Tambahkan pasta pandan, aduk rata kembali
  6. Tuangkan campuran telur ke dalam campuran tepung, aduk rata asal cepat (jangan overmix)
  7. Tambahkan keju parut dan kismis, aduk rata kembali
  8. Tuangkan ke dalam cetakan muffin yang sudah diberi paper cup hampir penuh (tidak kepenuhan, sisakan kira-kira 5mm dari bibir paper cup)
  9. Panggang selama kurang lebih 25 - 30 menit, test tusuk dengan tusukan sate
  10. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  11. Siap dihidangkan

Nah mudah sekali kan membuat muffin pandan keju kismis ini, silakan mencoba ya...semoga suka.....
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.