Smoothie Nanas Jambu Merah

cara membuat smoothie nanas jambu merah
smoothie nanas jambu merah

Lupa..ternyata ada 2 buah jambu merah di kulkas, dan ada nanas juga yang sudah sangat matang sekali, jadilah sarapan pagi yang cukup mengenyangkan dengan smoothie nanas jambu merah. Membuatnya sangat mudah, cukup diblender saja, beri tambahan susu cair dan es batu dengan tambahan gula pasir sedikt.

Nah pada dasarnya setiap buah-buahan yang kita konsumsi pasti ada manfaatnya kan, jadi apa saja buah yang kita konsumsi, baik dimakan begitu saja atau dibuat jus atau smoothie akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Secara buah-buahan pasti mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Kalau untuk jambu merah sendiri nih seringnya dikaitkan dengan penyembuhan penyakit demam berdarah. Nah yang pernah menderita demam berdarah pasti donk mengkonsumsi jus jambu merah kala itu. Jadi apa hubungannya ya jambu merah dengan penyembuhan demam berdarah?

Demam berdarah sendiri adalah demam yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti betina. Nah tahunya nih kalau sudah digigit nyamuk belang hitam putih harus waspada ya...Tetapi kadang kita tidak sadar kalau kita sudah digigit dan beberapa hari kemudian baru deh terasa gejala demamnya. Tetapi belum tahu juga demam berdarah atau tidak sampai muncul bintik-bintik merah di permukaan kulit. Atau ketahuan jika test darah menunjukkan penurunan jumlah trombosit.

Gejala demam berdarah memang membingungkan. Saya waktu menderita demam berdarah, ya tidak tahu kalau ternyata demam berdarah. Gejala yang saya rasakan adalah pusing yang hebat, perut sakit sekali, sampai muntah dan diare. Suhu badan tinggi sekali tetapi menggigil, kemudian terasa nyeri tulang dan sendi. Saya sampai berobat ke 5 dokter, tetapi tidak ada yang mengira kalau saya bakal sakit demam berdarah. Ada yang hanya bilang sakit maag, ada yang bilang cuma pegel linu. Tidak masalah kata dokternya, minum obat saja dan istirahat. Tetapi ya tetap tidak sembuh ya..curiga donk..ke dokter lagi, akhirnya diputuskan untuk diopname.

Itu pun belum ketahuan kalau saya demam berdarah. Hanya dikira sakit maag biasa. Tetapi 2 hari setelah diopname baru muncul bintik-bintik merah. Segera beri tahu dokter, dokter langsung bilang cek darah, dan memang dari hasil cek darah ternyata positif DBD. Jadi bintik-bintik merah penuh di seluruh tubuh. Ih..ngeri...

Jadi waktu itu selain trombosit turun, kadar SGOT (serum glutamic oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (serum glutamic piruvic Transaminase) tinggi, yang menyatakan ada gangguan fungsi hati. Nah dokternya bilang kalau virus dengue ini menyerang bagian hati. Ya wajar ya sakit sekali rasanya di daerah perut dan masih sering muntah-muntah. Jadi kala itu selain diberi obat untuk dbd saya juga diberi obat untuk mengembalikan fungsi hati...alamak...

Dan tiap hari saya harus minum jus jambu merah, jus ini bentuknya bubuk dan kemudian diberi air lalu diminum. Saya sampai neg sekali dengan bau jus jambu merah. Jadi cukup lama setelah sembuh saya anti dengan yang namanya jambu merah..he he he...tetapi sekarang sudah tidak anti lagi kok he he he..

Nah sangat penting nih kalau kita atau keluarga kita demam, kemudian demam turun lalu demam lagi, sebaiknya segera ke dokter. Sekedar antisipasi saja, ya syukur-syukur tidak DBD ya. Karena memang dokter tidak akan tahu kita menderita gejala demam berdarah jika belum ada bukti berupa hasil test darah. Banyak kasus terlambat pertolongan terhadap penderita demam berdarah sehingga penderita tidak bisa diselamatkan...seperti yang dibilang dokter yang merawat saya. Jadi ketika saya sudah tidak diopname, ketika kontrol ke dokter, dokternya cerita, kalau ada seorang pasien laki-laki yang juga menderita DBD ketika saya dirawat, ternyata karena sudah terlambat dibawa ke dokter, pasien ini tidak tertolong lagi.

Wuih..panjang lagi neh ceritanya..he he he...berikut cara membuat smoothienya ya...

Smoothie Nanas Jambu Merah

Bahan :
  • 1 buah jambu merah, potong-potong
  • 1/4 buah nanas, buang bagian tengahnya, potong-potong
  • 250 ml susu cair
  • 1 cup es batu
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara membuat :
  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, proses hingga halus
  2. Saring, karena biji-bijinya susah hancur
  3. Siap dinikmati

Nah ternyata memang membuat smoothie nanas jambu merah ini sangat mudah ya...silakan mencoba..semoga sesuai selera...





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.