Soto Daging ala Mba Esti

cara membuat soto daging
soto daging

Satu lagi resep dari mba Esti yang saya coba, kali ini adalah soto daging. Saya mencoba resep ini karena selain kelihatannya enak, dan kelihatan mudah juga. Selain itu karena saya memang lagi ingin makan soto..he he he...sudah lama sekali saya tidak makan soto.

Kalau mengenai rasa, maka soto daging ini rasanya mirip dengan soto medan. Saya belum pernah membuat soto medan sendiri, selalu beli. Nah kapan-kapan mau mencoba membuat soto medan juga ah..penasaran juga jadinya. Soto padang sudah pernah buat, soto medan belum, soto lamongan sudah buat hanya sudah lama sekali...soto madura belum...hmmm soto betawi belum, soto bandung belum, soto kudus belum...wah banyak sekali ya soto-soto yang belum saya buat...

Yang membuat soto itu menarik dan menjadi cukup banyak porsinya karena ada tambahan bahan pelengkap itu ya..untuk soto daging ini saja pelengkapnya ada telur, kentang goreng, taburan daun bawang dan daun seledri serta bawang goreng. Nah malah soto buatan mba Esti lebih lengkap, pakai tauge dan tomat segala. Kalau tomat saya lupa taruh, kalau tauge memang tidak ada stok. Secara ya..hari ini tauge seakan lenyap di pasar. Cari ke semua kios sayuran tidak ada satu pun yang jual tauge. Alamak...tanya sama yang jual kenapa tidak ada tauge, dan yang jual bilang ya karena memang stok kosong dari sananya.

Nah belum lengkap rasanya menyantap soto tanpa sambal kan...kali ini saya buat sambal kemiri saja, resepnya saya posting terpisah ya. Kalau mba Esti sambalnya sambal kacang...hmmm enak juga itu ya...apalagi kalau pedas..nyam..nyam...Dan tidak afdol menyantap soto tanpa sepiring nasi hangat..ayo yang biasa belum kenyang kalau belum makan nasi..mari merapat..he he he...

Ok deh..lanjut ke resep saja ya sekarang...mari..tarik mang...

Soto Daging
ala mba Esti dan sedikit modifikasi dari saya

Bahan :
  • 500 gr daging sapi tanpa lemak, potong kotak sesuai selera
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan (saya gunakan 2 batang)
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 cm kunyit memarkan
  • 6 cm kayu manis 
  • 3 butir kapulaga (optional)
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 1/2 sendok teh gula pasir (sesuaikan dengan selera)
  • 1 liter santan (saya gunakan 200 ml santan kental instan)
  • 1500 ml air (ini saya tambahkan sendiri karena saya gunakan santan instan), mba Esti tidak menyebut takaran air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah (saya gunakan 7 butir)
  • 5 siung bawang putih (saya gunakan 7 siung)
  • 1/2 sendok teh ketumbar (saya gunakan 3/4 sendok teh), sangrai
  • 5 butir kemiri, sangrai

Bahan pelengkap:
  • telur rebus, potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera
  • kentang goreng
  • tauge, seduh air panas
  • daun bawang dan daun seledri, iris
  • bawang goreng
  • sambal

Cara membuat :
  1. Rebus daging sapi dengan semua bumbu yang dimemarkan dan daun-daunan serta kayumanis dan kapulaga sampai daging empuk
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ke dalam rebusan daging
  3. Tambahkan santan, garam, gula pasir dan merica bubuk, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dengan api kecil
  4. Cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan panas-panas dengan bahan pelengkap

soto daging sapi
soto daging

Nah ternyata mudah kan membuat soto daging sendiri...jadi yang tertarik untuk mencoba membuat soto sendiri silakan ya...semoga sesuai dengan selera...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. waaaahhh ada namaku di sebut, terima kasih mba Monic dah nyobain resep aku hehhehe..., emang enak nih, di purwokerto lagi mendung, makan soto jadi anget deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Esti,
      makasih ya sudah sharing resepnya...enak mba..wah jangankan mendung...cuaca panas aja enak makan soto mba..he he he

      Delete
  2. sukaaa soto pake santen, lebih gurih..
    soto medan enak juga tuh mba, aku pernah nyobain resepnya sajian sedap
    klo soto betawi udah sering, favorit suami soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba Oki, posting resepnya soto medan n soto betawi, biar aku contek resepnya...
      iya memang soto pakai santan jadi tambah gurih ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.