Telur dengan Sambal Mangga (Kweni)

resep sambal telur
telur sambal mangga
Membeli mangga kweni beberapa hari lalu, nah karena agak asam, makanya semua kweni yang berjumlah 6 buah dibuat sambal semua. Ya tentu saja tidak sekaligus 6..he he he...3 hari berturut-turut membuat sambal mangga, dan kali ini membuat telur dengan dicampur sambal mangga. Nah yang 2 jenis sambal saya buat menjadi sambal kweni mentah saja..resepnya ada pada sambal mangga (kweni/bacang/pencit).

Kali ini ada ide masak sambal telur saja dengan mencampur kweni pada sambalnya. Hmmm ternyata enak juga kok. Tetapi sayang nih...menurut saya kali ini sambalnya kurang pedas. Secara karena cabai rawit merah tinggal 8 butir saja, makanya saya campur dengan cabai merah keriting juga. Ini karena sudah terbiasa sekali menyantap sambal pedas beberapa waktu ini. Sebut saja sambal bawang ala bu Rudy, sambal kecombrang dan sambal korek, sambal kemiri

Nah berikut langsung ke resep saja ya....silakan...

Telur dengan Sambal Mangga (Kweni)

Bahan :
  • 6 butir telur, rebus lalu goreng hingga berkulit
  • 2 buah mangga kweni, potong lalu iris tipis
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 8 butir cabai rawit merah
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 2 sachet terasi (@5gr)
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih serta cabai dan terasi
  2. Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bahan yang dihaluskan, tumis sampai kering
  3. Masukkan mangga, garam dan gula, masak hingga benar-benar kering
  4. Masukkan telur, aduk rata, cicipi rasanya
  5. Angkat dan siap disajikan

Semoga resep telur dengan sambal mangga ini bisa menjadi inspirasi masakan sehari-hari ya..silakan mencoba..semoga sesuai selera ya...

NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Beli kecombrang tuh dimana sih? Pengen deh makam sambel.kecombrang lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Vari...
      maaf ya lama balas..ini baru bisa ngeblog lagi..
      beli kecombrang di pasar tradisional mba...tetapi ada juga kok di hypermart atau carrefour..
      silakan berburu kecombrang ya mba...he he he

      Delete
  2. wah aku jadi ngerasa laper bagat nih setelah lihat sambel mangganya. jadi keinget rumah nenek dikampung :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba kalau lihat sambal mangga gitu bawaan suka lapar aja he he he...
      wah seru nih kalau inget rumah nenek di kampung...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.