Buttermilk Banana Strawberry Muffin

muffin buttermilk pisang stroberi
Buttermilk Banana Strawberry Muffin
Ada pisang barangan yang kematangan serta strawberry yang sudah kelamaan di kulkas. Akhirnya diolah yang cepat saja, jadi deh buttermilk banana stawberry muffin. Saya memilih menggunakan buttermilk supaya muffinnya agak lembab. 

Nah sebenarnya tidak niat juga beli pisang. Cuma ketika saya dan Sophie belanja sayur di pasar, eh ternyata di tempat kedai saya belanja, si empunya kedai punya pisang yang digantung di dalam plastik. Itu buat konsumsi sendiri. Nah Sophie minta pisang itu....untung dia mintanya tidak begitu jelas dan kedai sedang ramai orang jadi si empunya kedai tidak begitu ngeh.

Wah daripada malu..he he he..dan untungnya sudah selesai tinggal bayar, segera meluncur ke penjual buah dan beli pisang berangan 1 sisir. Ealah ternyata hanya beberapa buah saja yang disantap Sophie. Dan tentu saja menyisakan pisang yang akhirnya kematangan.

Cari-cari resep muffin yang menggunakan pisang dan strawberry, ada ketemu di joy of baking. Tetapi lihat lagi resep muffin khusus berries ada menggunakan buttermilk. Akhirnya saya gunakan resep buttermilk berry muffin dengan menambahkan pisang ke adonannya. Dan tralala trilili...jadilah muffin pisang stroberi dengan buttermilk ini.

Untuk buttermilk sendiri saya buat dari susu cair yang diberi cuka. Biasanya sih menggunakan jeruk nipis ataupun lemon. Nah berhubung tidak ada stok semuanya makanya pakai cuka saja. Oh iya di resep ini juga ada penggunaan kulit jeruk atau lemon, hmmm yang ini saya skip karena sedang tidak ada stok. 

Nah berikut resepnya ya...

Buttermilk Banana Strawberry Muffin

Bahan :
  • 2 1/2 cup tepung terigu serbaguna (segitiga biru)
  • 3/4 gula pasir butiran halus
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 1/2 cup minyak sayur/goreng
  • 1 cup buttermilk
  • 1 cup pisang yang sudah dilumatkan (kira-kira 6 buah pisang, sesuaikan dengan ukuran pisang)
  • 1 cup strawberry segar yang sudah dipotong kecil-kecil (kira-kira 10 - 15 buah strawberry)
  • 1 sendok teh kulit jeruk/lemon parut (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Untuk membuat buttermilk, campur susu cair dengan 1 sendok makan cuka/air jeruk nipis/jus lemon, aduk lalu diamkan sekitar 10 menit, sisihkan
  2. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius, siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup
  3. Di mangkuk, campur tepung terigu, gula pasir, garam. baking soda dan baking powder, aduk rata dengan hand whisk, lalu masukkan potongan strawberry dan parutan kulit jeruk, aduk rata, sisihkan
  4. Di mangkuk lain campur telur, buttermilk, pisang lumat serta minyak, aduk rata dengan hand whisk
  5. Masukkan campuran buttermilk ke dalam campuran tepung, aduk rata asal cepat (jangan terlalu berlebihan)
  6. Masukkan ke dalam cetakan, isi dengan adonan sebanyak 3/4 cetakan
  7. Panggang hingga matang selama kurang lebih 20 -25 menit, lakukan test tusuk
  8. Keluarkan dari oven dan dinginkan

muffin buttermilk pisang stroberi
Buttermilk Banana Strawberry Muffin

resep muffin pisang stroberi
muffin buttermilk

Nah semoga bermanfaat ya..silakan mencoba...semoga suka.......


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hihihi..lucunya Sophie :*
    Muffinnya tampak moist & empuk mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Oki..lucu tapi suka malu-maluin..ha ha ha...
      muffinnya memang agak lembab dan empuk mba.. karena pakai buttermilk kali ya...

      Delete
  2. Semalam aku bikin banana cake mba, tapi kurang pusa sama hasilnya. Coz ada pisang raja udah mateng daripada gak kemakan coba bikin tapi ya gitu deh .. kurang puas. Besok aku coba yang ini ah :) Pake pisang raja bisa kan ya mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm belum pernah buat cake2 dan muffin2 pake pisang raja mba...bisa kayaknya ya tapi mungkin kurang manis legit gitu, enaknya pake pisang makan gitu sih kayaknya...tapi gpp mba coba aja...ntar kasih tau hasilnya ya..he he he..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.