Kue Kering Kacang (kali ini gagal)

biskut mazola
kue kering kacang
Nah hari ini lagi apes...buat kue kering kacang yang sangat mudah sekali saja bisa gagal. Ha ha ha...tetapi walaupun gagal saya tidak kesal. Kesalahan terletak pada diri sendiri..he he he...maksud hati membuat kue kering kacang yang bulat-bulat apa daya jadinya persegi dan melebar. Jadi hari ini posting kue gagal ya..tidak masalah ya....siapa tahu bermanfaat, bisa belajar dari kegagalan.

Waktu membuat bulatan sudah terbayang hasilnya akan berbentuk bulat dan renyah dengan rasa kacang. Hmmmm sudah terbayang kue yang mirip dengan yang biasa sering ada di swalayan yang di dalam toples. Sudah terbayang hasilnya mirip dengan kue kacang si empunya resep...ternyata begitu beberapa menit mengintip oven....ha...alamak...kok bisa begitu kuenya...
membentuk adonan kue kering
bulatan adonan kue kering
Padahal ya sudah lumayan juga usaha membulat-bulatkan adonan supaya cantik, ealah tetapi percuma saja...nah untungnya karena di loyang saya atur jarak dan cukup rapi jadi ketika melebar jadinya bentuknya agak rapi berbentuk persegi.

kue kering biskut mazola
kue kering setelah matang
Nah kenapa bisa begitu? okeh..bahan-bahannya mudah sekali, hanya tepung terigu, kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan, tepung maizena, gula halus dan minyak. Karena masih ada sisa campuran butter dan margarin cair, akhirnya saya gunakan itu saja dan ditambah minyak. Hmmmm sepertinya karena itu jadinya kue kering kacang saya begini. Walaupun ya hanya sedikit saja, hanya 1/4 cup saya gunakan.

Untuk resep kue kering kacang ini saya gunakan resep biskut mazola, resep dari blognya kak Fiza. Nah dinamakan biskut mazola, karena menggunakan minyak mazola (yang corn oil). Minyak mazola sendiri adalah merk, jadi mazola ini ada juga minyak soya, minyak canola, minyak jagung, minyak sunflower. 

Dari resep asli saya gunakan 1/4 resep saja, secara saya memang tidak mau buat terlalu banyak. Hmmm....di resep sih tidak ada pastinya mencantumkan berapa takaran minyaknya, hanya ditambahkan sampai adonan bisa dibentuk bulatan. Tadi untuk 1/4 resep saya sudah memasukkan 1/4 cup margarin+butter cair ditambah 3/4 cup minyak canola. Sudah bisa dipulung hanya masih bisa buyar jika tidak dipadatkan dulu.

Nah bisa jadi karena itu juga kali ya...adonan belum begitu kokoh....tetapi feeling saya kok sudah begitu banyak minyak yang ditambahkan. Saya takut nanti kuenya akan berminyak sekali. Jadi ya saya stop penambahan minyak sampai 3/4 cup saja.

Memang kalau belum pernah membuat salah satu jenis kue, ya sebaiknya jangan mengubah resep ya..he he he...ini akibat terlalu pede..orang resep sama, cara membuat sama...tetapi hasilnya juga suka berbeda, apalagi kalau sampai mengubah resep..hi hi hi....jadinya ya begini.

Okeh deh..yang merasa mau mencoba membuat kue kering kacang ini, ini dia resepnya ya....

Biskut Mazola/ Kue Kering Kacang

Bahan :
  • 4 cawan kacang tanah, goreng tanpa minyak dan kisar (saya gunakan 1 cup kacang tanah sangrai, lalu haluskan)
  • 4 cawan tepung gandum (saya gunakan 1 cup tepung terigu protein rendah)
  • 1 1/2 cawan tepung jagung (saya gunakan 6 sendok makan tepung maizena)
  • 3 cawan gula halus (saya gunakan 3/4 cup)
  • minyak mazola secukupnya untuk menguli (saya gunakan 1/4 cup butter+margarin cair dan 3/4 cup minyak canola)
  • kuning telur untuk olesan (saya gunakan 1 buah kuning telur)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven, set di suhu 170 derajat celcius
  2. Campur semua bahan, kecuali minyak, aduk rata (saya gunakan hand whisk)
  3. Tuangkan minyak perlahan sambil diulen hingga bisa dibentuk bulat
  4. Susun di loyang bersapu mentega/margarin
  5. Olesi permukaan dengan kuning telur
  6. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit
  7. Keluarkan dari oven dan dinginkan, simpan di wadah kedap udara

resep kue kering kacang
kue kering kacang gagal tetapi renyah

Walaupun bentuknya benar-benar tidak sesuai harapan, tetapi kue kering kacang ini tetap renyah dan berasa kacang (ya iyalah pakai kacang ya..he he he...)
Nah yang mau mencoba resep di atas silakan ya...gunakan sesuai dengan resep jangan mengubah bahan dan takaran...semoga berhasil ya...tidak gagal seperti saya...





NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. kirimin ke Jakarta aja sinih biar gagal kok kyknya tetep endeus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi hi..mau ya mba....kalau dari segi rasa sih emang endeus mba..hanya bentuknya itu..jauh dari harapan..he he he...

      Delete
  2. walah mba, gagal aja bentuknya rapi cantik ginih... :D
    dan malah bisa jadi varian baru nih mba Mon, kukis kacang square, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi hi..iya..varian baru..kukis kacang square..kl kata Sophie kukis skuel..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.