Resep Kue Favorit : Wingko Babat (Glutinous Rice Coconut Cake) - Monic's Simply Kitchen

Tuesday, December 9, 2014

Resep Kue Favorit : Wingko Babat (Glutinous Rice Coconut Cake)

membuat wingko babat mudah
wingko babat
Scroll down for recipe in English

Satu lagi kue favorit saya yang berbahan dasar tepung ketan, yup....wingko babat. Walaupun bahan-bahan sederhana tetapi rasanya ya kok enak ya menurut saya. Nah kali ini akhirnya saya mencoba membuat wingko babat sendiri. Resep kue favorit yang lain yang sudah pernah saya coba adalah onde-onde dan getas ketan hitam...hmmm masih ada lagi resep berbahan dasar tepung ketan yang menunggu antrian neh...

Pertama kali makan wingko babat sudah lama sekali, kalau tidak salah waktu masih tinggal di Bekasi, teman satu kos bawa oleh-oleh dari Semarang, wingko babat, kalau tidak salah merknya kereta api. Nah kesan pertama makan wingko babat adalah saya suka..saya suka...enak..enak...apa dulu karena status masih anak kos, dan apa saja yang dikasih gratis itu enak ya..ha ha ha....

Nah setelah tinggal di Batam, ternyata ada juga yang menjual wingko babat di tempat jualan kue pagi hari. Sering beli juga...enak hanya menurut saya terlalu manis. Tetapi walaupun begitu ya beli terus, dan sampai akhirnya wingko babat lenyap, tidak dijual lagi.

Akhirnya ya belum pernah makan wingko babat lagi sudah beberapa lama ini. Hmmm ketika lihat-lihat facebook grup aneka resep kue dan masakan enak, ada yang posting wingko babat dengan nangka. Wow...sudah terbayang enaknya wingko harum ketan dan nangka...yummy...akhirnya segera saya simpan resepnya.

Nah ketika ingin membuat wingko babat, tetapi nangkanya tidak ada, akhirnya eksekusi saja tanpa nangka, dengan bahan seadanya juga. Kebetulan saya ada kelapa parut di freezer. Akhirnya jadi juga membuat wingko babat ini.

Dan yang saya suka, membuatnya cukup dengan teflon saja. Ai..jadi tidak perlu repot...jadi adonan diambil secukupnya, bentuk pipih dan panggang di teflon dengan diberi sedikit minyak sampai matang. Jadi tidak ada halangan membuat wingko babat ini. Yipiiii..berhasil membuat wingko babat sendiri. Lain kali bisa buat lagi....wah terima kasih ya mba Dita De Kirei yang sudah sharing resepnya, walaupun saya modifikasi sedikit sesuai bahan saya yang ada.

Setelah saya modifikasi, dengan takaran saya, maka saya katakan bahwa hasilnya enak, hanya menurut saya kurang kelapa parutnya (mungkin karena stok kelapa parut saya sedikit), dan manisnya pas...tetapi karena wingko babat itu manis ya..jadi takaran gula dan kelapa parutnya mungkin saya tambah lagi nanti kalau membuat lagi.

Ok deh sekarang langsung ke resep ya..silakan....

Wingko Babat

Bahan :
  • 500 gr tepung ketan putih (saya gunakan 1 cup)
  • 350 gr gula pasir (saya gunakan 1/4 cup atau 4 sendok makan)
  • 250 ml santan kental dari 1 butir kelapa (saya gunakan 75 ml santan dari 35 ml santan kental + air)
  • 350 gr kelapa muda parut (saya gunakan 3/4 cup tanpa kulit arinya)
  • buah nangka potong dadu kecil secukupnya (saya skip)
  • daun pandan (saya gunakan 2 lembar)
  • 1 sendok makan margarin (saya gunakan 1 sendok teh)
  • 1/2 sendok teh garam (saya gunakan 1/4 sendok teh)
  • 1/2 sendok teh vanili (saya skip)

Cara membuat :
  1. Rebus santan, garam dan gula hingga mendidih, masukkan daun pandan, aduk sampai sedikit kental, cicipi rasanya, jika kurang manis tambahkan gula, buang daun pandan.
  2. Sementara itu di mangkuk ukuran sedang, campur tepung ketan, vanili, margarin, kelapa parut dan nangka sampai rata (saya gunakan sendok kayu)
  3. Masukkan campuran santan dan gula sedikit demi sedikit (dalam keadaan hangat), sambil diaduk sampai berminyak dan kalis (saya gunakan sendok kayu, lalu gunakan tangan), kalau dirasa sudah cukup kalis, maka stop penambahan santan gula, adonan tidak lembek dan bisa dipipihkan dan dibentuk dengan mudah.
  4. Bentuk bulat lalu pipihkan, masak di atas teflon yang sudah diberi sedikit minyak dan dipanaskan, masak dengan api yang sangat kecil, jika sudah kecoklatan balik wingko, masak hingga kedua sisi kecoklatan, angkat
  5. Siap disajikan

wingko babat
wingko babat

Nah semoga resep kue favorit saya yaitu wingko babat bisa bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...



Wingko Babat ( Glutinous Rice Coconut Cake)

Wingko Babat or we can call it glutinous coconut rice cake is a simple cake. It is a signature dish from Central Java, Indonesia. Nowadays it has already well known all over the place in Indonesia. Now people can make their own cake at their home.

I love everything made from glutinous rice cake, so I made this wingko because since the first time I ate this cake I fall in love already with wingko, lol. Get the recipe from a friend on facebook who was very nice sharing this recipe, I tried making it at my kitchen, and wow... I loved it...simple yet delicious.

Wingko can be cooked using a non-stick skillet or baked in the oven. So, up to you.. just do what you want. 

Here is the recipe..check it out...

Wingko Babat ( Glutinous Rice Coconut Cake)

Ingredients :
  • 500 gr glutinous rice flour
  • 350 gr sugar
  • 250 ml thick coconut milk
  • 350 gr grated coconut
  • a little bit jack fruits, diced (around 50 gr is okay)
  • 2 pandan leaves
  • 1 tablespoon margarine or butter
  • 1/2 teaspoon salt
  • 1/2 teaspoon vanilla paste

Direction :
  1. Put coconut milk, sugar and salt in a saucepan, bring it to boil, add in pandan leaves then stir until a little bit thickened, taste, add more sugar if you like, remove pandan leaves.
  2. In a medium bowl, mix glutinous flour, grated coconut, butter/margarine, vanilla paste, and diced jack fruits until well incorporated using a wooden spoon.
  3. Add in coconut milk and sugar mixture gradually while it is still warm, no need to add all the coconut sugar mixture, just until the dough is smooth enough and can be flattened. 
  4. Make a round flattened shape. Heat vegetable oil in a non-stick skillet, cook the cake until the bottom nice and golden brown, flip and cook until cook through.
  5. Serve



    10 comments:

    1. Hi Monica,
      first time tengok kueh ini... dan tak pernah dengar
      mungkin rasa kuih ada macam kuih gandus didalamnya ada kelapa parut...
      kalau macam kuih gandus..pasti sedap ni..tapi kalau ada nangka..then lainlah..:)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hi kak Ayu,
        saya belum pernah coba kuih gandus, tapi tadi intip resepi kuih gandus kat blog kak Ayu..he he he..ternyata buat dari tepung beras dan gandum, ada pakai tapai juga dan pakai yeast, hmmm saya rasa sepertinya rasanya beda, karena wingko ini gunakan sticky rice..ai ai..kak Ayu ada sebut kuih gandus, rasa rasa ingin coba juga buat sometime...he he he..

        Delete
    2. Hallo mbak monic
      saya tadi nyari resep wingko, eh nyangkut di sini. Di sini juga ada.. saya kemaren lebaran main k rumah saudara dikasih wingko, wuih kok enak ya... hampir 1/2 nya saya makan... sampai sekarang masih penasaran buat n makan wingko lagi, biar puas.. saya coba resepnya ya mbak..
      terima kasih mbak monic

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai mba Risma,
        iya mba, sama donk kita, wingko itu enak..makanya saya suka sekali dengan wingko..ternyata buatnya tidak susah..jadi kalau ingin makan wingko tidak perlu beli, tinggal buat deh..
        silakan dicoba mba resepnya, sayang yang saya coba ini tidak pakai nangka, kalau pakai pasti lebih yahud deh wingkonya...

        Delete
    3. Sayang'y di batam carii kelapa yg muda setengah tua, susaahh'y minta ampun mbak..
      Wingko babat ini jg favorit saya, tp di tempat asal saya di jawa, kalo bikin wingko ini harus pake kelapa muda yg setengah tua, sedeepp bgt mbak..
      Salam kenal dr saya lyn di Tiban 3..

      ReplyDelete
      Replies
      1. hai mba Lyn, salam kenal ya..wah tinggal di Tiban 3 ya, ga jauh donk dari Batu aji, he he he..
        iya ya mba, kalau di Batam cari kelapa adanya sudah standar ya, paling banter bisanya beli kelapa yang tanpa kulit itu, paling ga tidak terlalu keset karena kulit arinya itu ya
        wah kebayang enaknya kalau beneran pake kelapa muda setengah tua ya mba, pake kelapa yang di pasar aja sudah sedep banget, pokoknya wingko babat mah favorit saya banget mba, he he he...

        Delete
    4. hai mba monic..saya juga demen bgt sama wingko babat mba, apalagi klo bnyk kelapa parutnya dgn paduan manis asin yg pas bgt dilidah..
      waduuhh..udh ences aja nih ngebayanginnya, ijin praktek resepnya y mba..hehe,

      ReplyDelete
      Replies
      1. toss dulu kita mba Yana..he he he.. memang enak ya si wingko babat ini mba..
        tapi sayang neh kalau mau buat lagi saya terkendala dengan si kelapa parut..hiks..susah cari kelapa muda setengah tua itu di sini

        silakan dicoba mba resepnya, semoga cucok ya..

        Delete
    5. Salam, nampak sedap dan ringkas, mohon share ya resipi nya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. salam...

        saya sudah share resipi in English ya, because I can not speak Malay

        semoga berkenan, terima kasih kerana sudi mampir ke blog saya

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
    EmoticonEmoticon