Sophie's Birthday Cake : Rainbow Cake

resep rainbow cake
rainbow cake
Sebelum posting neh...selamat merayakan hari Natal ya..buat pembaca yang merayakan...walaupun terlambat mengucapkannya ya..Kali ini posting dulu kue ulang tahun Sophie neh..rainbow cake. Sebenarnya cake ini saya buat tanggal 13 Oktober lalu, hanya baru posting sekarang. Sudah cukup lama nangkring di draft. Hmmm baru ingat kalau buat cake rainbow yang penuh perjuangan ini. Demi menyenangkan buah hati..he he he..

Cake ini saya buat karena Sophie suka warna-warna cerah (ya iyalah..anak-anak begitu lho). Walaupun dari segi rasa saya lebih suka blackforest cake deh. Menurut saya rainbow cake ini hanya enak dilihat..ha ha ha...secara memang dari penampilan yang berwarna pelangi begini.

Kalau Sophie bilang weinbo kek, dan memang dia hanya suka melihat kuenya, jadi ketika kuenya jadi, sudah dihias, lilin sudah dinyalakan, nah dia hanya tiup lilinnya. Begitu lilinnya mati, dia minta dinyalakan lagi, kemudian dia tiup lagi, eh begitu seterusnya sampai sumbu lilinnya habis dan tidak bisa dinyalakan lagi. Alhasil Sophie menangis sejadi-jadinya...he he he...

Begitu kuenya mau dipotong, langsung dia bilang no..no..no boleh...hmmm cukup lama merayunya tetapi tidak berhasil juga, eh...karena buru-buru mau difoto ya sudah deh potong saja...begitu Sophie tahu ya sudah deh menangis lagi....

Tetapi akhirnya dia diam, begitu sudah diberi satu piring berisi satu potongan cake, nah sisanya dibagi-bagi ke tetangga dan sekuriti komplek. Dan saya sisakan bagian belakang cake yang ada lilin dan hiasan happy birthday, jadi tiap hari selama sekitar 4 hari, Sophie selalu minta cake itu diletakkan di meja kecilnya, dilihat-lihat saja sampai akhirnya kuenya mengeras sendiri.

Untuk membuat cake ini saya gunakan resep sponge cake biasa, menggunakan total 8 buah telur dengan dibagi 2 kali proses pengocokan dan pemanggangan. Menggunakan loyang persegi 20x20 cm. Nah untungnya oven saya cukup besar jadi sekali panggang bisa masuk 3 loyang. Kalau tidak, bisa mabuk saya, karena bosan.

Dan rainbow cake yang saya buat ini tidak bisa dikatakan cantik, secara belum mempunyai ketebalan yang sama. Saya membagi adonan pakai kira-kira saja. Kalau rajin sebaiknya timbang ya, dibagi enam atau dibagi sesuai warna yang akan digunakan. Nah kalau saya buat ya untuk pengocokan pertama dibagi 3 dulu.

Untuk resep cake, saya gunakan resep cake tabur keju, hanya telur saya tambahkan.  Untuk butter cream saya gunakan resep butter cream ala chef Juna. Untuk menghias cake kembali kepada selera masing-masing. Saya hanya hias dengan butter cream putih dan butter cream pink dengan taburan kembang gula warna warni.

Oh iya nih sebelumnya saya pernah buat juga nih rainbow cake ini dulu, hanya saya buat tipis sekali dan manis sekali. Dan saya sama sekali tidak ingat dan tidak catat resepnya. Akhirnya karena mau buat lagi dan maunya cakenya lebih kelihatan cantik, maka saya intip-intip resep cake ini di blognya mba Ricke dengan tips nya sekalian.

Hanya nih mba Ricke membuat cakenya dengan menggunakan 8 kuning telur dan 7 telur utuh...dan frosting dengan cream cheese. Yang mau membuat rainbow cake ala mba Ricke yang saya jamin rasanya enak, maka bisa intip di rainbow cake ala mba Ricke ya...tetapi kalau mau buat yang versi saya, ya silakan juga..he he he...tentu versi saya lebih ekonomis... atau ada versi lain juga ya sah-sah saja ya..sesuka kita..

Tips dari mba Ricke, kalau kapasitas oven kecil. mixer juga terbatas kapasitasnya, maka sebaiknya bagi menjadi 2 kali pengocokan atau bisa juga menjadi 3 kali. Ketika mencampur warna, sebaiknya yakin dengan jumlah tetesan warna yang digunakan, sekali tetes aduk, jadi jangan sedikit tetes aduk, lalu berasa kurang tetes lagi, aduk lagi..maka adonan akan turun karena overmix. Dan sebaiknya panggang di suhu 190 derajat celcius sebentar saja, jangan sampai terlalu kering, begitu cake ditest sentuh sudah membal itu sudah cukup.

Nah sebelum lanjut lebih jauh, saya akhirnya memutuskan memposting resep rainbow cake ini karena ada pembaca Monic's Simply Kitchen yaitu mba Dian Utami, yang bertanya tentang rainbow cake ini, hmmm makasih ya mba...kalau tidak bertanya ya saya tidak termotivasi publish nih resep rainbow cake. Mba Dian tanya takaran untuk satu loyang..nah kalau yang ini memang harus baca resep ya..tergantung pakai resep yang mana dan tergantung di resep menggunakan loyang yang mana. Biasa si empunya resep akan beri tahu ukuran loyangnya.

Nah tergantung kita, jika kita mau menggunakan 6 warna, dan mau berapa kali pengocokan, misalnya 3 kali pengocokan, itu artinya 2 loyang yang digunakan sekali panggang, maka resep kita bagi 3 ya..dan untuk warna terserah yang mana dulu yang kita buat..karena nantinya cake akan disusun sesuai warna, dimulai dari warna ungu di bagian bawah dan berakhir di merah di bagian atas. Dengan olesan butter cream dan simple sirup di antara tiap lapisan.

Berbeda jika kita gunakan resep versi kukus yang tiap adonan ditimpa langsung seperti halnya membuat kue lapis. Kalau ini sebaiknya untuk warna memang harus berurutan karena cake akan menyatu langsung. Jadi menurut saya ya ikuti resep ya...

Okey, sekarang lanjut ke resep ya...
untuk resep dan tips rainbow cake kukus bisa lihat di rainbow cake kukus ya...

Rainbow Cake
untuk loyang ukuran 20 cm x 20 cm
atau loyang bundar ukuran diameter 22cm (atau jika mau tebal, gunakan loyang bundar ukuran diameter 20 cm)

Bahan cake :
  • 8 butir telur ukuran sedang
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 150 gr tepung terigu serba guna/protein sedang atau bisa gunakan juga yang protein rendah
  • 50 gr tepung maizena
  • 100 gr margarin/ mentega (atau bisa gunakan 50 gr mentega dan 50 gr margarin), lelehkan
  • pewarna secukupnya (6 warna)

Bahan tambahan :
  • butter cream
  • simple syrup
  • kembang gula warna warni

Cara membuat :
  1. Karena saya menggunakan 3 buah loyang sekali panggang, maka resep saya bagi 2 untuk sekali pengocokan
  2. Siapkan oven, set di suhu 190 derajat celcius
  3. Ayak tepung terigu dan maizena secara bersamaan, sisihkan
  4. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi kocok telur setengah mengembang, kemudian masukkan gula pasir, kocok lagi sebentar kemudian masukkan emulsifier. Setelah adonan mengembang dan kental, istilahnya adonan berjejak matikan mixer
  5. Masukkan campuran tepung secara perlahan, aduk rata menggunakan teknik melipat yaitu dengan cara menggunakan spatula seolah-olah kita melipat
  6. Masukkan margarin/mentega cair dan untuk hasil yang bagus ambil sedikit adonan kemudian campurkan ke margarin/mentega cair, aduk rata, baru kemudian tuangkan ke dalam adonan, baru adonan diaduk kembali secara merata
  7. Siapkan 3 mangkuk, bagi adonan secara merata (jika mau akurat, gunakan timbangan, timbang adonan sama rata) Tetesi dengan warna yang diinginkan, aduk hingga warna bercampur rata (jangan overmix)
  8. Tuang masing masing adonan ke dalam tiap loyang yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti atau dioles margairn dan ditaburi tepung
  9. Hentak-hentakan loyang ke meja secara perlahan untuk meratakan adonan
  10. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit
  11. Test kematangan dengan menggunakan tusuk sate atau test sentuh (jika sudah membal berarti sudah matang), dinginkan
  12. Lakukan proses yang sama untuk setengah resep berikutnya

Butter Cream ala chef Juna:
(lihat resep butter ceam lainnya)

Bahan :
  • 225 gr mentega putih
  • 75 gr gula bubuk ayak
  • 1 1/2 sendok makan susu kental manis

Cara membuat :
  1. Kocok mentega menggunakan mixer sampai pucat
  2. Masukkan gula halus kemudian dikocok lagi
  3. Terakhir masukkan susu kental manis dan dikocok lagi
  4. Siap digunakan

Simple Syrup
(lihat tentang simple syrup)

Bahan :
  • 100 gr gula pasir
  • 300 ml air
Cara membuat : 
  1. Masak hingga gula larut lalu dinginkan

Penyelesaian :
  1. Di piring atau alas cake, susun cake dimulai dengan cake berwarna ungu, beri simple syrup secara merata, oles dengan butter cream tipis saja, tumpuk dengan warna biru, lakukan hal yang sama, sampai akhirnya warna merah di bagian atas tumpukan
  2. Rapikan keempat sisi cake, dengan cara memotong tipis cake sehingga tiap lapisan kelihatan rapi dan tiap lapisan warna terlihat jelas
  3. Mulai hiasi bagian atas dengan butter cream sesuai selera, taburi dengan kembang gula warna warni

Nah semoga resep rainbow cake ala saya ini bermanfaat ya..jika tertarik silakan mencoba ya..semoga berhasil dan sesuai dengan selera..









NewerStories OlderStories Home

23 comments:

  1. Hai lagi mbk, semoga mbk gak bosen ya karna saya terus bertanya kepada mbk monic, maaf sekali mbk saya baru melihat kalau oven saya udah rusak gak bisa kepakek lagi:( gimana dong, jadi saya fikir rainbowcakenya mau saya kukus aja, tapi resep yg mbk berikan itu pakai oven?trs gmn ya mbk. Makasi mbk: )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Dian,
      hmmm saya pikir bisa dikukus deh mba resep ini, walaupun saya belum coba sih he he he...tetapi nih kalau takut gagal, saya coba kasih resep rainbow cake kukus ya..saya belum coba sih resep ini, tetapi banyak yang sudah coba dan berhasil, resep rainbow cake kukus ala bunda Elim Sugito (bunda Elim izin share resepnya ya..)
      Bahan:telor 4butir.gula pasir 200gr.susus kental manis 1 sachet.sp 1/2 sdt.susu bubuk 1 sdm.terigu 150gr.minyak goreng 150ml.vanili secukupnya.pewarna makanan merah.orange.kuning.hijau.biru.ungu.
      Cara:mixer telur,gula,sp dan vanili sampai mengembang dan putih.kurangi speed mixer ke bagian terendah.kemudian masukkan terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit sampai habis.terakhir masukan campuran minyak goreng dan susu kental manis.aduk pakai spatula sampai tercampur rata.bagi adonan menjadi 6.masing masing beri warna.ambil cetakan segi empat.olesi dengan mentega.panaskan kukusan.setelah panas masukan adonan warna ungu terlebih dahulu.kukus kurang lebih 7 menit.atau tes tusuk dengan lidi.kalau sudah tidak ada adonan yang menempel berarti kue udah matang.lalu timpa dengan warna biru.begitu seterusnya.setelah selesai semua.kukus selama kurang lebih 20menit.
      nb.tutup dandang alas dengan kain supaya tidak ada air yang menempel ke adonan..

      nah mba Dian, menurut saya kalau mau membuat yang versi tiap lapisan dioles butter cream, sebaiknya caranya sama dengan cara panggang, adonan dikukus dengan cara di bagi per loyang jadi tidak menempel, ketika dingin baru disusun dan dioles butter cream, hanya tidak perlu diberi simple syrup secara cake kukus biasanya sudah lembab

      ok mba Dian selamat mencoba ya...

      Delete
  2. Oke mbk monic mksh infonya, nah mbk ya yg ini yg buat saya pusing saya cari di blog2 yg lain cara buat rainbow cake kukusnya ada yg bhnnya kek gini
    Bahan Utama Kue:
    200 gr tepung terigu yang bagus300 gr gula pasir1/2 sdt vanili bubuk8 butir telur300 ml minyak goreng1/2 sdt garam Buttercream dan pewarna makanan secukupnya1 sdt emulsifier,
    Oyah emulsifier itu sp kan mbk?
    Sekali lagi makasih banyak ya mbk dari sekian saya comen2 kek gini cuma mbk monic yg bls trs ngasi info yg brmanfaat bgt: )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dian,
      mba suka manis atau tidak? karena kalau tidak suka begitu manis, gula 300 gr itu biasanya manis sekali deh untuk cake...emulsifier itu ya bisa sp, tbm atau ovalet
      tergantung kita mau pakai yang mana..kalau saya sih biasa pakai sp kalau biasa buat cake yang tipe sponge cake...
      kalau cake tanpa mixer, biasa pakai baking soda atau baking powder..
      hi hi hi...iya ya..saya suka balas komen...ya berusaha saja mba balas secara kan buat blog itu selain buat dokumentasi pribadi ya buat pembaca juga kan..
      kalau buat blog tidak ada pengunjung yang baca ya mending simpan saja di dokumen pribadi..he he he..
      soalnya nih mba saya suka kecil hati juga kalau komen di blog orang lain ga dibalas... apalagi kalau nanya yang sekiranya hal yang saya bingung dan butuh jawaban..hmmm jadi kalau ada yang komen saya berusaha jawab mba..walaupun ya butuh waktu juga jawabnya..walaupun pernah ada komen terlewat dan ada yang lama sekali dibalas karena saya lupa..he he he...
      makasih juga ya mba Dian sudah sering bolak-balik berkunjung ke sini...jadi rame deh kalau begini blog saya..hi hi hi...

      Delete
  3. Hehe, menurut mbk monic bahan yg dari saya itu bnr atau gak mbk? ,trs gulanya saya kurangin jadi brp?, oyah takaran semua udah bnr blm mbk?
    Kue ini rencananya mau kasih temen yg ultah dari pada saya beli mending buat aja sekalian belajar2 heheh, yg saya tktkan kuenya gak sesuai dgn keinginan, kakak saya selalu mengecilkan saya bilang kue saya akan * bantet -,-
    maaf ya mbk sedikit cerita hehehe.
    saya jg brtrimakasi sama mbk monic brkat mbk jd tambah lbh tau:D ibaratkn tu menambah wawasan saya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lho bingung juga ya saya benar apa tidak resep di atas,
      riview resepnya bagaimana? ada yang sudah coba belum resepnya? kalau mau pas sih gula pakai 200 gr atau 225 gr saja, tepung terigu pakai yang protein sedang/segitiga biru atau rendah/kunci biru..nah minyaknya saya ragu2 deh... apa perlu sampai 300 ml?
      kalau saran saya coba baca review pembaca yang sudah coba resep ini, kalau rata-rata bilang berhasil ya tidak ada salahnya dicoba..
      nah karena menurut saya baru belajar, coba resep bunda Elim bagus juga, secara banyak sekali yang sudah coba dan berhasil malah sampai ada yang jualan...dan lagi cake ini lebih irit telur kan...bagus buat resep coba2..
      hmmm kalau baru pertama kali belajar buat cake jangan takut salah..wuih dulu saya sering sekali buat cake bantet...lama2 belajar jadi tahu kok..
      mengocok gula dan telur harus benar2 sampai kental berjejak ya, kalau diangkat pengocoknya adonan akan menempel dengan kokoh di pengocok..
      oh iya kalau mengukus cake jangan lupa ya gunakan api sedang dan selalu alasi tutup dandang dengan kain bersih, kalau menggunakan api besar nanti permukaan cake akan bergelombang, atau jika mengukus tanpa kain bersih tetesan air dari tutup akan membasahi cake sehingga cake bantet

      hmmm salut sama mba Dian, mau belajar...sip sip...saya dukung mba

      Delete
  4. Saya baca resep bunda elim diatas memerlukan 1sdm susu bubuk? Susu apa itu mbk, mubazir kan kalo kepakek cuma dikit hehe..
    Kalo begitu saya ralat lagi saya akan menggunakan resep bunda elim saja:D pada saya makek resep yg gak tau bnr atau engak
    Oh jd kain alas itu penting jg ya biar kue gak bantet.
    kali ini saya yakin dn prcaya diri kalau kue rainbow cake buatan saya akn brhsl.. amin
    oyah mbk seandainya suatu saat nanti saya prlu info dr mbk lg trs gak ktmu blog mbk lg gmn?
    Makasih lo mbk monic atas dukungannya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm sepertinya kalau tidak mau pakai susu bubuk juga tidak masalah sih...tetapi kalau mau beli susu bubuk ada yang kemasan kecil di toko bahan kue, atau beli susu bubuk sachet seperti merk dancow atau susu bendera.
      iya syarat kain itu mutlak untuk kukusan biasa, beda kalau kukusan yang namanya klakat, kukusan khusus kue dan cake dimana tutupnya berbentuk limas segiempat, jadi air ditutup akan jatuh ke sisi tutup bukan di bagian tengah..nah coba kalau punya waktu googling lihat gambar klakat..biar ada bayangan
      amin..semoga berhasil ya...kalau cari blog ini lagi kan mudah...secara mba Dian kan sudah follow di google plus, tinggal masuk aja ke google plus mba Dian, pasti ketemu deh...atau dihafal atau bisa dicatat, monic's simply kitchen, ntar ketik di google atau bing atau yahoo search pasti ketemu deh..atau bookmark pagenya..saya juga kalau ketemu blog bagus atau resep bagus suka bookmark, dan entah sudah berapa banyak bookmark saya..he he he..
      kalau tertarik dengan masak memasak jangan takut gagal ya..memang kalau gagal itu kesal sekali rasanya...gagal itu banyak faktor, kadang resep boleh sama tetapi hasil berbeda...nanti kalau sudah dapat feelingnya pasti semua dirasa mudah, bahkan bisa memodifikasi resep juga...ok..tetap semangat ya...semoga berhasil dengan rainbow cakenya ya...

      Delete
  5. Oke mbk monic sekali lagi makasih ya atas semua infonya nambah wawasan saya banget tentang kue ini, makasih jg semangatnya mbk:) ,semoga semua postingngn mbk disukai bnyk pembacanya ya, sukses jg buat mbk ya.
    Makasih mbk monic's simply kitchen! :D. Sampai brtemu lg mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih banyak ya mba Dian..amin..semoga rame yak blog saya..hi hi hi...
      sukses juga buat mba Dian ya...

      Delete
  6. Ass mbk monic saya dtng lg, mbk saya sudah membuat kuenya enak tapi kenapa enggak ngembang kuenya malah tipis, jadi satu loyang ukuran persegi itu harus dibagi 2 bagian agar trlihat tinggi:( saya bingung gimana lagi, apa resep yg bunda elim itu ukuran kue kecil saya makek loyang kyk digambar mbk monic, oyah mbk kalau resep mbk diatas saya kukus gimana? Sekali ini jgn sampai gagal lagi-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh..ga berhasil ya...hmmm loyangnya pakai ukuran 20x20 cm kah?
      hmmm memang banyak faktor ya kalau buat cake gagal..nah mixer telur dan gulanya sampai kental dan putih kan...kalau istilahnya sampai kental berjejak, jadi kalau kita gerakkan mixer, ada jejak yang tertinggal di permukaan adonan, telur dalam kondisi tidak dingin kan, dalam artian harus suhu ruang, kemudian alat-alat membuat cake harus bersih....
      wah kalau resep yang saya buat itu memang untuk panggang, belum coba buat kalau dikukus, tetapi coba saja kalau penasaran he he he..atau kalau sabar tunggu ya..saya coba dulu resep rainbow cake yang kukus nanti saya posting...
      btw..temannya kapan ulang tahunnya? batal donk kasih rainbow cakenya...
      hmmm kalau baru belajar buat cake memang gampang-gampang susah..nah coba baca-baca tips membuat cake ( http://dapursederhanamonic.blogspot.com/2014/02/tips-membuat-cake-dan-muffin-dengan.html ) supaya ada gambaran...
      untuk menghibur..gagal itu biasa mba Dian...jangan patah semangat..sepanjang saya mencoba baking..entah berapa sudah yang gagal saya buat...tetapi lama-lama ya belajar sendiri..pernah juga buat cake bantet (cukup sering malah)..jadinya ya gitu saya tumpuk cakenya biar agak tinggi..
      kalau mau belajar coba buat cake yang simple dulu..baru nanti sudah dapat feel nya baru coba cake yang agak susah...

      Delete
  7. Mbk, kalau mengocoknya pakai kocokan kue gak pkek mixer itu brp jam mbk?
    trs kalau makek telur 8btr itu takaran bhn yg lainnya brp mbk?
    oyah.. kan ketika sayakocok telur sama gulanya hingga putih mengembang adonannya,nh ketika saya masukkan adonan minyak langsung ngempes mbk gak naik lagi? Saya bingung apa kelamaan ngocoknya apa ditambhin baking jg mbk biar ngembang, sp sm baking dicampur gpp kn mbk?
    Trs ada jg resepnya dikasih garam, aduhh pusing saya hehehe,
    Ultah temen besok mbk-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu belum pernah tahu mba berapa jamnya, belum pernah coba..yang jelas sampai adonan mengental (pastinya pegel he he he)...kalau memang tidak mau pakai mixer, ada juga cake tanpa mixer, jadi pengembangnya hanya baking powder dan atau baking soda. Saya sih lebih suka cake yang begini, lebih mudah, hanya campur dan aduk saja..
      nah karena masih baru belajar..kenapa tidak coba buat cake tanpa mixer dulu..walaupun begitu cakenya tetap enak.. nah ini ada cake tanpa mixer tapi enak..topping bisa butter cream atau bisa juga coklat ganache...saya buat tetapi tanpa ganache..ini dia..http://dapursederhanamonic.blogspot.com/2014/09/cake-coklat-moist.html
      atau versi mama Aisyah http://dapurmamaaisyah.blogspot.com/2014/07/ultimate-treat-chocolate-cake-with.html
      kalau ditambah baking powder, ya sebaiknya sih takaran sp/emulsifier dikurangi atau malah dihilangkan, penambahan baking powder sebaiknya diayak bersama dengan tepung berhubung bentuknya yang bubuk
      sedangkan sp sebaiknya dikocok bersama telur dan gula karena bentuknya yang padat, jadi dengan dikocok maka sp akan rata di adonan..untuk resep dikasih garam kalau yang digunakan adalah minyak atau juga butter unsalted/mentega tawar, beda jika digunakan margarin yang cenderung asin, atau butter salted..tetapi ada juga yang menambahkan garam walaupun telah gunakan margarin, hanya saja garam yang ditambahkan juga tidak banyak.
      Urutan mengocok cake, pertama kan telur, gula, emulsifier, baru tepung, kecepatan mixer dikurangi ketika memasukkan tepung, atau matikan mixer dan aduk dengan spatula, baru kemudian minyak ataupun butter/margarin cair..nah memasukkannya perlahan sambil diaduk, atau ambil sedikit adonan, campur dulu dengan minyak baru dimasukkan ke adonan

      oh iya untuk cake yang tanpa mixer, mengembang karena bantuan baking soda dan atau baking powder, jadi gunakan bp/bs yang fresh ya..dan intinya jangan terlalu lama mengaduk, cukup asal adonan tercampur rata. Gunakan bahan-bahan suhu ruang, jangan ada bahan yang dingin...

      atau kalau mentok ya buat brownies...brownies ini bentuknya padat..jadi kalau bantat ya itulah tekstur brownies..hmmm ya namanya juga belajar ya..coba dulu dari yang paling mudah..he he he..

      Delete
    2. mba Dian,
      kalau mau lihat, saya sudah coba rainbow cake kukus versi bunda Elim, semoga bisa menginspirasi... http://dapursederhanamonic.blogspot.com/2015/01/rainbow-cake-kukus.html

      Delete
  8. Oke mbk ntr saya coba lg dgn resep itu-_- saya udah 2kali coba gagal trs heheeh jadi mulai bosen sendiri krna gak prnh jadi heheeh, gak jd deh ngsh kue untuk tmn kmrn :D insyaallh minggu mau lanjut bikin lg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip..jangan lupa baca tipsnya baek baek ya...semoga sukses ya...

      Delete
  9. Mbak..saya sudah eksekusi blackforest nya resep mbak monics,hasilnya enak banget mbak.kmrn akhirny suamiku ga sangka kl aku bisa bikin cake tsb dgn dekoran masih semrawutan hehehhh.mbak..saya mau coba eksekusi rainbow cake panggang mbak diatas,saya mau tnykan kl loyang nya 3 berarti resepnya dibagi 2 lsg ya mbak.atau gmn yah...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ikutan senang deh jadi ya blackforest cakenya, sukanya buat blackforest itu walaupun butter cream berantakan tetapi bisa tertutup dengan coklat serut..he he he..
      kalau pakai 3 loyang, resep di atas bagi 2 mba, jadi pengocokan pertama gunakan 4 telur, 100 gr gula dst..semua bahan bagi 2..
      oh iya mba, manggangnya jangan berlebihan ya, biar cakenya tidak keras, cukup permukaan cake ketika disentuh sudah membal, semoga sukses...

      Delete
  10. Oo gitu yah...kira2 panggangnya brp lama yah mbak utk rainbow cake nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira-kira 15 -20 menit mba, tergantung oven masing2, jadi ya sebaiknya ditest ya sentuh ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.