resep asinan bogor gedung dalam
Asinan Bogor ala Gedung Dalam
Asinan Bogor...segar sekali nih rasanya..apalagi nih kalau di Batam yang udaranya ampun panasnya..enak sekali menikmati asinan bogor begini,,apalagi jika asinan tersebut sudah diinapkan semalaman di kulkas..makin segar deh...

Walaupun belum pernah makan asinan bogor asli Bogor..tetapi dari resep yang banyak beredar di internet ada yang bilang kalau asinan bogor gedung dalam itu enak..lha..seberapa enak dan pembandingnya apa saya tidak tahu..tetapi apa salahnya mencoba sendiri ya kan...

Resep ini saya dapatkan dari asinan bogor dapur minang...nah lho..dapur minang kok ada asinan bogor..he he he..yang punya Dapur Minang sudah menjadi bagian orang Sunda umumnya dan menjadi bagian orang Bogor khususnya karena istrinya orang Bogor...begitu katanya..piss uda...

Resepnya benar-benar membuat saya tertarik makanya saya cobain..ternyata memang enak lho...yang penasaran silakan mencoba sendiri ya membuatnya..apalagi bahannya mudah didapat dan cara membuatnya mudah.

Tetapi khasnya asinan bogor itu ada kerupuk mienya..he he he karena tidak menemukan kerupuk mie di Batam makanya pakai emping saja..enak juga kok...apalagi ditaburi dengan kacang goreng..makin enak..yummmy...

resep nasi goreng pete ikan asin
Nasi Goreng Pete Ikan Asin

Enak juga nih sarapan dengan nasi goreng pete ikan asin yang pedas. Nih kalau kita lihat kan pasti banyak sekali resep nasi goreng enak di internet. Masing-masing punya rasa khas tersendiri. 

Saya pun sudah beberapa kali posting nasi goreng, misalnya nasi goreng hati ayam, nasi goreng tuna, dan ada yang saya suka sekali nasi goreng kunyit super pedas.

Nah nasi goreng yang saya buat kali ini sih resepnya asal saja ya..menggunakan ikan asin jambal pari..kemudian saya tambahkan juga teri lalu ada juga ampela kemudian pastinya pete. Jadi sudah terbayang kan rasanya?he he he...
Dan tak lupa karena saya suka sekali dengan pedas maka saya gunakan cabai rawit merah yang agak banyak..saya gunakan 15 buah saja..ternyata belum cukup pedas untuk ukuran saya..he he he..karena pedas ukuran saya ya makannya harus hua hua dan sampai berlinang air mata..itu baru pedas mantap..ha ha ha..
Petenya sendiri saya gunakan 1 papan kurang, karena ada beberapa buah yang ada ulatnya...begini ini ya kalau beli pete..suka sekali berulat di dalamnya...

resep homemade saus salsa hot
Saus Salsa Super Hot

Senangnya bisa membuat homemade saus salsa, apalagi bisa dibuat sesuai selera yup..saya buat super hot, tidak tanggung-tanggung banyaknya cabai rawit yang saya gunakan...
Nah saya membuat saus salsa karena kebetulan nih ketika berbelanja ke swalayan ada daun ketumbar/cilantro/wansui..jarang-jarang ada makanya begitu lihat ada daun ketumbar langsung saja dibeli.

Saus salsa ini enak dan pastinya rasanya pedas, asam dan sedikit manis. Tetapi lebih banyak asamnya, karena penggunaan tomat yang banyak serta ada tambahan air jeruk nipis (saya gunakan lemon). Kemudian rasa khas daun ketumbar dan jinten. 

Saus salsa ini saya makan begitu saja dengan tortilla yang sudah saya posting resepnya sebelumnya. Enak juga ya..pas rasanya paduan tortillas dan saus salsa.
Tetapi sempat juga sih punya ide membuat pizza dengan saus salsa. Alhasil rasa pizzanya asam-asam pedas..he he he..tetapi enak..menurut saya lho..

Pizzanya sendiri saya buat yang quick n easy saja, resepnya bisa dilihat di pizza quick n easy hanya sausnya saja diganti dengan saus salsa serta toppingnya menggunakan jamur kancing kalengan, kemudian saya hanya gunakan 1/2 resep saja (tetap juga masih tebal untuk loyang diameter 22 cm..hiks..mungkin saya kurangi lagi menjadi 1/3 resep kali ya biar fit untuk loyang diameter 22 cm)
resep pizza dengan saus salsa
pizza saus salsa
Kemudian karena iseng juga nih, kebetulan ada opak di rumah...nyobain makan opak dengan saus salsa..he he he...hmm rasanya bagaimana ya..entahlah..ya enak juga sih..cuma rada-rada aneh..bukan pasangannya kali ya..

resep ayam bakar padang
Ayam Bakar Uni Nila
resep ayam gulai padang uni nila
Ayam Gulai Uni Nila
Ayam bakar dan gulai kali ini yang saya posting merupakan ayam bakar dan gulai ala uni Nila. Siapa uni Nila? he he he uni Nila itu adalah langganan saya di pasar yang jualan bumbu-bumbu juga keripik-keripik mentah dan telur serta tempe juga ada. Masih banyak juga sih jualan dia yang lain. Intinya saya suka belanja sama dia..soalnya suka tanya-tanya masakan. Uni Nila baik..suka kasih saran tentang berbagai macam masakan.. masakan ala Padang tentunya. Nah syaratnya kita bisa ngobrol banyak kalau sepi pembeli...kalau lagi ramai jangan harap bisa ngobrol sama si Uni.

Yang saya acungi jempol resep si Uni selain ayam bakar ini adalah asam pedas ikan...tetapi sudah lama sekali saya tidak buat asam pedas ikan. Kemudian gulai ayam..lalu opor ayam...enak deh...

Nah tadi waktu belanja tanya-tanya lagi sama si Uni ayam bakar ini...katanya kalau mau enak ayamnya waktu direbus itu pakai santan kental kemudian jangan lupa kasih daun-daunan serta serai. Karena sudah biasa dengar istilah daun-daunan ini maka langsung paham apa saja sih daun-daunan yang dimaksud si Uni.
Daun-daunan itu ya daun jeruk, daun salam, serta daun kunyit. 
Kemudian saya tanya, Uni..kalau di rumah makan padang kan ada manis-manisnya sedikit tuh ayam bakarnya..itu dikasih gula ya..kata si Uni..Oh jangan pakai gula..pakai kecap saja..waktu mau dibakar beri kecap ayamnya terlebih dahulu, kemudian beri kecap lagi waktu dibakar. Ingat jangan pakai gula ya... 

resep muffin pisang buttermilk
Muffin Pisang Buttermilk
Ada sisa pisang emas yang sudah kematangan..wuih...bingung mau diapain...akhirnya lihat-lihat lagi resep di Alida's kitchen. Akhirnya saya menjatuhkan pilhan pada muffin pisang buttermilk.
Nih karena pisang emas (atau mas?) kan kecil-kecil, makanya saya pakai 11 buah..he he he banyak kan..

Resep asli menggunakan chocochips, tetapi saya skip saja chocochipsnya. Untuk taburan saja biar agak sedikit manis..cie cie..saya gunakan kacang tanah sangrai cincang. Tepung gandumnya saya ganti dengan tepung terigu serbaguna saja.
Entah sudah berapa banyak ya resep olahan pisang saya dalam bentuk muffin...abis saya suka sekali membuat muffin. Sampai-sampai hubby bilang kalau saya itu pakar kue mangkok (muffin dibilangnya kue mangkok).
Jadi tadi waktu lihat saya membuat muffin, dia bilang wah kue mangkok lagi neh...he he he...

Nah kali ini biar rasa agak berbeda saya menggunakan resep dengan buttermilk. Dan karena tidak ada jeruk nipis atau lemon maka saya gunakan saja cuka masak sebagai bahan untuk membuat buttermilknya.

resep praktis tortillas homemade
Tortillas Homemade
Setelah kemarin dua kali gagal mencoba membuat homemade tortillas, akhirnya, walaupun menurut saya belum sempurna tetapi dengan resep otentik (hmm tidak juga sih soalnya lard sebagai shortening saya ganti dengan mentega putih/vegetable shortening)
Percobaan pertama menggunakan resep dari Rak's Kitchen, resep asli menggunakan olive oil, 1/4 bagian wheat flour serta 3/4 bagian all purpose flour. Tetapi tepung saya gunakan semuanya tepung serbaguna.
Percobaan kedua tetap menggunakan resep Rak's Kitchen, saya ganti olive oil dengan canola oil. Tepung masih semua tepung serbaguna.
Hasilnya tortillas yang keras, rapuh, tidak bisa lentur jika digulung. Berarti gagal kan. Walaupun dari segi rasa enak. Nah entalah apa yang salah ya..atau karena tidak diberi tahu persis takaran airnya ya..jadi mengira-ngira saja. Nanti saya cantumkan resep asli beserta linknya ya..siapa tahu ada yang penasaran dan ingin mencoba membuat tortillas versi Rak's Kitchen.
Tetapi heran lho..tortilla buatan Rak benar-benar bagus kelihatannya, lentur, tipis dan bisa digulung. Hmmm apa saya kurang jeli ya membaca step-stepnya.
Masih penasaran sih, lain kali saya mau mencoba lagi...semangat....

Akhirnya berburu lagi resep di internet, banyak sekali resep yang ada, tetapi untunglah tanpa sengaja saya nyasar di blognya Juanita's Cocina. Pertama sih kira yang punya blog namanya Juanita, nah cocina sendiri sih artinya dapur/kitchen. Ternyata setelah baca about me..ha ha ha ada cerita di balik penamaan Juanita itu. Dan yang punya blog adalah laki-laki, tetapi dia partner dengan istrinya makanya di akhir katanya dia bilang so here we are. Welcome to  our kitchen. Welcome to Juanita's Cocina.

Masih tertarik nih untuk mencoba beberapa resep dari Alida's kitchen. Kali ini saya mencoba membuat bayam pizza puff. Bahan-bahannya sederhana saja. Menggunakan bayam segar dan bawang putih segar serta ada penambahan italian herbs kering.
Di resep asli sih menggunakan pasta bawang putih serta pasta italian herbs. Kemudian menggunakan keju mozarella dan parmesan. Berhubung saya hanya punya keju mozarella saja maka saya skip parmesan cheese.

Membuatnya mudah sekali. Hanya campur-campur, aduk sebentar, diamkan beberapa menit kemudian panggang. 
Jenis-jenis makanan seperti ini memang menjadi favorit saya..he he he...
Makanan ini juga cocok buat anak-anak lho..bisa ditambahkan sedikit gula dan garam jika suka, karena pada resep kali ini tanpa gula dan garam ya..
Kemudian bisa dimodifikasi jenis sayurannya, bisa memakai sawi atau brokoli, atau juga parutan wortel sepertinya enak. Kemudian bisa juga ditambahkan potongan kecil daging ayam atau udang.
Ya suka-suka kita deh memodifikasi resep sesuai selera kita. Setuju kan...

resep nasi kebuli indonesia
Nasi Kebuli
Pernah dengar kan namanya nasi kebuli, dan pastinya ada juga yang sering makan ya...kalau saya sih memang pernah dengar tuh ada yang namanya nasi kebuli, tetapi belum pernah makan deh sebelumnya. Ketika mampir ke website mba Endang ada nasi kebuli ayam goreng versi rice cooker , lihat resep ini dan langsung tertarik.

Secara prosesnya juga mudah, bahannya juga mudah, ya hanya harus menyediakan berbagai macam rempah. Tetapi karena di dapur semua tersedia jenis-jenis rempah yang dibutuhkan maka langsung bisa memasak nasi kebuli ini.
Kemudian yang paling saya suka...memasaknya cukup menggunakan rice cooker..tralala..trilili...Nah selain itu yang digunakan adalah ayam..jadi mudah kan..

Nah sebagai pendamping, belum lengkap rasanya kalau makan tanpa sambel, jadinya saya membuat juga sambel terasi yang pedas mantap...menggunakan cabe rawit merah yang aduhai pedas...
Padahal sih nasi kebuli ini lumayan ada rasa pedasnya menurut saya, dari rempah-rempah yang digunakan tersebut. Jadilah makan nasi kebuli ini disertai dengan air yang banyak..he he he...


resep gulai lempah kuning khas Bangka
Lempah Kuning Nanas khas Bangka

Lempah kuning nanas khas Bangka ini sungguh menggugah selera. Nah sebenarnya waktu berkunjung ke blog mba Hesti, ada yang komen di posting gulai lempah kuningnya mba Hesti. Dari komen tersebut sepertinya saya tertarik untuk mencobanya, walaupun tidak disebutkan takaran bahannya. Hanya bahan-bahan serta cara membuatnya.

Walaupun belum pernah merasakan lempah kuning ini sebelumnya, tetapi dengan penjelasan sang mba baik hati tersebut maka dengan takaran bumbu ala saya maka jadilah lempah kuning yang maknyuss ini...

Nah karena mau posting resep ini, maka saya traceback lagi nih si mba yang kasih resep, ternyata mba ini punya blog keren namanya L'kitchen....kapan-kapan mau cobain resepnya juga ah...tetapi namanya sampai sekarang tidak tahu euy..cari di about me nya..tidak ada namanya....
Ntar deh mau cari tahu namanya.... he he he..pisss mba...
resep cake apel denga yogurt
Cake apel yogurt

resep cake apel yogurt set
Potongan Cake Apel

Berbagai macam deh ya jenis cake apel yang ada..kali ini yang saya buat adalah cake apel yogurt. Dengan tambahan yogurt maka ada rasa-rasa asam khas yogurt. Jadi rasa campur aduk. asam, manis, segar dan pastinya yummmy...

Saya dapatkan resep ini dari mba Rose simply a food blog Apple Yogurt Cake...setelah membaca bahan dan cara membuatnya maka saya tertarik juga untuk membuatnya, Secara masih ada stock yogurt set di kulkas...yang rasanya asam sekali. Tidak enak jika dimakan begitu saja..makanya ketika melihat ada resep cake apel dengan yogurt maka langsung saja deh membuatnya.

Nah baru tahu deh kalau ada yang namanya yogurt set. Ceritanya itu salah ambil waktu membeli yogurt di swalayan. Biasa kan suka membeli yogurt plain ukuran 1 L nah kemudian waktu melihat ada ukuran 500 ml langsung saja deh masukin ke keranjang belanja.
Sampai di rumah ketika mau mennyantapnya begitu saja eh baru sadar kalau itu bukan yogurt biasa..yogurt ini lebih kental dan rasanya asam sekali. Nah ternyata di tutup kemasan ada tercantum yogurt set.
Halah..jadi baru tahu kalau ada yang namanya yogurt set.

Setelah mencari tahu apa itu yogurt set, ternyata yogurt itu berdasarkan kekentalannya dibagi menjadi 3 jenis (sumber activia,) yaitu :
  1. Set Yogurt. Bentuknya paling kental dan agak sedikit padat dimana proses fermentasi terjadi di dalam kemasan dengan suhu dan waktu tertentu. Contoh yogurt ini adalah yogurt plain yang rasanya asam sekali seperti yang saya sebutkan sebelumnya
  2. Stir Yogurt. Bentuknya sedikit lebih encer jika dibandingkan set yogurt, tapi masih tetap kental, seperti es krim yang mulai mencair. Fermentasi biasa terjadi di dalam wadah tertentu baru kemudian dipindahkan ke dalam kemasan. Yogurt ini biasa juga tersedia dalam rasa tawar/plain dan juga berperisa buah-buahan. Yogurt jenis ini banyak beredar di pasaran.
  3. Drink Yogurt. Yogurt jenis ini berbentuk cair seperti halnya minuman sehingga kita bisa langsung meminumnya. Biasanya yogurt ini dikemas dalam kemasan botol.

Resep pancake oatmeal chocochips
Pancake Oatmeal Chocochips

Pancake sih bukan kue yang asing lagi ya...bahasa kerennya penekuk..he he he...
Sebenarnya baru dua kali saja saya membuatnya, yang pertama menggunakan tepung biasa, nah kali ini ingin mencoba menggunakan oatmeal. 
Idenya sih dari Alida's Kitchen Oatmeal Chocolate Chips Pancake. Secara ini website beberapa waktu ini suka saya kunjungi. Nah ketika melihat ada penekuk oatmeal, maka saya tertarik untuk membuatnya.

Mudah sekali untuk membuat pancake, saya kira yang pernah membuat pancake pasti tahu ya..nah bagi yang belum pernah mencoba, silakan dicoba ya..mudah dan sederhana serta rasanya enak..
Kalau kita cari resep pancake di internet pasti banyak kan....nah tinggal pilih saja menurut selera kita serta ketersediaan bahan kita.

Nah karena semua bahan tersedia untuk membuat pancake oatmeal chocochips ini, maka langsung deh bisa eksekusi resepnya. Resep yang saya cantumkan ini hanya setengah saja ya..kalau mau lebih banyak membuatnya tinggal kalikan saja ya..

Resep pizza mini oatmeal dengan sayuran
Pizza Oatmeal Mini Sayuran
Sebagai penggemar pizza tentu saja pizza merupakan jenis makanan yang sering dibuat kan...Kemudian masih tentang hobi memodifikasi makanan dengan mencampur oatmeal sebagai bahannya. Maka jadilah pizza mini oatmeal sayuran ini... Sayurannya cukup dengan jamur kancing, jagung, tomat, dan parsley. 

Resep pizza ini tetap menggunakan resep yang sudah pernah saya buat sebelumnya (lihat pizza oatmeal jamur&brokoli). Tetapi di sini saya cantumkan saja lagi ya berhubung saya menggunakan 2x resep yang ada.
Kalau bicara pizza maka tentu saja banyak sekali kreasi topping yang bisa kita buat. Dari bahan-bahan yang sederhana yang selalu tersedia di dapur kita atau bahkan bahan-bahan yang memang kita persiapkan khusus untuk membuat topping pizza tersebut. 

Dan untuk pizza yang saya buat kali ini memang jenis pizza yang mudah sekali dibuat, tetapi memang untuk mendapatkan rasa pada roti kita harus menyimpannya di kulkas paling tidak selama 24 jam. Jadi harus sedikit bersabar.

Nah untuk semua pizza yang saya buat, saya suka sekali menambahkan bumbu di rotinya, nah yang saya tambahkan yaitu bawang putih bubuk, mix herbs dan oregano. Menurut saya dengan bumbu tersebut maka rotinya lebih berasa. Tapi itu semua sesuai selera ya..
Jenis lemak pada cooking oil
Jenis Cooking Oil
Kalau kita ke supermarket dan kita lihat di bagian minyak goreng, kan bisa kita lihat berbagai macam jenis minyak. Nih sebut saja yang saya ingat dari minyak goreng palm oil (minyak goreng dari kelapa sawit) dengan berbagai merk dengan berbagai volume kemasan misalnya merk Bimoli, Sania, Sunco, dll, Kemudian ada juga jenis minyak yang lain seperti soybean oil, corn oil, sunflower oil, canola oil, dan olive oil.

Dari berbagai jenis minyak goreng tersebut mana yang kita pilih? Berbagai pertimbangan memang kalau kita sudah memilih satu jenis minyak goreng. Masalah harga mungkin, dan juga mungkin karena kandungan lemak di minyak tersebut. Kan kalau kita baca nih di label nutrition fact kemasan minyak goreng tercantum total fat yang dirinci sebagai saturated fat, monounsaturated, dan polyunsaturated fat.
Nah sebenarnya apa kita perhatikan ya tabel fat ini? Terus terang saya saja tidak memperhatikan sampai segitunya. Kalau membeli produk kemasan paling-paling yang diperhatikan kandungan gula dan garam, kalau lemak sepertinya lewat begitu saja he he he...

Nah sekarang yang jadi pertanyaan apa sih saturated fat, monounsaturated dan polyunsaturated itu? Manakah lemak baik dan mana lemak jahat?

Berikut bahasan sederhana jenis-jenis lemak pada cooking oil ya...

Saturated Fat
  • Lemak Jahat
  • Meningkatkan keseluruhan kolesterol, terutama LDL (kolesterol jahat)
  • Ditemukan pada makanan hewani seperti daging, telur, mentega, cream dan produk olahan susu lainnya.
  • Juga ditemukan pada makanan nabati seperti minyak kelapa (coconut oil), minyak kelapa sawit (palm oil), minyak biji kelapa sawit (palm kernel oil) serta cocoa butter.


Resep Roti Mini Abon
Roti Mini Abon
Masih belum bosan membuat roti sendiri nih..kali ini membuat roti mini abon...sering beli roti ini, makanya setelah bisa membuat roti lembut sendiri dengan metode water roux/tangzhong maka tidak ada salahnya membuat roti ini sendiri..ya kan..

Resep roti ini saya dapatkan dari sajian sedap roti abon bawang, hanya saja saya skip pemakaian daun bawang di roti. Nah untuk bahan pengolesnya saya tidak menggunakan apa yang tercantum di resep, tetapi saya menggunakan campuran mayonnaise dan susu kental manis saja, ide bahan pengoles dapat dari mba Endang JTT

Untuk isi roti saya gunakan abon saja..jadi abon di dalam dan di luar donk..he he he...Jadi kalau malas mengoles dan menaburkan abon ke atas roti maka dengan makan rotinya saja sudah cukup karena sudah ada abon di dalamnya.

Roti menggunakan metode tangzhong/water roux seperti biasa menghasilkan roti yang lembut dan empuk yang pastinya enak tetapi tentu saja tetap memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kelembutan roti (lihat roti tetap empuk lembut beberapa hari dengan tanzhong). Nih apalagi saya menggunakan susu cair sebagai pengganti air..jadinya lebih maknyus.
Walaupun hanya menggunakan setengah resep saja tetapi karena mini makanya jadinya banyak he he he...saya buat menjadi 12 buah roti.
Resep Roti Mini Isi Abon
Roti Abon Mini Isi Abon

resep cupcake brownies kukus
Brownies cup kukus

Resep brownies cup kukus pisang wortel ini hanyalah merupakan modifikasi dari brownies kukus pisang yang pernah saya posting sebelumnya. Masih terbayang enaknya brownies pisang yang saya buat waktu itu jadi ingin makan lagi..ha ha ha..lha kebetulan juga ada pisang ambon matang..jadi pas deh..
Hanya yang berubah adalah penambahan wortel dan bentuknya saja menggunakan cup. . Nah kalau masalah penambahan wortel ya iseng saja sih..pas kebetulan ada stok wortel di kulkas. 

Walaupun saya akui sebenarnya kok rugi ya membuat brownies kukus ini menggunakan cup..hmmm mau tahu kenapa?
Ya secara karena begitu matang lumayan juga lho bagian yang menempel di paper cupnya..hiks jadi berkurang bagian yang bisa kita makan..ha ha ha..segitunya ya...

Tetapi dari segi waktu pengukusan tentu saja lebih hemat ya..kalau menggunakan loyang kan mengukusnya bisa memakan waktu 45 - 50 menit. Nah kalau yang ini hanya butuh waktu 15 - 20 menit. Jauh kan perbedaan waktunya.
Sebenarnya alasan saya sih memang untuk menghemat waktu pengukusan...soalnya ketar-ketir kehabisan gas. Lah gas yang dipakai sekarang jarum regulator tabung gasnya sudah mau ke arah kosong..sedangkan tabung gas yang lain pada kosong. Jadi mikirnya daripada nanti di tengah proses mengukus kehabisan gas mending pakai cup saja. He he he..ya begitulah ya..tahu sendiri deh ibu-ibu ya...

Nah kalau saya bilang sih brownies ini yummy..walaupun ada tambahan wortel...bagi yang penasaran rasanya silakan cobain ya...atau malah mungkin ada yang sudah pernah coba juga ya membuat brownies pisang wortel ini? Setuju donk kalau kita bilang enak..ya...
cupcake brownies
Brownies Cup Kukus Pisang Wortel
Karena belum pernah membuat brownies menggunakan paper cup maka saya mengisi cetakan juga hanya 3/4 saja, takut saja meluap. Tetapi ternyata tidak ya. Malah kok kayaknya malah kurang penuh ya... Eh malah kayak kue apem. Untuk satu resep di bawah menghasilkan 16 buah cup. Banyak juga ya..tetapi ya gitu deh...cenik-cenik...he he he gitu kalau orang Bali bilang...
Resep Mie Ayam Jamur Kecap Bango
Mie Ayam Jamur & Bakso

Menikmati semangkuk mie ayam memang nyam-nyam ya...apalagi nih ditambah jamur plus bakso..tambah nyam-nyam donk.. Nah apalagi kalau menikmati hasil masak sendiri...
Saya sih penggemar mie ayam sebenarnya hanya saja kalau beli mie ayam kok susah ya nemuin yang ayamnya itu bagian daging saja, pasti nih ada tambahan kulit dan tulang...dan tentunya tambahan minyak yang aduhai itu..lha dipikir-pikir malah minyak itu kan yang buat enak..he he he..
Ya mungkin kurang info kali ya..kuper jg kali ya..jadi tidak tahu dimana yang jual mie ayam yang khusus daging saja tanpa embel-embel kulit dan tulang.

Eh ketika jalan-jalan ke website mba Endang ketemu nih resep mie ayam..setelah membaca resepnya langsung berniat mengeksekusinya...
Mie yang digunakan adalah mie telur instant jadi mudah sekali deh...jadi kita tinggal mempersiapkan campuran ayam dan jamur beserta kuah mienya..oh iya jangan lupa buat pecinta sayur, tambahkan sayur-sayuran sesuai selera. Kalau saya mengikuti resep saja..yaitu tauge dan sawi hijau.
Bakso yang saya gunakan bakso ikan..tidak nyambung ya..tetapi tetap enak kok...
Nah kesimpulan saya adalah rasa mie ayam jamur plus bakso ini ringan deh, karena saya menggunakan kaldu ayam dari rebusan daging ayam saja. Kemudian campuran daging ayam dan jamurnya mantap, sayurnya lumayan banyak..ya iyalah karena saya sendiri yang memasukkan sayurannya jadi sesuai selera saya..he he he..
Hmm yummy deh...puas pokoknya..sesuai keinginan...akhirnya bisa membuat mie ayam sendiri di rumah. 

Cara Membuat Olahan Coklat
Produk Olahan Coklat
Yang saya akan bahas pada Tips dan Cara Membuat Coklat ini yaitu hanya pada pembuatan coklat praline, candy stick/coklat lolipop serta truffle biskuit. He he he secara baru itu yang pernah saya coba. Tetapi saya akan cantumkan juga resep truffle yang lain.

Praline sendiri merupakan olahan coklat dengan bentuk-bentuk yang unik serta rasa yang unik juga karena bisa dikreasikan dengan berbagai rasa. Praline ini cocok sekali disajikan dalam kemasan toples sebagai suguhan di hari raya, atau bahkan bisa dijadikan souvernir dan parcel.

Candy stick/lolipop merupakan kreasi olahan coklat dengan menggunakan stick. Kreasi ini sangat disukai anak-anak karena warna-warni yang menarik serta bentuk yang lucu-lucu. Bentuknya ada yang menyerupai tokoh-tokoh kartun seperti Dora the Explorer, Sponge Bob, Doraemon dsb.

Truffle, berbentuk bulat yang dibalut dengan aneka bahan. Untuk truffle ekonomis ya menggunakan biskuit salah satunya.


cara membuat coklat valentine
Coklat Valentine
Coklat dan hari Valentine? Hmmm bukan hal yang asing lagi kan...Valentine Day yang diperingati setiap tanggal 14 Februari untuk sebagian orang hari ini merupakan momen menunjukkan kasih sayang kepada orang tercinta. Nah sebagian lagi tidak mempedulikan hari ini ya karena memang menganggapnya tidak penting secara kan untuk menunjukkan kasih sayang tidak harus di momen Valentine Day. 
Saya termasuk bagian yang kedua dimana tidak pernah merayakan hari kasih sayang ini. Secara hari ulang tahun juga dianggap biasa-biasa saja. Nah apalagi hari valentine donk..
Tetapi tidak ada salahnya kali ini saya posting cara membuat Coklat Valentine dimana coklat menjadi salah satu simbol cinta dan banyak yang memberi bingkisan kepada sang kekasih hati berupa coklat.

Nah kenapa juga ya valentine day itu nuasannya pink? He he he ya karena kan pink itu warna yang melambangkan cinta, kasih sayang, perasaan yang manis dan indah. Jadi ya pas sekali kan...

Nah kali ini saya membuat coklat valentine terdiri dari praline, coklat lolipop (candy stick) dan coklat box. Jadi saya menggunakan cetakan coklat 3 jenis ya. Cetakan coklat sendiri banyak kok yang jual di toko bahan kue. Berbagai jenis bentuk biasanya tersedia. Saya sendiri sebenarnya mengoleksi cetakan coklat ini. Secara dulu sempat punya usaha coklat. Tetapi sebentar saja bertahan, dikarenakan masih bekerja jadi karyawan jadi tidak bisa membagi waktu..he he he malah curhat...


Nasi tutug oncom Bandung
Nasi Tutug Oncom
Nih kalau orang Sunda pasti tahu donk dengan yang namanya Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom. Bahkan sering juga pastinya menikmati menu yang satu ini. Ditambah dengan ayam, tempe, dan tahu goreng serta dengan pelengkap sambel terasi dan lalapan. Wuihhh nikmat disantap dikala hangat. Yummy deh..

Saya saja nih belum pernah menyantap yang namanya nasi tutug oncom ini, walaupun dulu sempat tinggal di Bandung. Lah yang heran kok teman-teman asli Bandung kok tidak pernah ya mengajak saya makan nasi tutug?he he he..apa dulu belum ada ya.....mungkin belum ada ya..tidak tahu juga..

Nah hanya lihat gambarnya saja di internet kok kelihatannya enak sekali. Jadi ngiler.com deh... Nah nasi tutug oncom ini sendiri adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar yang sudah dicampur bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih serta kencur. 
Tutug sendiri dalam bahasa Sunda artinya tumbuk, jadi nasi tutug oncom yaitu nasi tumbuk oncom.

Nah mengapa kok ujuk-ujuk saya membuat nasi tutug oncom ini? He he he..ceritanya begini..selama tinggal di Batam kok saya belum pernah yang namanya membeli oncom ya..karena memang oncom bukan bahan makanan yang umum dijual di Batam. Jadi karena tidak pernah melihatnya dan malas untuk mencarinya makanya tidak pernah berniat membuat makanan yang menggunakan oncom. Seperti combro misalnya yang merupakan makanan favorit saya...

Dulu ya waktu di Bandung kan kos di daerah Dago Pojok, nah di depan Dago Pojok kan mangkal tukang gorengan. Jadi kalau pulang kuliah pasti mampir dulu..ha ha ha secara ya anak kos..sukanya makan gorengan..murah meriah. Nah yang jadi favorit ya combro ini. Pertama makan langsung suka secara di Palembang belum pernah makan combro. Ada juga yang mirip combro tetapi dalamnya isi gula merah. Kalau ini saya tidak begitu suka. 

Nah ketika ke swalayan di BCS (Batam City Square) lantai dasar eh lihat ada oncom. Langsung deh masuk keranjang belanja.
Oncom untuk bahan nasi tutug
Oncom
resep pastel abon kering renyah
Pastel Mini Isi Abon
Hayo..siapa yang belum pernah merasakan pastel mini isi abon...ayo ngacung he he he ...nah yang sudah tentu suka kan dengan gurihnya serta garing dan renyahnya pastel ini, ditambah lagi dengan isi abon di bagian dalamnya. Kulit pastel yang tipis itulah yang membuat renyah. 

Saya kan suka sekali makan pastel abon ini, nah pernah terpikir kenapa tidak mencoba membuat sendiri ya? Akhirnya mulai deh berburu resep di internet,  akhirnya mendapatkan resepnya di sini di pastel mini isi abon. Hanya saja kali ini saya ganti tepungnya sebagian dengan menggunakan tepung oatmeal. Secara lagi hobi memodifikasi resep menggunakan tepung oatmeal.

Tepung oatmeal sendiri dibuat hanya dengan cara memblender halus oatmeal instant, baru kemudian dicampurkan dengan tepung terigu. Selanjutnya tinggal mengikuti resep. Bagi yang tidak mau menggunakan oatmeal, gunakan tepung terigu semua saja ya...

Untuk membuat pastel mini ini juga diperlukan usaha yang cukup lumayan..he he he..kadang-kadang saya cepat bosan sih kalau membuat snack yang seperti ini. Tetapi dari segi rasa ya lumayan juga..enak..
Anak saya Sophie suka sekali dengan pastel mini isi abon ini. Jadi ketika saya sudah mulai membuat beberapa buah kan saya coba goreng. Kemudian setelah matang dan dingin saya beri dia sebuah, cicip dulu..eh ternyata dia suka. Malah batch pertama yang saya coba goreng itu habis oleh dia. Emaknya sih sudah cicip juga. Nah minta lagi..lah bingung kan..orang belum digoreng, nah yang sudah siap goreng juga baru beberapa buah, tidak banyak.

Cepat-cepat deh menggoreng, nih si Sophie sudah mulai merengek minta lagi..halah...jadi begitu selesai digoreng cepat-cepat didinginkan, pake kipas segala biar cepat dingin..he he he..
Nah selagi dia makan buru-buru deh membuat lagi..wuihhh repot juga...gini ini kalau punya anak gembul..he he he...
Rahasia Sukses Pembuatan Muffin dan Cake
Muffin dan Cake
Kali ini mau posting tentang tips cara membuat cake dan muffin supaya sukses. Ya..walapun banyak sudah yang menulis tentang hal ini. Tapi tidak ada salahnya saya tulis juga di blog ini. Ya paling tidak buat dokumentasi pribadi dan syukur-syukur bisa berguna buat yang mengalami kegagalan membuat cake dan muffin dan butuh sedikit pencerahan supaya bisa sukses.

Ingat dulu waktu pertama kali membuat cake sendiri..he he he gagal..tetapi tidak total secara masih bisa dimakan ha ha ha..menghibur diri sendiri.
Jadi kejadiannya waktu tertarik mau membuat black forest. Lah waktu itu mikir enak kali ya kalau bisa membuat black forest sendiri. Mulai searching di internet, nah setelah ketemu resep yang sekiranya mudah dibuat ya mulai deh mempersiapkan semuanya.

Karena baru awal ya sudah cukup dengan menggunakan oven tangkring. Waktu itu saya beli yang merk Hock. Pilih yang ukurannya paling kecil..he he he secara lebih murah. Mulai juga membeli loyang, waktu itu saya membeli loyang bundar..he he he soalnya di resepnya menggunakan loyang bundar..jadi ikuti saja ya..
Kemudian membeli timbangan analog yang ketelitiannya 200 gr dan yang pasti membeli mixer. Mixer yang saya beli merk Cosmos, ya cukup murah sih dan awet juga lho..sudah 6 tahun usia mixer ini..



Raisin Hedgehog Bread with Tangzhong
Roti Landak
Masih tentang tangzhong, kali ini saya menampilkan resep roti menggunakan teknik ini. Berdasarkan apa yang sudah saya posting sebelumnya maka pada dasarnya tangzhong atau water roux itu bisa diapplikasikan pada jenis roti apa saja.

Nah tadi kok waktu iseng-iseng mencari resep roti manis terdampar..cie cie..terdampar...iya maksudnya tidak sengaja ketemu di sajian sedap resep roti ini. Dan yang pasti resepnya saya modifikasi menggunakan teknik water roux. Kemudian isinya yang aslinya apel saya ganti dengan kismis.

Nah suer..deh setelah mencobanya..dan benar-benar menghitung rumusannya ya walaupun tidak pas sekali ya karena saya menggunakan measuring cup n spoon tetapi hasilnya sungguh lembut..empuk..tanpa bread improver dan emulsifier tentunya.
Jadi jangan ragu lagi deh untuk menggunakan metode ini. Nah misalnya sudah mempunyai resep roti andalan tanpa menggunakan tangzhong maka coba deh modifikasi resep tersebut dengan tangzhong, dijamin tidak akan menyesal.
Resep menggunakan cara tangzhong
Roti  dengan Tangzhong
Dan tentu saja tetap memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kelembutan roti ya.. temperatur oven, tingkat kekalisan adonan serta kecukupan waktu fermentasi.
Untuk lebih jelas mengenai faktor ini dan tenik tangzhong tentu saja silakan lihat roti tetap empuk lembut dengan tangzhong.
Raisin Hegnehog Bread using water roux
Roti Tangzhong
Posting kali ini saya dapatkan idenya dari salah satu teman FB saya, mba Nelvi yang menanyakan kok mengapa roti buatannya keras, tidak empuk? He he he sempat bingung juga mengapa ya? Tetapi berdasarkan pengalaman saya dalam membuat roti ya belum pernah keras sih..hmm sepertinya saya memang harus menulis nih tentang rahasia roti tidak keras dan bahkan tetap empuk dan lembut setelah beberapa hari.

Savoury Bread using water roux
Savoury Bread
Berdasarkan apa yang saya pelajari selama ini maka ini dia jawaban saya ke mba Nelvi, bisa jadi karena waktu pemanggangan yang terlalu lama atau karena adonan roti belum kalis. Nah ternyata mba Nelvi memang memanggang rotinya dengan suhu oven yang rendah sehingga menjadi lama memanggang. Kemudian kalau mau lembut pake metode water roux atau tangzhong mba..Apa itu? Saya akan jelaskan selanjutnya ya.

Nah berikut ini pertama-tama saya akan bahas faktor-faktor yang mempengaruhi kelembutan roti tentunya tanpa bread improver ataupun bread emulsifier.
  • Suhu Oven, ketika kita memanggang roti maka suhu ideal adalah sekitar 160-200 derajat celcius, tetapi bisa kita rata-ratakan sekitar 180 derajat celcius dan waktu panggang sekitar 20 - 25 menit. Jika terlalu rendah maka roti akan keras, dan jika terlalu tinggi maka permukaan roti akan keras, tetapi bagian dalamnya masih cukup lembut.
  • Adonan kurang kalis, adonan kalis elastis ditandai dengan adonan tidak lengket di tangan serta yang paling penting jika adonan direntangkan akan seperti lapisan membran yang transparan. Yang mana hal ini sangat susah jika kita menguleni adonan dengan tangan. Tetapi kita bisa mulai berhenti menguleni adonan roti ketika adonan lengket di permukaan meja dan ketika ditarik seperti permen karet.
  • Waktu fermentasi yang cukup, bagaimana kita bisa mengetahui apakah adonan roti kita sudah cukup fermentasi, karena waktu fermentasi berbeda-beda tergantung suhu dimana adonan tersebut diistirahatkan. Berikut yang bisa kita lakukan, celupkan atau lumuri jari tangan kita dengan tepung terigu kemudian tusukkan ke adonan roti, jika lubang yang kita buat tetap seperti itu maka waktu fermentasi kita sudah cukup. Tetapi jika lubang tersebut menutup kembali, maka kita harus mengistirahatkan adonan roti kita kembali.
    Adonan roti setelah fermentasi cukup
    Adonan setelah fermentasi

Resep bayam lasagna cup kulit popiah
Bayam Lasagna Cup

Menurut saya makanan ini cukup unik, yup secara gitu ya lasagna cup dengan bayam sebagai isian...baru saja menemukan websitenya Alida's Kitchen. Wah kreatif sekali deh si ibu ini.
Aslinya sih buat isian selain bayam juga memakai keju ricotta, parmesan dan mozarella. Wow apa tidak ngeju sekali ya rasanya. Nah berhubung stock saat ini yang ada hanya mozarella dan cheddar maka ya sudah memakai itu saja deh.
Alasnya sendiri menggunakan kulit pangsit atau kulit popiah ya..dan untuk setiap cup gunakan 2 lapis bertumpuk, yang akan saya jelaskan di proses pembuatannya.
Ini kulit popiah yang saya gunakan :
kulit popiah untuk bayam lasagna cup
kulit popiah
Selain bayam saya juga menambahkan parutan kasar wortel dan kentang tumbuk. Ya buat nambah-nambahin isi kali ya biar agak padat.
Nah untuk resep bayam lasagna cup ini menggunakan cetakan muffin ya...kalau saya sih menggunakan cetakan bolu kukus tetapi yang tidak ada lubangnya. Sebenarnya bisa memakai cetakan bolu kukus yang ada lubangnya tetapi harus hati-hati ketika memasukkan kulit pangsit atau kulit popiah supaya tidak sobek. 

Bagi yang mempunyai cetakan muffin lebih gampang lagi donk..tinggal gunakan ini saja. Jadi tidak perlu ribet. Nah kalau menggunakan cetakan bolu kukus jangan lupa ya sebaiknya susun cetakan dalam loyang kue kering dulu kemudian baru dimasukkan dalam oven, supaya gampang.

Kali ini sebagian saya menggunakan bumbu spaghetti botolan pada campuran isian, sebagian lagi hanya menggunakan bumbu garam, merica serta saus tiram.
Nah yang menggunakan saus spaghetti saya menggunakan keju mozarella, sehingga rasanya persis lasagna deh.. Sedangkan yang tidak menggunakan saus spaghetti saya menggunakan keju cheddar.
Olahan coklat brownies pop
Kreasi Brownies Pop
Kreasi brownies yang cukup unik. Yup..dijadikan brownies pop. Sebenarnya sih idenya dapat dari cake pop bakerella. Nah berhubung ada sisa brownies kukus pisang yang saya buat tadi yang sudah saya posting sebelumnya, maka tidak ada salahnya mencobanya dengan brownies. Di bakerella sendiri sih menggunakan red velvet cake. 

Yang harus kita sediakan tentu saja stick lolipop, ini tersedia kok di toko aneka bahan kue. Selain itu tentu saja coklat warna jika kita ingin membuatnya berwarna-warni. Walaupun sebenarnya dengan coklat putih atau hitam tidak masalah sih. Nah berhubung ini brownies yang dalamnya gelap maka lebih bagus saja kalau coklatnya dibuat berwarna.

Membuat brownies pop ini membutuhkan kesabaran menurut saya. Secara kan harus mengetim coklat kemudian melapis browniesnya dengan coklat..wuihh...
Tetapi saya rasa pop ini kesukaan anak-anak deh. Jadi ayo ibu-ibu yang mau sekali-sekali memanjakan anaknya dengan coklat yang unik, silakan dicoba ya resepnya.

Satu lagi kalau kita menggunakan coklat putih atau coklat warna, nah tentu saja kandungan gulanya lebih banyak dari dark coklat. Nah jadi coklat agak kental sehingga agak sulit melapisnya. Kita harus cepat-cepat karena coklat juga cepat membeku.

Untuk kreasi topping sih terserah kita mau memakai apa. Jadi tergantung kreasi masing-masing ya.

Nah berikut resep dan cara membuatnya ya ....
Resep brownies pisang kukus
Brownies kukus pisang
Begini ini kalau sudah ada sisa pisang. Yup pisang yang sudah lama teronggok di dapur dan sudah sangat matang, walaupun belum busuk....untunglah.
Sudah bosan dengan muffin, banana cake ataupun banana bread. Ingin mencoba yang sedikit lain kali ini. Terpikirlah brownies ini.
Ya walaupun dulu pernah sih membuat brownies ini dua kali. Yang sekali tidak begitu berhasil soalnya memakai ilmu kira-kira (timbangan error, measuring cup n  spoon belum ada). Nah yang kedua membuatnya kelupaan telur. Walaupun rasanya enak he he he..

Untuk brownies kali ini hampir saja deh kelupaan telur lagi. Untung saja ketika mengetim coklat teringat bahwa belum mempersiapkan telur..wuih...
Ya saran saya kalau mau eksekusi resep persiapkan dulu semua bahan sebelum memulai proses..

Resep kali ini saya dapatkan dari websitenya mba Endang, tetapi ada yang sedikit saya modifikasi takaran bahannya, menyesuaikan dengan bahan saya yang ada. Tetapi hasilnya tetap enak lho...
Yang penasaran ayo gi..buruan praktekkan resep ini..mudah sekali lho..
Resep Spaghetti Ayam Jamur Lada Hitam
Spaghetti Ayam Jamur Lada Hitam
Hari ini sepertinya ingin makan spaghetti ayam lada hitam yang super pedas, makaya tadi pagi pergi ke pasar dulu karena stok brokoli sudah habis.
Sudah ada di bayangan nih bagaimana mau membuat saus spaghettinya, yup pedas cabai rawit dipadu dengan pedas lada hitam. Sudah terbayang kan bagaimana pedasnya?

Bagi penyuka pedas dan penyuka pasta, resep ini recommended deh..silakan dicoba ya..
Jangan lupa sediakan air yang banyak..ha ha ha...
Resep ayam lada hitamnya sendiri saya modifikasi sedikit dari  resep sapi lada hitam yang pernah saya posting sebelumnya.
Resep Breadstick Renyah
Bread Stick
Resep simple breadstick renyah ini saya dapatkan di King Arthur Flour website. Sudah cukup lama sih page ini dibookmark oleh saya. Baru tadi pagi sempat eksekusi resepnya.

Menurut saya memang resep ini benar-benar simple secara dari segi bahan yang hanya beberapa, kemudian dari segi menguleni adonan juga, mudah. Menguleni dengan tangan saja hanya butuh waktu sekitar 5 menit.
Jadi termasuk kategori resep roti yang sangat mudah dibuat.
Jika tertarik silakan mencobanya ya...

Hanya saja di resep asli kan memakai pizza flavor, nah berhubung tidak ada ya cukup tambahkan garam saja. Kali ini saya menggunakan keju cheddar dan parsley flakes sebagai taburan. Karena hanya sebagai taburan maka kurang berasa kejunya.
Jadi kalau ingin terasa ngeju sebaiknya keju dicampur dengan adonan ya. Ditambahkan saat menguleni adonan. Nah lain kali sepertinya saya akan membuat stik ini lebih ngeju.
Selain taburan yang saya gunakan ini, bisa juga digunakan wijen, atau poppy seeds.
Resep Asam Pedas Ikan Praktis
Asam Pedas Ikan
Hari ini masak menu Asam Pedas Ikan. Tetapi tidak pakai repot, praktis saja. Soalnya memakai bumbu instant mak nyonya. Secara kok memakai bumbu ini berdasarkan pengalaman dengan sup tom yam..puas deh..rasanya enak, tidak mengecewakan.

Saus Instant Asam Fish
Perencah Asam Pedas Ikan
Bumbu instant mak nyonya dibuat dari bahan alami, tanpa pengawet, tanpa pewarna, kemudian bebas kolesterol. Selain itu yang paling penting bumbu ini halal ya.
Jika berminat menggunakan bumbu ini saya terima orderan lho..silakan email saya ya..

Nah pada bumbu asam pedas ikan ini bumbu yang terdapat di dalamnya yaitu asam, bawang, serai, cabai, gula, garam, spices dan edible oil.
Di kemasan tercantum dua cara memasaknya yaitu dengan cara dikukus dan digoreng. Saya memilih cara yang digoreng. Hanya saja agak aneh nih petunjuknya...
Fry 350 gr fish or seafood together with mak nyonya instant asam fish sauce. Sauce for 5 minutes. Add in 75 ml of water. Continue to cook until boil and serve hot.

Resep Muffin versi Cake Labu Kuning
Cake Labu Kuning
Berhubung ada sisa bahan saat membuat sup labu kuning maka mulai deh mencari-cari resep yang memakai labu kuning. Eh ketemu di simply recipes, walaupun sebenarnya resep asli adalah pumpkin ginger nut muffin. 

Karena stock paper cup muffin habis, diakalin deh buat cake aja bahan labu kuning ini, dan sepertinya ditambah chocochips bakalan enak deh sebagai pengganti kacang.
Makanya posting Monic's Simply Kitchen kali ini adalah cake labu kuning chocochips.

Akhirnya mulai dieksekusi resepnya, enak juga lho...cake-cake sejenis ini yang paling saya suka..mudah dibuat tanpa harus mengeluarkan mixer. Tetapi hasilnya tetap moist.
Oh iya..resep asli kan menggunakan mentega cair, ini saya ganti saja memakai minyak canola, kemudian saya skip pemakain permen jahe cincang serta jahe bubuk.
Seperti biasa juga saya kurangi takaran gulanya. Jika suka manis maka ikuti saja resep aslinya ya...

Berikut saya cantumkan resep asli pumpkin ginger nut muffin ala simply recipes ya..resep asli lihat disana ya kalau mau lebih jelas
Untuk konversi ukuran cup lihat konversi ukuran dari cup ke gram

Tanpa Seafood Sup Tom Yam tetap Lezat
Sup Tom Yam Non Seafood
Di mana-mana khas sup tom yam isinya seafood ya..kali ini saya buat berbeda..tanpa seafood, isinya daging sapi cincang serta potongan dada ayam dengan ditambah sayuran seperti wortel, jamur dan tomat.
Ya sejak hubby mulai alergi seafood dan telur agak repot memang menyediakan makanan, tanpa telur terutama.

Nah jika kita memasak makanan kita sendiri tentu kita bisa berkreasi dengan bahan yang ada kan? Setuju donk...
Kali ini saya buat sup tom yam yang pedas mantap...selain menambahkan cabai rawit utuh, saya juga menambahkan irisan cabai rawit...sudah terbayang kan pedasnya..

Nah bumbu tom yam sendiri saya menggunakan bumbu instant ya...
Bumbu instant tom yam mak nyonya
Instant Tom Yam Sauce
Cara memasaknya mudah sekali, tinggal masukkan bumbu ke dalam panci kemudian masukkan bahan-bahan tambahan yang sudah disiapkan, hmm jadi deh..
Walaupun khasnya sup tom yam adalah penambahan daun ketumbar atau biasa disebut cilantro atau juga dikenal dengan nama wansui atau bahasa Inggrisnya coriander leaves.
Tanpa daun ketumbar pun tetap enak lho. Saya sudah mencobanya sendiri. Dari tiga kali memasak sup tom yam dengan menggunakan bumbu instant ini, hanya satu kali yang menggunakan daun ketumbar,

Memang dengan ditambah daun ketumbar terasa ada aroma khas gitu. Masalahnya di Batam kok susah ya mencari daun ketumbar. Sekali pernah beruntung menemukan seikat daun ketumbar di salah satu swalayan, tetapi namanya bukan daun ketumbar yang tertera di sana, tetapi wansui. Bentuknya kan mirip daun seledri hanya aromanya beda.
Yang belum tahu daun ketumbar ini ya gambarnya :
Daun ketumbar, wansui,cilantro,coriander leaves
Daun ketumbar /wansui /cilantro, sumber : lennyklemstein
Resep Cheese Stick Crunchy
Cheese Stick
Satu lagi snack favorit anakku...yup..dia suka sekali dengan snack yang renyah dan berasa keju seperti cheese stick ini. Bentuknya memang seperti snack kue bawang ya..hanya pada resep kali ini saya hanya menggunakan keju.

Membuat stick keju ini memang menurut saya yang pemula benar-benar perjuangan...adonannya sih simple saja ya..hanya saja menggiling adonan serta menggorengnya itu yang agak sedikit repot.
Belum terbiasa saja kali ya, apalagi ini kali pertama saya menggunakan alat yang disebut ampia ini.

Ketika mencari di toko peralatan dapur, saya bertanya kepada penjaga toko...ada penggiling mie tidak ya? Hmm penggiling mie yang bagaimana ya? Ampia? kata penjaga toko tersebut...Ya pokoknya penggiling mie, kata saya...
Oh...itu ya ampia donk..mari sini saya tunjukkan barangnya..katanya kemudian.

Ketika ditunjukkan maka saya langsung mengucapkan terima kasih, dan untungnya saat itu sedang ada diskon..ya lumayan deh..walaupun hanya diskon 20 ribu..he he he

Nah mengapa saya kok tiba-tiba mau membuat cheese stick ini? Sebenarnya ketika berkunjung ke blog mba Hesti, saya lihat ada resep ini dan saya tertarik untuk mencobanya. Kelihatannya gampang waktu itu..
Eh ternyata agak ribet juga ya...he he he
Sepiring nasi goreng unik hati ayam
Nasi Goreng Hati Ayam
Banyak sekali kreasi nasi goreng yang ada..kita bisa memanfaatkan apa saja yang tersedia di dapur untuk dijadikan nasi goreng yang lezat, seperti yang saya lakukan, memasukkan hati ayam ke dalam bahan nasi goreng. Tak kalah lezat deh dengan nasi goreng saya yang lain.

Nasi goreng yang cukup disukai oleh Sophie, tentunya dengan syarat tanpa kecap...makanya kalau membuat nasi goreng selalu minus kecap.

Hati ayam mengandung mengandung protein tinggi, zat besi yang tinggi dan beberapa vitamin B, terutama B12 serta kaya akan asam folat dan vitamin A.
Sangat tepat untuk penderita anemia, ibu hamil dan menyusui.
Taburan potongan apel di atas cake
Cake Apel
Lagi-lagi cake yang praktis..cake seperti ini memang selalu jadi favorit saya. Tanpa perlu mengeluarkan mixer, aduk-aduk memakai sendok, jadi deh..mudah sekali membuatnya, tetapi rasanya lezat. Saya sampai membuatnya sudah untuk kesekian kali.
Benarkah begitu?Penasaran tidak?Cobain deh..pasti tidak menyesal..he he he...
Sepotong cake apel
Menikmati sepotong cake apel
Versi cake ini juga pernah saya buat dalam bentuk muffin tetapi potongan apel saya kecilkan sedikit, jadi kalau mau membuatnya menjadi muffin tinggal sediakan saja cetakan muffin ya...

Saya pernah juga membuatnya dalam versi oatmeal tetapi menggunakan resep oatmeal muffin yang biasa saya gunakan..enak juga lho...mungkin nanti saya akan posting ya resep muffin apel oatmeal.
Kemudian saya pernah membuat dengan resep yang sama dengan resep cake apel ini tetapi sebagian saya ganti tepungnya dengan tepung oatmeal....Enak juga lho..
Resep Banana Bread menggunakan loyang tulban
Banana Bread
Kalau urusannya dengan pisang..banyak sekali makanan olahan dari pisang...sebut saja misalnya..pisang goreng, pisang ijo, nagasari, getuk pisang, cake pisang..bahkan sampai ada yang namanya banana bread dan masih banyak lagi.

Nah pengertian banana bread kan roti pisang ya...tapi ini kok persis cake..he he he..ya namanya juga resep adaptasi dari luar..mengapa namanya banana bread belum saya cari tahu..apa tidak perlu cari tahu ya..ha ha ha...

Itulah pertanyaan adik saya ketika saya bbm dia dan kirim gambar bahwa saya membuat banana bread...eh dia komentar kok seperti cake ya...hmmmmm.......

Ha ha ha..iya secara ya saya membuatnya menggunakan loyang tulban....apa tidak benar-benar seperti cake kalau begitu?
Maksud hati membuat banana bread ini menggunakan loyang tulban paling tidak maunya supaya mengurangi waktu pemanggangan..soalnya di resep asli kan menggunakan loyang loaf dengan waktu panggang kurang lebih 50 menit.
Eh ternyata sama saja ya dengan menggunakan loyang tulban. Atau karena saya menggunakan panas oven yang paling kecil..sehingga membutuhkan waktu yang sama?
Agak susah memang kalau punya oven tanpa suhu indikator...ya itulah kendala saya....tapi kan banyak nih yang bilang..kalau punya oven..berusaha kenali oven anda...setiap oven punya karakter sendiri.
Walaupun dengan kekurangan oven saya yag satu itu tetapi tetap semangat baking...yeahhhh

Nah kembali ke banana bread, resep asli saya dapatkan dari allthecooks, tetapi tentu saja saya kurangi takaran gulanya, kemudian saya tambahkan yogurt soalnya ada review dari pembaca kalau enak jika ditambahkan yogurt.

NewerStories OlderStories Home