cara membuat potato wedges
Resep Potato Wedges Panggang Enak
Mengeksekusi resep potato wedges panggang kali ini berhasil...rasanya enak..puas deh...Hmmm kenapa namanya potato wedges..itu karena kentang ini diiris dan biasanya dari kentang ukuran besar yang tidak dikupas. Walaupun ada juga sih menggunakan kentang ukuran kecil tetapi namanya tidak lagi potato wedges.

Nah sebenarnya saya tertarik untuk membuat potato wedges ini karena ketika surfing di beberapa food blog ketemu nih yang namanya potato wedges ini. Ketika membaca bahan dan cara membuatnya maka langsung berpikir suatu saat ingin mencoba membuatnya.

Hmmm akhirnya saya membuatnya dengan mengacu pada resep potato wedges milik Natasha's Kitchen. Hanya saja saya skip proses pemberian keju parmesan dan parsley segar cincang karena memang tidak ada bahannya. Nah menyantap potato wedges ini enaknya pakai cocolan saus ya..baik itu saus tomat ataupun saus sambal atau juga mayonnaise. Tetapi masih dalam rangka diet rendah garam makanya dimakan begitu saja...enak juga...

ubi ungu berubah warna
Muffin Kukus Ubi Ungu Kok Hijau?

Lho kok? masak muffin kukus ubi ungu berubah jadi warna hijau? Kaget sekali tadi...perubahan warna terjadi ketika saya mencampurkan ubi ungu yang sudah diblender bersama gula pasir, susu cair serta telur ke dalam campuran tepung terigu dengan baking soda dan baking powder.

Aduh bingung kan..sampai teriak memanggil hubby...kenapa kok bisa begitu? Tetapi karena penasaran dan berpikir positif..ya lanjut saja proses menuang adonan ke cetakan lalu kemudian mengukusnya. Sambil mengukus cepat-cepat browsing...tetapi tidak banyak jawaban yang saya dapat..hanya saja kesimpulannya ubi ungu itu salah satu indikator asam basa alami suatu zat. 

Nah seperti halnya kertas lakmus..hmmm ingat kan kertas lakmus itu apa? yaitu kertas yang dipakai sebagai indikator asam basa suatu zat dengan cara mencelupkan kertas lakmus pada zat tersebut. Jika menggunakan kertas lakmus merah, jika dicelupkan pada larutan asam maka kertas lakmus merah akan berwarna merah dan jika dicelupkan pada larutan basah akan berwarna biru. Tetapi jika dicelupkan pada larutan netral maka akan berwarna merah. Sama halnya dengan kertas lakmus biru hanya saja pada larutan netral akan berwarna biru. 

resep nasi goreng ayam lada hitam
Nasi Goreng Pedas Ayam Lada Hitam
Wah...nasi goreng lagi ya...kali ini nasi goreng pedas ayam lada hitam yang sangat sederhana. Nasi goreng ini sebenarnya belum pernah buat...hanya tadi kepikiran saja untuk mencoba membuatnya. Nah masih dalam rangka mengurangi asupan garam maka nasi goreng ini tanpa kecap, baik itu kecap asin atau juga kecap manis. Juga tanpa saus tomat atau saus sambal.

Hanya saja untuk menambah rasa saya tambahkan setengah sendok makan saus tiram. Membuatnya mudah sekali ya...jadi ini termasuk nasi goreng praktis juga kali ya...
Lada/merica hitam yang saya gunakan cukup banyak...satu sendok teh merica butiran yang digiling kasar dengan ulekan..he he he...jadi cukup pedas..nah yang membuat lebih pedas adalah penambahan cabai rawit iris..saya gunakan 20 butir..bisa dikurangkan atau tambahkan sesuai selera.

ayam goreng bumbu minimalis
Ayam Goreng Praktis Bumbu Minimalis

Ayam Goreng Praktis Bumbu Minimalis..he he he..judul postingnya bagaimana gitu ya....Soalnya bingung mau dikasih nama apa ayam goreng yang saya buat kali ini. Ya memang praktis menurut saya dan menggunakan bumbu yang tidak banyak...hanya bawang putih bubuk, ketumbar bubuk serta garam. Ternyata walaupun bumbu minimalis tetap enak juga.

Sebagai temannya tentu tidak afdol jika tidak ada sambalnya, maka saya buat saja sambal dabu-dabu. Secara sambal ini paling mudah dibuat dan pas rasanya menikmati ayam goreng dengan sambal ini. Dan pastinya sambal dabu-dabu tanpa tambahan terasi jadi pas sekali dengan diet rendah garam yang masih saya jalankan, tidak seperti sambal matah ya...walaupun hampir sama...

Nah walaupun digoreng, tetapi saya gunakan minyak canola..maksud hati sih supaya lebih sehat saja secara minyak canola kandungan saturated fatnya paling rendah..kalau tertarik dengan kandungan lemak pada cooking oil ..silakan lihat di jenis-jenis lemak pada cooking oil ya...

Daging ayam yang saya gunakan adalah bagian dada tanpa kulit. Tetapi jika suka dengan kulitnya maka silakan saja ya tetap gunakan kulitnya. Dan jika suka dengan bagian ayam yang lain, enak juga kok....apalagi bagian lain kan suka ada lemak-lemaknya dan dagingnya tidak begitu keras seperti bagian dada.

cara membuat sup tulang sapi
Resep Sup Tulang Sapi

Masi diet rendah garam sih..hanya saja tidak begitu ekstrim he he he..makanya bisa masak sup tulang sapi ini. Resepnya seperti resep sup daging sapi saja. Walaupun masak sup tulang tetapi saya tetap menghindari makan daging sapi yang masih ada di tulangnya...menghindari makan daging merah sejenak. Hmmm tetapi tetap menyantap kuahnya dan wortel serta kentang yang ada di sup..he he he sama saja kali ya....

Nah karena Sophie my little girl suka dengan telur puyuh makanya saya tambahkan juga telur puyuh, tidak banyak hanya 12 buah. Sengaja beli yang 1 pack saja, ternyata isinya sekarang 12 buah. Harga masih sama yaitu 5 ribu rupiah. Hanya dulu isinya sempat 16 buah, kemudian jadi 14 buah..nah sekarang 12 buah..mungkin nanti berubah lagi..bisa-bisa 10 buah saja.

Untuk tulang yang saya gunakan adalah tulang yang masih lumayan banyak dagingnya..tetapi daging yang tidak berlemak. Sengaja pilih tulang yang begini. Soalnya kalau terlalu berlemak suka ada rasa menempel di mulut kalau menyantap sup dengan banyak lemak. Hmmm tetapi seperti saya sering katakan selera setiap orang berbeda...jadi semua kembali ke selera masing-masing.

puding roti kukus praktis
Puding roti kukus kismis
Membuat snack yang praktis dari bahan roti tawar yang sudah beberapa hari di kulkas, yup praktis saja puding roti kukus kismis. Biasa kalau membuat puding roti dipanggang, tetapi kali ini ingin mencoba yang dikukus. Nah masih karena ingin membuat yang sedikit rendah kalori, maka kali ini saya buat pudingnya tanpa butter atau margarin atau juga minyak. Kemudian saya tidak menambahkan garam lagi karena roti tawar ini cenderung asin.

Membuatnya mudah sekali, roti cukup direndam dengan susu cair, kemudian baru dituangkan campuran telur dan gula ke atasnya, taburi kismis dan kukus. Mengenai rasa tentu saja puding ini tidak segurih puding roti yang menggunakan butter/margarin ya. Jadi rasanya cenderung plain. Ada rasa manis yang tidak terlalu berlebihan. Oh iya untuk menambah rasa saya beri juga kayu manis bubuk.

resep puding roti kukus
puding roti kukus

diet garam pasta sayuran
Diet Rendah Garam #6 Cocciolini Sayuran Pedas

Diet Rendah Garam #6 Cocciolini Sayuran Pedas yang saya posting kali ini. Menu ini menjadi menu makan siang hari ini. Menyiapkannya mudah dan memasaknya cepat. Jadi menu ini merupakan menu yang praktis. Hmmmm kalau dipikir-pikir menu diet rendah garam ayam terus ya..he he he..ya secara saya pikir ayam adalah daging yang mudah didapat dan rendah lemak...tentu saja dengan catatan tanpa kulit dan gunakan bagian dada yang paling rendah lemak. Nah itu juga karena hubby alergi ikan laut, kemudian saya paling tidak bisa mengolah ikan air tawar. Supaya tidak repot ya ayam saja he he he...

Kali ini saya masak ayam yang sudah terlebih dahulu dimarinate dengan cuka apel, bawang putih halus, merica bubuk serta sedikit garam. Kemudian baru deh dimasak dengan sedikit minyak canola. Nah sayuran yang saya gunakan brokoli serta sayuran beku yang terdiri dari jagung, kacang polong, wortel serta buncis. Nah untuk menambah rasa, maka saya gunakan cabai rawit merah yang agak banyak. Maunya tadi cuma gunakan 5 - 8 buah saja..ehh tanggung sisa cabai rawit merah adal 11 buah..ya sudah pakai semua...akhirnya memang betul-betul super pedas....tetapi mantap he he he...

resep lumpia basah bandung
Lumpia Basah Bandung

Masih mengurangi asupan garam dalam makanan tetapi mau makan snack juga, tidak ada salahnya mencoba Diet Rendah Garam #5 Lumpia Basah Bandung. Nah lumpia kali ini saya menggunakan resep teh Ayudiah Momylicious lumpia basah jajanan dari Bandung. Nuhun pisan resepna teh.... 

Teh Ayu membuat lumpia ini dengan isi yang sarat ditambah bakso dan sosis. Nah karena sedang mengurangi makanan olahan maka tentu saja bakso dan sosis saya skip ya. Jadinya ini benar-benar lumpia basah ala mamang yang suka jualan. Kalau si mamang isi lumpia basahnya hanya tauge, telur dan manisan bengkuang. Walaupun begitu ya kok seingat saya rasanya enak sekali. Pertama beli sih tidak begitu tahu kalau sebenarnya ada tambahan manisan bengkuang. Lama-lama sering makan jadi tahu.

Dulu jaman masih kuliah di Bandung, si mamang suka mangkal di daerah dekat kos saya yaitu di daerah Dago Pojok. Jadi seringnya pulang kuliah ya beli lumpia ini, ya kalau kebetulan mamangnya ada. Wah enaknya ini nih..kalau kita pesan baru dibuatkan. Jadi kita hanya menunggu si mamang menyiapkan tumisan. Kemudian dia siapkan kulit lumpia, dioles tepung kanji yang sudah dimasak dengan gula merah, kemudian ditambahkan tumisan. Kemudian dibungkus daun pisang, dimasukkan dalam plastik, lalu kita diberi sumpit. Wah enak sekali deh makan lumpia basah ini.

menu diet garang asem
Diet Rendah Garam #4 Garang Asem

Masih dalam tema diet rendah garam, kali ini adalah Diet Rendah Garam #4 Garang Asem. Menu ini asalnya dari Jawa Tengah. Nah untuk membuat garang asem kali ini saya menggunakan resep dari tabloid kuliner resep ayam garang asem khas Jawa Tengah. Dan yang menjadi ciri khas garang asem adalah memasaknya dengan cara dikukus dengan dibungkus daun pisang. Hanya saja karena saya paling malas membungkus dengan daun pisang jadilah garang asem ini tidak dibungkus.. Jadi saya mengukusnya dengan menggunakan loyang saja he he he...

Saya sih baru di Batam ini mencicipi yang namanya garang asem. Kebetulan ada salah satu rumah makan yang pemiliknya orang Jawa Tengah. Biasa kan kalau ada yang namanya makanan yang dibungkus daun pisang suka tanya itu apa. Nah waktu tanya ternyata itu garang asem. Hubby bilang kepada saya coba kamu beli deh..cicipi yang namanya garang asem, enak deh. Hubby bilang kalau dia baru menemukan menu Jawa yang mantep pedasnya. Ketika dicicip ternyata memang enak. Yang buat saya suka adalah rasa pedas asamnya dan gurihnya, dengan sedikit rasa manis. 

diet rendah garam ayam nanas kuah
Ayam Nanas Masak Kuah Pedas
Diet rendah garam #3 Kuah Pedas Ayam Nanas, masih dalam kategori menu diet lagi nih... Sebenarnya sih mungkin masakan ini standar bukan untuk menu diet kali ya..hanya saja takaran garam saya kurangi. Nah resep ini saya adaptasikan dari resep lempah kuning nanas khas Bangka yang menggunakan ikan.

Hanya saja karena ini masakan diet rendah garam, maka saya skip penggunaan terasi. Lalu supaya manis alami saya tambahkan juga tomat, walaupun mungkin nanas saja sudah cukup ya..hanya saja menurut saya kok kalau dengan tambahan tomat lebih enak. Nah karena ada stok jamur kuping kering, maka saya gunakan juga supaya lebih sarat isi... he he he...

Ok deh masih tentang tema hipertensi, nah kalau kita ketahui saat mengukur tekanan darah kita diberi tahu angka misalnya 120/80 mmHg. Angka teratas adalah menyatakan tekanan darah sistolik yaitu tekanan pada arteri/pembuluh darah saat jantung berkontraksi atau ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan angka bagian bawah adalah menyatakan tekanan darah diastolik yaitu tekanan saat jantung beristirahat/relaksasi di antara pemompaan.

diet menu spaghetti rendah garam
Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran

Masih dalam rangka menu diet, kali ini adalah Diet Rendah Garam #2 Spaghetti Saus Jamur Sayuran. Rasanya walaupun diet tetap tidak menghalangi untuk tetap makan pasta kan..he he he...
Bosan dengan menu yang ekstrim seperti posting saya diet rendah garam #1 garlic lemon chicken. Maka kali ini buat sedikit berbeda. Tetapi tetap ya rendah garam, rendah lemak dan rendah kalori.

Masih tentang hipertensi/tekanan darah tinggi. Nah sebenarnya masih banyak orang yang tidak sadar kalau dirinya menderita hipertensi. Jadi sangat penting untuk memeriksa tekanan darah secara teratur. Penting apalagi jika kita mempunyai kerabat dekat yang mempunyai riwayat hipertensi.

Nah jika kita merasakan salah satu gejala seperti di bawah ini yaitu :
  • Sakit kepala/pusing yang sangat hebat
  • Rasa lelah dan kebingungan
  • Masalah penglihatan
  • Nyeri dada
  • Kesulitan bernapas
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Darah dalam urin
  • Berdebar di dada, leher ataupun telinga
diet rendah sodium
Diet Rendah Garam #1 Garlic Lemon Chicken
Menu yang sedikit ekstrim untuk diet rendah garam yaitu garlic lemon chicken dengan oatmeal. Dari judulnya saja sudah terbayang kan rasanya? Ya boleh dikatakan menu masakan saya kali ini rasanya sedikit hambar. Garam hanya saya tambahkan sedikit saja pada sambal mentah cabai rawitnya. Ayam, oatmeal serta pare tanpa tambahan garam.

Nah mulai sekarang saya akan mencoba untuk membuat menu diet rendah garam...ini baru yang pertama, semoga selanjutnya jalan terus ya. Mengapa saya memutuskan untuk mulai menerapkan diet rendah garam? Pasti ada latar belakangnya kan? Ok deh..saya itu sebenarnya suka sekali dengan makanan cita rasa asin gurih..walaupun manis juga suka. 

Ketika mulai mengandung Sophie, tekanan darah saya selalu tinggi, ya selalu tekanan sistoliknya berada di angka 120 - 150 mmHg. Nah setelah Sophie lahir kok ya tekanan darah tidak ikutan menurun ya... Makanya nih terkadang saya suka pusing jika mulai menyantap makanan yang cenderung asin. Nih pernah kejadian ketika memasak capcay dengan perpaduan sosis, bakso daging sapi serta penambahan kecap ikan, setelah makan maka saya merasakan pusing yang sangat hebat. Hmm tahu donk pastinya ini karena perpaduan klop makanan asin.

bubur ayam praktis sayuran
Bubur ayam sayuran praktis

Bubur ayam sayuran ini memang sangat praktis. Dari segi bahan, cara membuat dan waktu memasaknya. Jadi bagi yang suka bubur atau terpaksa makan bubur, resep bubur ayam sayuran ini bisa dicoba lho.... 

Bubur ini saya buat karena Sophie sedang sakit. Nah dia jadi malas makan, makanya kepikiran untuk membuatkan bubur ayam sayuran ini. Biasanya nih kalau dia sehat dia doyan bubur ayam begini, hanya saja biasa saya taburi dengan bawang goreng di atas buburnya, sehingga menambah rasa. Tetapi berhubung dia batuk dan kalau makan berminyak batuknya makin menjadi, maka alternatif bubur ini solusinya.

Nah supaya cepat, maka saya tidak menggunakan beras untuk membuatnya buburnya tetapi saya gunakan saja nasi. Jadi saya gunakan satu sendok nasi dari rice cooker. Hmmm memnghemat waktu ya... Ayam yang saya gunakan bagian dada tanpa kulit. Kemudian bumbunya hanya garam dan daun salam serta sedikit merica bubuk. 

cara membuat vietnamese chicken curry
Vietnamese chicken curry
Masih tentang masakan Vietnam, kali ini adalah resep Vietnamese Chicken Kari (Kari Ayam ala Vietnamese). Saya masih penasaran untuk mencoba beberapa masakan vietnam, maka dari itu masih berdasarkan resep mba Rose simply a food blog Vietnamese Chicken Curry ini saya buat. Resep ala vietnamese yang sudah saya coba juga adalah Vietnamese Orange Chicken. Hmmm rasanya tidak mengecewakan.

Kari ayam sendiri pasti sudah banyak sekali versinya ya..nah kalau menurut mba Rose nih, kari ayam vietnam rasanya memang tidak sekuat kari asal India ataupun Thailand, istilahnya relatively mild. Nah yang unik kari ini menggunakan coklat bubuk pada bumbunya.Jadi sebenarnya coklat bubuk merupakan bumbu rahasia yang suka ditambahkan pada masakan bercabai yang bertujuan untuk menambah rasa. Selain itu coklat bubuk bisa untuk melunakkan daging ayam ketika di marinate.

Nah untuk membuat kari ayam ini, maka ayam harus diperap/di marinate selama minimum 1 jam dan maksimum semalaman di dalam kulkas. Hanya saja nih..saya tidak cukup sabar menunggu selama 1 jam..jadinya hanya 30 menit saja saya diamkan, he he he..

resep french toast mangga
French Toast Mangga

Ada sisa roti tawar, ada mangga, maka jadilah menu praktis untuk sarapan yaitu french toast mangga (mango french toast). Membuatnya sangat mudah dan cepat tentunya. Tetapi rasanya lezat...aroma mangga bercampur dengan aroma kayu manis..hmmm yummy...

Prinsip dasar membuat french toast adalah sebenarnya hanya mencelupkan roti ke dalam telur kocok kemudian digoreng. Nah tetapi ada juga nih pastinya modifikasi dengan menambahkan susu atau cream ke dalam adonan telur kocoknya. 
Nah saya sih sebenarnya baru 2 kali deh mencoba membuat sendiri french toast ini, yang pertama hanya original sekali hanya menggunakan campuran susu dan telur saja. Yang kedua yaitu kali ini dengan mencampurnya dengan mangga.

Dulu pernah lihat ada resep yang namanya banana french toast, nah intinya pisang, telur dan susu diblender bersama, baru kemudian roti dicelupkan ke adonan tersebut baru kemudian di pan fried. Tadi malam cari-cari resep french toast dengan menggunakan mangga...setelah mencari-cari akhirnya dapat juga resep french toast mangga yang mudah dengan sedikit bahan saja yang digunakan, yaitu resep milik cuisinart mango french toast. Adapun bahan yang digunakan hanya roti tawar, mangga, susu cair, telur, kayu manis bubuk serta mentega untuk menggoreng (saya ganti dengan minyak canola). Kali ini tidak menggunakan gula ya..karena mangga sudah cukup manis.

cara membuat sambal bacang
Sambal Mangga Muda

Segarnya sambal mangga muda ini...enak sekali menikmati sambal mangga muda dengan sepiring nasi hangat dan ayam goreng..hmmm yummy...Saya membuat sambal ini sebagai teman makan untuk ayam goreng serai berempah yang sudah saya posting sebelumnya. Nah enak juga kalau menikmati sambal ini dengan ikan goreng atau ikan bakar. Sambal mangga muda atau nama lainnya sambal pencit atau juga sambal bacang memang merupakan jenis sambal yang segar berasa asam manis dan pastinya pedas donk..namanya juga sambal..he he he..

Nah aslinya sambal ini dari mana ya? saya juga tidak tahu...tetapi dari kecil saya sudah sering menikmati sambal ini. Kalau di Palembang tahunya namanya sambal bacang. Bacang sendiri adalah sejenis mangga tetapi rasanya sangat asam dan memang pantas untuk dibuat sambal. Dulu kecil masih sering menjumpai orang menjual bacang di pasar. Nah sekarang-sekarang ini belum pernah lagi menemui orang yang menjual bacang. 

Biasanya selain bacang, di Palembang orang membuat sambal mangga ini menggunakan embem yaitu sebutan untuk kweni. Embem sendiri jika sedang musim berbuah maka banjir embem di pasar. Harganya murah sekali. Nah pengalaman dengan embem ini, biasanya kulit luarnya cantik eh begitu sudah kita kupas dan potong-potong, maka akan terlihat ada ulat di dalamnya. Biasanya sedikit sekali bagian buah yang bisa dimakan.
resep crepes apel kismis
crepes apel kismis

Sarapan dengan crepes apel kismis..hmmm kenapa tidak ya.... Memang sebenarnya tidak ada niatan untuk membuat crepes pagi ini. Hanya saja ada sisa 1 buah apel fuji ketika membuat jus apel kemarin. Tadi sempat berpikir mau diapakan ya apelnya..apa dimakan begitu saja atau diolah.....akhirnya memutuskan untuk diolah saja deh.

Nah resep crepes apel kismis ini merupakan resep hasil adaptasi dari buku karangan Yeni Ismayani "Crepes favorit aneka rasa". Ya tentu saja dengan modifikasi sedikit oleh saya. Saya hanya gunakan setengah resep saja. Penggunaan mentega saya ganti dengan minyak canola. Ya pastinya memang kurang gurih ya..tetapi memang saya sedang berusaha saja nih mengurangi penggunaan mentega ataupun margarin. Jika ada resep menggunakan mentega atau margarin maka sebisa mungkin saya gantikan dengan minyak canola.

Ya mungkin tidak seberapa berpengaruh ya..tetapi tidak ada salahnya kan...secara mentega/margarin mempunyai kandungan saturated fat dan trans fat yang merupakan jenis lemak jahat yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat serta menurunkan kadar kolesterol baik. Nah jika mau tahu lemak-lemak yang terdapat pada cooking oil, silakan lihat jenis-jenis lemak pada cooking oil ya...Tetapi nih jika tetap mau menggunakan mentega/margarin silakan saja ya....resep-resep seperti ini fleksibel kok.

cara membuat balado teri kacang
Balado teri kacang tanah

Resep yang saya posting kali ini adalah resep balado teri kacang tanah. Nah sepertinya resep ini merupakan resep yang sudah umum ya..semua orang pasti bisa membuat sendiri. Hanya saja mungkin ya ada sedikit perbedaan dari masing-masing orang.

Nah enaknya balado teri kacang ini kalau teri dan kacangnya masih kriuk jika dimakan..betul kan..jadi tidak melempem. Hmmm kuncinya itu ya pada sambalnya ya....jadi sambalnya tidak basah...kemudian pastikan ketika mencampurkan teri kacang dengan sambal ketika sambal sudah dingin.

Untuk balado teri kacang kali ini saya seperti biasa tidak menambahkan gula ya..secara kalau menggunakan gula hubby suka protes. Jadi kalau biasa menggunakan gula, silakan tambahkan gula sesuai selera ya... Sebagai pengganti gula, supaya rasa agak manis sedikit maka saya gunakan saja tomat. Nah kendala menggunakan tomat yaitu sambal cenderung basah. Jadi jika menggunakan tomat pastikan sambal dimasak sampai benar-benar kering.

cara membuat orange chicken ala Vietnamese
Vietnamese Orange Chicken
Hari ini mengeksekusi resep vietnamese orange chicken yang praktis. Sudah lama nih sebenarnya ingin membuat orange chicken ini. Ada saja halangannya..ya lupa terus beli jeruk, ya malas..ya belum mood.. Nah tetapi akhirnya hari ini kesampaian juga.
Resep yang saya gunakan adalah milik mba Rose simply a food blog Vietnamese quick orange chicken, dimana juga saya pernah mencoba resep apple yogurt cake-nya. Hmmm mungkin lain kali saya mau mencoba danish butter cookiesnya juga, atau resep kari ayam khas vietnam..hmmm suatu saat nanti...
Nah dari namanya sudah pasti menggunakan orange pada resep kali ini. Untuk orange/jeruk yang saya gunakan kali ini adalah jeruk mandarin. Bumbu-bumbu yang digunakan hanya bawang putih dan merica hitam dan tentu saja garam. Bahan-bahan lain adalah madu dan gula serta parutan kulit orange.
Hmmm mau tahu rasanya? yang jelas enak..menurut saya lho..ada perpaduan asam manis yang begitu meresap pada daging ayamnya, jeruknya berasa sekali sehingga aromanya benar-benar jeruk. Nah penasaran...silakan dicoba sendiri ya....membuatnya mudah sekali kok..
resep ayam goreng serai
Ayam goreng serai berempah

Resep kali ini yang saya posting adalah ayam goreng serai berempah. Dari namanya sudah terbayang kan rasanya..yup dengan adanya pemakaian rempah yang khas serta serai yang lumayan banyak (he he he hanya 3 batang saja kok serainya..)

Nih ya kalau saya sudah tertarik dengan salah satu food blog atau website, biasanya saya suka eksplore blog tersebut dan suka mencari-cari resep yang kira-kiranya saya suka. Tentu saja dengan pertimbangan kira-kira mudah untuk dibuat dan bahan-bahannya mudah didapat. Nah masih dalam edisi mencoba resep kak Ayu dari Singapore..dimana saya juga pernah mencoba resep nasi lemaknya...maka resep ayam goreng serai berempah ini merupakan resep yang saya coba dari blognya kak Ayu Curlybabe's Satisfaction ayam goreng berempah serai...

Resep ayam goreng ini sebenarnya satu paket disajikan dengan nasi kerabu..hanya saja saya coba ayam serainya dulu deh...secara kok dari bahan dan bumbu yang digunakan sepertinya enak. Dan memang enak ternyata..rasa rempahnya terasa sekali.

tumis pare
Tumis Pare Pedas Praktis

Wah simple sekali resep tumis pare pedas praktis ini. Bahan-bahannya tidak banyak, proses membuatnya cepat dan mudah serta pastinya enak..he he he..tentu saja bagi yang suka dengan sayuran yang namanya pare ini lho...nah bagi yang tidak suka patut mencoba lho..siapa tahu jadi suka...

Pare, walaupun pahit tetapi ternyata mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan terutama untuk menurunkan kadar gula darah. Nah supaya lebih berasa manfaat pare, sebaiknya minum saja jus parenya. Walaupun pahit tetapi khasiatnya bagus lho...mau tahu manfaat jus pare? silakan lihat di jus pare dan manfaatnya...

Tumis pare kali ini saya gunakan bahan tambahan berupa daging ayam. Nah seringnya saya membuat tumis pare hanya dengan campuran telur. Oh iya dengan udang juga pernah, dengan cumi juga pernah... ternyata semua enak...sedangkan bumbu yang saya gunakan tidak macam-macam, hanya bawang putih, merica, cabai rawit, garam serta saus tiram. 

resep spaghetti jamur kornet
spaghetti saus jamur abalone dan kornet
Mau masak spaghetti yang mudah tetapi tetap enak? bisa coba resep spaghetti saus jamur abalone dan kornet ini. Membuatnya mudah sekali dan pastinya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dulu sebelum bisa membuat pasta sendiri, kok rasanya pasti ribet kalau membuat sendiri. Ternyata mudah ya..dan sausnya bisa kita buat sesuka kita. Padahal kalau beli di resto ya rasanya juga begitu saja ya..he he he...apalagi bagi pecinta pedas seperti saya nih..kalau membuat pasta ya sukanya pedas, jadi sesuka saya menambahkan cabai ke dalam saus. Jadinya puas jika membuat pasta sendiri.

Sekarang ini  di supermarket sudah banyak pasta dijual, dengan berbagai jenis. Nah produk La Fonte yang paling banyak saya jumpai di supermarket dengan berbagai jenis pastanya. Nah ada yang tahu tidak berapa jenis sih pasta itu sebenarnya? Kalau kita lihat wikipedia, banyak sekali jenis pasta yang ada. Berdasarkan daftar pasta yang dikelompokkan oleh wikipedia, pasta terbagi menjadi 7 jenis, yaitu
  1. long pasta, contohnya spaghetti, fucilli 
  2. ribbon-cut pasta, contohnya lasagna, fettucinne
  3. short-cut extruded pasta, contohnya cannelloni, macaroni, penne
  4. decoratives cut, contohnya cocciolini, farffaloni
  5. minute pasta, contohnya annelini
  6. stuffed pasta, contohnya ravioli, tortelloni
  7. irregular shapes, contohnya passatelli
terong balado sambal matah
Terong dengan sambal matah
Hari ini masak yang simple saja..yup..hanya terong dengan sambal matah. Masakan yang termasuk jenis masakan quick & easy adalah jenis masakan yang saya suka. Sebenarnya tadi berniat membuat terong balado..hanya tadi karena masih terbayang enaknya makan sambal matah ketika memasak sate lilit khas Bali, maka saya berubah pikiran.

Kemarin ternyata sambal matahnya kurang banyak saya buat, jadi ya sampai rebutan sama hubby...akhirnya hari ini saya membuat sambal matah yang cukup banyak. Saya tambahkan juga tomat untuk memperkaya rasa. Nah lho jadinya mirip dengan sambal dabu-dabu ya...he eh..mirip..hanya saja sambal matah ini kan menggunakan terasi.  Kali ini saya juga membuat sambal matah yang sedikit berbeda..saya gunakan juga cuka apel. Hmmm ternyata enak juga he he he..karena cuka apel kan ada rasa manis-manisnya juga..selain asam tentu saja. Hanya saja menurut saya asam cuka apel ya tidak sebanding dengan asam jeruk nipis..oleh karena itu saya juga menambahkan jeruk nipis..hmmm mantap...
cara membuat sambal matah
sambal matah

sate lilit bali sambal matah

Hmm akhirnya jadi juga membuat sate lilit khas Bali dan sambel matah. Dan ini percobaan pertama saya membuat sate lilit ini. Nah setelah bingung dengan berbagai resep yang beredar di internet...maka saya memutuskan untuk percobaan pertama ini sebaiknya saya menggunakan resep ibu saya saja.

Secara keluarga besar mereka memang punya resep sendiri..dan saya masih cukup ingat dengan rasa sate lilit ini. Dulu waktu ke Bali, nanang (sebutan bapak untuk orang Bali) yang merupakan suami dari kakaknya ibu saya (kakak ipar ibu saya) pernah membuat sate lilit ini. Nah seingat saya nanang menggunakan daging bebek..he he he..seingat saya lho ya...

sate lilit bali sambel matah
Sate lilit khas Bali dan sambel matah
Nah ketika saya punya niatan untuk membuat sate lilit sendiri maka saya bertanya kepada ibu saya saja...tanya-tanya bahan....pertama saya tanyakan..apakah pakai santan? atau pakai kelapa parut..jawabannya adalah kelapa parut dengan catatan..gunakan yang muda...(saya punya hanya kelapa parut tua yang saya beli di pasar untuk membuat santan) he he he..saya gunakan saja yang ini..

jus pare
Jus Pare
Kali ini saya posting jus pare dan manfaatnya nih...siapa tahu berguna ya...semoga... Nah kita pasti sudah tahu kan dengan yang namanya pare ini. Sering juga disebut paria atau poya atau kambeh atau juga peria dan dalam bahasa Inggrisnya disebut bitter melon atau bitter gourd.  Khas tanaman pare adalah rasa buahnya yang pahit. Tetapi walaupun pahit banyak juga nih yang mengolah pare manjadi makanan yang lezat. Sebut saja tumis pare dengan campuran telur atau campuran udang atau cumi...seperti yang sering saya buat, kemudian siomay paria, atau juga sup dan gado-gado dan masih banyak lagi olahan pare yang lain. Bahkan enak juga kalau pare hanya direbus dan dimakan dengan nasi hangat dan sambel terasi..maknyuss...Semua sedap...

Tentu saja nih kalau sudah diolah maka pare menjadi sedikit berkurang rasa pahitnya. Nah ada yang pernah minum jus pare? Sudah terbayang kan rasanya yang aduhai pahit. Yup..pahit sekali...
Tetapi nih kenapa coba orang mau minum jus pare..pasti ada manfaatnya kan? Kalau ibu saya sering sekali minum jus pare untuk mengurangi kadar gula darahnya. Secara ya kadang-kadang kalau ibu saya tidak mengontrol makan maka kadar gula darah setelah puasa akan sangat tinggi sekali..bisa mencapai angka 300 mg/dl. Sedangkan gula darah normal setelah puasa normalnya berada di bawah 200 mg/dl dan gula darah puasa normal berada di antara 75 - 110 mg/dl. Nah dengan minum jus pare terbukti kadar gula darahnya bisa menurun.
 
cara membuat rendang padang
resep rendang padang
Akhirnya jadi juga saya mengeksekusi resep rendang padang daging sapi kentang ini. Sudah lama ingin membuatnya tetapi terus tertunda. Soalnya sudah terbayang lamanya kalau mau memasak rendang. Tetapi tadi sungguh meniatkan hati..ha ha ha...

Resep kali ini saya gunakan resep rendang pada resep sate padang bumbu rendang uni Nila. Hanya saja takaran bahan serta penggunaan santan saya reka sendiri. Hmmm dan pastinya resep rendang kali ini saya tidak menggunakan kunyit. Tujuannya supaya rendangnya berwarna hitam....ealah ternyata tanpa kunyit rendang yang saya buat tetap tidak hitam juga. Dan saya pikir karena penggunaan cabai merah kering yang terlalu banyak..biasa saya suka kalap kalau dengan cabai. 

Ya harusnya tadi supaya lebih pedas mungkin takaran cabai merah keringnya saya kurangi, kemudian ganti dengan sedikit cabai rawit merah. Selain itu kenapa rendang saya tidak hitam karena sepertinya penggunaan santan yang kurang. Atau karena tadi saya gunakan santan secara sekaligus. Harusnya bertahap kali ya...dimulai dengan santan yang agak cair..kemudian baru santan kentalnya dimasukkan belakangan. 

cara membuat soto padang
Soto Padang Ayam ala Uni Nila

Resep kali ini yang saya posting adalah resep soto padang ala uni Nila. Hmmm lagi-lagi uni Nila ya..he he he..ya secara kalau masakan padang nih menurut saya memang resep uni Nila tidak diragukan deh...saya suka dengan resep-resepnya. Jika tertarik dengan resep ala uni Nila silakan lihat sate padang, ayam gulai dan bakar, opor ayam kuning, dan asam pedas ikan tongkol.

Nah soto padang itu biasanya ada 2 jenis juga, soto ayam dan soto daging sapi. Khas soto padang adalah rasanya yang rempah sekali menurut saya ya...jadi merupakan soto yang sarat bumbu. Di Batam nih..khususnya di daerah pasar sentosa perdana (SP) ada yang jual soto padang ayam dan daging sapi. Hadeuh...pembeli tidak pernah sepi. Dari pagi hari sampai malam warung soto ini melayani pembelinya. 

Mengapa warung soto ini laris sekali? Hmmm ya jawabannya karena soto yang dijual rasanya enak sekali. Kuah sotonya gurih berempah. Walaupun kalau soto padang biasanya dilengkapi dengan perkedel kentang, maka soto yang ini tidak ada perkedel kentangnya. Bahan pelengkap sotonya hanya soun, daun seledri, bawang goreng dan yang pasti adalah kerupuk merah, dan telur rebus (optional) tapi tentu saja tidak mengurangi rasanya donk.


cara membuat cake wortel dengan jus tomat
cake wortel tomat selai blueberry

Hmmmm cake kali ini memang agak sedikit nyeleneh ya..cake wortel tomat selai blueberry. Cake ini memang saya buat karena iseng saja. Secara saya kok suka sekali makan cake, jadi sering sekali membuat cake. Nah karena seringnya membuat cake maka supaya agak mengurangi sedikit kalorinya maka saya suka menggunakan minyak canola sebagai pengganti margarin atau butter.

Kemudian suka juga mengganti tepung terigu dengan tepung oatmeal, hanya saja kali ini saya gunakan tepung terigu saja. Nah cake ini menggunakan wortel yang diparut kasar, kemudian tomatnya diapakan? he he he..tomatnya saya buat menjadi jus sebagai pengganti susu cair sebagaimana biasa resep cake saya. 

Nah jujur saya bilang..cake saya ini tidak seberapa manis...karena memang takaran gula saya kurangi, kalau biasa saya gunakan gula 1/2 cup saya kurangi menjadi 1/3 cup saja,  tadinya berpikir kalau pakai selai pasti menyumbang rasa manis. Nah tentu saja bagian cake tanpa selai menjadi kurang manis. Jika suka cake yang manis silakan tambahkan gulanya ya...kalau dikonversi 1/3 cup gula pasir itu setara dengan 75 gr. Sedangkan 1/2 cup setara dengan 115 gr.

resep nasi lemak
Nasi Lemak Pandan

Resep kali ini adalah nasi lemak pandan dengan rice cooker. Nih secara ya saya suka sekali memasak yang mudah dan praktis. Makanya ketika ingin menyantap nasi lemak maka mulai searching di internet dan ketemu deh resep nasi lemak yang akhirnya saya pilih sebagai acuan membuat nasi lemak kali ini.  Resep yang saya gunakan adalah milik kak Ayu dari Singapore. 

Resepnya sih tentu saja menarik hati karena hmmm setelah dibaca yup...ternyata proses memasak nasi dengan rice cooker..yipi... Tetapi tentu saja nih ada beberapa perubahan sedikit karena memang menyesuaikan dengan bahan saya yang ada. Resep asli menggunakan daun pandan, nah karena saya tidak ada daun pandan maka saya gunakan saja pasta pandan..makanya warna nasinya hijau kan...Lalu nih saya gunakan santan instant saja. 

Saya tambahkan daun salam dan daun jeruk juga nih ke dalam nasinya, maksud hati sih supaya lebih wangi dan enak. Hmmm begitu nasinya matang..benar-benar harum...menggugah selera untuk makan..he he he...

Sebagai teman nasi lemak ini saya gunakan saja ikan teri atau ikan bilis dan kacang goreng serta telur dadar yang dipotong-potong. Walaupun enaknya nasi lemak yang komplit itu dengan ayam goreng. Nah ini nasi lemak versi ekonomis ya..

ampela jagung manis saos tiram
Ampela Saos Tiram

Hmmm maknyussnya ampela jagung manis saos tiram ini. Yup tadi makan siang dengan lauk ampela saos tiram ini. Wah dengan banyaknya cabai rawit baik itu yang rawit merah dan rawit hijau menjadikan lauk ini menjadi sangat lezat menurut saya..ya iyalah ya..secara penggemar pedas. Alhasil tadi makan sambil hua hua kepedasan..he he he...

Ini namanya memberdayakan bahan-bahan yang tersedia di kulkas saja. Tadinya mau dimasak tauco saja..tapi sedang tidak mood mau makan yang asin-asin. Secara kan kalau tauco rasanya ya lebih asin walaupun tidak menambahkan garam. Nah kalau memakai sedikit saja tauconya kurang berasa. Akhirnya saya membatalkan niatan tersebut.

Nah masakan kali ini benar-benar hasil modifikasi sendiri. Sesuka saya saja memasaknya. Tetapi hasilnya tidak mengecewakan lah yau.. Tadinya sempat berpikir nih enak kali ya kalau dicampur buncis atau kapri..tetapi ya kok malas mau ke pasar, ya sudah karena masih ada jagung manis, saya gunakan saja itu. Hmmm dengan jagung manis ya laziz donk.

cara membuat capcay goreng
Resep capcay
Posting kali ini yang simple saja, yup resep capcay. Salah satu masakan yang saya suka nih. Secara banyak sayurannya. Nah apalagi kalau buat sendiri, bisa sepuasnya menambahkan jumlah sayurannya. Ah entah sudah berapa kali saya membuat capcay ini. Dan resep capcay yang saya posting ini merupakan resep favorit saya.

Nah banyak sekali kan versi resep capcay yang beredar, dan saya rasa setiap orang punya ciri khas masing-masing dalam membuat capcaynya. Wah dulu nih ingat sekali waktu masih di Surabaya...tuh suka ada bapak yang jual nasi goreng, mie goreng dan tentu saja capcay. Bapak ini jualan di daerah Gebang Kidul daerah Gebang tentu saja. Yang belum tahu daerah Gebang itu adalah daerah di dekat kampus ITS di bagian depan kampus tepatnya. Kalau di daerah belakang kampus itu sudah masuk daerah Keputih namanya. Nah ada yang namanya Gebang Lor, kemudian Gebang Wetan dan tentu saja Gebang Kidul. 

Saya sendiri terakhir kos di daerah Gebang Kidul, sebelumnya sempat kos di Gebang Lor. Nah karena banyak kos-kosan di daerah situ tentu saja banyak sekali yang jual makanan. Ya tentu saja harganya murah sebanding dengan kantong mahasiswa. Nih ya dulu itu waktu pertama ke Surabaya tahun 2001 singgah beli sarapan dan waktu itu saya dan sahabat saya Eulis Nineu memilih menu nasi pecel dengan lauk telur dadar serta minum teh manis hangat. Harganya sungguh membuat kaget...Rp. 1700 saja perorang. Hmmm cukup kaget secara sebelumnya saya tinggal di Bekasi dan untuk menu nasi yang paling murah kala itu hanya ada di warung tegal. Harga nasi dengan lauk telur saja sudah mencapai harga Rp. 2500, tanpa es teh tentu saja.
kue kering nastar
kue nastar
Satu lagi kue populer hari raya...yup..kue nastar. Kue satu ini memang kue yang tidak pernah absen kala hari raya baik itu lebaran, natal bahkan imlek. Selain kue nastar ini tentu saja yang tidak kalah populer adalah kastengels. Nah untuk resep dan sejarah kue kastengels sudah saya posting sebelumnya ya, bisa dilihat di kastengels
Kalau nastar sendiri berasal dari kata bahasa Belanda yaitu ananas dan taart. Ananas artinya nanas dan taart artinya kue tart. Nah kue nastar ini lebih mirip kepada kue pai, mungkin nyonya dan nona Belanda mengadaptasikan kue nastar dari kue pai apel atau pai cherry. (source : kueinacookies)
Nah jadi kue nastar ini sudah berabad-abad lamanya ada, dan sampai sekarang tetap laris manis. Dan menjadi suatu tradisi untuk menghidangkan kue nastar kala hari raya. 
Ternyata membuat nastar yang enak itu gampang-gampang susah ya..itu berdasarkan pengalaman saya. Pernah dulu membuat nastar sendiri hasilnya melebar bukan membulat cantik ketika dioven. Walaupun rasa tetap enak tetapi kan aneh ya kalau makan nastar gepeng..he he he...
resep asam pedas ikan
Asam pedas ikan tongkol

Asam pedas ikan tongkol kali ini saya buat benar-benar super pedas..wow...jadi bagi pecinta pedas maka asam pedas ini layak dicoba..he he he..
Nah asam pedas atau asam padeh yang saya buat ini memang versi asam pedas orang Minang. Sempat juga tadi tanya-tanya sama uni Nila mengenai asam pedas ini.

Ya kalau boleh dibilang masakan asam pedas ikan tongkol kali ini masih ala uni Nila, hanya saja ada beberapa modifikasi sedikit dari saya. Kalau resep ala uni Nila menggunakan cabai giling halus yang beli di pasar. Sehingga hasilnya akan benar-benar merah merona. Kemudian tanpa tambahan serai serta tanpa cabai rawit merah/cabai rawit setan tentunya.

Nah karena saya suka sekali dengan perpaduan yang super pedas dan super asam, maka tadi saya tambahkan juga jeruk nipis pada saat proses terakhir memasak asam pedas ini. Jadinya..bisa dibayangkan kan rasa pedas asamnya...hmmmm yummy..segar...
membuat banana roll dari pastry instan
Banana Roll Pastry Instan

Masih dalam edisi kulit pastry instan..kali ini membuat banana roll. Secara ya kalau membuat puff pastry apalagi menggunakan kulit pastry instan maka begitu banyak kreasi puff pastry yang bisa kita buat. Nah kali ini saya membuat yang simple-simple saja.

Untuk membuat banana roll kali ini yang saya siapkan bahan-bahannya tentu saja pisang..he he he..nah kali ini saya menggunakan pisang tanduk. Padahal niatnya sih menggunakan pisang kepok saja. Eh ternyata di tempat langganan saya sedang tidak menjual pisang kepok, hanya pisang tanduk. Ya tidak apa-apa deh..walaupun kalau masalah rasa menurut saya lebih enak pisang kepok.

Bisa juga nih menggunakan pisang raja, hanya saja pisang raja sulit ditemui di Batam. Jarang yang jual pisang raja. Hmmmm entah kenapa ya...

Pisang yang digunakan terlebih dahulu dikukus supaya lebih lembut, tetapi jangan sampai kelembutan ya..mengukusnya sebentar saja ya kurang lebih 10 menit. Untuk membuat 16 buah banana roll dengan panjang 5 cm ini saya hanya menggunakan 1 buah pisang tanduk. Hmmm itu saja berlebih...Kemudian keju yang saya gunakan adalah keju cheddar kraft  yang kemasan 75 gr. Coklat blok yang saya gunakan coklat blok dark cooking merk mercolade.

NewerStories OlderStories Home