resep puding roti tawar
puding coklat roti tawar

Masih masuk kategori resep yang juga sedang booming di grup kuliner nih..yup..puding coklat roti tawar. Jadinya penasaran juga neh untuk membuat sendiri puding roti tawar ini. Seperti halnya pom pom potatoes dan seblak, maka puding ini memang jadi favorit member grup.

Hmmm setelah saya lihat-lihat resepnya akhirnya saya memutuskan untuk memodifikasi resep yang ada, secara banyak juga resep yang sudah berseliweran di wall grup. Jadinya saya mengambil intinya saja dari segi bahan-bahan yang digunakan, mengenai takaran saya sesuaikan sendiri saja.

Nah terima kasih ya buat buntik-buntik yang sudah share resep ini. Wah selalu salut deh dengan grup ini, banyak juga yang menjadikan resep-resep ini sebagai resep yang dapat dijadikan sebagai usaha. Seperti halnya puding roti tawar ini. Ada yang sampai bisa berjualan puding roti tawar ini. Mantap kan...

resep sapo tahu
sapo tahu pedas
Kali ini membuat sapo tahu pedas, hmmm maknyuss disantap dengan sepiring nasi hangat. Wah mantap sekali bagi yang suka pedas nih.... Nah aslinya resep-resep sapo tahu kan tidak pedas ya..tetapi nih saya buat pedas saja secara suka sekali dengan masakan pedas.

Untuk bahan-bahannya yang saya gunakan berdasarkan stok di kulkas saja. Ada pakcoy, tahu telur, jamur shitake. Dengan bahan utama ini saja sudah enak. Hmmm tetapi karena malas menggoreng tahu telur, maka tahu telurnya saya biarkan saja tanpa digoreng. Ya jadinya harus ekstra hati-hati mengaduknya supaya tahu telurnya tidak hancur. Walaupun ada juga yang hancur, he he he...

Sebagai pengental saus biasanya resep-resep sapo tahu menggunakan tepung maizena ya, hanya kali ini saya gunakan saja tepung tapioka secara stok tepung tapioka lumayan banyak. Kalau tidak ada tepung tapioka atau maizena bisa juga kok gunakan tepung terigu. Saya juga pernah memasak jenis makanan saus kental begini dengan tepung terigu. Hasilnya enak-enak saja kok.

pom pom potato enak mudah
pompom potato

Lagi booming resep pom pom potato di grup kuliner, hmmm penasaran deh dengan makanan yang satu ini, akhirnya dieksekusi juga resepnya.
Bahannya sangat sederhana sekali dan sangat mudah sekali untuk membuatnya. Nah berdasarkan komen-komen yang ada, ada beberapa buntik yang tidak berhasil dengan eksekusi pompom potato perdananya. Tetapi tidak sedikit juga yang berhasil, malah sampai ada yang jualan..he he he salut deh..

Untunglah eksekusi perdana pom pom potato saya berhasil. Nah ada sedikit modifikasi dari saya yaitu saya tambahkan sedikit brokoli pada adonannya. Hmmm lumayan deh, menambah serat pada cemilan yang satu ini. Maunya juga tadi ditambah wortel, hanya saja tidak ada stok wortel. Hmm lain kali sepertinya kalau saya membuat kembali pom pom potato ini.

bakwan tempe
bakwan tempe sayuran
Bakwan memang banyak variasinya ya..seperti kali ini yang saya buat yaitu bakwan tempe sayuran. Memanfaatkan bahan yang ada..nah praktisnya ya dibuat bakwan saja..campur-campur bahan lalu goreng deh. Mudah sekali membuatnya dan cocok juga untuk cemilan anak.

Untuk membuat bakwan tempe ini, terlebih dahulu tempenya direbus sampai lunak ya..atau bisa juga dikukus, tujuannya supaya tempenya matang dan hilang bau langunya. Untuk sayuran yang saya gunakan adalah buncis yang diiris tipis, wortel yang diparut kasar, dan tak lupa daun bawang dan daun seledri, oh iya pastinya jagung manis.

Supaya bakwannya gurih alami, maka saya gunakan daging ayam tanpa kulit yang dicincang. Sehingga tidak perlu menambahkan kaldu bubuk atau penyedap ya..jadi sangat cocok untuk anak-anak nih. Jadi bagi bunda-bunda yang ingin memberi cemilan yang sehat, bakwan ini bisa jadi alternatif ya.


spring roll nasi kukus jamur
spring roll nasi kukus jamur

Spring roll ini agak sedikit nyeleneh ya..karena isinya nasi kukus jamur..he he he...Ada sisa nasi kukus jamur, ada stok kulit spring roll siap pakai, nah akhirnya ada ide deh membuat spring roll isi nasi kukus jamur ini. Nah mengenai rasa yang pasti enak menurut saya lho..dan pastinya makan spring roll ini bisa mengenyangkan..he he he ..iyalah secara isinya nasi.

Nah untuk kulit spring rollnya saya gunakan kulit spring roll kemasan ya, atau namanya kulit popiah. Biasa dijual di swalayan di bagian makanan beku. Contoh kemasannya ada saya cantumkan di resep bayam lasagna cup ya..ini jika ada yang belum tahu bentuk kulit spring roll/popiah ini.

Untuk nasi kukus jamurnya ini dia resepnya ya..di nasi kukus jamur.  Nah nasi kukus jamur ini enaknya memang disantap begitu saja sih, hanya karena sisa saja makanya saya berdayakan menjadi isi spring roll ini. Nah enaknya nasi kukus jamur ini karena memang menggunakan berbagai macam jenis jamur, belum lagi ditambah wortel dan buncis, wah jadi lengkap deh sumber seratnya ya...

membuat cireng
resep cireng mudah

Masih dalam rangka membuat makanan dari aci nih..kali ini adalah cireng..yups..aci digoreng... Bahannya sama saja dengan cilok, hanya ini adonannya digoreng ya.

Cireng ini sih enaknya dimakan dengan cabai rawit atau dicocolin saus sambal. Hanya karena saus sambal sedang tidak ada stok, hmmm nikmat juga dinikmati dengan cabai rawit saja. Karena ini salah satu gorengan yang bertepung, tentu saja makan beberapa buah cireng sudah cukup kenyang.

Dulu itu ya pertama kali makan cireng dan tahu istilah cireng ini ya ketika kuliah di Bandung, pertama sih lihat di tukang gorengan. Apa itu ya bentuknya pipih dan warnanya tidak seperti gorengan yang lain. Hmmm baru tahu kalau itu namanya cireng. Rasanya mirip pempek tanpa ikan..

dodol agar palembang
dodol agar khas Palembang

Setelah sekian lama berangan-angan membuat dodol agar khas Palembang ini, akhirnya tercapai juga keinginan ini..ha ha ha.. Ternyata mudah sekali membuatnya dan bahannya juga tidak banyak. Oalah kalau tahu dari dulu resepnya begini saja ya dari dulu sudah saya buat. Trims buat mba Rose ya yang sudah share resep dodol agar ini.

Nah kalau di Palembang, dodol agar ini termasuk kue yang sudah umum disajikan kala hari raya, terutama lebaran, tetapi juga kalau ada acara lainnya. Dodol agar sendiri saya tahunya ketika masih tinggal di Palembang tentunya. Ada tetangga depan rumah yang suka sekali memberi dodol agar. Nah akhirnya dodol agar ini menjadi salah satu kue favorit saya.

Tetapi dulu belum ada keinginan untuk membuat sendiri. Nah waktu pulang ke Palembang sekitar bulan maret yang lalu, sempat mampir ke rumah tetangga depan, bilang kapan-kapan minta resep dodol agarnya ya...Eh ternyata sampai pulang lagi ke Batam belum sempat lagi mampir..he he he...

cara membuat telur bumbu bali
telur bumbu bali

Lagi ingin makan telur nih...hmm sepertinya telur bumbu bali enak deh..yup..ternyata enak juga buatan sendiri..he he he... Belum pernah buat telur bumbu bali sendiri nih, hmmm jadinya resepnya niru saja ya..nirunya resep telur bumbu bali diah didi's kitchen, tentunya dengan modifikasi sedikit sesuai selera saya.

Kalau dulu di surabaya sering sekali menemukan menu telur bumbu bali ini. Bahkan ada juga nih menu sarapan telur bumbu bali dan ayam bumbu bali juga sebagai campuran nasi pecel. Dulu saya suka sekali sarapan nasi pecel dengan telur atau ayam bumbu bali ini. Rasanya ya kok enak saja ya pecel disandingkan dengan telur dan ayam bumbu bali ini.

Nah ternyata membuat telur bumbu bali ini tidak susah ya..bumbunya juga ternyata cukup sederhana, bumbu yang selalu ada di dapur saya. Nah karena hubby tidak suka masakan manis dengan tambahan kecap dan gula, baik itu gula putih ataupun gula merah, maka saya skip kecap dan gula merah pada resep mba Didi, sebagai gantinya saya gunakan saja tomat. Nah mengenai rasa..enak....saya suka...

cara membuat cilok
cilok (aci dicolok)
Akhirnya saya mencoba juga resep cilok ini...sudah lama sekali ingin buat, tetapi masih malas saja. Ternyata tidak susah untuk membuat cilok ini ya. Untuk resep kali ini saya gunakan resep cilok mba Ricke just ordinary kitchen. Sudah lama saya bookmark resep ini, karena sepertinya cukup mudah ya untuk membuatnya.

Cilok sendiri sudah cukup lama saya kenal nih, dulu waktu kuliah di Bandung suka juga iseng membeli cilok. Dulu sempat lucu juga dengarnya cilok, tetapi teman saya asli Bandung bilang kalau cilok itu artinya aci dicolok. Nah aci itu nama lain tepung tapioka. Selain cilok ada lagi temannya yaitu cireng, yaitu aci digoreng. Cireng ini dulu biasanya dijual oleh tukang gorengan. Hmmm dulu cireng ini juga menjadi salah satu gorengan favorit selain gehu dan bala-bala pastinya. Dan satu lagi yang menjadi favorit saya..nanas goreng..hmmm maknyuss sekali deh.
donat isi selai
donat isi selai (paczki)

Wah begitu lihat file-file lama, ketemu deh donat isi selai ini (paczki). Ternyata donat ini sudah saya buat 2 tahun yang lalu. Cukup lama ya...wah enak juga nih kalau buat lagi ya...hmm kalau mood dalam waktu dekat mungkin saya akan membuat donat ini lagi.

Nah donat ini saya buat berdasarkan resep donat jelly ala Polandia dari jtt. Dengan isian berupa selai blueberry dan strawberry. Nah mengenai rasa yang pasti enak ya..he he he... Saya mencoba resep ini karena teringat dengan donat isi yang ada di dunkin donuts. Secara kalau di Batam kan mana ada dunkin donuts. Sampai sekarang tahun 2014 begini, masih belum ada juga dunkin donuts di Batam. Sedangkan J'Co donuts sudah semakin banyak saja gerainya.

Kalau selera saya sih, saya lebih suka dunkin donuts, secara donutnya lebih padat, tidak langsung kempes ketika digigit. Beda dengan donat J'Co, yang langsung kempes ketika digigit. Walaupun secara penampilan donat J'Co pastinya lebih menarik, lebih banyak variasi toppingnya. Hmmmm satu lagi nih yang saya kurang suka dengan donat J'Co, terlalu manis.

Tetapi semua kembali kepada selera ya...buktinya banyak juga yang suka dengan donat J'Co.  Malah ada nih gerai yang di mega mall Batam Center, laris manis. Apalagi nih sering saya lihat orang-orang Singapore sering sekali beli sampai berdus-dus. Ya secara memang ada jalan khusus dari pelabuhan feri singapore - batam yang langsung menuju ke mall ini. Jadi sangat mempermudah lalu lintas pengunjung singapore-batam.


Resep pindang tulang pegagan ini akhirnya saya eksekusi juga. Sudah cukup lama saya bookmark resep pindang pegagan ini dari blognya mba Rose. Di resep asli sih pindang ini menggunakan ikan patin, hanya saja saya tidak makan ikan patin makanya saya ganti saja dengan tulang sapi. Nah secara keseluruhan resep asli saya modifikasi sesuai selera saya ya...

Nah pindang pegagan ini juga bisa menggunakan ikan gabus ya...atau ikan baung juga. Hmmm yang belum tahu kenapa nama pindang ini adalah pindang pegagan, ini dia nih...sebenarnya pegagan itu nama suatu tempat di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Nah kalau di Palembang suka sekali nih ada yang jual pindang pegagan, ataupun pindang meranjat yang juga daerah di OKI.

Nah bedanya apa ya antara pindang pegagan dan pindang meranjat? Menurut yang saya baca-baca nih, pindang meranjat itu lebih berasa sekali terasinya (calok untuk istilah Palembangnya), sedangkan untuk pindang pegagan rasanya lebih mild. Kedua-duanya sama-sama menggunakan nanas sebagai sumber asamnya.

seblak pasta fusilli
seblak fusilli

Hmmmm penasaran dengan seblak nih..akhirnya saya buat saja seblak fusilli ini. Nah resepnya sih hasil modifikasi dari femina. Hanya walaupun cabai rawit merahnya sudah saya tambahkan tetap rasanya kurang pedas menurut saya. Hmmm lain kali mau buat lebih pedas lagi deh...

Nah..sudah beberapa hari ini sih saya lihat posting di grup facebook aneka resep kue dan masakan enak sedang heboh seblak. Pertama sih apa itu seblak ya..banyak yang beri informasi kalau seblak itu sebenarnya asalnya dari kerupuk yang direndam air panas lalu kemudian ditumis dengan bumbu berupa cabai rawit merah serta kencur dan tentunya bawang. Seblak sendiri sih dari bahasa Sunda yang artinya nyeblak dan kaitannya dengan makanan adalah rasa/sensasi yang pedas dan nampol.

Tetapi sekarang-sekarang ini malah sudah banyak variasi seblak, ada yang seblak jamur, seblak ceker, seblak bakso. Nah malah pernah ada yang posting seblak, tetapi penampakannya mirip bakso. Langsung deh pada heboh, tidak salah postingkah? itu seblak atau bakso? he he he... saya sih silent reader saja ya..baca saja komen buntik-buntik disana. 

resep tahu isi sayuran ayam praktis
tahu isi ayam sayuran praktis

Hujan-hujan memang enaknya makan gorengan ya..nah makanya saya membuat tahu isi ayam sayuran yang cukup praktis ini. Praktis karena masih menggunakan tepung bumbu instan kobe rasa bawang. Nah seperti biasa jika menggunakan tepung instan saya selalu tambahkan lagi campuran tepung terigu dan tepung beras untuk mengurangi rasa asinnya. 

Tahu isi sebenarnya banyak namanya ya..kalau di Palembang sejak kecil saya tahunya kalau tahu isi itu namanya tahu bunting...he he he..lucu juga ya..ya bunting itu artinya hamil..ha ha ha...namanya ada-ada saja. Ya tetapi namanya juga istilah daerah sana ya..dan sudah lazim disebut begitu. Nah sekarang namanya apa masih sama ya..atau sudah jadi tahu isi juga.

Begitu saya mulai ke Bandung, ternyata untuk tahu bunting ini namanya gehu. Hmmm kalau di Surabaya kalau tidak salah namanya tetap tahu isi deh. Hanya kalau di Surabaya kita kalau beli gorengan gurih tidak hanya cabai rawit sebagai teman makannya, tetapi ada juga sambal petisnya. Nah ini yang unik sedikit nih..untuk bakwan kalau di Bandung namanya bala-bala..eh begitu di Surabaya tahu deh kalau namanya itu ote-ote. Hmmmm sama tetapi beda nama ya...

sambal ikan asin benggol
sambal ikan benggol asin/peda & terong

Hari ini masak yang mudah dan cepat saja..yup..sambal ikan benggol asin dengan terong. Ikan ini sih kalau nama lainnya ikan peda ya..atau ikan cuwe. Nah kalau di Batam namanya ikan benggol. Kalau di pasar, ikan benggol ini banyak sekali dijual segar. Kalau enaknya sih ikan benggol ini yang besar-besar, lebih berasa dagingnya. Paling enak memasaknya dengan cara digoreng garing lalu disambal. Hmmm dinikmati dengan nasi hangat tambah maknyuss.

Nah untuk ikan benggol versi asinnya tentu saja dijualnya di penjual khusus ikan asin. Tadi saya beli 1/4 kg saja dengan harga 12 ribu rupiah. Hmmm tadinya mau beli 1 ons saja, ealah ternyata 1 ons hanya dapat 5 ekor saja. Mana cukup...akhirnya beli deh 1/4 kg.

Kebetulan tadi saya membeli beberapa jenis teri dan ikan asin untuk dikirim kepada ibu saya yang di Palembang. Hmmm beliau paling suka jika dikirim ikan asin atau teri dari Batam. Yang paling favoritnya adalah ikan asin bulu ayam serta ikan asin krisik. Nah karena pernah diperingatkan adik saya kalau mengirim ikan asin jangan banyak-banyak, maka tadi saya beli secukupnya saja.

membuat ayam rica rica
ayam rica rica

Wah sudah beberapa hari ini malas sekali masak..dan pastinya jadi malas posting nih, tetapi hari ini ingin makan ayam rica rica, maka jadilah masakan ayam rica-rica ini akhirnya saya masak. Nah kalau kita tahu kan ya..ayam rica rica ini aslinya masakan Menado. Nah secara kalau masakan Menado ataupun masakan dari daerah timur Indonesia maka tentu saja cukup sering dimasak oleh ibu saya.

Hmmm ayam rica-rica ini sih adaptasi dari resep ibu saya sih...hanya saya tidak tanya langsung kepada beliau pastinya bumbunya apa. Hanya ini seingat saya saja. Nah biasanya ayam rica rica ala ibu saya sedikit berkuah, dan menurut saya itu yang saya suka. Makanya ayam rica-rica saya ini sedikit berkuah. Jadi tidak saya masak sampai airnya benar-benar menyusut.

Dan kalau kita perhatikan resep-resep yang beredar, ada ayamnya yang terlebih dahulu digoreng, kalau itu sih kembali ke selera masing-masing ya..soalnya ayam rica rica yang saya buat ini ayamnya tidak digoreng dahulu. Nah untuk ayamnya sendiri saya gunakan bagian dada tanpa kulit. Secara bagian ini yang paling sedikit lemaknya. Jadi bagi yang sedang berdiet, masakan ini bisa dicoba ya. Tetap gunakan minyak canola untuk menumis supaya lebih sehat ya.

membuat asam pedas ayam mudah
asam pedas ayam

Nah bagi yang berlebaran setelah puas menikmati hidangan lebaran yang biasanya sarat santan seperti opor ayam, rendang, maka tidak ada salahnya nih mencoba masakan segar kali ini yaitu asam pedas ayam yang mantap pedasnya. Tentu akan memberikan nuansa yang pastinya berbeda donk ya...

Asam pedas ini memang salah satu masakan kesukaan saya, selain mudah dan cepat untuk membuatnya, rasanya juga memuaskan. Dengan paduan asam dari asam kandis dan tomat serta pedasnya yang mantap dengan penggunaan cabai rawit merah/rawit setan yang cukup banyak. 

Karena menggunakan daging ayam, tentu saja nih kuahnya akan gurih alami dari penggunaan daging ayam itu sendiri, jadi bagi yang tidak suka menggunakan kaldu bubuk, maka masakan ini bisa dijadikan alternatif masakan yang sehat lho. Selain itu bagi yang berdiet tentu saja makanan ini cocok, karena tentu saja rendah kalori. Gunakan sedikit minyak untuk menumis bumbu, dan baiknya gunakan minyak canola yang rendah lemak jenuh. Lalu gunakan sedikit garam bagi yang sedang diet rendah garam. Rasa hambar tertutupi dengan penggunaan bumbu yang beragam. Lalu bagi yang diet rendah lemak, gunakan ayam tanpa kulit, sebaiknya gunakan bagian dada yang tentu saja sedikit lemaknya.

NewerStories OlderStories Home