bakpao sayuran ayam
bakpao ayam wortel

Wah sudah lama sekali tidak membuat bakpao, malah sudah lupa resepnya, he he he..makanya kali ini coba buat bakpao lagi, bakpao isi ayam dan wortel. Secara nih ketika blogwalking di blognya mba Endang, lihat posting terbaru, roti pao ala pembaca JTT. Hmmm baca-baca bahan dan cara membuat, untung semua bahan ada stoknya. Lanjut eksekusi resep deh. Tetapi seperti biasa saya buat tidak 1 resep, cukup 1/2 resep saja.

Membuatnya bisa dibilang cukup mudah, tetapi hasilnya bakpao yang empuk lembut. Oh iya ini perbandingan bahan saya terhadap resep asli : untuk tepung sendiri saya gunakan campuran tepung terigu protein sedang dan rendah. Untuk isi saya modifikasi dengan menambahkan wortel. Mentega saya ganti dengan minyak secara bisa juga diganti minyak.


Hasil blogwalking beberapa hari yang lalu, jadilah membuat bakso ayam teriyaki atau teriyaki chicken meatballs ini. Ternyata masakan satu ini tidak kalah mudah seperti masakan chicken teriyaki yang pernah saya buat sebelumnya, baik itu chicken teriyaki bumbu instan saori ataupun chicken teriyaki tanpa saus instan.

Resep kali ini saya gunakan resep dari Nami pemilik blog Just One Cook Book. Nah saya yakin nih beberapa pembaca pasti sudah sangat mengenal blog ini. Dari beberapa resep yang saya lihat, akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk mencoba resep bakso ayam teriyaki atau teriyaki chicken meatballs ini dulu.

Bahan-bahannya sederhana, semua bisa dengan mudah kita dapatkan kecuali tentu saja yang namanya mirin dan juga rice vinegar. Nah mirin sendiri sejenis sake (tahu kan sake...pernah nonton Oshin atau Orin kan? lha apa hubungannya ya? he he he...) Mirin ini kandungan alkoholnya lebih rendah dari sake dengan kadar gula tinggi. Pengganti mirin ini disebutkan bisa juga dari campuran sake ditambah gula (nah lho mirin saja tidak ada, apalagi sake..he he he...)

bika ambon mudah
bika ambon
Halah..edisi latah lagi nih..kali ini mencoba resep bika ambon. Yup salah satu makanan yang juga booming di grup kuliner. Banyak resep yang beredar dan banyak yang mencoba, jadi tidak ada salahnya mencoba membuat juga. Dan pastinya kalau sudah mencoba bisa posting di blog, dan kapan-kapan mau membuat lagi tinggal intip di blog saja.

Kalau dari namanya bika ambon, biasanya ini kue khas ambon kan ya..eh malah ini kue khas dari medan. Nah mungkin sama kali ya dengan pisang ambon, namanya saja pisang ambon..he he he.. Bika ambon ini memang khas dari medan deh, dan pernah nih ada teman sekerja dulu memberi oleh-oleh bika ambon. Nah mengenai rasa..alamak enak sekali..ha ha ha..berlebihan ya...ya serius enak..

Nah kalau untuk membuat sendiri masih pikir-pikir, sampai akhirnya ada resep yang saya rasa cukup mudah. Akhirnya eksekusi deh. Tetapi kali ini coba setengah resep dulu, dan untuk santannya saya gunakan santan instan yang saya encerkan dengan air, alhasil rasanya tidak begitu berminyak, tetapi tetap enak donk. Ya senang juga bisa membuat bika ambon sendiri ya, lumayan...

cara membuat bika ambon mudah
bika ambon bersarang

nasi goreng tomat mudah praktis
nasi goreng tomat
Banyak sekali ya jenis nasi goreng, apa saja bisa dibuat nasi goreng dan namanya juga jadi unik sesuai bahan yang digunakan seperti nasi goreng tomat kali ini. Menggunakan tomat, wortel, daging ayam dan telur juga, lha namanya cuma nasi goreng tomat. Kadang-kadang memang kalau memberi nama masakan suka-suka kita ya. Tidak masalah ya selama kita yang buat..betul...

Nah kalau dilihat-lihat banyak sudah resep nasi goreng yang saya posting ya, secara memang cukup sering saya memasak nasi goreng. Dari mulai yang standar saja, yang pedas, super pedas hingga yang sedikit unik seperti nasi goreng buto ijo. Dan saya yakin nih banyak pembaca juga sudah sering sekali masak nasi goreng sendiri kan, malah punya resep nasi goreng andalan kan...

Kali ini nasi goreng tomat ini saya buat khusus buat anak tercinta, sengaja dibuat tidak pedas sama sekali, nah kalau buat emak bapaknya pasti itu sudah ada irisan cabai rawit yang cukup banyak dimasukkan ke dalamnya. Atau malah, kalau tidak malas cabai rawitnya diulek dan kalau mau super pedas gunakan cabai rawit merah/setan. Wuihh mantap..

sambal kincung bunga kantan
sambal honje
Kesampaian juga akhirnya saya membuat sambal honje yang sudah lama ingin saya buat. Idenya membuat sambal ini ketika melihat satu posting di fb, ada member yang posting resep sambal honje. Nah kala itu belum ngeh kalau kecombrang atau kincung atau bunga kantan itu ya sama saja dengan honje ya.

Akhirnya ketika googling oalah..honje itu ya kecombrang..tepok jidat. Kalau di Batam sendiri kenalnya nama ini yaitu kincung. Itu pun tahunya dari penjual di pasar. Dan memang ternyata kecombrang ini cukup mahal harganya. Ketika saya membuat asam pedas ayam menggunakan kincung ini harganya 25 ribu rupiah per kilo. Nah lho kali ini harganya 40 ribu rupiah per kilo. Tetapi tetap beli juga walaupun hanya 2 buah dengan total berat 200 gr.

Rasa kecombrang ini bagaimana ya, sengau-sengau asam begitu, unik sekali rasanya. Nah ternyata ketika dibuat sambal ya enak juga. Tetapi dengan catatan ya..bagi yang suka dengan rasa bunga kantan ini.  Apalagi jika dibuat sambal cabai rawit begini, pedasnya mantap berpadu dengan rasa asam sengau honje. Resepnya sambal kali ini saya buat sama saja dengan resep sambal cabai rawit biasa hanya tambahkan irisan honje.

resep pull apart garlic cheese bread
resep pull apart garlic cheese bread

Ketemu resep pull apart garlic cheese bread ini ketika beberapa waktu yang lalu ada teman fb yang sharing link roti ini. Tertarik deh dan langsung buka linknya. Secara sudah terbayang menyantap roti rasa bawang putih dan keju..hmmm yummy..

Kali ini membuat pull apart garlic cheese bread menggunakan roti yang sudah jadi. Nah saya gunakan roti yang namanya batard, he he he saya tahunya namanya batard karena ada label namanya. Roti ini saya beli di carrefour. Batard sendiri pada dasarnya adalah french bread dan hampir sama dengan  baguette. Hanya ini bentuknya besar dan gemuk, tidak panjang seperti baguette.

Di resep asli sih hanya disebutkan lebih bagus untuk membuat pull apart bread ini menggunakan sourdough bread. Nah apa sih sourdough bread itu, intip-intip di wikipedia dikatakan bahwa sourdough bread itu adalah roti yang dihasilkan dari adonan dengan fermentasi yang lama menggunakan ragi/yeast dan lactobacilli/laktobasilus (sejenis bakteri).  Roti ini akan sedikit asam karena adanya asam laktat yang diproduksi oleh lactobacilli.

sambal bawang bu rudy
sambal bawang bu rudy
Jiah....ketinggalan neh membuat sambal bawang bu Rudy ini. Sudah lama padahal ya ngetren dan banyak juga yang sudah coba. Hmmm sebenarnya menikmati sambal asli buatan bu Rudy sendiri saya belum pernah. Tahunya ada sambal bu Rudy yang terkenal ini karena lihat di salah satu acara televisi.

Nah untung ya ada mba Rina Rinso yang sudah mencoba membuat resep sambal bawang ala bu Rudy ini. Terima kasih resepnya ya mba Rina. Dan jadilah sambal ini yang beredar di dunia maya. Nih walaupun belum pernah mencobanya dan hanya membaca resepnya saja..sudah bisa membayangkan betapa pedasnya sambal ini.

Setelah dicoba nih..alamak pedasnya..tetapi enak sekali, benaran deh...wuih apalagi bagi pecinta pedas seperti saya, benar-benar mantap menyantap sambal ini. Nah sejak pertama buat, suka dan akhirnya buat lagi..he he he..

onion ring kriuk renyah
onion ring renyah
Hari ini ada ide membuat onion ring yang kriuk renyah. Hmmm gunakan saja bahan yang ada di rumah. Nah untungnya ada stok bawang bombay 2 buah ukuran cukup besar. Tinggal meracik bahan tepungnya. Nah kebetulan juga ada tepung bumbu instan rasa bawang merk kobe. Ya sudah pakai ini juga sebagai campuran.

Karena menggunakan tepung bumbu instan maka saya biasanya campur lagi dengan tepung terigu dan tepung beras supaya tidak terlalu asin. Karena menurut saya tepung bumbu instan terlalu asin. Tetapi jika suka bisa kok menggunakan tepung instan semua, supaya lebih praktis. Dan karena tidak menggunakan garam lagi jadinya onion ring saya ini malah jadi tidak asin sama sekali..alias hambar tidak terasa garam...he he he...yang suka silakan tambahkan garam ya...

Yang belum pernah mencoba menyantap onion ring, maka patut dicoba deh, bawang bombay kalau dibalut tepung begini kemudian digoreng maka rasanya manis, dipadu dengan gurih tepung lalu renyahnya yang kriuk-kriuk. Satu tidak akan cukup...apalagi jika dicocol dengan saus sambal dan saus tomat serta mayonnaise...yummy....Nah terbayang tidak? he he he..
resep kue favorit onde onde
onde onde kacang hijau
Satu lagi kue favorit saya..yup..onde onde...kue yang termasuk kue jadul yang sampai sekarang tetap eksis. Memang kue berbahan dasar tepung ketan ataupun ketan adalah kue favorit saya. Rasanya menurut saya ya kok enak ya...

Nah selama ini beli terus onde ondenya...biasa suka beli onde-onde pagi hari di penjual aneka kue. Harga seribu rupiah. Seperti biasa makin lama onde-ondenya makin menciut..he he he...sekarang onde ondenya mungil-mungil. Biasa ada 2 jenis isinya yaitu kacang hijau dengan kulit dan kacang hijau tanpa kulit. Menurut saya lebih enak yang tanpa kulit. Tetapi tetap dua-duanya saya suka.

Kalau mau makan onde onde yang sedikit lebih besar dan rasa yang lumayan enak, ada onde onde yang dijual di Holand Bakery, harga 4.500 rupiah..hmmm lumayan mahal ya... Nah kali ini mau mencoba membuat onde onde sendiri, secara masih ada sisa tepung ketan waktu membuat getas ketan hitam beberapa waktu lalu.

ayam teriyaki
resep ayam saus teriyaki
Kali ini mencoba resep chicken teriyaki (ayam saus teriyaki) tanpa bumbu instan saori. Ingin mencoba membuat bumbunya sendiri. Ternyata sangat mudah sekali, dan yang jelas tidak pakai lama dan pastinya enak, tidak kalah dengan ayam teriyaki dengan bumbu instan. Tetapi yang tertarik dengan resep chicken teriyaki praktis, silakan lihat di resep chicken teriyaki saus saori ya...

Nah karena saya sukanya chicken teriyaki dengan tambahan sayuran maka kali ini tidak absen buncis dan kapri yang saya gunakan. Dan tidak afdol rasanya menikmati ayam teriyaki tanpa taburan wijen sangrai..he he he...

Untuk resep kali ini saya gunakan resep dari website mba Daisy Full Thyme Student. Judulnya saja sudah cukup menarik buat saya...how to make chicken teriyaki in 15 minutes. Wah mantap kan..membuatnya tidak pakai lama. Patut dicoba kan...

cah sayuran
cah sosis sayuran
Melihat-lihat isi kulkas, akhirnya dapat bahan seadanya dan buat saja cah sosis sayuran. Resep yang sangat mudah dibuat dan sangat sederhana bahan-bahannya. Bahan-bahan yang tersedia di dapur. Masakan yang bisa jadi alternatif memasak cepat dan mudah.

Dari segi bumbu mirip dengan resep capcay saya rasa. Menggunakan kecap ikan dan saus tiram juga. Sempat was-was nih menggunakan kecap ikan. Takut terlalu asin. Nah karena itu tadi saya tidak menggunakan garam lagi. Takut pusing kepala karena campuran kecap ikan dan sosis. Secara masakan yang saya buat kali ini cukup tinggi garam.

Yang berpantang dengan makanan tinggi garam sebaiknya tidak menyantap makanan ini ya...walaupun penggunaan kecap ikan hanya 1 sendok makan tetapi menurut saya sudah cukup asin. Ah untunglah sedikit diimbangi dengan banyaknya sayuran yang saya gunakan. Yang sedang diet rendah garam boleh lihat-lihat menu masakan yang pernah saya buat di kategori diet ya...siapa tahu bisa menjadi inspirasi masakan sehari-hari.
resep roti sangjin ko
roti tanpa ulen ala Sangjin Ko
Setelah sekian lama vacuum membuat roti, karena terbayang proses ulen yang cukup menyita waktu dan tenaga, akhirnya saya membuat roti lembut tanpa ulen ala Sangjin Ko. Nah dari judulnya sudah terbayang kan mudahnya membuat roti ini. Ya benar-benar mudah, saya saja sendiri seperti tidak percaya nih..he he he..lebay...

Saya kebetulan lihat ada yang posting hasil karyanya membuat roti ala Sangjin Ko ini di salah satu grup kuliner fb. Nah langsung deh googling...ketemu resepnya di blog mba Ajeng my lovely notes : roti empuk ala sangjin ko. Terima kasih mba Ajeng sudah sharing resepnya ya...

Pada dasarnya roti ala sangjin ko ini cuma aduk-aduk, lalu fermentasikan selama 20 menit, lalu kempiskan adonan, fermentasikan lagi 20 menit. Lakukan sampai 3x di suhu ruang. Kemudian fermentasikan adonan di dalam kulkas selama 5-6 jam sebelum dipanggang. Tetapi jika tidak mau menunggu lebih lama setelah 3x fermentasi bisa kok langsung dibentuk kemudian dipanggang, seperti yang saya lakukan kali ini. Lain kali mungkin saya akan coba fermentasi lebih lama. Walaupun tidak difermentasikan di kulkas tetapi hasilnya tetap lembut empuk dan enak.
resep roti empuk lembut sangjin ko
roti empuk sangjin ko
cara membuat pempek lenggang
pempek lenggang
Banyak juga ternyata jenis-jenis masakan khas Palembang dari bahan pempek ya...nah kalau yang satu ini namanya pempek lenggang. Pempek lenggang sendiri ada 2 jenis, satu yang digoreng begini, versi praktis dan satu lagi versi panggang. 

Yang versi panggang menggunakan daun pisang yang dibentuk mangkuk persegi (bentuk takir), baru kemudian diisi dengan campuran pempek lenjer dan telur kocok. Baru kemudian dipanggang hingga matang. Nah kalau makan pempek di Palembang (di warung pempek) yang menyediakan lenggang, versi panggang yang biasa disajikan.

Untuk versi goreng ini, biasanya kalau membuat sendiri di rumah, versi homemade, praktis dan cepat, sama saja seperti kita membuat dadar telur. Nah kalau saya sih seringnya ya membuat versi praktis ini. Kalau versi panggang pernah juga sekali dulu membuatnya.

resep tahu jamur lada hitam
tahu jamur lada hitam
Memasak kali ini mudah saja tahu jamur kuping lada hitam. Nah yang suka pedas lada hitam, masakan ini bisa dicoba. Dan kalau suka lebih pedas bisa tambahkan cabai rawit merah juga..he he he..mantap kan pedasnya.

Karena saya suka sekali dengan masakan lada hitam, maka tentu saja masakan tahu lada hitam ini menurut saya cukup enak, selain itu membuatnya juga mudah sekali. Memanfaatkan bahan yang ada di rumah. 

Nah saya pernah buat sapi lada hitam, yang menurut saya enak...he he he..lalu beberapa kali membuat ayam lada hitam sebagai saus spaghetti, atau pizza lada hitam, ayam goreng tepung saus lada hitam, kwetiau siram saus lada hitam, nasi goreng lada hitam, bakso saus lada hitam, bahkan pernah hanya menumis sayuran dengan lada hitam...hmmm sebagai penyuka lada hitam tentu banyak masakan yang bisa divariasikan kan...

resep banana bread smitten kitchen
cake pisang dobel coklat
Ada pisang yang sudah kematangan sekali, akhirnya memutuskan membuat double chocolate banana bread ala smitten kitchen. Nah mengapa saya memilih resep smitten kitchen, karena saya lihat kok bahannya mudah dan review pembaca terhadap resep ini cukup bagus.

Ya kalau diperhatikan memang smitten kitchen ini sudah cukup terkenal ya di dunia maya kuliner. Secara review pembaca sangat bagus sekali, dan banyak resepnya menjadi referensi orang-orang. Nah saya saja sudah mencoba 3 resep dari smitten kitchen termasuk yang ini. Hmmm semua enak...(menurut saya lho...). Salah satunya adalah pancake apel yang mudah sekali dibuat tetapi enak.

Nah jadinya ya langsung eksekusi saja resepnya secara pisang kematangannya tidak bisa menunggu lagi..keburu busuk. Dan hasilnya tralala...seperti penampakan di atas ya...Nah tadi begitu sudah matang saya mikir..mirip brownies pisang nih..dari segi rasa juga..jadi apa bisa dikatakan kalau ini brownies pisang dobel coklat?
banana bread smitten kitchen
double chocolate banana bread smitten kitchen
cara membuat baso goreng
baso tahu goreng
Baso goreng ayam tahu sayuran ini saya buat ketika membuat baso tahu isi ayam sayuran. Nah isian tahunya berlebih cukup banyak saya buat. Akhirnya ya punya ide buat baso goreng saja nih. Jadinya malah enak buat cemilan. Dicocol saus sambal dan saus tomat ya enak.

Dijadikan lauk untuk makanan anak juga enak. Hanya kali ini yang saya buat jadi cemilan saja buat Sophie, digado begitu saja. Ya lumayanlah supaya dia menyantap sayuran juga. Untung dia suka dengan cemilan yang begini.

Nah untuk sayuran bisa sesuai dengan selera atau stok yang ada saja, jadi ya sangat mudah membuatnya ya, ayam juga bisa diganti dengan udang dan sepertinya enak juga tuh kalau dengan udang. Atau malah dicampur udang dan ayam..makin enak deh...

sup ikan kuning gangan khas belitung
gangan ikan (sup kuning ikan) khas belitung
Masakan Belitung yang sudah beberapa bulan ini saya ingin buat, gangan ikan (sup kuning ikan) khas Belitung. Kalau diperhatikan mirip ya dengan masakan khas Bangka lempah kuning nanas. Ya karena masih tetanggaan pulau kali ya...

Gangan ini sendiri saya baru tahunya ya ketika membaca buku travel di pesawat citilink dalam penerbangan Batam - Surabaya. Di sana dibahas wisata di pulau Belitung. Termasuk kulinernya tentu saja. Nah waktu baca-baca memang selintas mirip dengan lempah kuning, hanya gangan ini tidak menggunakan serai. Nah gangan ada menggunakan kemiri dimana tidak pada lempah kuning nanas. Mengenai rasa..saya rasa mirip-miriplah ya...

Yang suka dengan sup ikan, bisa mencoba membuat gangan ikan ini, rasanya ya gurih ikan bercampur dengan asam manis nanas. Bisa dibayangkan rasanya. Untuk ikan sepertinya bebas-bebas saja ya menggunakan ikan apa saja seperti halnya lempah kuning nanas. Lebih enak mungkin kalau menggunakan ikan berdaging putih.

buah naga
smoothie buah naga

Masih olahan buah naga nih..kali ini smoothie buah naga..membuatnya sangat mudah sekali. Bahan-bahannya juga tidak banyak, hanya buah naga, susu cair serta es batu. Jika suka bisa tambahkan gula ataupun madu sesuai selera.

Buah naga sendiri sih termasuk buah yang dihasilkan dari sejenis tanaman kaktus. Dan aslinya sih dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Hanya sudah dibudidayakan di negara-negara Asia.

Kenapa bisa dinamakan buah naga? Buah ini dianggap buah yang membawa berkah oleh orang Vietnam dan orang Cina, karena itu selalu diletakkan di meja altar di antara 2 buah patung naga yang berwarna hijau. Dari kebiasaan inilah maka buah ini disebut sebagai buah naga.

puding kaca buah naga
puding kaca buah naga

Ada ide membuat puding kaca buah naga ini ketika pernah melihat ada yang posting puding kaca di salah satu grup kuliner. Ah rasanya jadi ingin membuat juga. Sepertinya bagus juga nih.

Puding kaca ini pada dasarnya mirip ya dengan pudding mozaik, puding yang cukup tenar juga di kalangan anggota grup kuliner. Banyak yang sudah membuat puding mozaik dengan berbagai macam resep. Bahkan ada yang sampai jualan juga...hmmm mantap kan... 

Nah kalau puding mozaik ini adalah puding dengan berbagai warna yang biasanya dilapis dengan puding susu. Jadinya kontras antara putih dan warna-warni. Jadi kelihatan bagus sekali puding ini. Dan pastinya kelihatan lezat. Sedangkan puding kaca, tentu saja dilapisnya dengan agar-agar plain sehingga menghasilkan lapisan yang bening. Nah puding kaca juga penampilannya bagus dengan warna-warni.

rujak mie pempek dos
rujak mie
Satu lagi makanan khas Palembang yang saya buat, rujak mie...Sudah lama sekali tidak makan rujak mie, jadi ketika membuat pempek dos, mau coba juga menyantap rujak mie. Nah rujak mie sendiri ya pada dasarnya pempek dengan tambahan mie.

Nah seingat saya nih enaknya rujak mie ini ya dengan taburan ebi sangrai yang dihaluskan, jadi makin mantap rasanya. Hanya saja..ebi sudah saya sangrai..eh lupa deh...main santap-santap saja karena sudah tidak sabar ingin menyantap rujak mie ini...he he he...

Entah kapan terakhir saya menyantap rujak mie ya..sepertinya sudah lama sekali. Nah rujak mie ini memang cukup mengganjal perut...kenyang deh jadinya jika sudah menyantap satu porsi rujak mie. Biasanya rujak mie ini menggunakan mie kuning basah yang biasa dijual di pasar. Nah rasanya menurut saya jauh lebih enak daripada jika menggunakan mie telur seperti yang saya buat kali ini. Karena kenyal-kenyalnya kali ya...

bolu kukus mekar ny. liem
brownies kukus mekar ny. Liem
Senang deh..jadi juga buat brownies kukus mekar ny. Liem ini. Wah ternyata benar-benar mekar. Sempat H2C (harap harap cemas) juga tadi mekar tidak ya....karena ini baru pertama kali coba buat brownies kukusnya ny. Liem ini.

Resep saya dapatkan dari mba Sashy, brownies kukus mekar (ny. Liem), wuih..dari penampakan brownies yang dibuat mba Sashy benar-benar memikat. Ingin coba buat juga, sedikit penasaran juga apa bisa ya saya buat sampai mekar begitu? He he he ternyata terjawab sudah...mekar... Terima kasih sudah sharing resep ini ya mba Sashy...

Nah kuncinya membuat brownies mekar ini dan secara umum bolu kukus adalah, pastikan mengisi cetakan sampai penuh, dandang kukusan harus sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai airnya mendidih sehingga uapnya banyak, perhatikan untuk tidak mengisi air terlalu banyak sehingga akan menciprati bagian bawah cetakan yang akan mengakibatkan bagian bawah akan bantat.
resep nasi ayam hainan
nasi ayam hainan versi rice cooker
Resep nasi ayam hainan yang selama ini ingin sekali saya buat, akhirnya buat juga dengan versi rice cooker dan rendah lemak (harapannya..he he he). Kalau melihat resep-resep yang beredar ya memasak nasi ayam hainan ya menggunakan ayam utuh (tanpa kepala, leher, ceker). Nah karena saya kalau masak sendiri biasa tanpa mengikutsertakan kulitnya, maka saya gunakan saja 2 buah dada ayam tanpa kulit.

Ya selama ini kalau beli nasi ayam di tempat langganan selalu minta bagian dada, nah biasa ada sedikit kulit yang tentu saja saya sisihkan. Sering sekali beli nasi ayam jadinya yang jual kalau saya pesan selalu bilang duluan, bagian dada kan..he he he tahu saja nih bapak.

Yang saya suka dengan nasi ayam langganan saya ini adalah bumbunya benar-benar enak, berasa sekali jahe dan bawang putih serta minyak wijennya. Nah saya sering mereka-reka resep nasi ayam ini, hanya saja reka-reka saya tentunya berdasarkan referensi juga. Mengira-ngira apakah sesuai dengan nasi ayam yang biasa saya beli.

cara membuat donat santan
donat santan
Akhirnya..jadi juga donat santan saya..setelah cukup lama menjadi resep yang saya bookmark. Ternyata lembut juga donat santan itu, walaupun tanpa kentang. Dan rasanya enak, menul-menul. Wah bisa buat lagi nih kapan-kapan.

donat tanpa kentang
donat santan menul menul
Resep donat santan ini saya dapatkan dari blog mba Arik, nah tertarik dengan penjelasan mba Arik kalau donat ini lembut hasilnya. Hmmm jadi penasaran kan..akhirnya dengan bahan seadanya saya buat juga nih donat santannya. Resep donat santan yang saya buat ada beberapa modifikasi sedikit disesuaikan dengan stok di dapur saya. Terima kasih resepnya ya mba Arik.

puding susu buah naga
puding susu buah naga
Puding memang jenis makanan yang banyak sekali variasinya ya...buah-buahan paling enak dijadikan puding secara kalau dengan buah ya rasanya kok segar ya, apalagi jika disantap dingin seperti halnya puding susu buah naga kali ini. Nah dengan tambahan vla vanila pasti lebih maknyuss. Ya kalau dengan penambahan vla, sebaiknya puding dibuat jangan terlalu manis.

Nah karena ada buah naga yang masih tersisa, ada ide buat puding saja nih. Saya paling suka dengan buah naga merah begini. Jadi kalau beli buah naga suka tanya dulu, ini yang merah atau putih? Nah kalau merah langsung semangat deh beli.

Kebetulan waktu ke penjual buah lihat buah naga sekilo 20 ribu. Hmmm cukup murah dengan kondisi buah naga yang masih bagus. Nah biasanya buah naga merah begini penjual buah suka bilang kalau buah naga jenis ini asalnya dari barelang. Hmmm selain orang Batam dan Kepulauan Riau pasti masih asing ya dengan barelang. Yang mau tahu sedikit tentang Barelang boleh silakan lihat posting saya jalan-jalan dan wisata kuliner barelang ya..

cara membuat pempek dos
pempek dos

Kesampaian juga membuat pempek dos, akhirnya...selama ini penasaran saja. Ternyata memang mudah membuat pempek dos ini. Dan hasilnya empuk lembut, enak, dan pasti ekonomis. Nah pempek dos itu ya terkenalnya pempek tanpa ikan, jika ada yang belum pernah dengar pempek dos ya. Rasa gurih didapatkan dari kaldu bubuk.

Dulu di Palembang ya sering juga menyantap pempek dos ini, pempek dos itu termasuk pempek murah meriah. Tetapi eits jangan salah..tetap enak ya, apalagi jika sudah disantap dengan cuko, slurp..slurp..lemak nian...

Adonan pempek dos kali ini saya buat menjadi pempek kapal selam (telok besak) dan pempek lenjer saja. Secara sepertinya ini cukup mudah dan cepat. Nah kalau membuat pempek kapal selam harus cukup hati-hati supaya telur tidak keluar. Supaya mudah, adonan setelah dibulatkan, bentuk corong/sumur yang cukup dalam. 

cara membuat martabak manis teflon
martabak manis teflon

Kalau wara-wiri di beberapa grup seputar kuliner, maka tentu tidak asing lagi dengan berbagai macam resep martabak manis dengan teflon. Entah sudah ada berapa resep yang berseliweran. Tergantung cocok-cocokan juga ya...

Setelah pernah saya membuat martabak manis sebelumnya, kali ini saya tertarik untuk mencoba resep martabak manis bunda Tuti Yuniati Adiwirya. Nah resep martabak ini sedikit beda, menggunakan tepung terigu protein tinggi, tanpa menggunakan ragi instan dan di adonan menggunakan susu kental manis yang termasuk penting supaya tekstur martabak berserat. Nah berdasarkan penampakan..he he he..banyak sekali gelembung-gelembungnya (bersarang banyak), tentu saja saya penasaran nih...

Alhasil pagi ini saya eksekusi juga resep bunda Tuti. Bunda Tuti, terima kasih ya resepnya, enak...walaupun martabak yang saya buat belum bisa kenyal-kenyal seperti martabak abang jualan. Tetapi dari segi rasa tentu enak...martabak manis rumahan.

cara membuat acar timun wortel
acar timun wortel segar
Hari ini ada ide membuat acar timun wortel, secara sudah lama sekali tidak membuatnya. Kalau dipikir-pikir enak nih menyantap nasi goreng, mie goreng ataupun bihun goreng dengan acar timun wortel ini. Apalagi jika ada tambahan bawang merah dan cabai rawit yang cukup banyak..mantap...

Nih kalau ibu saya sukanya membuat acar ini kalau sedang membuat bihun goreng. Tetapi sering juga hanya membuat acar ini lalu disimpan di kulkas, nah kalau ingin makan acar ya tinggal ambil dari kulkas. Jadi ibu saya suka membuat acar timun yang cukup banyak.

Membuat acar timun ini sebenarnya sangat mudah sekali ya, saya yakin nih pasti sudah banyak yang bisa bahkan sering membuatnya sendiri kan. Tetapi bagi yang belum pernah membuatnya ya...semoga saja bisa menjadi inspirasi cara membuat acar timun wortel ini ya.
resep sarden homemade
Sarden Homemade

Akhirnya saya jadi juga membuat sarden homemade nih...kesampaian juga setelah sekian lama punya niatan membuat sarden sendiri. Saya ini suka sekali dengan sarden kalengan, hanya saja ya pastinya tidak boleh sering-sering mengkonsumsi makanan kalengan kan, secara ada pengawetnya dan kadar garamnya cukup tinggi, yang kalau digabungkan bisa membuat saya pusing menyantapnya.

Jadi sudah lama sekali sejak sering pusing kalau menyantap makanan kaleng saya tidak menyantap sarden kalengan lagi, padahal enak..hu hu hu..apalagi tuh kalau dimasak dengan tambahan bawang bombay serta cabai rawit yang cukup banyak. Hmm alamak sedap betul.

Nah ketika ke pasar, lihat ada ikan sarden, wah langsung kepikiran membuat sarden homemade, hanya saja nih, karena masih malas, jadinya ya ikannya saya bersihkan dulu, buang kepada dan ekor serta isi perutnya, lalu saya masukkan dulu ke dalam freezer. Hmm itu satu minggu yang lalu, nah baru sekarang deh membuat sardennya.

spaghetti saus ayam sayuran
spaghetti saus sayuran
Membuat makanan yang mudah dan cepat untuk anak sebagai sarapan. Spaghetti saus sayuran ini bisa dijadikan alternatif lho. Cukup tumis saja sausnya dengan bumbu minimalis, tetapi ya tergantung selera anak juga sih sukanya apa ya...

Kali ini saya buat sausnya dengan sayuran berupa wortel yang dipotong kotak kecil serta buncis yang dipotong kecil juga. Ditumis dengan daging ayam yang diiris tipis. Karena nih si buah hati tidak suka kecap maka saya gunakan saja saus tomat.

Untuk spaghettinya sendiri, berhubung Sophie suka yang agak lembut, maka tentu saja saya merebusnya lebih lama dari waktu yang dianjurkan di kemasan ya. Saya merebusnya selama 18 menit. Nah biasa kan supaya spaghetti atau pasta pada umumnya direbus selama 13 - 15 menit untuk mendapatkan hasil yang al dente (pas, tidak keras dan tidak juga kelembutan).

resep bakso tahu ayam sayuran
bakso tahu sayuran
Ikut-ikutan latah membuat baso tahu nih, dengan isi ayam dan sayuran, secara selama ini belum pernah membuat baso tahu sendiri. Tidak ada salahnya dicoba, toh ternyata cukup mudah untuk membuatnya. Nah resep kali ini lihat di baso tahu kuah mama Aisyah. Terima kasih mama Aisyah resepnya...

Hanya kali ini bakso yang saya buat belum tanpa kuah, rencana tadi mau digoreng saja, soalnya masih bingung mau buat kuah apa tidak ya. Tetapi baso tahu ini dimakan begitu saja sudah enak. Hmm sepertinya tidak usah pakai kuah dan tidak usah digoreng saja.

Sayuran yang saya pakai adalah wortel dan buncis, nah karena lupa membeli daun bawang, alhasil daun bawang saya ganti saja dengan bawang merah dan bawang putih yang diiris lalu digoreng, supaya berasa bumbu.

bakso bakar vegetarian
bakso gluten bakar
Setelah membuat gluten daging vegetarian, lanjut ke mengolah daging palsu tersebut menjadi masakan yang sedikit lebih berbumbu supaya lebih enak disantap. Nah tadi saya pilih yang cepat saja, saya jadikan bakso gluten bakar dengan bumbu kecap.

Bumbunya cukup mudah dan praktis, hanya bawang putih bubuk, merica bubuk, saus tomat serta kecap dan sedikit minyak goreng. Aduk-aduk hingga bumbu merata lalu tusuk dengan tusukan sate, bakar sebentar dengan teflon hingga sedikit gosong dan bumbu mengental.

Wah benar deh ini pengalaman pertama saya menyantap yang namanya gluten daging vegetarian. Rasanya sih menurut saya enak-enak saja setelah diolah begini. Jika belum diolah rasanya agak sedikit hambar dan sedikit berasa tepung. Ya mungkin karena baru pertama kali membuatnya ya, selain itu juga belum tahu rasa daging vegetarian umumnya. Jadi tidak bisa membandingkan.

gluten daging tiruan
daging vegetarian
Beberapa hari yang lalu ada ide membuat gluten atau daging vegetarian atau daging palsu. Nah hari ini baru dieksekusi deh glutennya, secara baru kemarin beli tepung terigu protein tinggi lagi. Hmmm kenapa ya tiba-tiba saya ingin membuat gluten?

Hal ini ketika saya membuat pizza manis topping buah, Sophie minta juga tepung terigunya di taruh di dalam mangkuk. Dia ingin juga membuat kue katanya. Nah minta sendok juga, lalu dia tuang susu cair ke mangkuknya. Dia aduk-aduk hingga kental. Keesokan harinya ketika saya mau membersihkan mangkuk bekas dia main tepung, saya lihat tepungnya kenyal seperti karet, lalu berpikir ya inilah gluten itu ya.

Bagi vegetarian, tentu gluten ini tidak asing lagi kan, gluten ini seperti daging yang bisa dimasak apa saja seperti halnya daging. Nah saya tahu gluten sudah cukup lama ketika alm, bapak sempat sakit dan dirawat di rumah sakit advent yang notabene tidak menyediakan daging dan sebagai penggantinya adalah gluten. Waktu itu bapak cerita..kalau bapak menyantap menu gluten yang mirip sekali dengan daging. Saya tanya, rasanya bagaimana pak? ya enak..seperti daging begitu jawab bapak...tetapi saya tidak begitu penasaran waktu itu.

mie makanan anak
bihun goreng untuk anak
Sekali-sekali masak bihun jagung goreng khusus untuk anak. Nah karena anak cuma semata wayang maka porsinya juga sedikit. Tetapi walaupun bahan mentahnya saya rasa sedikit eh ternyata jadinya lumayan banyak juga. Jadi emaknya ikut bantuin makan ha ha ha...

Nah kalau memasak mie atau nasi atau bihun begini pastinya minus kecap manis, secara nih buah hati tidak suka kecap manis. Jadi bagi yang mencoba membuat bihun jagung goreng ini tinggal sesuaikan dengan selera ya...namanya selera, berbeda-beda pastinya. 
Silakan lihat nasi goreng mudah untuk anak, serta nasi goreng tuna yang pernah saya buat tanpa kecap manis.

Membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, jadi kalau putra-putri sudah tidak sabar ingin makan seperti anak burung yang kelaparan cip..cip..cip..minta makan maka menu ini bisa jadi alternatif... (kelakar kak Ayu tentang anak-anaknya yang kalau kelaparan seperti anak burung..ha ha ha...)

NewerStories OlderStories Home