Rainbow Cake Kukus

resep rainbow cake kukus
rainbow cake kukus
Penasaran dengan resep rainbow cake kukus ala bunda Elim Sugito, akhirnya coba buat juga. Dan ternyata versi kukus yang langsung menempel begini tanpa ada olesan butter cream di tiap lapisan lebih mudah membuatnya. Dan hanya butuh 1 loyang saja. Cukup praktis dibanding resep rainbow cake versi panggang.

Untuk 1 resep rainbow cake kukus ini pas sekali nih gunakan loyang bundar diameter 18 cm. Nah kalau gunakan yang persegi 18cm x 18cm bisa juga hanya ya kemungkinan jadinya lebih tipis sedikit. Oh iya untuk resep ini saya hanya bagi 5 warna saja, secara sedikit was was nanti tiap lapisan jadi terlalu tipis. 

Padahal ya tidak juga ya...biasa sih kekuatiran kalau mencoba resep pertama kali nih. Secara walaupun banyak yang berhasil menggunakan resep ini, ya tetap deh..kadang-kadang ada faktor tertentu yang kita sadar atau tidak yang bisa menyebabkan cake gagal.

rainbow cake
rainbow cake
Yang harus diperhatikan ketika membuat cake kukus secara umum adalah selalu lapisi tutup dandang dengan kain bersih, untuk menghindari tetesan air pada tutup jatuh ke permukaan cake sehingga cake bisa bantat. Lalu yang cukup penting adalah selalu pastikan kukusan dalam keadaan panas ketika kita memasukkan adonan ke dalam kukusan. Pastikan air di dandang sudah mendidih.

Kemudian pastikan air cukup untuk satu kali proses mengukus. Pastikan air tidak berlebih sehingga bisa menciprati bagian bawah cake, perlu sekali diperhatikan terutama mengukus cake menggunakan cetakan cup bolu kukus. Dan pastinya jangan sampai kurang juga ya..nanti gosong dandangnya...he he he..

Nah untuk mengukus cake yang berlapis seperti rainbow cake ini atau cake lapis lainnya, pastikan posisi dandang di kompor dalam keadaan rata. Jika tidak ya bakalan miring lapisannya. Gunakan juga api sedang-kecil supaya permukaan cake tidak bergelombang, kita bukan mau membuat cake mekar kali ini. Pastikan juga untuk membuka tutup kukusan sesuai dengan waktu tertera di resep ketika akan menambahkan lapisan berikutnya, pastikan untuk membuka tutup dengan perlahan untuk menghindari cake kempes. Yang bisa terjadi karena perbedaan panas.

Untuk resep ini sih berdasarkan riview mba Dian Utami yang sudah coba resep cake ini, bisa lihat riviewnya di kolom komentar rainbow cake panggang di sophie's birthday cake, adonan mengembang ketika dikocok, begitu dimasukkan campuran minyak dan susu kental manis, maka adonan akan turun. Hmmm memang terjadi begitu ya walaupun kita memasukkan minyaknya secara perlahan dan mencampurnya dengan mixer dengan kecepatan rendah sekalipun. Saya mencoba juga mencampur semua bahan dengan mixer, nah mungkin tidak terjadi jika mencampur dengan spatula di tahap ini.

Nah untuk membuat cake ini saya cukup kewalahan karena di saat saya mengocok adonan, harus terima telepon penting dulu, jadi ya harus matikan mixer mau tidak mau..hadeuh..terjadi sekitar 2 menit. Hmmm tadinya benar-benar H2C (harap harap cemas) nih cakenya mengembang. Dan untunglah tidak masalah..bisa juga mengembang.

Mengenai rasa, cake kukus pastinya lebih lembut dan lembab, jadinya cake ini bisa saya katakan enak, manisnya pas dan lembut.

Oh iya kali ini saya skip emulsifiernya, tetapi jadinya saya gunakan baking powder dan baking soda, hmmm karena takut juga sih tidak akan mengembang...nah yang mau skip bahan-bahan ini bisa juga kok dicoba, siapa tahu berhasil. Saya takutnya karena adonan ini ada yang mengantri maka supaya adonan tidak turun makanya saya gunakan baking powder. 

Okey..yang mau resepnya ini dia ya..silakan...

Rainbow Cake Kukus
ala Bunda Elim Sugito
untuk loyang ukuran diameter 18cm atau loyang persegi 18cm x 18cm dengan tinggi 7cm

Bahan :
  • 4 butir telur ukuran sedang (telur suhu ruang)
  • 200 gr gula pasir (saya gunakan 1 cup gula pasir butiran halus)
  • 1/2 sendok teh emulsifier (saya tidak pakai, ganti dengan 1 sendok teh baking powder dan 1/2 sendok teh baking soda)
  • 1 sendok makan susu bubuk (saya tidak pakai)
  • 150 gr tepung terigu (saya gunakan 1 1/3 cup terigu serbaguna/segitiga biru)
  • 1 sachet susu kental manis (sekitar 40 ml)
  • 150 ml minyak goreng
  • vanili secukupnya (saya tidak pakai, sebaiknya pakai jika tidak suka rasa cake kukus yang suka berasa amis telur)
  • pewarna makanan sesuai selera (saya gunakan merah, kuning, hijau, biru, ungu)

Cara membuat :
adonan cake kental berjejak
adonan telur gula
  1. Siapkan loyang, oles dengan minyak bagian bawah kemudian alas dengan kertas roti. olesi bagian samping dengan minyak, sisihkan
  2. Ayak tepung terigu, susu bubuk, baking powder dan baking soda (jika pakai bp dan bs), sisihkan
  3. Campur minyak dan susu kental manis (tidak akan begitu tercampur rata)
  4. Siapkan kukusan di atas kompor, jangan nyalakan dulu
  5. Kocok telur hingga berbuih dan mengembang, masukkan gula pasir (lalu sp jika pakai), kocok hingga mengembang dan kental berjejak (jika diangkat adonan akan jatuh dan membentuk pita), kecilkan kecepatan mixer hingga terendah, masukkan terigu, kocok hingga rata lalu masukkan campuran minyak dan susu kental manis, kocok hingga rata (adonan akan mengempes, jika mau matikan mixer ditahap ini, aduk saja dengan spatula, tetapi pastikan rata)
  6. Sementara itu nyalakan kukusan dengan api besar supaya air cepat mendidih
  7. Bagi adonan ke dalam beberapa mangkuk sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan, tetesi masing-masing mangkuk dengan pewarna, aduk rata
  8. Ketika air kukusan sudah mendidih, kecilkan api
  9. Tuang adonan ungu ke dalam loyang, ratakan, lalu masukkan loyang ke dalam kukusan. Kukus selama kurang lebih 8-10 menit, lalu tuang adonan biru ke atas lapisan cake ungu..begitu seterusnya sampai yang terakhir adonan merah.
  10. Setelah selesai semua kukus selama kurang lebih 15 menit, matikan api dan biarkan sampai dingin baru keluarkan dari kukusan, setelah benar-benar dingin baru keluarkan cake dari loyang
  11. Jikas suka bisa hias dengan butter cream..untuk resep butter cream bisa lihat di butter cream ya..

resep rainbow cake kukus
rainbow cake kukus

Nah semoga resep rainbow cake kukus ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga berhasil dan tentu saja semoga sesuai dengan selera...

NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. ya ampuun rajin banget deh bikin yang beginian hihihi... aku mah gak pernah bikin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya..setelah dipikir pikir kok rajin sekali ya buat yang beginian..sudah 3x malah..2x versi panggang dan 1x versi kukus.. nah kalau buat lagi belum tahu deh..dan entah kapan lagi..he he he...secara malas buat cake dengan mixer, lha ini dengan mixer, berlapis pulak...halah...

      Delete
  2. Aapa alasan nya memasukan adonan ke dalam dandang yg air nya mendidih ??? #jawabKak #plak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo airnya ga mendidih apalagi kompornya juga ga dinyalain ya ga mateng donk mas...he he he..

      Delete
  3. Halo mba monic mau tanya donk. Kalau mau buat cake kukus pinggiran loyangnya perlu dioles margarin dan tepung juga kah? Atau hanya margarin saja? Terima kasih mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wulan
      untuk cake kukus pinggiran loyangnya cukup dioles minyak atau margarin, tidak perlu tepung

      Delete
  4. Hallo mbak monic, maaf mau tanya mbak monic pake pewarna makanan apa ya?
    Dan sekalian tanya pewarna untuk buttercream juga apa yang bagus, yang gak ninggalin bekas warna. Ohya mbak kalo untuk rainbow cake versi tiap lapisan dipisah dg bc dan kalau saya cuma punya 1 loyang, kira2 resep dibagi berapa ya? Biar gak turun gt adonannya kalau harus ngantri menunggu loyang.hehe. Makasih mbak monic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Henny,
      saya biasanya pakai pewarna makanan merk koepoe-koepoe mba, untuk butter cream saya juga pakai pewarna makanan koepoe-koepoe mba, kalau yang bagus mungkin coba pakai merk wilton, atau coba tanya ke toko bahan kue terdekat, biasanya mereka akan punya saran merk yang bagus
      oh kalau mau dipisah begitu, mungkin dibagi 2 saja mba, kayaknya masih aman deh kalau bagi 2, tapi saya belum pernah coba sih mba..jadi memang harus dicoba dulu mba..jadi kalau masukan saya tidak benar harap dimaklumi ya mba..
      oh iya, maaf ya mba lama sekali respon saya, secara sedang flu berat disertai batuk parah neh mba..jadi baru sekarang bisa online.. semoga bisa dimaklumi ya mba Henny..

      Delete
  5. makasih mbak resepnya, kue enak ternyata cara membuatnya tidak terlalu sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali... iya benar membuatnya tidak terlalu sulit kok... terima kasih sudah mampir ya

      Delete
  6. Mba,kpn hri sya bikin rainbow tpi lapisan atas tu warnanya nyampur kbawah yg dibagian tepi.gmana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Esti, hmmm itu kemungkinan penyebabnya cake lapisan bawah terlepas dari pinggirian loyang mba, jadi ketika diisi adonan warna lain, warna lainnya mengisi bagian yang terlepas tersebut... kemungkinan karena loyangnya terlalu berminyak..adonan tidak melekat ke loyang, coba mba kurangi sedikit olesannya dan bisa jadi karena terlalu lama dikukusnya, nah coba kurangi sedikit waktu kukusnya di setiap lapisan

      hmmm tapi itu masih kemungkinan ya mba, harus dicoba dulu karena saya belum pernah mengalaminya tapi saya sudah terbayang sih masalahnya, pernah lihat di foto mana gitu di blog orang lain, cake lapisnya di bagian atas mengisi bagian lapisan bawah di daerah tepi

      maaf ya mba, tidak begitu membantu jawaban saya..

      Delete
  7. Halo mba monic.. Kebetulan aku baru bikin rainbow cake kukus, saya mau nanya mba.. Kenapa ya cake yg saya bikin setrlah selesai di kukus jadi mengempis, jadi ga penuh seloyang gitu mba. Tp cake nya ga bantat mba, tetep empuk. Kira2 knp ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Dee, bisa karena terlalu lama mengocok gula dan telur mba, atau karena terlalu lama mengukus

      selain faktor di atas, coba mba Dee tidak oles loyang bagian samping dengan minyak, sehingga cake bisa menempel di loyang, keluarkan dari loyang jika sudah dingin

      semoga membantu ya mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.